Nissan X-Trail

Harga Nissan X Trail dan Spesifikasi–  Selain segmen mobil MPV, pasar SUV di Indonesia pun kini kian banyak diminati oleh para konsumen di Indonesia.

Salah satu produk SUV yang sampai saat ini banyak peminatnya yaitu Nissan X-Trail. SUV garapan Nissan ini resmi diluncurkan oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI) di pasar otomotif Tanah Air pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta pada tahun 2014 lalu yang bertempat di Kemayoran, Jakarta di mana pada saat itu sekaligus menjadi mobil SUV favorit pengunjung IIMS 2014.

Melihat hal tersebut, tentu tak lepas dari keberhasilan konsep yang diusung oleh mobil ini.

Pasalnya, SUV bertajuk Nissan X-Trail ini memang hadir dengan mengusung rancangan atau konsep yang begitu menarik di mana memadukan antara sektor eksterior, interior, dapir pacu handal serta stabilitas mobil yang tiada banding.

Bahkan, sampai saat ini pun Nissan X Trail diketahui masih tetap menjadi salah satu mobil SUV yang cukup banyak peminatnya. Lantas, apa sih yang yang membuat konsumen tertarik pada Nissan X-Trail ini?

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Nissan X Trail yang resmi diluncurkan pada 12 September 2014 lalu ini merupakan generasi ke 3 dari pendahulunya yang sebelumnya dirilis secara perdana pada tahun 2001 silam.

Faktor yang menjadikan Nissan X Trail ini menjadi mobil SUV favorit adalah desain fisik atau tampilan eksteriornya sangat berkarakter serta stabilitasnya yang dinilai sangat cocok bagi jalanan Indonesia yang infrakstrukturnya masih belum baik di beberapa daerah.

Nissan X-Trail sendiri juga sudah terpasang monitor 360 derajat yang memungkinkan pengguna dapat memonitor apa saja objek yang berada disekitar mobil dan sangat berguna ketika akan parkir ditempat yang spacenya terbatas.

Sistem lampu utama Nissan X Trail dengan desain day time running light dengan LED baik pada sorot lampu dekat mapun jauh sehingga cahaya yang dihasilkan terang dengan konsumsi energy yang rendah.

Penasaran kan dengan Nissan X Trail ini? Yuk, kita simak bersama ulasan mengenai spesiifkasi dan harga Nissan X-Trail yang akan Mas Sena Uraikan pada beberapa segmen di bawah ini.

Mobil SUV mewah yang tangguh di semua kondisi jalanan, baik di alam maupun di kota

Nissan X Trail F
  • Mobil Nissan X-TrailJenis SUV
  • Kapasitas Mesin Nissan X-TrailKapasitas 2488 cc
  • Kecepatan Nissan X-Trail Tenaga 171 HP / 6.000 rpm
  • Torsi Nissan X-Trail Torsi 23.8 nm / 4.000 rpm
  • Transmisi Nissan X-TrailTransmisi Otomatis
  • Bahan Bakar Nissan X-TrailBahan Bakar Bensin
  • Berat Nissan X-TrailBerat 2170 kg
  • Kursi Nissan X-TrailKursi 7 Kursi

Harga Nissan X-Trail

Note - Harga Nissan X-Trail diatas untuk kisaran bulan September 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Nah, akhirnya kita sampai pad sesi paling akhir dari pembahasan ini di mana pada sesi ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengetahui lebih jauh mengenai harga Nissan X-Trail.

Tapi tunggu dulu, sebelum jauh membahas harga Nissan X Trail, Mas Sena akan sedikit memberikan kesimpulan mengenai spesiifkasi yang diusung SUV premium ini yang sudah diuraikan pada beberapa segmen di atas.

Perlu diketahui bahwa Nissan X-Trail ini memang dihadirkan untuk meramaikan pasar SUV premium di mana mobil besutan Nissan ini hadir dengan tampilan desain yang begitu sporty,mewah, dan tampak begitu berkarakter.

Sehingga, tak heran jika banyak konsumen yang kepincut pada SUV mewah yang satu ini. Selain itu, Nissan X-Trail ini juga akan hadir dengan menawarkan 2 pilihan mesin yang bisa dipilih konsumen, yaitu versi 2.0 L dan 2.5 L.

Kedua mesin tersebut tak memiliki banyak perbedaan namun memiliki kesamaan yaitu sama-sama bakal memberikan tenaga yang bgitu gahar sehingga mobil ini mampu melesat begitu gesit dan cepat.

Di sisi lain, beragam fitur modern dan berteknologi tinggi pun turut disematkaan pula pada Nissan X Trail ini untuk menunjang keelamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

Nah, berangkat dari spesifikasi tersebut, lalu berapa ya harga Nissan X-Trail ini?

Berbicara mengenai banderol, harga Nissan X-Trail terbaru yang ditawarkan pada pasaran otomotif nasional sesuai dengan performa yang ditawarkan.

Harganya sendiri dibagi menjadi 3 kelas karena memang mobil SUV besutan Nissan ini dipasarkan di Indonesia dalam 3 varian yang berbeda. Untuk varian terendahnya diisi oleh Nissan X-Trail 2.0 M/T dan varian yang paling mahal yaitu X-Trail 2.5 CVT.

Masing-masing varian tentunya disematkan dengan fitur-fitur yang berbeda sesuai dengan yang Mas Sena paparkan bagian spesifikasi diatas. Untuk harga Nissan X Trail 2.0 bertransmisi manual, harganya dijual pada kisaran Rp 395 juta.

Sementara untuk varian 2.0 CVT akan dibanderol dengan kisaran harga Rp 419 jutaan. Sedangkan untuk Nissan X-Trail 2.5 CVT yang merupakan varian tertinggi, akan dibanderol Rp 451 jutaan.

Perbedaan harga Nissan X-Trail dari ketiga varian tersebut dipengaruhi dari sistem transmisinya.

Perlu diketahui bahwa harga Nissan X-Trail yang telah Mas Sena uraikan di atas merupakan harga OTR untuk wilayah JABODETABEK.

Sehingga, sangat dimungkinkan beda wilayah atau di luar wilayah OTR tersebut akan, harga mobil ini akan cenderung sedikit lebih mahal.

Di sisi lain, jika kita membandingkan antara spesifikasi dan harga Nissan X Trail tersebut, tampaknya sudah sesuai meski bagi sebagian konsumen di Indonesia, banderol tersebut masih terbilang cukup mahal.

Namun, berkat spesifikasi mumpuni yang dibawanya, tampaknya harga yang mahal tersebut tak menjadi masalah. Selain itu, Nissan X-Trail ini nantinya akan hadir sebagai pesaing Mazda CX-5 dan Honda CR-V yang sama-sama menyasar pada segmen yang sama dan mengusung spesifikasi yang tak jauh berbeda satu sama lain.

Itulah tadi ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Nissan X-Trail.

Gambar Nissan X-Trail

Spesifikasi Nissan X-Trail

Ringkasan:

Spesifikasi Nissan X-Trail menggunakan transmisi Otomatis dengan bahan bakar Bensin. Spek Nissan X-Trail yang berjenis mobil SUV ini memiliki kapasitas mesin sebesar 2488 cc.

Warna Nissan X-Trail

Berikut ini adalah pilihan warna Nissan X-Trail yang dapat anda pilih:

Review Nissan X-Trail

Eksterior Nissan X-Trail

Spesifikasi Nissan X Trail

Sebelum jauh membahas secara lebih mendetail, mari kita terlebih dahulu untuk mengulas pada sektor eksterior dari spesifikasi Nissan X-Trail. SUV besutan Nissan ini memang hadir dengan menawarkan tampilan eksterior dengan gaya desain mewah dan elegan.

Selain itu, beberapa lekuk bodi yang begitu aerodinamis pada setiap sisi bodinya pun kian membuat tampilan mobil ini tampak begitu menawan.

Apalagi pada sektor depan Nissan X-Trail ini, Nissan menyematkan headlamp auto On/Off berteknologi LED Daytime Running Light yang didesain mengusung gaya modern dan berkarakter gagah yang mampu memberikan penerangan secara maksimal, terutama ketika dikendarai di waktu malam hari di saat jalanan minim penerangan lampu kota.

Bahkan, lampu sein pun juga terpasang manis pada bagian depannya dengan mengandalkan lampu LED sehingga menampilkan kesan SUV premium yang berkarakter.

Selain itu, pada bumper depannya pun Nissan X Trail juga tidak kalah elok dengan disematkannya bumper khas SUV yang berkarakter tinggi dan gagah ditambah Foglamp yang siap menerangi dari kabut tebal yang mengganggu perjalanan.

Sedangkan dari samping, terlihat Roof Rail dan Side Skirt yang dibentuk dengan kesan simpel yang kian membuat mobil ini tampil begitu elegan dan easy to use.

Selain itu, pada sektor bodi samping terlihat juga sedikit lekukan samar namun tampak begitu tegas dan berotot yang semakin memperkuat Nissan X-Trail ini sebagai mobil yang gagah dan berwibawa.

Sedangkan untuk body bagian belakangnya tampil premium dengan Tail Light-nya yang besar dan  menjorok horizontal di mana mengusung stop lamp berteknologi LED yang semakin menyempurnakan kesan sporty.

Tampaknya, sektor eksterior dari spesifikasi Nissan X Trail ini memang menampilkan tampilan desain mewah yang berkarakter SUV petualang.

Interior Nissan X-Trail

Harga Nissan X Trail Terbaru

Beralih pada pembahasan berikutnya, pada sesi ini kita akan memasuki pada ruang kabi dari sektor interior spesifikasi Nissan X-Trail.

Ketika memasuki pada ruang kabinnya, akan disuguhkan ruang kabin yang cukup luas di mana pada ruang kabinnya tersebut terdapat jok yang berbahan material yang dibuat soft yang sangat baik dengan pilihan kulit yang nyaman untuk diduduki dalam perjalanan jauh.

Bahkan, ruang kabinnya tersebut juga mampu menampung hingga 8 penumpang sekaligus pengemudinya.

Selain itu, desain interior dari Nissan X Trail ini pun juga terbilang sangat elegan dan comfortable yang dilengkapi dengan beberapa fitur canggih pada dashboardnya.

Menariknya, dashboard sampai dengan pintu panel pun tertutup dengan pelapis soft yang tampak begitu elegan dengan gelaran warna hitam yang begitu elegan.

Selain itu, pada sektor dashboard, tampak terpasang manis sebuah layar touchscreen seluas 7 inci yang tersematkan pad bagian tengah dari dashboard.

Layar tersebut dilengkapi Around View Monitor di mana fitur ini akan memantau keadaan sekitar secara 360° dari atas kendaraan dengan 4 (empat) kamera yang ditampilkan dalam format bentuk split screen close-up di monitor.Sehingga, pengemudinya pun akan lebih mudah dan nyaman saat memarkir Nissan X-Trail ini di ruang sempit.

Selain itu, di sekitar layar sentuh tersebut juga terdapat tombol panel Integrated 2DIN AM/FM CD Player (MP3 Compatible) yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik kesukaan.

Lalu, dilengkapi juga fitur Advanced Drive-Assist Display di depan pengemudi yang akan menyajikan beragam info terkait kondisi kendaraan dan perjalanan didepan mata, sehingga pengemdui pun dapat tetap fokus mengemudi.

Bahkan, pada steering wheel dari spesifikasi Nissan X Trail ini juga sudah dilengkapi panel Steering Switch Audio Control yang akan memudahkan pengemudi dalam mengontrol sistem audio sistem dengan panel pada kemudinya.

Di sisi lain, spesifikasi Nissan X-Trail ini menawarkan kabin tiga sap jok yang tentu saja menjadi kelebihan mobil dari SUV mewah ini.

Apalagi jok baris kedua bisa dilipat secara fleksibel dengan format kursi terpisah 60/40 yang dapat digeser ke depan sehingga penumpang pun akan lebih merasakan keleluasaan saat berbaring tidur.

Tak hanya sampai di situ saja, Nissan X-Trail ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih pada pintu belakang bernama Hands Free (Touchless) Back Door System yang menjadi sebuah keunggulan utama dari Nissan X Trail ini di mana teknologi ini memungkinan pintu secara otomatis akan terbuka hanya dengan menyentuh panel di dashboard.

Menariknya pada tipe X Trail 2.5 CVT, pintu tengah dari spesifikasi Nissan X-Trail ini juga bisa dibuka hingga 77 derajat sehinga akan lebih mudah memasukan barang ketika bagasi di belakang sudah penuh.

Dimensi Nissan X-Trail

Nissan X Trail

Selanjutnya, pada sesi ini Mas Sena akan menguraikan terkait dimensi dari spesifikasi Nissan X-Trail. Apabila kita lembali menilk pada sektor desain yang tampak bongsor dan interiornya yang luas, tentu hal tersebut tak bisa lepas dari struktur ukuran dimensi pembentuknya.

Dalam kaitannya dengan dimensi dari Nissan X Trail, SUV ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.640 mm, lebar 1.820 mm, dan tingginya 1.720 mm serta memiliki jarak sumbu roda 2.705 mm sehingga membuat bobot mobil ini mencapai 1.501 Kg.

Selain itu, SUV besutan Nissan ini juga memiliki ground clearance setinggi 210 mm. Dengan ukuran jarak terendah ke tanah atau ground clearance tersebut maka sudah bisa dipastikan bahwa mobil ini akan cocok dikendarai di berbagai medan jalan, baik jalan perkotaan maupun medan petualang.

Di sisi lain, untuk menunjang stabilitas dalam berkendara maka Nissan X-Trail ini akan dilengkapi dengan suspensi kokoh di mana pada sektor depan akan mengandalkan tipe Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar. Sedangkan untuk sisi belakang, akan disematkan tipe suspensi Independent Multi-link with Stabilizer Bar.

Kedua suspensi tersebut diklaim mampu meredam dan menahan setiap getaran atau goncangan ketika melewati jalanan terjal, bergeronjal, atau pun berlubang. Sehingga, pengemudi maupun penumpangnya akan merasa nyaman.

Tak sampai di situ saja, untuk menunjukan tingkat kenyamanan yang lebih sempurna, Nissan X-Trail ini juga dilengkapi dengan roda berukuran 225/65 R17 lengkap dengan dua tipe pengereman berbeda yakni depan menggunakan Ventilated Disc dan belakang menggunakan tipe Disc.

Menariknya, kedua pengereman tersebut juga disemtkan sebuah teknologi ABS, EBD dan BA yang akan memberikan tingkat pengereman yang sempurna dan handal.

Sehingga, dengan dibenamkannya teknologi yang mempuni dalam fitur pengereman tersebut, tentu saja tak salah bila harga Nissan X-Trail ini cukup mahal.

Fitur Nissan X-Trail

Spek Nissan X Trail

Memasuki segmen terakhir dari pembahasan mengenai spesifikasi Nissan X-Trail ini, Mas Sena akan mengulas beberapa fitur yang disematkan pada SUV besutan Nissan ini.

Pertama, untuk menunjang keselamatan atau keamanan pengemudi dan penumpang depan, maka Nissan pun membekali SUV garapannya ini dengan Dual SRS Airbag yang akan melindungi pengemudi dan penumpang depan dari hantaman keras ketika terjadi kecelakaan.

Di sisi lain, Nissan X Trail ini pun juga sudah dilengkapi dengan 4 titik sensor parker yang disematkan pada sektor belakang dari mobil ini.

Sehingga, pengemudi pun akan lebih mudah dan aman ketika memarkir mobil di tempat yang tak terlalu luas atau sempit.

Kemudian, spesifikasi Nissan X-Trail ini pun juga sudah dilengkapi dengan Seat Belt pada bagian depan maupun belakang kursi yang akan membuat para penumpangnya merasa nyaman ketika meleati jalanan yangberkelok-kelok.

Tak hanya itu saja, penumpang pun akan merasa betah dalam mobil mengingat pada spesifikasi Nissan X Trail ini juga sudah dibenamkan beberapa fitur canggih, seperti audio sistem dan juga AC.

Mesin Nissan X-Trail

Mobil Nissan X Trail

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kita akan menilik pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Nissan X-Trail. SUV premium besutan Nissan ini akan hadir dengan menawarkan 2 varian mesin yang berbeda, yaitu varian 2.0 liter dan 2.5 liter.

Dengan adanya dua varian tersebut maka calon konsumen pun akan lebih lelusa dalam memilih varian mesin yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial mengingat kedua varian dari Nissan X-Trail ini ini memiliki harga yang berbeda.

Untuk varian 2.0 L, akan mengandalkan tipe mesin MR20DD dengan 4 silinder dan 16 katup serta memiliki teknologi DOHC dan Dual CVTCS yang berkapasitas mesin 1997cc.

Mesin ini mampu menghasilkan power maksimum 144 PS per 6.000 rpm dan torsi maksimum 20.4 kg.m per 4.400 rpm. Sedangkan untuk tipe transimisnya seri ini menggunakan 6 percepatan manual.

Sementara itu, untuk tipe 2.5 L, Nissan akan mengandalkan tipe mesin QR25DE berteknologi DOHC dengan 16 katup dan 4 silinder sertai memiliki teknologi Dual CVTCS.

Yang mana dengan teknologi tersebut mampu membuat mesin berkapasitas 2.488cc ini menghasilkan power maksimum 171 PS per putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 23.8 kg.m setiap berputar 4.000 rpm.

Perbedaan lain dari dua varian Nissan X-Trail ini terletak pada sistem injeksi di mana pada versi 2.5 L akan menggunakan Multi Point Injection sementara itu, pada versi 2.0 L akan menggunakan Direct Injection.

Namun keduanya sama-sama mampu membuat penggunaan bahan bakar berkapasitas 60 L lebih irit.

Dengan diberikannya teknologi mesin yang cukup mumpuni pada spesifikasi Nissan X-Trail tersebut, tentu saja membuat kedua versi mobil ini terasa lebih pas bagi para konsumen yang memiliki jiwa petualang.

Kelebihan Nissan X-Trail

Kekurangan Nissan X-Trail

Pertanyaan Seputar Nissan X-Trail

Berapa harga Nissan X-Trail di Indonesia?
Harga Nissan X-Trail dibedakan berdasarkan tipenya. Nissan X-Trail sendiri memiliki 1 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • Nissan X-Trail 2.5 VL
  • Rp 547,7 Juta
Nissan X-Trail tersedia dalam warna apa saja?
Nissan X-Trail tersedia dalam 5 warna, diantaranya adalah Premium Corona Orange (Orange), Marine Blue (Biru), Pearl White (Putih), Gun Metallic (Abu-abu), Diamond Black (Hitam).
Bagaimana performa mesin Nissan X-Trail?
Performa mesin Nissan X-Trail didukung oleh mesin dengan tipe QR25DE 2.5 DOHC 16 valve, Dual Continous Valve Timing Control System (Dual CVTCS) yang memiliki kapasitas mesin sebesar 2488 cc yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 171 HP / 6.000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 23.8 nm / 4.000 rpm.
Berapa jumlah kursi Nissan X-Trail?
Jumlah kursi Nissan X-Trail yaitu sejumlah 7 Kursi kursi.
Transmisi apa saja yang tersedia pada Nissan X-Trail?
Nissan X-Trail menyediakan transmisi Otomatis

Mesin

  • Tipe Mesin
  • QR25DE 2.5 DOHC 16 valve, Dual Continous Valve Timing Control System (Dual CVTCS)
  • Kapasitas Mesin
  • 2488 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • Intellegent XTRONIC CVT
  • Tenaga Maksimal
  • 171 HP / 6.000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 23.8 nm / 4.000 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4690 mm
  • Lebar
  • 1830 mm
  • Tinggi
  • 1740 mm
  • Berat
  • 2170 kg
  • Jarak Terendah
  • 210 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2705 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 60 L

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar
  • Suspensi Belakang
  • Independent Multi-link with Stabilizer Bar
  • Rem Depan
  • Ventilated Disc
  • Rem Belakang
  • Disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 225 / 60 R18
  • Velg
  • Alloy 18 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED Daytime Running Light
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Ada
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 7 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit
  • Audio
  • 2DIN, speaker depan dan belakang
  • Layar
  • Layar sentuh 7 inch
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Power steering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada