Mazda 2

Harga Mazda2 dan Spesifikasi – Ketika pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2009, keputusan PT Mazda Motor Indonesia (MMI) untuk menelurkan varian hatchback yang digadang-gadang sebagai pesaing Honda Jazz dan Toyota Yaris memang cukup tepat.

Pasalnya pada tahun tersebut, MMI seperti menemukan momentum kembali sebagai pabrikan mobil kelas dunia. Ketika pertama kali diperkenalkan, Mazda 2 sudah mewarisi DNA ‘Zoom-Zoom’ Mazda yang menawarkan desain sporty, fitur keselamatan nomor satu, kualitas material mumpuni dan juga performa yang lincah.

Meskipun tak seagresif pabrikan Jepang lainnya yang beberapa periode terus mengeluarkan mobil terbaru, Mazda justru fokus pada pengembangan teknologi serta pembaruan tiap lini produksinya, hal ini diterapkan pula pada Mazda2 hingga akhirnya berhasil meraih 50 penghargaan bergengsi serta menerima rating bintang lima untuk fitur keselamatan berdasarkan penilaian Euro NCAP.

Faktor tersebut juga dibawa oleh Mazda 2 di Indonesia, di mana kehadiran hatchback berkonsep khas city car menengah ini siap menawarkan era baru city car dengan teknologi perancangan mobil inovatif seperti SkyActiv dan performa berkendara sesuai standar global.

Salah satu kunci keberhasilan Mazda2 di Indonesia adalah sejak hadir pertama kali mobil ini memberikan kesan eksterior dan interior yang menawan.

Mulai dari penerapan desain body yang dirancang lebih sporty dan atletis dibandingkan medium hatchback lain yang cenderung memiliki desain kaku pada saat itu, hingga komponen material Mazda 2 juga memiliki komposisi material berkualitas.

Selain itu, pemakaian perangkat pendukung yang serba ringan untuk efisiensi berkendara juga sudah diterapkan pada mobil hatchback andalan Mazda ini.

Sementara itu untuk generasi terbarunya, All New Mazda2 juga tidak setengah-setengah dalam meracik komposisi pada bagian dapur pacunya.

Pada sektor mesin All New Mazda 2 sudah dijejali dengan mesin berkode MZR 1.500 cc empat silinder DOHC 16 katup yang menawarkan performa luar biasa untuk berkendara sehari-hari.

Selain itu, mobil ini juga sudah dibekali dengan inovasi Mazda Global lewat teknologi SkyActiv, di mana teknologi ini adalah teknologi pengembangan Mazda pada empat unsur mobil mulai dari mesin, rasio, sasis, dan body mobil.

Lalu untuk sistem keselamatannya sendiri juga tak perlu diragukan lagi, di mana pada Mazda2 pada tiap variannya tidak terdapat diferensiasi spesifikasi mencolok antara satu sama lain.

Alhasil, setiap tipe Mazda 2 yang dipasarkan di Tanah Air semua mengusung standar keselamatan tinggi yang sama. Ditujukan sebagai city car modern dengan pangsa pasar kaum muda yang aktif, pastinya kelebihan Mazda2 tak akan berhenti sampai disini saja karena Mazda menjanjikan beragam fitur canggih dan modern untuk hatchback andalannya ini.

Nah penasaran kan? Tak perlu berlama-lama lagi, langsung simak saja ulasan lengkap Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Mazda 2 pada segmen-segmen di bawah ini!

Inovasi Mazda yang mengeluarkan mobil hatchback dengan fitur mumpuni dan tentunya harga terjangkau

Mazda 2 F
  • Mobil Mazda 2Jenis Hatchback
  • Kapasitas Mesin Mazda 2Kapasitas 1496 cc
  • Kecepatan Mazda 2Tenaga 109 HP / 6000 rpm
  • Torsi Mazda 2Torsi 141 nm / 4000 rpm
  • Transmisi Mazda 2Transmisi Otomatis
  • Bahan Bakar Mazda 2Bahan Bakar Bensin
  • Berat Mazda 2Berat 1084 kg
  • Kursi Mazda 2Kursi 5 Kursi

Harga Mazda 2

Note - Harga Mazda 2 diatas untuk kisaran bulan Mei 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Gambar Mazda 2

Spesifikasi Mazda 2

Ringkasan:

Spesifikasi Mazda 2 menggunakan transmisi Otomatis dengan bahan bakar Bensin. Spek Mazda 2 yang berjenis mobil Hatchback ini memiliki kapasitas mesin sebesar 1496 cc.

Warna Mazda 2

Berikut ini adalah pilihan warna Mazda 2 yang dapat anda pilih:

Review Mazda 2

Eksterior Mazda 2

Mazda 2

Siap membedah setiap sisi mobil andalan Mazda ini? Kita awali pembahasan spesifikasi Mazda 2 dari bagian eksteriornya.

Mobil ini bisa dikategorikan sebagai mobil yang menawarkan unsur fashion sangat kuat. Dimana pada Mazda2 terbaru, hadir dengan rancangan desain lebih modern dan paling menonjol di kelasnya.

Mulai dari penempatan headlamp multirefelektor yang cantik, lalu ada desain bodi yang mengusung konsistensi desain ‘KODO’ khas Mazda yang mewakili konsep dinamis.

Jika dicermati, pada headlamp Mazda 2 mengusung teknologi penggabungan tipe proyektor dan parabola yang juga menggunakan lampu berjenis LED plus LED DR.

Selain menjamin tampilan apik dan elegan juga menjanjikan fitur penerangan maksimal.

Kemudian dilihat sekilas, desain fascia Mazda2 sangat kentara dibangun dengan harmonisasi grill depan yang memiliki desain segitiga terbalik berpadu dengan bingkai beraksen krom.

Lalu untuk foglamp sendiri dirancang dengan cukup ergonomis degan siluet teardrop, dipadukan bentuk bumper sporty aerodinamis mengikuti garis bodi bagian depan.

Beralih pada body samping Mazda 2, secara keseluruhan body samping mobil ini sanggup mewakili era hatchback modern lewat desain yang dibuat tajam dengan pengaplikasian siluet dinamis terinspirasi dari gerakan hewan cheetah.

Terakhir untuk sektor buritan, Mazda2 diciptakan dengan desain yang atletis. Sektor buritan mobil ini juga sangat kental beraroma sporty di mana untuk stoplamp sudah berteknologi rear combination lamps yang  disempurnakan dengan lampu belakang horizontal melebar hingga pintu bagasi.

Secara keseluruhan, bila melihat tampilan luar pada spesifikasi Mazda2 ini, jelas mobil ini menawarkan sisi keindahan tampilan dan aura hatchback modern yang sangat terasa.

Apalagi dari setiap detail desain depan hingga belakang menyuguhkan desain yang solid dan saling terhubung. Benar-benar stylish!

Interior Mazda 2

Harga Mazda 2

Puas dengan tampilan eksotis sisi eksteriornya, kini saatnya kita menilik spesifikasi Mazda 2 pada sisi interiornya. Bagian dalam pada mobil ini pun juga tak kalah dengan sisi eksteriornya.

Hal tersebut bisa dibuktikan lewat desain kabin dan dashboard yang memiliki komposisi material mewah serta detail pewarnaan yang elegan.

Pada bagian kabin kemudi Mazda2, pengemudi akan dimanjakan oleh panel speedometer futuristik dengan tampilan display yang sangat user friendly.

Jika memandang panel speedomter mobil ini, anda akan mendapatkan kesan racing yang cukup kuat.

Berbagai informasi pengemudian tersaji dengan jelas pada panel instrumen dengan desain yang mempertemukan karakter sporty lingkar takometer analog pada bagian tengah dengan dua display digital berbentuk sayap futuristik di sisi kiri dan kanan.

Panel speedometer pada Mazda 2 terbagi menjadi tiga cluster utama. Pada bagian tengah yang berbentuk lingkaran akan ada indikator kecepatan maksimal. Sementara pada panel sebelah kanan akan ada indikator penunjuk jarak tempuh dan sisa bahan bakar. Sementara di bagian kiri ditampilkan trip meter.

Pada bagian kabin kemudi Mazda2 juga ada tombol Drive Selection Switch atau tombol pengatur transmisi. Dengan tombol pemilihan tepat di belakang tuas transmisi, pengemudi dapat dengan mudah dan cepat mengubah performa pengemudian dari normal menjadi sport mode, kapan saja diperlukan.

Selain itu, pada kabin kemudi Mazda 2 juga masih ada panel Transmission Lock yang akan memudahkan anda saat ingin memarkir kendaraan.

Anda juga bisa menikmati kemudahan mengontrol transmisi menggunakan tombol (+) dan (-) di balik kemudi, tanpa menggangu konsentrasi sensasi berkendara karena pada Mazda2 sudah disediakan tombol Paddle Shift. Fitur ini akan membuat berkendara semakin menyenangkan.

Pada kabin kemudi mobil ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur modern nan canggih seperti misalnya, Climate Control AC, Aux In serta USB Connector yang bisa dihubungkan dengan perangkat iPod, serta ada juga fitur khas Mazda, yakni MZD Connect dan Commander Control.

Tak lupa pula, di bagian kabin depan Mazda2 juga sudah terpasang Active Driving Display sehingga informasi krusial dapat dengan mudah dipantau tanpa mengganggu konsentrasi mengemudi.

Bila kabin kemudi penuh dengan panel-panel dan teknologi tinggi, maka kabin penumpang juga tampil mewah dengan jok berbalut kulit berkualitas.

Kabin penumpang pada spesifikasi Mazda 2 ini pun juga sudah diatur sedemikian rupa agar penumpang tetap mendapatkan kenyamanan ekstra saat berkendara.

Dimensi Mazda 2

Spesifikasi Mazda2

Selain desain eksterior elegan dan interior serba mewah, ukuran tubuh mobil ini pun juga mencerminkan kualitas sebuah unit kendaraan premium masa kini.

Spesifikasi Mazda 2 di sektor dimensi memiliki ukuran tubuh 4,060 x 1,695 x 1,495 mm dengan bobot mencapai 1,025 kg untuk tipe standar dan 1,038 kg untuk tipe Limited Edition.

Dengan dimensi bodi yang cukup kompak tersebut, Mazda2 akan sangat asik dikendarai sebagai kendaraan sehari-hari di lingkungan perkotaan.

Kemudian untuk memberikan stabilitas berkendara, Mazda 2 sudah didukung dengan sasis kuat dan presisi lewat SkyActiv-Chassis.

Tak hanya itu saja, mobil ini juga telah dibekali sistem supensi berkualitas lewat Independent McPherson Strut untuk peredam kejut bagian depan serta Torsion Beam untuk peredam kejut bagian belakang.

Lalu untuk stabilitas berkendara, Mazda 2 juga didukung oleh teknologi Electric Power Assist Steering (EPAS).

Untuk bagian pengeremannya sendiri, mobil ini dijejali dengan rem berjenis disk untuk depan dan drum untuk belakang, di mana untuk semua tipe Mazda2 sudah dilengkapi dengan teknologi pengereman ABS plus EBD dan EBA.

Terakhir di bagian kaki-kaki, untuk kenyamanan melaju, spesifikasi Mazda2 dibekali dengan velg berdiameter R15 dengan ban ukuran 185/65 (tipe V MT, V AT, dan R MT) dan velg R16 dengan ban 185/60 (tipe R AT dan tipe G AT).

Fitur Mazda 2

Mazda2

Seperti Mas Sena singgung pada bagian awal tadi, spesifikasi Mazda 2 ini memiliki rating bintang lima dalam uji tabrak di Eropa. Hal ini membuktikan bahwa Mazda tak hanya menghadirkan mobil berdesain eksterior keren saja, namun juga memiliki tingkat safety atau keamanan kelas dunia.

Sebagai contohnya pada fitur keselamatan di mana Mazda2 ini sudah dilengkapi dengan teknologi modern seperti SkyActiv Body bermaterial ultrahigh-tensile steel untuk melindungi pengendara dari benturan keras.

Selain itu, Mazda 2 juga sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, 3-point Seatbelts for All Seating Positions, ISOFIX child-seat anchors, Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Emergency Stop Signal (ESS) System, serta Hill Launch Assist (HLA) untuk semua tipe.

Kemudian untuk fitur hiburan, Mazda2 dibekali dengan fitur Auxillary-audio input jack (3.5mm mini-stereo), USB input ports (iPod® compatible), Standard Audio with 4 speakers, 7-inch hi-res TFT Touch Screen Display, dan bermacam fitur multimedia lainnya.

Fitur-fitur tersebut bisa anda temukan pada pada Mazda 2 tipe R dan GT, baik yang manual maupun otomatis. Sedangkan untuk tipe V, fitur multimedia hanya tersedia standar saja, namun sudah bisa menemani perjalanan anda menjadi lebih menyenangkan.

Lantas untuk tipe tertinggi, yakni Mazda2 GT sudah dilengkapi pula dengan Mazda Navigation System. Lalu untuk fitur AC, pada tipe R dan GT sudah dilengkapi dengan Climate Control.

Terakhir untuk fitur keamanan, terdapat fitur umum seperti Power Door Locks, Immobilizer, Burglar Alarm, One-touch Auto Open/Close, Rear Parking Sensors yang semuanya hadir untuk melengkapi spesifikasi Mazda2 semua tipe.

Sementara untuk fitur Rear View Camera hanya tersedia untuk dua tipe tertinggi, yakni tipe R dan tipe GT.

Mesin Mazda 2

Spek Mazda 2

Saatnya kita membedah spesifikasi Mazda 2 pada ruang dapur pacunya.

Mazda sendiri menghadirkan varian hatchback-nya ini ke dalam dua pilihan, yakni All New Mazda2 standar yang terdiri dari lima tipe, serta All New Mazda 2 Limited Edition yang merupakan varian dengan unit terbatas.

Semua tipe tersebut sebenarnya mengusung basis mesin yang sama, yakni mesin tipe SKYACTIV-G 1.5L In-line 4 cylinder, DOHC 16 valve dengan dukungan teknologi Dual S-VT (Sequential Valve Timing) and ETC (Electronic Throttle Control).

Mesin berkapasitas isi silinder 1.496 cc tersebut sanggup menghasilkan power maksimal sebesar 110Ps/6.000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm/4.000 rpm.

Performa mobil ini membuatnya diklaim sebagai salah satu compact hatchback dengan tenaga mesin paling mumpuni di kelasnya.

Selain menawarkan performa output yang luar biasa, mesin Mazda2 juga menjanjikan konsumsi bahan bakar yang minimalis berkat pengaplikasian suplai bahan bakar Electronically Controlled Direct Injection yang diesmpurnakan dengan Idling Stop System i-STOP.

Sedangkan untuk transmisi penggeraknya, Mazda 2 dibagi menjadi dua model percepatan yakni  transmisi otomatis dan manual dengan 6 percepatan berpenggerak roda depan terintegrasi teknologi Skyactive Drive untuk memberikan akselerasi lebih cepat.

Sebagai informasi, mesin yang terdapat pada spesifikasi Mazda 2 ini dirancang untuk bahan bakar bensin berjebis RON91 atau di atasnya, sehingga tidak direkomendasikan untuk diisi dengan bensin berjenis premium.

Kelebihan Mazda 2

Kekurangan Mazda 2

Mesin

  • Tipe Mesin
  • SKYACTIV-G 1.5L In-line 4 cylinder, DOHC 16 valve with Dual S-VT (Sequential Valve Timing) and ETC (Electronic Throttle Control)
  • Kapasitas Mesin
  • 1496 cc
  • Silinder
  • 5
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • 6 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 109 HP / 6000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 141 nm / 4000 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4060 mm
  • Lebar
  • 1695 mm
  • Tinggi
  • 1495 mm
  • Berat
  • 1084 kg
  • Jarak Terendah
  • 125 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2570 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 44 L

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • SKYACTIV-CHASSIS Independent MacPherson strut
  • Suspensi Belakang
  • SKYACTIV-CHASSIS Torsion beam
  • Rem Depan
  • Ventilated disc
  • Rem Belakang
  • Solid disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 185/60 R16
  • Velg
  • Alloy 16 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED DRL
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak
  • Spoiler
  • Tidak

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan
  • Jumlah Kursi
  • 5 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit
  • Audio
  • 2DIN, speaker depan dan belakang
  • Layar
  • - - -
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Rack & Pinion
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • SKYACTIV-G 1.5L In-line 4 cylinder, DOHC 16 valve with Dual S-VT (Sequential Valve Timing) and ETC (Electronic Throttle Control)
  • Kapasitas Mesin
  • 1496 cc
  • Silinder
  • 5
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • 6 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 109 HP / 6000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 141 nm / 4000 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4060 mm
  • Lebar
  • 1695 mm
  • Tinggi
  • 1495 mm
  • Berat
  • 1084 kg
  • Jarak Terendah
  • 125 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2570 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 44 L

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • SKYACTIV-CHASSIS Independent MacPherson strut
  • Suspensi Belakang
  • SKYACTIV-CHASSIS Torsion beam
  • Rem Depan
  • Ventilated disc
  • Rem Belakang
  • Solid disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 185/60 R16
  • Velg
  • Alloy 16 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED DRL
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak
  • Spoiler
  • Tidak

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan
  • Jumlah Kursi
  • 5 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit
  • Audio
  • 2DIN, speaker depan dan belakang
  • Layar
  • - - -
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Rack & Pinion
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada