KIA Rio

Harga KIA Rio 2017 dan Spesifikasi – Beberapa waktu lalu, tepatnya pada ajang IIMS 2017, akhirnya PT KIA Mobil Indonesia resmi merilis KIA Rio 2017.

Hatchback buatan KIA terbaru yang diperkenalkan pada ajang yang diselenggarakan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat tersebut, memang hadir dengan tampilan yang lebih tegas dan tajam.

Selain itu, generasi keempat dari KIA Rio Series ini pun juga mengusung gaya desain yang lebih sporty dan dinamis. Sehingga, wajar jika KIA Rio 2017 ini menjadi salah satu hatchback modern yang cukup banyak digandrungi konsumen, terutama para kawula muda.

Tak hanya itu saja, sejak kemunculannya di Indonesia mobil ini memang menjadi salah satu penantang berat bagi Honda Jazz dan Toyota Yaris.

Nah, dengan segala keunggulan dan kelebihan KIA Rio 2017 tersebut, tentu saja membuatnya layak menjadi pesaing berat di segmen mobil hatchback lima pintu yang ada di Indonesia.

Tak hanya itu saja masih banyak lagi keunggulan yang dibawa mobil ini. Lalu, apa saja sih yang menarik dari KIA Rio 2017 ini?

Dihadirkan sebagai generasi terbaru maka tak heran jika spesifikasi yang diusung KIA Rio 2017 pun akan dibuat lebih baik dari versi sebelumnya.

Bahkan, dari segi desainnya saja sudah tampak berbeda dari versi sebelumnya di mana pada mobil hatchback yang satu ini, dibuat dengan mengusung tema desain “Find Your Groove” dimana desain KIA Rio 2017 tersebut merupakan hasil dari goresan para insinyur KIA Jerman dan California yang bekerjasama dengan basis pengembangan di Kota Namyang, Korea Selatan.

Dengan tema desain baru yang dibawanya, mobil ini memang hadir dengan memperlihatkan eksterior berkarakter garis lurus namun tetap mempertahankan gaya desain grille yang bertemakan “Tiger Nose” yang membuat KIA Rio 2017 ini semakin sporty dan elegan.

Selain itu, interiornya pun juga tak kalah mewah dengan balutan desain mewah dan luas serta ragam fitur-fitur canggih yang tersematkan pada bagian dashboard dengan penataan yang kian ergonomis dan rapi.

Sementara itu, sektor dapur pacu yang diusung KIA Rio 2017 pun menggunakan mesin generasi baru berteknologi MPi yang memiliki kapasitas 1.400 cc yang dihadirkan dengan tawaran sistem transmisi manual maupun otomatis.

Mesin tersebut pun diklaim mampu memberikan akselerasi super ganas dengan hasil performa yang begitu bertenaga pada mobil KIA Rio 2017 tersebut.

Di sisi lain, masih ada lagi keunggulan lain yang dimiliki hatchback ini. Untuk mengetahui secara lebih detail mengenai spesifikasi dan harga yang dibawa mobil hatchback ini, simak saja ulasan dari Mas Sena di bawah ini mengenai spesifikasi dan harga KIA Rio 2017.

Gebrakan hatchback baru produk KIA dengan keunggulan fitur sunroof yang siap memanjakan anda sekalian

KIA Rio F
  • Mobil KIA RioJenis Hatchback
  • Kapasitas Mesin KIA RioKapasitas 1348 cc
  • Kecepatan KIA Rio Tenaga 100 HP / 6,000 rpm
  • Torsi KIA Rio Torsi 133.3 nm / 4,000 rpm
  • Transmisi KIA RioTransmisi Manual / Otomatis
  • Bahan Bakar KIA RioBahan Bakar Bensin
  • Berat KIA RioBerat - - -
  • Kursi KIA RioKursi 5 Kursi

Harga KIA Rio

Note - Harga KIA Rio diatas untuk kisaran bulan Desember 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Sekian sudah penjelasan mengenai spesifikasi yang diusung hatchback tersebut dan kini waktunya Mas Sena untuk mencari tahu harga KIA Rio 2017.

Tampaknya, jika berbicara mengenai banderol, dipastikan tak akan lepas dari spesifikasi yang diusungnya. Nah, maka dari itu sebelum jauh mengulas harganya, tampaknya ada baiknya kita ketahui kembali keunggulan dari hatchback ini.

Seperti ulasan di atas mobil mewah KIA Rio 2017 ini merupakan produk generasi keempat terbaru yang dibuat dengan desain yang lebih sporty, tegas, dan tentunya lebih elegan.

Selain itu, sektor interiornya pun juga menawarkan ragam fitur-fitur canggih yang siap menunjang kenyamanan pengguna.

Tak hanya itu saja, dengan harga KIA Rio 2017 yang tergolong murah pun juga diklaim bakal memiliki performa mesin tangguh namun tetap ramah lingkungan berkat bekalan mesin MPi 1.4 liter yang bersertifikasi EURO 6.

Selain itu, fitur-fitur keselamatan, seperti pengereman ABS dan airbags yang membuatnya meraih rating 5 bintang untuk uji tabrak NCAP dan IIHS pun juga turut disematkan sebagai fitur pendukung keselamatan pengguna. Nah, kira-kira berapa sih harga KIA Rio 2017 ini?

Setelah kita tahu keunggulannya, tampaknya harga KIA Rio 2017 ini akan dibanderol dengan angka yang terbilang cukup standar untuk sekelas hatchback.

Pasalnya, berdasarkan informasi yang Mas Sena dapatkan dari penjelasan yang dipaparkan Public Relations Manager PT KMI pada ajang IIMS, harga KIA Rio 2017 ini nantinya akan terbagi menjadi dua varian, yakni tipe manual seharga Rp 250 jutaan dan tipe matik dipatok seharga Rp 265 juta.

Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa banderol hatchback ini akan ada penyesuaian harga pasca diperkenalkan di ajang IIMS 2017.

Harga mobil KIA Rio 2017 yang cukup standar tersebut tetntu tak hanya membuatnya mampu bersaing dengan para kompetitornya dikelas yang sama.

Namun, tentu saja bukan hal mudah baginya untuk dapat bersaing dengan para kompetitornya meskipun jika menilik pada penjualan versi lawasnya cukup memuaskan.

Nah, dengan harga KIA Rio 2017 tersebut, apakah sobat semua sudah pada siap untuk memboyongnya?

Perlu untuk diketahui bahwa harga KIA Rio 2017 di atas merupakan harga OTR wilayah Jakarta. Maka, dipastikan beda wilayah atau daerah, banderol untuk memboyong hatchback ini pun akan berbeda.

Namun demikian, perbedaan harga tersebut tentu tak akan terlalu mencolok. Di sisi lain, dengan harga KIA Rio 2017 yang dinilai cukup ideal untuk sebuah hatchback tersebut, kemungkinan akan membuat konsumen cukup tertarik untuk membelinya jika dibandingkan dengan banderol para pesaingnya, seperti Yaris dan Jazz yang memang dibanderol dengan angka di atas harga hatchback milik KIA ini.

Selain itu, KIA Rio 2017 yang memang sudah cukup diperhitungkan saebagai salah satu mobil dari brand ternama KIA, tentu akan menjadi nilai tambah tersendiri baginya untuk dapat bersaing dengan para pesaingnya.

Akan tetapi, semuanya tergantung dengan pilihan dan selera konsumen. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga KIA Rio 2017 yang dapat Mas Sena sampaikan.

Gambar KIA Rio

Spesifikasi KIA Rio

Ringkasan:

Spesifikasi KIA Rio menggunakan transmisi Manual / Otomatis dengan bahan bakar Bensin. Spek KIA Rio yang berjenis mobil Hatchback ini memiliki kapasitas mesin sebesar 1348 cc.

Warna KIA Rio

Berikut ini adalah pilihan warna KIA Rio yang dapat anda pilih:

Review KIA Rio

Eksterior KIA Rio

Spesifikasi Kia Rio

Sebenarnya, jika ditelisik secara lebih mendalam, sisi eksterior pada spesifikasi KIA Rio 2017 ini memiliki perbedaan yang cukup kentara dengan versi sebelumnya, namun tetap mengedepankan konsep sporty.

Hanya saja,untuk generasi keempat dari KIA Rio ini, memang dihadirkan dengan gaya desain yang bertema “Find Your Groove” di mana tema desain tersebut lebih membuat KIA Rio 2017 ini lebih banyak mendefinisikan garis lurus tegas yang begitu gagah.

Dilihat dari sisi depan, tampak sebuah headlamp berdesain memanjang dan sedikit menyipit bertipe Bi Function Projection yang juga dilengkapi dengan LED DRL sehingga KIA Rio 2017 ini memang akan mampu memberikan pancaran cahaya yang cukup terang ketika berkendara di malam hari.

Bahkan, pada bagian headlamp tersebut juga sudah dilengkapi dengan fog lamp yang mampu membantu pengemudi dalam mengendarai mobil KIA Rio 2017 ini ketika berada dalam kondisi hujan lebat atau berkabut.

Selain itu, tampak grille depan dengan mengusung desain “Tiger Nose” khas KIA Series yang semakin membuatnya tampak begitu tampan.

Begitu juga dengan bumper depan yang dirancang dengan bentuk kondisional menyesuaikan gaya desain grille sehingga tampak begitu seimbang.

Menginjak pada bagian samping, KIA Rio 2017 dilengkapi dengan beberapa lekukan dan garis lembut yang memanjang melewati handle door sehingga membuatnya semakin kian menawan.

Kemudian, berada di sisi belakang, bisa dilihat sebuah stoplamp yang sudah mengandalkan teknologi LED dan fog lamp LED sehingga mampu memberikan cahaya yang terang pada KIA Rio 2017 ini sebagai tanda bagi pengendara lain di belakang tanpa membuat pengendara lain silau.

Tak hanya itu saja, pada bagian belakang ini dirancang dengan desain yang begitu menarik dan menyesuaikan desain depan sehingga membuat kesan sporty pun kian tampak menyebar pada setiap sisi dari bodi eksterior pada spesifikasi KIA Rio 2017.

Interior KIA Rio

Harga Kia Rio Terbaru

Jika kita telah meraba sisi eksteriornya, kini waktunya Mas Sena untuk memasuki ruang kabin pada sektor interior dari spesifikasi KIA Rio 2017.

Ketika memasuki kabin hatchback ini maka akan disuguhkan sebuah ruang kabin yang cukup lega dan tak sempit dengan balutan desain interior bernuansa hitam yang begitu elegan.

Selain itu, pada bagian dashboard pun juga cukup menyita perhatian di mana pada dashboard KIA Rio 2017 ini terdapat ragam panel instrumen hiburan baru yang diposisikan begitu rapi dan sangat ergonomis.

Pada bagian instrumen tersebut juga tersematkan sebuah layar Audio Display yang cukup luas berukuran 5 inci lengkap dengan fitur berupa RDS dan DAB serta beberapa pilihan navigasi menu yang cukup fungsional sehingga mudah bagi pengguna KIA Rio 2017 tersebut dalam mengontrol setiap kebutuhan, baik untuk mengatur AC, audio sistem, maupun fitur-fitur lain.

Di sisi lain, sektor panel instrumen tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur koneksi berupa Apple CarPlay dan Android Auto yang siap mendukung aktivitas pengguna.

Tak hanya itu saja, Touchscreen Satellite Navigation dengan layar seluas 7 inci pun juga turut disematkan pada KIA Rio 2017 ini sebagai fitur penunjuk arah atau pemetaan lokasi agar tak tersesat dalam perjalanan.

Tak ketinggalan juga fitur konektivitas seperti Bluetooth with Music Streaming dan Voice Recognition sebagai fitur unggulan dalam menunjang pengguna ketika bermain music melalui perangkat lain.

Bahkan, sambungan USB dan AUX ports pun juga turut disematkan pada bagian dashboard tengah KIA Rio 2017 ini sebagai media device yang terintegrasi.

Di sisi lain, pada bagian pengemudi juga sudah dilengkapi instrumen berupa Supervision Monochrome Cluster Display seluas 3.5 inci yang siap menampilkan informasi terkait kondisi mobil yang ditungganginya.

Pada bagian MID dari mobil hatchback KIA Rio 2017 ini terlihat beberapa tampilan informasi seperti tachometer, trim computer, dan eksternal temperatur display.

Kemudian, untuk setir kemudinya pun juga tampak begitu menarik mengingat pada sistem kemudinya dibuat dari bahan berkualitas yang akan memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Tak sampai di situ saja, pada bagian joknya mobil ini akan mengandalkan jok berbahan kulit berkualitas tinggi yang akan semakin menyempurnakan sektor interior dari spesifikasi KIA Rio 2017.

Dimensi KIA Rio

Kia Rio

Beralih ke segmen selanjutnya ini, kini waktunya kita bersama-sama untuk mengulas sektor dimensi dan kaki-kaki pada spesifikasi KIA Rio 2017.

Melihat bagian interiornya yang cukup luas, tampaknya hal itu tak bisa lepas dari sektor dimensi pembentuknya.

Terkait dengan dimensi bodinya, mobil ini memang dihadirkan dengan bentuk bodi yang cukup pas untuk sekelas hatchback di mana mobil hatchback KIA Rio 2017 ini memiliki ukuran dengan panjang 4065 mm, lebarnya 1993 mm. tingginya 1445 mm degan jarak sumbu roda mencapai 2580 mm.

Mengetahui ukuran tersebut maka bisa dikatakan bahwa dimensi yang diusungnya memang dirasa sudah cukup ideal dan lega.

Di sisi lain, selain memiliki dimensi yang pas, hatchback KIA Rio 2017 ini pun juga bakal dilengkapi dengan kaki-kaki yang kuat. Di mana, pada setiap kaki-kaki tersebut akan dibenamkan suspensi handal. Untuk bagian kaki-kaki depan, akan mengandalkan tipe Macpherson pada bagian depan dan untuk bagian belakang KIA Rio 2017 menggunakan tipe Multi Link.

Sehingga, dengan keberadaan kedua suspensi tersebut maka dipastikan akan membuat penumpangnya merasa nyaman ketika berkendara di medan bergeronjal mengingat kedua suspensi tersebut memiliki daya redam getaran yang cukup kuat dan efektif.

Selain itu, untuk memperkuat kaki-kakinya maka KIA Rio 2017 pun akan dilengkapi dengan velg dari tipe Alloy Wheels dengan pilihan ukuran diameter antara 15 inci dengan ban 185/65, 16 inci yang nantinya terbalut ban 195/55, dan 17 yang akan mengandalkan ban berukuran 205/45 mm inci.

Tak sampai di situ saja, sektor dimensi pada spesifikasi KIA Rio 2017 ini pun juga akan dilengkapi pengereman berteknologi ABS, EBD+BA yang mampu memberikan kualitas pengereman sempurna.

Fitur KIA Rio

Mobil Kia Rio

Tak ketinggalan juga bahwa spesifikasi KIA Rio 2017 ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih dan fungsional. Hal itu tentu saja tak lepas dari usaha KIA dalam memberikan kenyamanan maupun menunjang keselamatan pengguna.

Oleh sebab itu maka dalam hal ini, KIA akan membenamkan fitur-fitur canggih pada KIA Rio 2017 ini.

Pertama, untuk menunjang keselamatan dalam berkendara maka hatchback ini sudah menggunakan rem ABS, EBD+BA yang siap memberikan tingkat pengereman sempurna dan mencegah ban terselip.

Selain itu, Twin Side Airbags di bagian depan dan Twin Curtain Airbags yang siap memberikan perlindungan ekstra maksimal ketika KIA Rio 2017 terjadi kecelakaan atau benturan dari depan.

Maka, dengan berbekal fitur keselamatan tersebut tentunya tak heran jika hatchback ini mampu meraih rating bintang 5 untuk uji tabrak NCAP dan IIHS.

Di sisi lain, untuk memberikan kenyamanan dalam kabin maka KIA Rio 2017 pun juga sudah dilengkapi dengan fitur hiburan yang terintegrasi pada bagian dashboard di panel instrumen utama.

Dalam panel tersebut, pengguna bisa memainkan musik atau mp3 secara langsung melalui port USB maupun dengan fitur Apple CarPlay maupun Android Auto.

Bahkan, untuk menunjang kenyamanan dalam kabin, spesifikasi KIA Rio 2017 ini pun juga sudah dilengkapi dengan speaker aktif yang dipastikan akan membuat suara musik lebih membahana.

Mesin KIA Rio

Spek Kia Rio

Nah, beralih ke segmen berikutnya yang akan menilik sektor dapur pacu dari spesifikasi KIA Rio 2017. Dihadirkan sebagai salah satu produk generasi penerus, tentu saja tak hanya tampilan eksterior dan fitur-fiturnya saja yang dipoles lebih fresh dan baru melainkan juga pada sisi permesinannya.

Nah, berkaitan dengan mesin, kali ini KIA Rio 2017 akan mengandalkan mesin tipe MPi 4 silinder yang memiliki kapasitas mesin sebesar 1.4 liter.

Mesin tangguh yang diusung hatchback terbaru buatan KIA tersebut nantinya akan mampu memberikan tenaga yang begitu powerful. Bukan tanpa alasan mengingat KIA Rio 2017 ini bakal mampu menghasilkan power maksimal hingga 98 bhp per 6.000 rpm.

Selain itu, titik torsi yang mampu dicapai hingga 133 Nm setiap putaran ke 4.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut nantinya akan disalurkan melalui dua tipe transmisi manual 6 percepatan dan otomatis.

Di sisi lain, dengan berbekal mesin tangguh tersebut, KIA Rio 2017 pun juga mampu mencapai titik kecepatan maksimal 108 mph untuk transmisi manual dan 103 untuk transmisi otomatis.

Bahkan, untuk kecepatan akselerasinya pun juga terbilang cukup tinggi di mana per 0-60 mph, hatchback KIA Rio 2017 ini mampu menempuh akselerasi 11.8 detik (manual) dan 13.4 detik (otomatis).

Tak cukup sampai di situ saja, sektor dapur pacu pada hatchback buatan KIA ini juga sudah bersertifikasi EURO 6 sehingga akan dipastikan ruang mesin ini bakal ramah lingkungan.

Sehingga dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa spesifikasi KIA Rio 2017 pada ruang pacunya tak hanya powerfull namun juga ramah lingkungan.

Kelebihan KIA Rio

Kekurangan KIA Rio

Pertanyaan Seputar KIA Rio

Berapa harga KIA Rio di Indonesia?
Harga KIA Rio dibedakan berdasarkan tipenya. KIA Rio sendiri memiliki 2 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • KIA Rio AT Sunroof
  • Rp 291,9 Juta
  • KIA Rio MT Sunroof
  • Rp 276,6 Juta
KIA Rio tersedia dalam warna apa saja?
KIA Rio tersedia dalam 8 warna, diantaranya adalah Aurora Black Pearl (Hitam), Clear White (Putih), Signal Red (Merah), Silky Silver (Silver), Deep Sienna Brown (Coklat), Most Yellow (Kuning), Platinum Graphite (Hitam), Smoke Blue (Biru).
Bagaimana performa mesin KIA Rio?
Performa mesin KIA Rio didukung oleh mesin dengan tipe 1.4 MPi (98bhp) yang memiliki kapasitas mesin sebesar 1348 cc yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 100 HP / 6,000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 133.3 nm / 4,000 rpm.
Berapa jumlah kursi KIA Rio?
Jumlah kursi KIA Rio yaitu sejumlah 5 Kursi kursi.
Transmisi apa saja yang tersedia pada KIA Rio?
KIA Rio menyediakan transmisi Manual / Otomatis

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 1.4 MPi (98bhp)
  • Kapasitas Mesin
  • 1348 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • CVT
  • Tenaga Maksimal
  • 100 HP / 6,000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 133.3 nm / 4,000 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4065 mm
  • Lebar
  • 1725 mm
  • Tinggi
  • 1460 mm
  • Berat
  • - - -
  • Jarak Terendah
  • 150 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2580 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 45 L

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang
  • Multi-Link
  • Rem Depan
  • - - -
  • Rem Belakang
  • - - -
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 185/65 R15
  • Velg
  • Alloy 15 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED DRL
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 5 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit
  • Audio
  • 2DIN, speaker depan dan belakang
  • Layar
  • Layar sentuh 7 inch
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Power steering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 1.4 MPi (98bhp)
  • Kapasitas Mesin
  • 1348 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Manual
  • Tipe Transmisi
  • 6 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 100 HP / 6,000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 133.3 nm / 4,000 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4065 mm
  • Lebar
  • 1725 mm
  • Tinggi
  • 1460 mm
  • Berat
  • - - -
  • Jarak Terendah
  • 150 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2580 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 45 L

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang
  • Multi-Link
  • Rem Depan
  • - - -
  • Rem Belakang
  • - - -
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 185/65 R15
  • Velg
  • Alloy 15 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED DRL
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 5 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit
  • Audio
  • 2DIN, speaker depan dan belakang
  • Layar
  • Layar sentuh 7 inch
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Power steering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada