Mazda CX-30

Harga Mazda CX-30 dan Spesifikasi – Setelah pertama kali diluncurkan di tahun 2019 tepatnya dalam acara Geneva Motor Show, sebuah mobil SUV pabrikan Mazda resmi dipasarkan di Indonesia pada tahun 2020.

Pemegang agen Mazda Indonesia, yaitu PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) resmi memasarkan produk terbaru Mazda yang bernama Mazda CX-30. Mobil ini resmi dipasarkan pada 28 Januari 2020, tepatnya di Jakarta.

Mazda CX-30 yang termasuk dalam tipe mobil SUV ini hadir dalam dua varian, yaitu Touring dan GT. Tentunya dengan hadirnya mobil ini akan menggoda pecinta mobil – mobil touring di Indonesia.

Tentunya mobil ini hadir dengan beberapa fitur yang canggih dan menarik. Hal ini dikarenakan spesifikasi dari mobil ini setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan Mazda CX-3.

Dalam produksinya, produk asal Jepang ini mengedepankan empat nilai utama yang ada dalam Mazda CX-30 ini, yaitu desain, kenyamanan, keamanan, dan performa.

Apa saja sih yang sebenarnya menarik dari Mazda CX-30 apabila kita lihat dari spesifikasi dan harga Mazda CX-30 ini? Untuk itu, Mas Sena akan menemani teman – teman untuk mengulas semua itu.

Mobil SUV yang berasal dari Negeri Jepang yang dibekali dengan desain KODO yang mengedepankan kecepatan, kekuatan, dan pesona.

Mazda CX 30
  • Mobil Mazda CX-30Jenis SUV
  • Kapasitas Mesin Mazda CX-30Kapasitas 1998 cc
  • Kecepatan Mazda CX-30Tenaga 155 hp / 6.000 rpm
  • Torsi Mazda CX-30Torsi 200 nm / 2.000 rpm
  • Transmisi Mazda CX-30Transmisi Otomatis
  • Bahan Bakar Mazda CX-30Bahan Bakar Bensin
  • Berat Mazda CX-30Berat 1.441 kg
  • Kursi Mazda CX-30Kursi 5 Kursi

Harga Mazda CX-30

Note - Harga Mazda CX-30 diatas untuk kisaran bulan Mei 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Sudah puas kah teman – teman setelah mengikuti ulasan mengenai spesifikasi mobil yang berasal dari Jepang ini? Namun tentunya akan lebih lengkap setelah kita mengetahui harga Mazda CX-30 terbaru di pasaran.

Akan tetapi, Mas Sena terlebih dahulu akan sedikit merangkum ulasan di atas. Mazda CX-30 diproduksi dengan desain KODO terbaru yang mengedepankan perpaduan komponen kecepatan, kekuatan maupun pesona.

Bukti desain terbaru tersebut adalah dengan adanya fitur – fitur canggih seperti i-Activ AWD dan G-Vectoring Control Plus yang membantu kinerja pengemudi.

Selain itu, adanya sistem ECU pada mobil ini dapat mengatur torsi anyara roda depan dan belakang untuk meningkatkan traksi dan cengkraman ban yang maksimal.

Berdasarkan spesifikasi yang lengkap dan canggih tersebut, berapa sih sebenarnya harga Mazda CX-30 ini di Indonesia?

Harga Mazda CX-30 terbaru memiliki dua perbedaan berdasarkan varian yang ada, yaitu memiliki rentang Rp 478,8 Juta Rp 518,8 Juta .

Mas Sena rasa harga Mazda CX-30 termasuk sesuai dengan fitur – fitur canggih yang bisa kita miliki.

Akan tetapi, harga Mazda CX-30 terbaru tersebut merupakan harga OTR (On The Road) atau harga di pasaran Jakarta dan sekitarnya. Pastinya dengan hal ini, harga di daerah – daerah lain memiliki perbedaan.

Gambar Mazda CX-30

Spesifikasi Mazda CX-30

Ringkasan:

Spesifikasi Mazda CX-30 menggunakan transmisi Otomatis dengan bahan bakar Bensin. Spek Mazda CX-30 yang berjenis mobil SUV ini memiliki kapasitas mesin sebesar 1998 cc.

Warna Mazda CX-30

Berikut ini adalah pilihan warna Mazda CX-30 yang dapat anda pilih:

Review Mazda CX-30

Eksterior Mazda CX-30

Mobil Mazda CX 30

Pertama kali, Mas Sena akan mengajak mengulik spesifikasi Mazda CX-30 secara eksterior terlebih dahulu.

Mazda CX-30 ini memiliki desain KODO terbaru yang merupakan ciri khas dari Mazda Generasi ke – 7. Desain ini merupakan perpaduan dari beberapa komponen menarik, baik dari kecepatan, kekuatan, maupun pesona.

Secara dimensi, mobil Mazda ini memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.540 mm. Untuk berat bersih dari mobil ini mencapai 1.441 kg dengan jarak sumbu roda 2.665 mm.

Karena mobil ini termasuk dalam mobil SUV, tentunya ukuran gorund clearance menjadi penting untuk diperhatikan. Jarak dari tanah mobil ini mencapai 190 mm. Sehingga dapat mendukung kenyaman mobil ini di jalanan yang kurang rata.

Kita akan mulai mengulas desain Mazda CX-30 ini dari wajahnya terlebih dahulu. Tampilan depan mobil Mazda ini terlihat gagah dengan disematkannya grille yang berukuran besar dan dipadukan dengan lis berwarna silver pada bagian bawah.

Selain itu, sisi depan Mazda CX-30 dilengkapi dengan adanya headlamp berupa Daytime Running Light yang tersusun menjadi sebuah bentuk silinder yang artistik.

Sisi depan mobil ini semakin lengkap dengan adanya bumper yang memiliki desain solid dengan lekukan – lekukan tajam yang menambah indah.

Beralih ke bagian samping dari Mazda CX-30, dimana bagian ini dilengkapi dengan adanya pilar yang hanya ada pada mobil tipe SUV, yaitu pilar D. Kegunaan pilar ini untuk menyangga bagasi dan atap bagian belakang.

Kemewahan akan mobil ini semakin terlihat dari adanya perpaduan lis krom yang menyambung dari ujung jendela depan sampai ke pilar D.

Ditambah lagi dengan disematkannya side skirt berwarna hitam yang menyambung dari bumper depan hingga fender belakang.

Sedangkan untuk desain velg Mazda CX-30 ini, didukung dengan tampilan warna polish untuk varian GT dan warna silver untuk varian Touring.

Berpindah ke bagian belakang dari mobil Mazda ini yang tidak kalah menawan. Hal ini dikarenakan adanya pilar C dengan desain menyempit yang berpadu dengan atap kendaraan yang tegak.

Pilar C ini sendiri berfungsi sebagai penyangga atap dan untuk menempatkan sabuk pengaman.

Tampilan bagian belakang mobil ini semakin terlihat lengkap dengan hadirnya lampu LED dengan bentuk pipih serta ukuran kaca belakang yang tidak terlalu besar sehingga terlihat elegan.

Spek Mazda CX-30 untuk sisi eksterior memiliki perbedaan dari kedua varian yang hadir, yaitu adanya emblem yang dilapisi mika dan terdapat sunroof untuk varian GT. Sedangkan, untuk varian Touring tidak ada lapisan mika maupun sunroof.

Mengenai ban dan velg, Mazda CX-30 menggunakan ban berukuran 215/55 yang dipadukan dengan velg Alloy berukuran 18 inci.

Interior Mazda CX-30

Harga Mazda CX 30 Terbaru

Setelah puas mengulas spesifikasi Mazda CX-30 dari sisi luar, Mas Sena akan mengajak masuk ke dalam mobil untuk melihat desain interiornya.

Desain dashborad yang dilengkapi dengan adanya bantalan berwarna coklat yang menyambung ke door trim pintu depan menjadi desain khusus mobil ini dari Mazda edisi sebelumnya.

Menuju ke bagian kokpit dari mobil ini yang dilengkapi dengan takometer, fuel meter, dan penunjuk suhu yang menggunakan jarum mekanik. Tetapi, penampilannya menyerupai panel analogi dikarenakan di desain dengan goresan – goresan animasi yang penuh ilusi.

Pengemudi Mazda CX-30 dibekali dengan beberapa fitur canggih yang mendukung dalam mengendarai mobil ini diantaranya i-Activ AWD dan G-Vectoring Control Plus.

Fitur i-Activ AWD sebagai deteksi beban vertikal pada keempat roda, sedangkan G-Vectoring Control Plus membuat konsumsi bahan bakar efektif dan mengontrol stabiltias manuver pengemudi.

Desain setir kemudi sendiri berbentuk palang 3 yang dipadukan dengan lis berwarna silver pada palang bagian bawah. Sedangkan, untuk palang di samping kanan maupun kiri dilengkapi dengan tombol – tombol untuk mempermudah kinerja pengemudi.

Fitur – fitur yang terdapat dalam tombol setir kemudi tersebut berupa cruise control, fitur untuk mengganti tampilan MID di panel instrumen, dan fitur untuk mengatur volume speaker.

Selain itu, Mazda CX-30 dilengkapi dengan beberapa fitur hiburan. Fitur hiburan tersebut berupa Mazda Connect yang berbentuk layar sentuh berukuran 8.8 inci wide TFT color display.

Hebatnya lagi, fitur ini tidak hanya digunakan untuk pengaturan mutimedia saja, namun dapat untuk melihat fitur kendaraan yang bisa diakses dengan commander control di bagian konsol tengah.

Selain itu, fitur ini dapat dikoneksikan secara langsung dengan ponsel pintar dan didukung dengan adanya dua belas buah spaker BOSE.

Sedangkan untuk masalah pendingin suhu, Mazda CX-30 dilengkapi layar pengatuhan suhu digital yang dipadukan dengan kenop digital. Hal ini tentunya membuat praktis penumpang untuk mengatur nya.

Oh iya, spek Mazda CX-30 bagian interior ini dilengkapi dengan lima buah kursi yang dibuat menggunakan bahan kulit maupun fabric. Warna hitam glossy yang menyeluruh di sisi interior maupun kursi mobil ini menambah kesan garang.

Keamanan & Kenyamanan Mazda CX-30

Spesifikasi Mazda CX 30

Selanjutnya, Mas Sena akan mengajak mengulas spesifikasi Mazda CX-30 dari sisi keamanan dan kenyamanan. Sisi ini menjadi hal yang patut diperhatikan, mengingat mobil ini biasa digunakan untuk touring.

Mengenai suspensi yang ditawarkan, Mazda CX-30 dibekali dengan suspensi depan berupa MacPherson Strut dan suspensi belakang berupa Torsion Beam Axle. Adanya kedua suspensi ini untuk menambah rasa nyaman ketika mobil ini dikendarai di jalanan terjal.

Selain itu, adanya rem depan maupun berupa Ventilated Disc membuat rasa aman pengemudi ketika mengentikan kendaraan ini. Ditambah lagi dengan hadirnya sistem pengereman ABS dan EBD.

Ketika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan dalam mengendarai Mazda CX-30 ini, resiko benturan penumpang dapat diminimalisir dengan hadirnya airbag yang berada di bagian depan maupun samping.

Selain itu, mobil Mazda ini dilengkapi beberapa fitur keamanan lain yang mumpuni. Fitur tersebut berupa Mazda Radar Cruise Control, Brake Assist, Lane Keep Assist, High Launch Assist, dan High Beam Control.

Beberapa fitur keamanan di atas tentunya sebagai pendukung spek Mazda CX-30 dari sisi kenyamanan. Hal ini dikarenakan dengan adanya rasa aman, maka akan timbul rasa nyaman bagi pengguna.

Salah satunya adalah adanya fitur Hill Launch Assist dan High Beam Control yang dapat memberikan kenyamanan ketika mobil melewati jalanan antar kota.

Mesin Mazda CX-30

Spek Mazda CX 30

Beralih ke spesifikasi Mazda CX-30 bagian dapur pacu. Dimana mobil Mazda ini didukung dengan mesin bertipe SKYACTIV-G 2.0L.

Mesin tersebut memiliki kapasitas 1998 cc. Dimana mesin ini dilengkapi dengan empat buah silinder dengan rasio kompresi 13:1.

Mesin Mazda CX-30 ini dapat menghasilkan energi mencapai 155 hp pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 200 nm pada 2.000 rpm.

Adanya sistem ECU pada mobil ini dapat mengatur torsi anyara roda depan dan belakang untuk meningkatkan traksi dan cengkraman ban yang maksimal.

Mengenai transmisi, mobil SUV ini menawarkan transmisi SKYACTIC-DRIVE berupa transmisi otomatis mencapai 6 kecepatan. Keunikan dari mobil ini adalah penggunaan tuas shifttronic manual untuk mengatur transmisi, bukan menggunakan CVT.

Selain itu, spek Mazda CX-30 dari sisi mesin dilengkapi dengan tangki bahan bakar mencapai 51 liter. Dimana mobil ini menggunakan bahan bakar berupa bensin.

Kelebihan Mazda CX-30

Kekurangan Mazda CX-30

Mesin

  • Tipe Mesin
  • SKYACTIV-G 2.0L
  • Kapasitas Mesin
  • 1998 cc
  • Silinder
  • Empat silinder
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • 6 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 155 hp / 6.000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 200 nm / 2.000 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4.395 mm
  • Lebar
  • 1.795 mm
  • Tinggi
  • 1.540 mm
  • Berat
  • 1.441 kg
  • Jarak Terendah
  • 190 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2.665 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 51 liter

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang
  • Torsion Beam Axle
  • Rem Depan
  • Ventilated Disc
  • Rem Belakang
  • Ventilated Disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 215/55 R 15
  • Velg
  • Alloy 18 inci

Eksterior

  • Lampu Depan
  • Daytime Running Light LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Otomatis
  • Side Skirt
  • Ada
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 5 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit dan fabric
  • Audio
  • 12 speaker BOSE
  • Layar
  • Layar sentuh 8.8 inci
  • Sistem Pendinginan
  • AC Digital
  • Sistem Kemudi
  • Powersteering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • SKYACTIV-G 2.0L
  • Kapasitas Mesin
  • 1998 cc
  • Silinder
  • Empat silinder
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • 6 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 155 hp / 6.000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 200 nm / 2.000 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4.395 mm
  • Lebar
  • 1.795 mm
  • Tinggi
  • 1.540 mm
  • Berat
  • 1.441 kg
  • Jarak Terendah
  • 190 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2.665 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 51 liter

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang
  • Torsion Beam Axle
  • Rem Depan
  • Ventilated Disc
  • Rem Belakang
  • Ventilated Disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 215/55 R 15
  • Velg
  • Alloy 18 inci

Eksterior

  • Lampu Depan
  • Daytime Running Light LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Otomatis
  • Side Skirt
  • Ada
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 5 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit dan fabric
  • Audio
  • 12 speaker BOSE
  • Layar
  • Layar sentuh 8.8 inci
  • Sistem Pendinginan
  • AC Digital
  • Sistem Kemudi
  • Powersteering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada