Kia Carens

Harga Kia Carens dan Spesifikasi – Setelah Mas Sena mengulas dua mobil andalan Kia Motors yakni mobil SUV mereka yaitu Kia Sorento dan mobil city car mereka yaitu Kia Picanto secara lengkap dan mendetail, maka kini saatnya Mas Sena mengulas produk mereka yang masuk ke dalam segmentasi MPV (Multi Purpose Vehicle) yakni Kia Carens.

Generasi pertama MPV andalan Kia Motors ini telah diperkenalkan sejak tahun 1999 silam. Mobil ini sejak pertama kali peluncurannya telah mencapai tahun ke-16 dan telah mencapai generasi ketiga.

Mobil MPV yang memiliki nama Kia Rondo di luar benua Asia ini telah dimodifikasi hingga mencapai mencapai tiga kali perubahan hingga tahun 2013 lalu.

Pada mobil Kia Carens ini ada beberapa sektor yang dirubah dan disempurnakan dari varian lamanya yang dirasa kurang dapat memenuhi ekspektasi konsumen.

Nah untuk mengetahui lebih jelasnya perubahan apa saja yang dilakukan maka simaklah ulasan lengkap Mas Sena mengenai Kia Carens berikut ini!

Kia Carens ini merupakan mobil MPV 7 penumpang dengan generasi terbarunya yakni All New Kia Carens sebagai mobil generasi ketiga.

Mobil generasi ke tiga dari mobil MPV Kia ini memang cukup berbeda jauh dari 2 generasi sebelumnya yang terlihat lebih kaku dan kurang nyaman dilihat.

Dengan generasi terbarunya yakni All New Kia Carens 2013 kini mobil MPV andalan Kia Motors telah menjelma menjadi mobil MPV yang sangat stylish, sporty, modern, dinamis dengan berbagai fitur unggulan telah disematkan pada mobil ini.

Jadi bisa dibilang jika generasi ketiga dari Kia Carens ini menganut konsep Reborn dari dua generasi sebelumnya yang membuat kualitas MPV Kia ini lebih memikat dan lebih handal dalam berpacu.

Nah apa saja keunggulan dan segi positif dari mobil MPV andalan Kia Motors ini? Simak pembahasan lengkap Mas Sena mengenai spesifikasi serta harga Kia Carens pada segmen-segmen berikut ini.

Mobil terobosan dari KIA bertipe MPV dengan kapasitas 7 penumpang yang cocok mengantar anda bersama keluarga sesuai keinginan

KIA Carens F
  • Mobil Kia CarensJenis MPV
  • Kapasitas Mesin Kia CarensKapasitas 1999 cc
  • Kecepatan Kia Carens Tenaga 152 Ps / 6500 rpm
  • Torsi Kia Carens Torsi 19.8 kg.m / 4.800 rpm
  • Transmisi Kia CarensTransmisi Otomatis
  • Bahan Bakar Kia CarensBahan Bakar Bensin
  • Berat Kia CarensBerat - - -
  • Kursi Kia CarensKursi 7 Kursi

Harga Kia Carens

Note - Harga Kia Carens diatas untuk kisaran bulan Desember 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Nah saatnya Mas Sena memberitahukan harga Kia Carens setelah tadi mengulas spesifikasi mobil MPV Kia ini dari berbagai sisinya. Bagaimana bro dan sis, sangat lengkap dan menarik bukan?

Sebelum Mas Sena membisikkan informasi harga Kia Carens terbaru ini maka ada baiknya Mas Sena menarik sedikit kesimpulan mengenai Kia Carens ini.

Menurut Mas Sena mobil dengan segmentasi MPV kelas menengah ini cukup baik untuk dijadikan kendaraan pribadi. Dengan memiliki desain luar yang sangat sporty, modern, mewah dan bergaya membuat mobil ini layak menjadikan pilihan bagi anda yang mencari mobil MPV.

Mesinnya yang berkapasitas sedang pun memberikan performa yang optimal serta tergolong irit bahan bakar. Bahkan untuk kenyamannya Kia Carens ini juga tergolong cukup baik karena memiliki beberapa fitur yang bermanfaat.

Namun sayangnya mobil ini tidak dilengkapi dengan fitur pengereman yang mumpuni. Sehingga untuk anda yang sedang berminat untuk membeli mobil ini agaknya harus mempertimbangkannya kembali. Lalu berapakah harga Kia Carens terbaru di Indonesia?

Sesuai dengan segmentasinya yakni kelas menengah maka harga Kia Carens terbaru dipastikan memiliki harga yang relatif terjangkau. Benar saja sesuai informasi yang Mas Sena dapatkan untuk sebuah mobil MPV Kia ini memiliki harga yang cukup terjangkau.

Kia Carens ini di banderol dengan harga mulai dari Rp Rp 268.000.000,- untuk varian M/T (Transmisi Manual), dan Rp 281.000.000,- untuk varian A/T (Transmisi Otomatis). Bagaimana harga yang cukup terjangkau bukan?

Menurut Mas Sena harga Kia Carens tersebut sudah cukup sebanding dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Meskipun mobil ini belum memiliki sistem pengereman kelas atas yang membuat bro lebih nyaman dalam bermanuver di jalanan namun bro jangan kecewa terlebih dahulu karena dengan beberapa keunggulan baik itu desain yang bagus, kenyamanan interior yang maksimal serta kemampaun pacu yang cukup bertenaga membuat mobil ini menjadi salah satu rekomendasi bagi anda yang sedang mencari mobil MPV.

Bagaimana apakah anda berniat untuk membeli mobil ini  setelah mengetahui harga Kia Carens terbaru?

Tetapi sebelum berakhirnya segmen kesimpulan pada pembahasan ini maka Mas Sena akan mengingatkan kepada para pembaca setia apabila harga Kia Carens terbaru yang Mas Sena sampaikan diatas adalah prakiraan harga yang berlaku pada DKI Jakarta dan sekitarnya saja.

Bro yang tinggal di luar daerah harap memaklumi ya apabila terjadi pergeseran harga Kia Carens dari yang Mas Sena sampaikan diatas.

Kemungkinan dari harga yang tertera diatas akan mengalami kenaikan sekitar beberapa juta karena pengaruh dari faktor distribusi yang tiap daerahnya berbeda-beda.

Oleh karena itu bagi bro yang penasaran mengenai harga Kia Carens resminya segeralah mengecek kepastiannya melalui dealer-dealer resmi Kia yang terdekat dari wilayah bro tinggal.

Bro juga dapat sekalian melakukan test drive untuk mengetes seberapa tangguh Kia Carens dalam bermanuver dijalanan.

Setelah tadi mengulas spesifikasi serta harga Kia Carens terbaru, Mas Sena berpendapat bahwa MPV Kia ini adalah mobil serbaguna yang memikat untuk anda miliki.

Selain dapat mengangkut penumpang dalam jumlah yang besar mobil ini dapat mengefisienkan ruang penggunaan apabila ingin mengangkut barang bawaan yang sedemikian besar anda dapat melipat jok untuk menambahkan kapasitas.

Fitur-fitur yang dibenamkan pada Kia Carens ini termasuk lengkap di kelasnya sehingga anda dapat menikmati berbagai fasilitas yang bisa jadi tidak anda temukan pada MPV lain.

Kekurangan yang patut menjadi catatan adalah pada fungsi pengereman yang kurang pakem padahal mobil ini memiliki performa pacu yang cukup tinggi.

Tampaknya dengan berbagai spesifikasi yang dibenamkan pada mobil ini apalagi dilepas ke pasaran dengan harga terjangkau dapat membuat Kia Carens ini menjadi laris di pasaran dan menjadi pilihan konsumen penggemar sekuel MPV.

Tetapi Mas Sena akan menyerahkan segala keputusan kepada anda semua untuk menentukan mana mobil terbaik yang hendak bro bawa pulang dengan menyesuaikan tingkat budget yang dimiliki.

Itulah ulasan mengenai harga Kia Carens terbaru pada segmen terakhir kali ini, yang sekaligus menutup perjumpaan Mas Sena pada kesempatan review kali ini.

Gambar Kia Carens

Spesifikasi Kia Carens

Ringkasan:

Spesifikasi Kia Carens menggunakan transmisi Otomatis dengan bahan bakar Bensin. Spek Kia Carens yang berjenis mobil MPV ini memiliki kapasitas mesin sebesar 1999 cc.

Warna Kia Carens

Berikut ini adalah pilihan warna Kia Carens yang dapat anda pilih:

Review Kia Carens

Eksterior Kia Carens

Mobil Kia Carens

Berbicara mengenai desain eksterior pada spesifikasi Kia Carens ini memang tidak perlu diragukan lagi. Mungkin karena asal Kia Motors dari Korea Selatan yang merupakan salah satu kota fashion di dunia membuat mobil MPV ini memiliki tampilan luar yang sangat stylish, modern, sporty dan mewah.

Mulai dari fascia depan Kia Carens memiliki tampilan yang sangat stylish dan memiliki desain body yang aerodinamis. Pada bagian depan mobil ini terdapat grill radiator yang bentuknya mirip seperti grill radiator produk Kia Motors lainnya yakni Kia Picanto.

Tentu saja desain grill Kia Carens tersebut terlihat sangat futuristik. Apalagi dipadukan dengan lampu utama yang berukuran cukup lebar dan memiliki bumper yang berukuran sedang dengan lampu foglamp pada sisi-sisinya membuat mobil ini semakin modern, sporty dan bergaya.

Sedangkan untuk bagian sampingnya Kia Carens ini terlihat mewah dan stylish berkat aksen chrome pada handle dan pada list jendelanya, serta memiliki velg berdesain sporty.

Pada bagian atasnya yang memiliki warna hitam untuk semua varian warnanya membuat mobil ini tampil elegan.

Lalu bagian belakangnya memberikan dukungan kesan sporty pada mobil ini karena memiliki rear spoiler dengan lampu belakang yang berukuran cukup besar, serta memiliki bumper yang berukuran sedang.

Interior Kia Carens

Harga Kia Carens

Pada desain interior dari spesifikasi Kia Carens memang memberikan kenyamanan karena memiliki ruang yang cukup luas sesuai dengan segmentasinya yakni MPV.

Mulai dari bagian kemudi dari Kia Carens dibekali dengan Tilt Steering dan Power Steering yang membuat nyaman dalam mengemudi.

Serta memiliki 3 mode mengemudi yakni Comfortable, Sport dan Normal yang mana pengemudi dapat mengaturnya dari bagian lingkar kemudi yang terdapat tombol fungsi setelan mode mengemudi.

Bagian depan Kia Carens yang memiliki desain dashboard cukup lengkap yang tak kalah sportynya dengan desain luar mobil ini membuat pengemudi maupun penumpang dapat mengaktifkan fitur yang ada dengan mudah dan nyaman.

Lalu jok kursi yang fleksibel dengan material bahan kulit yang halus dan nyaman, serta dilengkapi sabuk pengaman sampai baris ke terakhir membuat penumpang dan pengemudi akan merasakan kenyamanan serta keamanan yang maksimal.

Kia Carens ini pada dasarnya digunakan untuk memuat 7 orang penumpang, akan tetapi mobil ini juga bisa di rubah menjadi 5 penumpang dengan melipat kursi bagian belakang dan mengaturnya menjadi bagasi cadangan yang dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu.

Kursi baris ke dua yang ada pada spesifikasi Kia Carens memang istimewa dan cukup unik karena selain bisa dilipat juga bisa digeser secara elektronik sehingga jika memerlukan ruang yang cukup besar bisa melipat kursi baris ke ke 2 dan ke tiga.

Pihak KIA menyatakan bahwa posisi kursi bisa di rubah sebanyak 10 versi posisinya sehingga membuat kabin mobil ini cukup fleksibel.

Spesifikasi Kia Carens ini dibekali fitur panoramic sunroof, pada bagian atapnya yang membuat penumpang dapat menikmati pemandangan bagian atas dengan nyaman.

Dimensi Kia Carens

Spesifikasi Kia Carens

Sedangkan spesifikasi Kia Carens untuk untuk urusan dimensi memang memiliki ukuran yang kompak untuk sebuah mobil MPV.

Dengan detail dimensi yang berukuran  4.525 x 1.805 x 1.610 membuat mobil ini sangat pas untuk di gunakan di jalanan perkotaan maupun jalanan antar kota.

Dengan bobot Kia Carens yang diperkirakan memiliki ukuran yang sedang untuk sebuah MPV menghasilkan performa yang tersalur dengan sempurna sehingga terasa responsif.

Untuk kapasitas penampungan bahan bakar Kia Carens yang sanggup menampung hingga 58 liter dirasa cukup banyak untuk dapat menempuh perjalanan panjang pada sekali pengisian bahan bakar secara penuh.

Pada sistem suspensi sendiri spesifikasi Kia Carens memakai tipe MacPherson yang akan memberikan kenyamanan yang begitu maksimal dalam meredam guncangan sehingga memberikan performa handling yang baik.

Sistem pengeremannya pun juga dapat diandalkan karena menggunakan jenis cakram pada setiap rodanya.

Fitur Kia Carens

Spek Kia Carens

Nah untuk yang terakhir yakni ulasan mengenai fitur yang disematkan pada spesifikasi Kia Carens terlihat cukup lengkap dan bermanfaat.

Mulai dari fitur Auto Light Control yang mana dengan fitur ini dapat mengatur lampu akan hidup dan akan mati secara otomatis sesuai dengan kondisi tertentu.

Seperti misalnya pengemudi lupa mematikan salah satu lampu dari foglamp, high beam atau headlamp dalam beberapa waktu fitur otomotis akan bekerja mematikan dengan sendirinya.

Lalu ECM Mirror pada Kia Carens dapat memberikan informasi mengenai kendaraan di belakang mobil ini jika ingin mendahului dengan memberikan lampu dim maka kaca bagian dalam kemudi dapat mendeteksinya.

Ada juga fitur Auto Defoging System pada spesifikasi Kia Carens yang mana memberikan sensor otomatis dalam melakukan defogging saat terdeteksinya gejala kondensasi sehingga visibilitas akan bekerja dengan optimal.

Untuk kenyamanannya, spesifikasi Kia Carens ini dilengkapi dengan system audio menghasilkan kualitas suara yang cukup baik sehingga memberikan kenyamanan saat perjalanan.

Mobil MPV ini juga dilengkapi dengan AC, meskipun bukan kelas tinggi namun tetap memberikan kesejukan yang maksimal. Apalagi dengan adanya Rear Air Ventilation pada Kia Carens yang dapat memberikan sirkulasi udara yang sejuk pada penumpang bagian belakang.

Beberapa tempat penyimpanan barang di dalam Kia Carens ini juga akan sangat bermanfaat untuk menaruh barang bawaan yang berukuran kecil sampai dengan sedang. Sehingga memberikan perjalanan yang semakin nyaman.

Sedangkan untuk fitur keamanannya, spesifikasi Kia Carens ini dilengkapi dengan Smart Parking Assist System (SPAS) yang mana dapat memberikan kemudahan parkir karena mobil ini memiliki beberapa sensor pada tiap sisinya sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan saat parkir.

Lalu dengan adanya Lane Departure Warning System pada Kia Carens, akan membantu mencegah penyimpangan jalur yang tidak diinginkan dengan mengaktifkan peringatan audio jika pengemudi elok di luar jalur tanpa menggunakan lampu sein.

Ada juga fitur Hill Start Assist Control (HSCAC) yang mana dengan mempertahankan rem pegangan sampai Anda menekan pedal gas maka fitur ini akan mencegah Kia Carens dari bahayanya mundur secara tiba-tiba saat berhenti di tanjakan.

Sayang sekali untuk fitur pengereman kelas wahid tidak ditanamkan pada mobil MPV ini. Maka dari itu untuk memberikan perlindungan penumpang, spesifikasi Kia Carens ini dilengkapi dengan sistem airbag terdiri dari beberapa bagian yang terdapat di samping dan curtain airbag depan.

Dengan fitur keselamatan Airbags tersebut maka akan mencegah atau meminimalkan risiko terjadinya cedera serius bagian kepala penumpang serta pengemudi  saat terjadinya tabrakan.

Untuk kenyamanannya, spesifikasi Kia Carens ini dilengkapi dengan system audio menghasilkan kualitas suara yang cukup baik sehingga memberikan kenyamanan saat perjalanan. Mobil MPV ini juga dilengkapi dengan AC, meskipun bukan kelas tinggi namun tetap memberikan kesejukan yang maksimal. Apalagi dengan adanya Rear Air Ventilation pada Kia Carens yang dapat memberikan sirkulasi udara yang sejuk pada penumpang bagian belakang. Beberapa tempat penyimpanan barang di dalam Kia Carens ini juga akan sangat bermanfaat untuk menaruh barang bawaan yang berukuran kecil sampai dengan sedang. Sehingga memberikan perjalanan yang semakin nyaman.

Sedangkan untuk fitur keamanannya, spesifikasi Kia Carens ini dilengkapi dengan Smart Parking Assist System (SPAS) yang mana dapat memberikan kemudahan parkir karena mobil ini memiliki beberapa sensor pada tiap sisinya sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan saat parkir.

Lalu dengan adanya Lane Departure Warning System pada Kia Carens, akan membantu mencegah penyimpangan jalur yang tidak diinginkan dengan mengaktifkan peringatan audio jika pengemudi elok di luar jalur tanpa menggunakan lampu sein.

Ada juga fitur Hill Start Assist Control (HSCAC) yang mana dengan mempertahankan rem pegangan sampai Anda menekan pedal gas maka fitur ini akan mencegah Kia Carens dari bahayanya mundur secara tiba-tiba saat berhenti di tanjakan.

Sayang sekali untuk fitur pengereman kelas wahid tidak ditanamkan pada mobil MPV ini. Maka dari itu untuk memberikan perlindungan penumpang, spesifikasi Kia Carens ini dilengkapi dengan sistem airbag terdiri dari beberapa bagian yang terdapat di samping dan curtain airbag depan.

Dengan fitur keselamatan Airbags tersebut maka akan mencegah atau meminimalkan risiko terjadinya cedera serius bagian kepala penumpang serta pengemudi  saat terjadinya tabrakan.

Mesin Kia Carens

Kia Carens

Selanjutnya spesifikasi Kia Carens untuk urusan dapur pacunya memiliki performa yang pas dan mantap untuk digunakan.

Menggunakan mesin Nu.20 MPI Engine dengan kapasitas 2.0 liter berkonfigurasi 4 silinder segaris sanggup memuntahkan tenaga maksimal mencapai 152 Ps pada putaran 6.500 RPM dengan torsi maksimal mencapai 19.8 Kgm pada putaran mesin 4.800 RPM.

Tenaga Kia Carens tersebut disalurkan melalui 2 varian transmisi yang tersedia yakni otomatis dan manual yang masing-masingnya memiliki 6 percepatan.

Perlu diketahui bro dan sis, bahwa tenaga dari mobil MPV andalan Kia Motors ini tergolong lebih baik dari rival-rivalnya di kelas MPV di Indonesia.

Karena Kia Carens ini sanggup berakselerasi dengan baik dari kecepatan 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 10.2 detik.

Dengan performa tersebut maka mobil ini sangat cocok untuk digunakan di perkotaan, tetapi untuk jalanan antar kota tetap dapat diandalkan.

Konsumsi bahan bakarnya pun cukup irit karena Kia Carens ini sanggup tembus hingga jarak 10.3 -15.4 km per liter bahan bakar  yang digunakan.

Apalagi dengan adanya fitur ECO Mode yang dapat memberikan keinginan pengemudi saat mengendarai mobil ini. Baik itu kebutuhan kenyamanan (Comfort Mode), Performa Maksimal (Sport Mode) dan Normal Mode.

Kelebihan Kia Carens

Kekurangan Kia Carens

Pertanyaan Seputar Kia Carens

Berapa harga Kia Carens di Indonesia?
Harga Kia Carens dibedakan berdasarkan tipenya. Kia Carens sendiri memiliki 2 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • Kia Carens M/T
  • Rp 268.000.000,-
  • Kia Carens A/T
  • Rp 281.000.000,-
Kia Carens tersedia dalam warna apa saja?
Kia Carens tersedia dalam 4 warna, diantaranya adalah Grey (Abu-abu), Silver (Silver), White (Putih), Blue (Biru).
Bagaimana performa mesin Kia Carens?
Performa mesin Kia Carens didukung oleh mesin dengan tipe Nu 2.0 MPI Engine, 4 silinder, DOHC, 4 katup yang memiliki kapasitas mesin sebesar 1999 cc yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 152 Ps / 6500 rpm dengan torsi maksimal sebesar 19.8 kg.m / 4.800 rpm.
Berapa jumlah kursi Kia Carens?
Jumlah kursi Kia Carens yaitu sejumlah 7 Kursi kursi.
Transmisi apa saja yang tersedia pada Kia Carens?
Kia Carens menyediakan transmisi Otomatis

Mesin

  • Tipe Mesin
  • Nu 2.0 MPI Engine, 4 silinder, DOHC, 4 katup
  • Kapasitas Mesin
  • 1999 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Manual
  • Tipe Transmisi
  • 6 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 152 Ps / 6500 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 19.8 kg.m / 4.800 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4.525 mm
  • Lebar
  • 1.805 mm
  • Tinggi
  • 1.610 mm
  • Berat
  • - - -
  • Jarak Terendah
  • - - -
  • Jarak Poros Roda
  • 2.750 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 58 L

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • Mc Pherson Strut dengan Stabilizer & Dual Tube Gas Shock Absorber
  • Suspensi Belakang
  • Torsion Beam dengan Gas Shock Absorber
  • Rem Depan
  • Disc
  • Rem Belakang
  • Disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 235/55 R18
  • Velg
  • Alloy 18 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan
  • Jumlah Kursi
  • 7 Kursi
  • Bahan Kursi
  • - - -
  • Audio
  • Standar
  • Layar
  • - - -
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Power steering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • Nu 2.0 MPI Engine, 4 silinder, DOHC, 4 katup
  • Kapasitas Mesin
  • 1999 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Manual
  • Tipe Transmisi
  • 6 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 152 Ps / 6500 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 19.8 kg.m / 4.800 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4.525 mm
  • Lebar
  • 1.805 mm
  • Tinggi
  • 1.610 mm
  • Berat
  • - - -
  • Jarak Terendah
  • - - -
  • Jarak Poros Roda
  • 2.750 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 58 L

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • Mc Pherson Strut dengan Stabilizer & Dual Tube Gas Shock Absorber
  • Suspensi Belakang
  • Torsion Beam dengan Gas Shock Absorber
  • Rem Depan
  • Disc
  • Rem Belakang
  • Disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 235/55 R18
  • Velg
  • Alloy 18 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan
  • Jumlah Kursi
  • 7 Kursi
  • Bahan Kursi
  • - - -
  • Audio
  • Standar
  • Layar
  • - - -
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Power steering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada