KIA Seltos

Harga KIA Seltos dan Spesifikasi – Setelah pada tahun 2019, KIA Indonesia mengalami perubahan kepemilikan dimana sebelumnya pemegang lisensi dimiliki oleh Tommy Soeharto dan sekarang beralih kepada PT. Kreta Indo Artha. KIA Indonesia pada awal tahun 2020 ini menunjukkan senjata barunya.

Senjata baru itu ialah bernama KIA Seltos, sebuah mobil berjenis SUV modern dengan 5 orang penumpang. Dimana tampilan mobil ini sangat menggugah dan tidak kalah hebat dari mobil SUV lainnya di Indonesia yang terlebih dahulu hadir.

KIA Seltos akan siap berhadapan dengan mobil-mobil SUV yang terlebih dahulu laris di Indonesia seperti Honda HRV, Toyota Rush, dan Mitsubishi Outlander Sport. Tentunya ini akan merubah peta persaingan mobil SUV di Indonesia.

Mobil KIA ini juga dibekali dengan beberapa fitur berbeda dari mobil SUV lainnya di Indonesia. Salah satunya adalah transmisi yang dibawanya, yaitu transmisi Dual Clucth.

Transmisi yang ada di KIA Seltos ini diklaim akan membawa perpindahan gigi yang halus dan tentunya lebih hemat.

Lalu seperti apa sih hebatnya KIA Seltos secara lebih detail? Yuk simak spesifikasi dan harga KIA Seltos pada review mas Sena di bawah ini.

SUV dengan desain modern, sangat pas untuk keluarga aktif

KIA Seltos F
  • Mobil KIA SeltosJenis SUV
  • Kapasitas Mesin KIA SeltosKapasitas 1,400 cc
  • Kecepatan KIA Seltos Tenaga 138 Hp (140 PS) @ 6.000 rpm
  • Torsi KIA Seltos Torsi 242 Nm @ 1.500-3.200 rpm
  • Transmisi KIA SeltosTransmisi Otomatis
  • Bahan Bakar KIA SeltosBahan Bakar Bensin
  • Berat KIA SeltosBerat - - -
  • Kursi KIA SeltosKursi 5

Harga KIA Seltos

Note - Harga KIA Seltos diatas untuk kisaran bulan September 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Sebelumnya kita sudah menilik spek dari mobil KIA ini yang tampak begitu gahar. Nah selanjutnya melalui segmen ini kita akan membahas harga KIA Seltos terbaru untuk membuat anda semakin yakin dengan keputusan anda untuk membawanya ke garasi rumah anda.

KIA Seltos ini apabila ditinjau dari spesifikasinya memang tampak hebat, dengan desain eksterior mobil khas eropa yang begitu atraktif dengan adanya dua spoiler yang memanjang diatas kap modil serta grille depan yang tampak diatur dengan sempurna.

Selain itu dengan diterapkan sistem transmisi DCT yang memiliki kopling akan membuat transmisi mobil ini lebih halus dan bahan bakar juga lebih irit. Lalu kira-kira berapa sih harga KIA Seltos ini?

Harga KIA Seltos terbaru memiliki rentang harga sekitar Rp 295 Juta Rp 355 Juta dimana ditawarkan dalam 3 varian utama. Tipe Seltos yang memiliki harga lebih mahal, tentunya juga dilengkapi fitur yang lebih lengkap.

Untuk harga KIA Seltos sendiri cukup menarik, karena dengan fitur yang sepadan atau bahkan lebih tinggi dari Honda HRV, namun mulai dijual dengan harga dibawah 300 juta.

Bagaimana apakah anda tertarik membeli mobil KIA ini, setelah mengetahui spesifikasi dan harga KIA Seltos terbaru?

Gambar KIA Seltos

Spesifikasi KIA Seltos

Ringkasan:

Spesifikasi KIA Seltos menggunakan transmisi Otomatis dengan bahan bakar Bensin. Spek KIA Seltos yang berjenis mobil SUV ini memiliki kapasitas mesin sebesar 1,400 cc.

Warna KIA Seltos

Berikut ini adalah pilihan warna KIA Seltos yang dapat anda pilih:

Review KIA Seltos

Eksterior KIA Seltos

Mobil KIA Seltos

Apabila kita membahas spesifikasi KIA Seltos dari segi desain eksteriornya, tampaknya mobil SUV ini sangat menarik.

Bagaimana tidak, dengan desain khas benua Eropa mampu membuat mobil SUV ini tampak enerjik, modern, dan sporty.

Untuk ukuran dimensinya sendiri, KIA Seltos ini memiliki panjang 4.315, lebar 1.800, dan tinggi 1.645 yang tampak kompat dengan mobil SUV jenis lainnya.

Lalu untuk ground clerance (jarak dari tanah), mobil KIA ini memiliki jarak 190 mm yang tampaknya akan nyaman ketika mobil ini melintas di jalanan terjal.

Jika kita lihat dari depan, KIA Seltos ini memiliki grille dengan desain Tiger Nose khas KIA yang digurat secara apik.

Pada tempat keluar masuknya udara tampak rongga-rongga bersirip dengan desain hexagonal mengkilat khas mobil masa kini.

Headlamp-nya pun dibuat agak sipit dan memanjang menyesuaikan dengan trend mobil masa kini, yang tentunya sudah dilengkap lampu LED.

Untuk tepi atas dan bawah grillenya, KIA Seltos tampak memiliki tepi bermotif dengan warna silver yang membuatnya tampak dinamis.

Begitu juga dengan bumper depannya, yang mempunyai garis-garis vertikal serta lampu foglamp disisinya, yang membuat mobil ini tampak serasi dengan grille depannya.

Sebagai mobil SUV dengan ground clearance (jarak dari tanah) yang lumayan tinggi, KIA Seltos dapat tampil secara gagah dan enerjik dengan adanya 2 spoiler yang memanjang di atas kap mobil. Tentunya desain spoiler ini jarang kita temukan pada mobil lainnya.

Selain itu juga pada bagian tepi bawah bodynya, KIA Seltos ini tampak dibalut dengan garis tebal berwarna hitam, yang menunjukkan tampilan maskulin dan juga sebagai pelindung bodynya.

Lanjut ke spek KIA Seltos untuk desain eksterior dari belakang. Tampak KIA Seltos ini memiliki bokong yang melengkung dengan lekukan-lekukan dan garis pada sisi body belakang mobilnya membuat mobil ini sangat enerjik.

Bumper belakangnya juga tampak modern dengan adanya garis-garis silver, yang membuat KIA Seltos ini tampak artistik.

Oh ya untuk tipe tertinggi yaitu Seltos EX+, sudah dilengkapi dengan Sunroof yang membuatnya tampak lebih mewah.

Lalu untuk ban dan velgnyanya, KIA Seltos dibekali dengan ban lebar 205 (tipe E) dan 215 (tipe EX & EX+), serta velg berukuran R16 (tipe E) dan R17 (tipe EX & EX+).

Interior KIA Seltos

Harga KIA Seltos

Nah sekarang kita beranjak mengulas spesifikasi KIA Seltos dari sisi interiornya, yang pastinya juga tampak keren!

Saat anda memasuki mobil SUV ini, anda akan melihat ruang kabin yang tampak begitu nyaman dengan warna kegelapan serta dashboard yang tampak modern dengan fitur hiburan maksimal serta pengaturan tombol yang tersebar di bagian sekitar kemudinya.

Untuk kursinya sendiri, KIA Seltos ini tampak mewah, dengan motif hexagonal berwarna hitam berbahan seperti campuran kulit dan nilon yang muat untuk diduduki oleh 5 orang.

Ruang kemudinya juga sangat menarik dimana untuk speedometernya dipadukan antara speedometer manual dan digital dengan layar 3.5 inci bertajuk mono OLED LCD cluster.

Selain itu setir kemudinya, menggunakan sistem D-cut steering wheel, dimana memiliki tombol/remot pengaturan yang sangat lengkap seperti untuk memindah lagu yang sedang dimainkan ataupun untuk mengangkat telepon.

Untuk hiburannya sendiri, KIA Seltos ini sudah menawarkan sistem hiburan yang lengkap dengan adanya layar monitor LCD sebesar 8 inci (varian EXP dan EX) yang bisa digunakan untuk memainkan musik, melihat video, ataupun disambungkan dengan perangkat Android maupun iPhone.

Selain itu juga layar monitornya juga menampilkan visual kamera belakang, yang sangat berguna saat anda memarkirkan mobil.

Sistem perangkat ACnya juga tampak canggih, dengan layar AC digital dan pengaturan kontrol auto dimana KIA Seltos akan menyimpan pengaturan temperatur dan kecepatan kipas.

Spek KIA Seltos untuk sisi interiornya juga tampak sempurna dengan adanya wireless charger, untuk pengisian baterai smartphone tanpa kabel.

Untuk Seltos EXP yang merupakan varian tertinggi, atapnya sudah dilengkapi sunroof, sehingga akan kabin mobil akan tampak lebih lapang dan segar.

Keamanan & Kenyamanan KIA Seltos

Spesifikasi KIA Seltos

Untuk spesifikasi KIA Seltos di sektor keamanan dan kenyamanannya, tampaknya mobil ini akan mampu membuat para penumpangnya merasa aman dan betah untuk duduk berlama-lama.

Hal ini dikarenakan, sistem keamanan KIA Seltos yang begitu lengkap dengan adanya 6 airbag yang akan membuat penumpang lebih aman saat terjadi benturan.

Selain itu juga mobil SUV ini juga dilengkapi dengan sistem ABS dan EBD, dimana fitur ini bisa digunakan untuk menghindari terjadinya tabrakan saat mobil ini dilakukan dengan kencang.

Untuk suspensi depan sendiri, KIA Seltos mengandalkan McPherson Strut dengan Coil Spring, sedangkan untuk bagian belakang menggunakan Coupled Torsion Beam Axle dengan Coil Spring.

Lalu untuk sistem rem yaitu menggunakan perpaduan antara Ventilated disc untuk roda depan dan Disc untuk roda belakang.

Nah selain itu mobil SUV ini juga menerapkan fitur keamanan lainnya, diantaranya adalah Vehicle Stability Management KIA, Electronic Stability Control dan Hill Start Assist, dan Traction Control System yang akan membuat KIA Seltos ini memiliki sistem keamanan yang sempurna.

Sedangkan untuk spek KIA Seltos apabila ditinjau dari kenyamanannya, mobil SUV ini sudah dilengkapi dengan pengaturan mode kemudi.

Mode kemudi tersebut diantaranya adalah normal, eco, sport, mudah, dan snow & sand dimana mobil akan melakukan adaptasi rintangan ataupun jalan yang dihadapi.

Mesin KIA Seltos

Spek KIA Seltos

Bagian mesin dari spesifikasi KIA Seltos tampak istimewa dengan adanya mesin 1.4 L Turbo yang aslinya memiliki kapasitas mesin 1.353 cc.

Dengan mesin tersebut, KIA Seltos mampu menghasilkan energi sebesar 140 PS pada putaran 6.000 rpm dengan kekuatan torsi maksimal sebesar 242 Nm pada 1.5000 – 3.200 rpm.

Mesin tersebut juga dipadukan dengan sistem transmisi DCT (Dual Clutch Transmission) yang membuat KIA Seltos ini satu-satunya mobil SUV yang menerapkan sistem transmisi DCT.

Untuk mobil lainnya di Indonesia sendiri kebanyakan menganut sistem transmisi CVT. Sistem DCT sendiri tampak berbeda dengan adanya dua kopling.

Walaupun ada kopling, namun perpindahan transmisinya dilakukan secara otomatis. Perputaran mesin dengan transmisi pada sistem DTC sangat kecil sekali, sehingga ketika di gas akan lebih responsif dan lebih irit bahan bakar.

Selain itu juga untuk keamanannya, juga ada fitur pengecekan temperatur transmisi pada layar speedometer kemudinya, sehingga membuat spek KIA Seltos ini dari sisi mesin tampak lebih sempurna.

Kelebihan KIA Seltos

Kekurangan KIA Seltos

Pertanyaan Seputar KIA Seltos

Berapa harga KIA Seltos di Indonesia?
Harga KIA Seltos dibedakan berdasarkan tipenya. KIA Seltos sendiri memiliki 3 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • KIA Seltos E
  • Rp 295 Juta
  • KIA Seltos EX
  • Rp 320 Juta
  • KIA Seltos EX+
  • Rp 355 Juta
KIA Seltos tersedia dalam warna apa saja?
KIA Seltos tersedia dalam 5 warna, diantaranya adalah Glacier White Pearl (Putih), Aurora Black Pearl (Hitam), Intelligency Blue (Biru), Intense Red (Merah), Punchy Orange (Oranye).
Bagaimana performa mesin KIA Seltos?
Performa mesin KIA Seltos didukung oleh mesin dengan tipe Kappa G4LD (1.4L T-GDI), Dual CVVT yang memiliki kapasitas mesin sebesar 1353 yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 138 Hp (140 PS) @ 6.000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 242 Nm @ 1.500-3.200 rpm.
Berapa jumlah kursi KIA Seltos?
Jumlah kursi KIA Seltos yaitu sejumlah 5 kursi.
Transmisi apa saja yang tersedia pada KIA Seltos?
KIA Seltos menyediakan transmisi Otomatis

Mesin

  • Tipe Mesin
  • Kappa G4LD (1.4L T-GDI), Dual CVVT
  • Kapasitas Mesin
  • 1353
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • DCT (Dual Clutch Transmission)
  • Tenaga Maksimal
  • 138 Hp (140 PS) @ 6.000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 242 Nm @ 1.500-3.200 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 1645
  • Lebar
  • 1800
  • Tinggi
  • 1645
  • Berat
  • - - -
  • Jarak Terendah
  • 190
  • Jarak Poros Roda
  • 2610
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • McPherson Strut dengan Coil Spring
  • Suspensi Belakang
  • Coupled Torsion Beam Axle dengan Coil Spring
  • Rem Depan
  • Ventilated disc
  • Rem Belakang
  • Disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 205/65
  • Velg
  • R16

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Elektrik
  • Side Skirt
  • - - -
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, 6 Airbag
  • Jumlah Kursi
  • 5
  • Bahan Kursi
  • Kulit + Nilon
  • Audio
  • - - -
  • Layar
  • - - -
  • Sistem Pendinginan
  • AC Otomoatis
  • Sistem Kemudi
  • Tilt & telescopic
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • Kappa G4LD (1.4L T-GDI), Dual CVVT
  • Kapasitas Mesin
  • 1353
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • DCT (Dual Clutch Transmission)
  • Tenaga Maksimal
  • 138 Hp (140 PS) @ 6.000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 242 Nm @ 1.500-3.200 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 1645
  • Lebar
  • 1800
  • Tinggi
  • 1645
  • Berat
  • - - -
  • Jarak Terendah
  • 190
  • Jarak Poros Roda
  • 2610
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • McPherson Strut dengan Coil Spring
  • Suspensi Belakang
  • Coupled Torsion Beam Axle dengan Coil Spring
  • Rem Depan
  • Ventilated disc
  • Rem Belakang
  • Disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 205/65
  • Velg
  • R16

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Elektrik
  • Side Skirt
  • - - -
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, 6 Airbag
  • Jumlah Kursi
  • 5
  • Bahan Kursi
  • Kulit + Nilon
  • Audio
  • - - -
  • Layar
  • LCD 8 inci
  • Sistem Pendinginan
  • AC Otomoatis
  • Sistem Kemudi
  • Tilt & telescopic
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • Kappa G4LD (1.4L T-GDI), Dual CVVT
  • Kapasitas Mesin
  • 1353
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • DCT (Dual Clutch Transmission)
  • Tenaga Maksimal
  • 138 Hp (140 PS) @ 6.000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 242 Nm @ 1.500-3.200 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 1645
  • Lebar
  • 1800
  • Tinggi
  • 1645
  • Berat
  • - - -
  • Jarak Terendah
  • 190
  • Jarak Poros Roda
  • 2610
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • McPherson Strut dengan Coil Spring
  • Suspensi Belakang
  • Coupled Torsion Beam Axle dengan Coil Spring
  • Rem Depan
  • Ventilated disc
  • Rem Belakang
  • Disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 205/65
  • Velg
  • R16

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Elektrik
  • Side Skirt
  • - - -
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, 6 Airbag
  • Jumlah Kursi
  • 5
  • Bahan Kursi
  • Kulit + Nilon
  • Audio
  • - - -
  • Layar
  • LCD 8 inci
  • Sistem Pendinginan
  • AC Otomoatis
  • Sistem Kemudi
  • Tilt & telescopic
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada