MG ZS

Harga MG ZS dan Spesifikasi – Beberapa waktu lalu, tepatnya pada awal Maret 2020, produsen mobil asal Inggris yang bernama Moris Garage (MG) telah masuk ke pasar otomotif Indonesia.

Produsen yang kini sudah diakuisisi oleh SAIC Motor yang bermarkas di Kota Shanghai, Cina tersebut dikabarkan membawa model terbaru di Indonesia, yakni MG ZS.

Dimana, mobil ini merupakan model SUV perdana garapan Moris Garage yang hadir di pasar Tanah Air dengan menawarkan dua varian atau dua pilihan mesin berkapasitas 1.0 liter dan 1.5 liter.

Mobil kompak terbaru yang diklaim akan menjadi rival bagi Honda HR-V tersebut secara resmi telah diumumkan di Indonesia pada 24 Maret 2020 dan akan diimpor secara utuh dari Thailand.

Meski terbilang sebagai brand baru, namun kehadiran MG ZS di pasar otomotif nasional diklaim akan menjadi boomerang bagi beberapa produsen asal Jepang, khususnya di segmen mobil SUV.

Nah, guna mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang mobil SUV terbaru ini, Mas Sena akan berbagi informasi mengenai spesifikasi dan harga MG ZS sebagai referensi untuk kawan-kawan semua sekaligus beberapa poin terkait kelebihan dan kekurangannya.

Mobil SUV terbaru asal Inggris di bawah naungan SAIC Motor Corporation Limited yang hadir dengan dua varian dan berkapasitas 5 penumpang

MG ZS
  • Mobil MG ZSJenis SUV
  • Kapasitas Mesin MG ZSKapasitas 1.5 liter
  • Kecepatan MG ZS Tenaga 106 Ps / 6.000 rpm
  • Torsi MG ZS Torsi 141 Nm / 4.500 rpm
  • Transmisi MG ZSTransmisi Manual / Otomatis
  • Bahan Bakar MG ZSBahan Bakar Bensin
  • Berat MG ZSBerat 1.258 Kg
  • Kursi MG ZSKursi 5 kursi

Harga MG ZS

Note - Harga MG ZS diatas untuk kisaran bulan November 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Menyinggung soal harga MG ZS terbaru, memang hal lumrah yang turut dicari oleh calon konsumen yang mulai tertarik dengan mobil SUV ini.

Apalagi, dengan bekalan ragam keunggulan yang dibawanya. Seperti desainnya yang kuat akan kesan ala SUV Britania Raya dengan tampilan elegan dan begitu kompak.

Mesinnya sendiri juga cukup variatif dengan dua pilihan, yakni DOHC 1.5 liter dan Turbochared 1.0 liter. Keduanya pun sama-sama memiliki semburan tenaga mumpuni dan cukup efisien.

Selain itu, mobil sebagai penantang baru untuk segmen SUV kompak dengan berbagai fitur menarik dibandingkan pesaing lain di segmen ini pun juga turut memiliki ragam fitur keamanan dan kenyamanan ekstra. Lantas, berapa sih kisaran banderol atau harga MG ZS ini?

Mengacu atas beberapa sumber yang beredar, mobil SUV kompak buatan MG Motor ini akan ditawarkan dengan dua pilihan/varian harga.

Pertama, untuk harga MG ZS varian Excite dibanderol Rp 255,8 Juta. Sedangkan, harga dari tipe MG ZS Ignite sebagai varian tertingginya dipatok senilai Rp 289,8 Juta.

Harga MG ZS yang Mas Sena sebutkan di atas sudah termasuk OTR (On The Road) untuk wilayah DKI Jakarta Selatan. Sehingga, tak menutup kemungkinan akan ada sedikit perubahan nominal harga ketika dijual di luar wilayah Jaksel.

Terlepas dari itu, melihat kisaran harga MG ZS di atas, sepertinya memang banderol mobil SUV ini terbilang cukup terjangkau. Mengingat, beberapa pesaingnya punya banderol di atas nominal itu. Seperti Honda HR-V dengan kisaran harga 297 jutaan hingga 415 jutaan yang diklaim akan jadi pesaing kuatnya di level yang sama.

Jadi, tak heran jika dengan kisaran harga MG ZS yang cukup terjangkau itu, konsumen di Indonesia akan tertarik untuk membelinya.

Gambar MG ZS

Spesifikasi MG ZS

Ringkasan:

Spesifikasi MG ZS menggunakan transmisi Manual / Otomatis dengan bahan bakar Bensin. Spek MG ZS yang berjenis mobil SUV ini memiliki kapasitas mesin sebesar 1.5 liter.

Warna MG ZS

Berikut ini adalah pilihan warna MG ZS yang dapat anda pilih:

Review MG ZS

Eksterior MG ZS

Mobil MG ZS

Sektor desain eksterior pada spesifikasi MG ZS kali ini akan menjadi segmen pertama yang bakal Mas Sena ulas dalam review kali ini.

Yang mana, dalam soal desain sendiri, mobil SUV garapan pabrik MG ini diketahui membawa konsep Brit Dynamic yang sangat khas dengan gaya mobil ala Britania Raya. Hal itu bisa dilirik dari adanya kombinasi warna bodi dengan aksen chrome di beberapa sisi pada bagian bodinya.

Dari segi bentuk bodi, MG ZS ini memiliki diemnsi dengan panjang 4.314 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.624 mm, dan kapasitas tangkinya sebesar 48 liter.

Sedangkan, ground clearance pada mobil ini dirancang cukup tinggi dengan ukuran 165 mm sehingga akan membuat mobil ini aman melewati jalan offroad sekalipun.

Secara detail tampilan, dari sisi depan, terlihat bahwa MG ZS sendiri telah mengusung lampu utama proyektor berpengaturan on/off otomatis disertai DRL berteknologi LED untuk memberikan pencahayaan maksimal dan efisien.

Kemudian, di bawahnya terlihat ada skidplate yang sangat memberikan kesan sporty begitu kentara pada mobil ini.

Yang menarik, terlihat bahwa lampu depan dari mobil SUV ini dibuat modern dan menyipit dengan kesan tajam yang kentara. Bahkan, grille berukuran besar pun juga semakin melengkapi kesan elegan dari mobil kompak ini.

Tak sampai di situ, masih pada bagian depannya, lampu sein halogen pun juga tampak diposisikan cukup ideal bersama lampu utama.

Lalu, ada juga bumper depan dari MG ZS ini yang dibuat dengan gaya modern bersama fog lamp di sisi samping kanan maupun kiri.

Di sisi lain, pada bagian samping dari sisi eksterior pada spek MG ZS ini juga tampak aura modern. Seperti aksen silver nan elegan yang menghias pada sektor jendela samping.

Bahkan, kesan sporty dan gagah pun semakin begitu berkesan berkat lekukan garis bodi di sisi samping dan side skirt yang cukup jelas terlihat dengan lapisan warna silver krom untuk memperkuat kesan futuristik.

Spion elektrik pun juga turut menjadi teknologi yang diusung MG ZS ini disertai lampu sein untuk memaksimalkan pertanda belok ketika akan berbelok ke kanan atau ke kiri.

Tak lupa pula bahwa di bagian samping dari bodi MG ZS ini pun terdapat velg bergaya Two-One Alloy Wheels 17 inci (Ignite) dan 16 inci (Excite) yang membuatnya kian terkesan begitu menarik dan elegan.

Menginjak pada sektor lain, tak ketinggalan bahwa di bagian buritan dari mobil SUV ini mengusung desain yang cukup umum menjadi ciri khas mobil kompak.

Hal itu bisa dilihat dari lampu belakangnya yang terbilang memiliki ukuran cukup kecil namun mengusung bentuk yang modern seperti pada lampu depannya.

Hanya saja, dikarenakan ukurannya kecil maka untuk visibilitas lampu belakang saat berkendara kemungkinan akan sedikit menyusahkan pengemudi lain saat di belakang mobil.

Selain itu, di bagian belakang dari SUV MG ZS ini juga sudah membawa wiper belakang, defogger, dan spoiler belakang untuk melengkapi sisi modern.

Tak hanya itu saja, yang menarik pada sektor belakang dari MG ZS ini terletak di bagian handle door pada pintu bagasi yang terdapat pada logo MG di bagian tengah eksterior belakang. Dimana, memang tampak simple namun memiliki kesan yang begitu elegan.

Interior MG ZS

Harga MG ZS

Selanjutnya, topik mengenai review spesifikasi MG ZS berikutnya akan menyentuh bagian interior atau ruang kabinnya.

Sektor interior pada mobil kompak buatan MG ini agaknya memang mengusung kesan ala British dengan konsep nan elegan.

Dimana, kesan tersebut memang cukup kentara nampak pada pengaturan dashboard serta material soft touch yang digunakan oleh mobil SUV buatan MG ini.

Kombinasi warna hitam (varian Excited) dan dua warna coklat-hitam (varian Exclusive) terpampang sangat kuat di setiap sisi bagian kabin dari mobil MG ZS ini.

Dengan begitu maka secara tak langsung aura mobil bergaya Eropa agaknya cukup terlihat jelas dari tiap bagian dalam mobil ini.

Apalagi, tak lupa konsep dashboard yang diusung mobil kompak MG ZS ini sangat modern dan futuristik dengan mengusung bahan soft touch dan dual color combination coklat dan silver.

Di sisi tengah pada dashboard, terlihat fitur hiburan berupa layar sentuh berupa panel LCD berukuran 8 inci yang diletakkan di bawah dua lubang AC.

Berkenaan dengan AC, diketahui bahwa MG ZS telah menawarkan dua pilihan teknologi, AC Digital untuk varian Exclusive, sedangkan untuk varian Excite masih menggunakan pengaturan AC standar.

Tak sampai di situ, hal lain yang menarik dari layar yang digunakan juga tampak dari beberapa menu pada sistem infotainment di layar sentuh tersebut. Yang mana akan menampilkan ragam menu hiburan modern terintegrasi dengan Apple CarPlay maupun Android Auto.

Selain itu, tersemat pula ventilasi udara dengan sistem pengaturan fleksibel yang mana bisa diputar 360 derajat dengan membawa tampilan modern aksen chrome satin dan sentuhan bezel.

Tak hanya itu saja, bahkan kesan elegan dan modern pun juga turut bisa dirasakan pada konsol tengah dengan aksen chrome. Hanya saja, kali ini MG ZS hanya menawarkan dua cup holder, tanpa arm rest yang dirasa masih standar.

Sementara itu di sisi lain, menginjak pada bagian kemudi dari MG ZS ini pun terlihat ada setir kemudi dengan berbahan kulit yang mana sudah disertai tombol audio control.

Dengan begitu maka pengemudi akan dengan mudah mengganti musik atau menerima telepon via koneksi Bluetooth hanya dengan menekan tombol pada setir kemudi tanpa mengganggu fokus berkendara.

Lalu, berkenaan dengan soal jok, kali ini spek MG ZS mengusung kursi untuk 5 penumpang dengan desain terbaru yang dibuat untuk menunjang kenyamanan. Seperti pengaturan 6-ways pada kursi pengemudi dan 4-ways pada kursi penumpang di bagian depan.

Bahan material joknya sendiri pun cukup modern dengan mengusung lapisan kulit (varian Exclusive) dan material fabric buatan Houndstooth (varian Excite).

Tak lupa juga pada pada bagian bagasinya, mobil kompak ini terbilang memiliki ruang bagasi yang cukup lega. Dimana, memiliki kapasitas penyimpanan 448 liter.

Dengan begitu maka tak heran jika ruang kabin atau interior yang diusung oleh MG ZS ini diklaim sanggup menjamin kebutuhan penumpang akan kenyamanan dalam kabin.

Keamanan & Kenyamanan MG ZS

Spesifikasi MG ZS

Mengacu akan konsep SUV modern, tentu saja pada spesifikasi MG ZS ini hadir dengan ragam fitur terbaru untuk menunjang kenyamanan sekaligus keamanan/keselamatan.

Untuk soal keselamatan atau keamanan, MG Motor mengklaim bahwa mobil kompak ini akan hadir dengan fitur rem Ventilated Disc (depan) dan rem Disc Brake (belakang).

Dimana, rem tersebut sudah dibekali dengan teknologi ABS+EBD+EBA, serta kontrol traksi untuk mencegah terjadinya ban selip ketika terjadi rem mendadak. Ini tentu menjadi keamanan yang penting untuk diperhatikan.

Berkenaan dengan kaki-kaki, pada spek MG ZS ini pun juga bakal dibekali dengan suspensi handal berupa McPherson Struts di bagian depan dan Torsion Beam pada sektor belakang untuk meredam getaran ketika melewati medan jalan offroad dan bergeronjal.

Dari sisi keamanan penumpang, MG ZS pun juga akan dibekali airbag pada penumpang depan guna melindungi penumpang saat terjadi tabrakan.

Bahkan, ada pula stability control dan Hill Start Assist untuk mencegah terjadinya mobil mundur ketika menaiki medan yang terjal.

Lalu, untuk menunjang fleksibilitas maka mobil ini juga sudah dibekali fitur perintah suara berupa i-SMART sebagai salah satu keunggulan atas fitur canggih yang dibawa oleh mobil SUV garapan MG Motor ini.

Tak sampai di situ, fitur mode berkendara pun juga turut disematkan pada mobil MG ZS ini dengan 3 pilihan sesuai kebutuhan, yakni Comfort, Normal, dan Sport.

Mesin MG ZS

Review MG ZS

Sistem operasi mesin pada spesifikasi MG ZS pun agaknya juga akan jadi topik menarik untuk dibahas mengingat berkenaan dengan performa.

Dalam hal dapur pacu, mobil SUV terbaru garapan MG Motor ini akan menawarkan dua pilihan mesin dengan kapasitas dan transmisi berbeda.

Pertama, ada jenis pilihan mesin berteknologi Normaly Aspirated berkubikasi 1.5 liter tipe DOHC VTI-tech dengan 16 katup dan 4 silinder yang disokong transmisi manual 5 percepatan.

Mesin ini diklaim bertenaga 106 Ps per 6.000 rpm dan memiliki torsi maksimum 141 Nm per 4.500 rpm.

Sedangkan, jenis mesin ke dua pada spek MG ZS sendiri akan membawa mesin tipe GDI kapasitas 1.0 liter 3 silinder yang didukung teknologi Turbocharged.

Dimana, mesin ini akan mengandalkan transmisi otomatis 6 percepatan bertenaga 111 Ps per 6.000 rpm dan torsi puncak pada titik 160 Nm per 4.500 rpm.

Meski berbeda, kedua tipe mesin tersebut memiliki rasio kompresi 10.5:1 yang membuatnya semakin efisien. Bahkan, kedua tipe mesin pada MG ZS tersebut sudah dibekali Port Fuel Injection (Excited) dan Gasoline (Exclusive) untuk menekan konsumsi bahan bakar agar lebih irit.

Berbekal mesin tersebut, mobil SUV garapan MG Motor ini diklaim mampu mencapai kecepatan tertinggi 109 mph (1.5 liter DOHC) dan 112 mph (1.0 liter Turbocharged).

So, tak heran bilamana sektor mesin dari MG ZS ini menjadi segmen yang sangat diandalkan dalam menunjang performa bertenaga tanpa mengurangi tingkat keramahannya terhadap lingkungan.

Kelebihan MG ZS

Kekurangan MG ZS

Pertanyaan Seputar MG ZS

Berapa harga MG ZS di Indonesia?
Harga MG ZS dibedakan berdasarkan tipenya. MG ZS sendiri memiliki 4 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • MG ZS Excite Manual
  • Rp 255,8 Juta
  • MG ZS Excite Otomatis
  • Rp 255,8 Juta
  • MG ZS Ignite Manual
  • Rp 289,8 Juta
  • MG ZS Ignite Otomatis
  • Rp 289,8 Juta
MG ZS tersedia dalam warna apa saja?
MG ZS tersedia dalam 5 warna, diantaranya adalah Crimson Red (Merah), Arctic Blue (Biru), Razor Black (Hitam), Frosty White (Putih), Grind Silver (Silver).
Bagaimana performa mesin MG ZS?
Performa mesin MG ZS didukung oleh mesin dengan tipe DOHC VTI-TECH yang memiliki kapasitas mesin sebesar 1.5 Liter yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 106 Ps / 6.000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 141 Nm / 4.500 rpm.
Berapa jumlah kursi MG ZS?
Jumlah kursi MG ZS yaitu sejumlah 5 kursi kursi.
Transmisi apa saja yang tersedia pada MG ZS?
MG ZS menyediakan transmisi Manual / Otomatis

Mesin

  • Tipe Mesin
  • DOHC VTI-TECH
  • Kapasitas Mesin
  • 1.5 Liter
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Manual
  • Tipe Transmisi
  • 5-percepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 106 Ps / 6.000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 141 Nm / 4.500 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4.314 mm
  • Lebar
  • 1.809 mm
  • Tinggi
  • 1.624 mm
  • Berat
  • 1.258 Kg
  • Jarak Terendah
  • 165
  • Jarak Poros Roda
  • 2.588 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 48 liter

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • McPherson struts
  • Suspensi Belakang
  • Torsion beam
  • Rem Depan
  • Ventilated Disc
  • Rem Belakang
  • Disc Brake
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 205/60 R16
  • Velg
  • Two-One Alloe Wheels 16 inci

Eksterior

  • Lampu Depan
  • Daytime Running Light LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Spion Elektrik
  • Side Skirt
  • Ada
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, pengemudi dan penumpang depan
  • Jumlah Kursi
  • 5 kursi
  • Bahan Kursi
  • Designer Houndstooth fabric seats
  • Audio
  • 4 speaker
  • Layar
  • LCD 8 inci
  • Sistem Pendinginan
  • AC Standar
  • Sistem Kemudi
  • Column EPS (3 driver selectable modes)
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • GDI
  • Kapasitas Mesin
  • 1.0 liter
  • Silinder
  • 3
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • 6-percepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 111 Ps / 6.000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 160 Nm / 4.500 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4.314 mm
  • Lebar
  • 1.809 mm
  • Tinggi
  • 1.624 mm
  • Berat
  • 1.258 Kg
  • Jarak Terendah
  • 165
  • Jarak Poros Roda
  • 2.588 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 48 liter

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • McPherson struts
  • Suspensi Belakang
  • Torsion beam
  • Rem Depan
  • Ventilated Disc
  • Rem Belakang
  • Disc Brake
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 205/60 R16
  • Velg
  • Two-One Alloe Wheels 16 inci

Eksterior

  • Lampu Depan
  • Daytime Running Light LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Spion Elektrik
  • Side Skirt
  • Ada
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, pengemudi dan penumpang depan
  • Jumlah Kursi
  • 5 kursi
  • Bahan Kursi
  • Designer Houndstooth fabric seats
  • Audio
  • 4 speaker
  • Layar
  • LCD 8 inci
  • Sistem Pendinginan
  • AC Standar
  • Sistem Kemudi
  • Column EPS (3 driver selectable modes)
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • DOHC VTI-TECH
  • Kapasitas Mesin
  • 1.5 Liter
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Manual
  • Tipe Transmisi
  • 5-percepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 106 Ps / 6.000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 141 Nm / 4.500 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4.314 mm
  • Lebar
  • 1.809 mm
  • Tinggi
  • 1.624 mm
  • Berat
  • 1.258 Kg
  • Jarak Terendah
  • 165
  • Jarak Poros Roda
  • 2.588 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 48 liter

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • McPherson struts
  • Suspensi Belakang
  • Torsion beam
  • Rem Depan
  • Ventilated Disc
  • Rem Belakang
  • Disc Brake
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 215/50 R17
  • Velg
  • Diamond Cut Alloy Wheels 17 inci

Eksterior

  • Lampu Depan
  • Daytime Running Light LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Spion Elektrik
  • Side Skirt
  • Ada
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, pengemudi dan penumpang depan
  • Jumlah Kursi
  • 5 kursi
  • Bahan Kursi
  • Leather (kulit)
  • Audio
  • 6 speaker
  • Layar
  • LCD 8 inci
  • Sistem Pendinginan
  • AC Digital
  • Sistem Kemudi
  • Column EPS (3 driver selectable modes)
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • GDI
  • Kapasitas Mesin
  • 1.0 liter
  • Silinder
  • 3
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • 6-percepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 111 Ps / 6.000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 160 Nm / 4.500 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4.314 mm
  • Lebar
  • 1.809 mm
  • Tinggi
  • 1.624 mm
  • Berat
  • 1.258 Kg
  • Jarak Terendah
  • 165
  • Jarak Poros Roda
  • 2.588 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 48 liter

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • McPherson struts
  • Suspensi Belakang
  • Torsion beam
  • Rem Depan
  • Ventilated Disc
  • Rem Belakang
  • Disc Brake
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 215/50 R17
  • Velg
  • Diamond Cut Alloy Wheels 17 inci

Eksterior

  • Lampu Depan
  • Daytime Running Light LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Spion Elektrik
  • Side Skirt
  • Ada
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, pengemudi dan penumpang depan
  • Jumlah Kursi
  • 5 kursi
  • Bahan Kursi
  • Leather (kulit)
  • Audio
  • 6 speaker
  • Layar
  • LCD 8 inci
  • Sistem Pendinginan
  • AC Digital
  • Sistem Kemudi
  • Column EPS (3 driver selectable modes)
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada