Renault Kwid

Harga Renault Kwid dan Spesifikasi – Belakangan ini persaingan industri otomotif global semakin ketat dan memanas, khususnya pada segmen kendaraan roda empat.

Oleh sebab itu tak mengherankan jika hampir setiap produsen dari berbagai belahan dunia pun saling berlomba-lomba untuk meluncurkan produk mereka dengan beragam inovasi untuk memikat hari para calon konsumen.

Bahkan, tak hanya mobil kelas menengah saja melainkan mobil kelas entry level dengan banderol harga yang terjangkau pun kini kian merambah pasar otomotif global dengan berbagai varian, salah satunya produsen dari negara Perancis yaitu Renault yang bakal menghadirkan mobil andalan bernama Renault Kwid.

Mobil garapan Benua Eropa ini diketahui bakal bersaing dengan beberapa mobil pada segmen pasar LCGC (Low Cost Green Car) seperti Brio dan Agya. Jika anda ketahui Renault Kwid ini bukan termasuk mobil LCGC, namun harganya dapat setara dengan mobil LCGC, sehingga diprediksi akan mematahkan dominasi mobil LCGC di Indonesia.

Selain itu, Renault Kwid yang kabarnya telah terlebih dahulu dirilis resmi di India ini pun bakal dibekali dengan desain yang stylish dan spesifikasi mumpuni serta tentunya akan dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Tampaknya, Renault Kwid bakal menjadi varian LCGC yang menarik perhatian konsumen.

Meskipun pamor Renault tak sebesar Toyota dan Honda yang selama ini masih mendominasi pasar mobil entry-level di Indonesia namun terkait masalah spesifikasinya, Renault Kwid tidak bisa diremehkan begitu saja.

Pasalnya, jika dilihat dari desain luarnya saja, Renault Kwid sudah tampak begitu stylish layaknya mobil SUV pada umumnya di mana hampir dari seluruh bodinya, mulai dari bodi belakang hingga depan terlihat dengan jelas garis lekuk tegas yang sangat berkarakter.

Bahkan, untuk dimensi interiornya pun bisa dikatakan cukup luas untuk mobil sekelasnya mengingat mampu menampung kapasitas hingga 5 penumpang sekaligus.

Selain itu, dapur pacu Renault Kwid juga tergolong cukup handal karena mengusung mesin 1,0 liter 12 katup dengan kapasitas 999cc yang akan memberikan tenaga maksimal.

Tak hanya itu saja, Renault kabarnya juga akan menyematkan fitur keselamatan seperti sistem pengereman ABS dan Dual SRS yang akan menunjang keselamatan setiap pengemudi atau penumpangnya.

Di sisi lain, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki oleh Renault Kwid yang berasal dari benua Eropa ini. Mungkin banyak dari pembaca Mas Sena yang bertanya dengan bermain di sektor mobil SUV, Renault Kwid dibanderol dengan harga sekelas mobil LCGC, lalu bagaimana spesifikasi yang dibawanya, apakah buruk? Nah penasaran?

Nah kali ini Mas Sena akan mengulas secara rinci mengenai spesifikasi dan harga Renault Kwid untuk anda semua. Yuk, kita simak bersama-sama!

Mobil hatchback sangat murah dengan desain menyerupai SUV yang cocok di jalanan kota dan berbagai medan

Renault Kwid F
  • Mobil Renault KwidJenis Hatchback
  • Kapasitas Mesin Renault KwidKapasitas 999 cc
  • Kecepatan Renault KwidTenaga 67 HP
  • Torsi Renault KwidTorsi 91 nm
  • Transmisi Renault KwidTransmisi Manual / Otomatis
  • Bahan Bakar Renault KwidBahan Bakar Bensin
  • Berat Renault KwidBerat - - -
  • Kursi Renault KwidKursi 5 Kursi

Harga Renault Kwid

Note - Harga Renault Kwid diatas untuk kisaran bulan Mei 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Sampailah kita pada pembahasan terakhir di mana pada pembahasan terakhir ini kita akan mengetahui dan mengulas harga Renault Kwid tebaru. Namun, sebelum jauh membahas harga, Mas Sena akan sedikit memberikan kesimpulan dari pembahasan mengenai spesifikasi Renault Kwid tadi.

Pertama, jika dilihat dari sisi tampilannya, baik tampilan eksterior atau pun interiornya, tampaknya Renault Kwid ini memang dibekali gaya desain yang agresif layaknya mobil mini crossover sehingga akan memiliki daya tarik tersendiri bagi para calon konsumennya.

Namun disisi mesin disesuaikan dengan harga Renault Kwid yang murah, hanya akan dibekali mesin 1,0 liter berkapasitas 999cc yang tentunya akan kurang memberikan performa yang tajam saat dilajukan di jalanan.

Menginjak pada bagian fitur, Renault Kwid dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik, terutama pada sistem fitur hiburannya yang cukup lengkap, namun untuk fitur keselamatan serta fitur keamanan masih dibilang kurang dari standar.

Dengan mengetahui kelengkapan fitur yang diusungnya tadi, tentu tak mengherankan jika nantinya harga Renault Kwid akan dibanderol dengan harga terjangkau. Lalu berapa sih sebenarnya harga mobil Renault Kwid yang dijual di Indonesia?

Menengok harga Renault Kwid di India yang dibanderol Rp 63 jutaan, tampaknya jika benar diboyong ke Indonesia, tentu harganya akan lebih mahal mengingat mobil ini berstatus CBU yang bukan dirakit di Indonesia.

Mobil benua Eropa ini dibuat dan dirakit di India, sehingga harga Renault Kwid ketika datang di Indonesia dipastikan akan lebih mahal. Menanggapi hal itu pada tanggal 19 Oktober 2016 kemarin Renault Kwid resmi diluncurkan di Indonesia dengan harga On The Road yaitu sekitar 117 juta rupiah.

Tentunya harga ini sangat murah untuk sekelas mobil crossover, karena harganya sendiri setara dengan mobil LCGC, dimana Renault Kwid sebenarnya bukan mobil LCGC melainkan CBU dari India.

Harga Renault Kwid tersebut Mas Sena sesuai dengan fitur dan kapasitas mesin yang akan dibawanya, yaitu sebesar 999cc.

Perlu diketahui bahwa harga Renault Kwid  tersebut merupakan harga jual Renault Kwid untuk wilayah (OTR) Jakarta sehingga dipastikan nantinya harga yang dijual di darah lain tentu akan sedikit lebih mahal.

Terlepas dari harga, kehadiran Renault Kwid ini tentunya bakal ditunggu oleh para calon konsumen di Indonesia mengingat spesifikasinya yang tergolong cukup mumpuni dan harga Renault Kwid dibanderol dengan angka yang cukup terjangkau.

Namun, jalan Renault Kwid dalam bersaing di pasar Indonesia tentu tak akan berjalan semulus yang dibayangkan. Pasalnya, masih ada beberapa mobil lain yang menyasar pada segmen harga yang hampir sama seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Suzuki Karimun Wagon serta Datsun GO Panca.

Namun Renault Kwid ini spesial, karena mobil ini bermain di sektor mini crossover yang berbeda dengan mobil murah lainnya di Indonesia yang hanya bermain di sektor city car.

Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Renault Kwid ini, semoga kawan-kawan dapat mempertimbangkan dengan baik mobil dari Perancis ini melalui ulasan Mas Sena diatas.

Gambar Renault Kwid

Spesifikasi Renault Kwid

Ringkasan:

Spesifikasi Renault Kwid menggunakan transmisi Manual / Otomatis dengan bahan bakar Bensin. Spek Renault Kwid yang berjenis mobil Hatchback ini memiliki kapasitas mesin sebesar 999 cc.

Review Renault Kwid

Eksterior Renault Kwid

Renault Kwid

Untuk mengawali pembahasan, kali ini Mas Sena akan mengawalinya dengan meraba spesifikasi Renault Kwid pada sektor eksteriornya.

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa Renault Kwid ini mengusung gaya desain stylish dan agresif sehingga membuat mobil ini memiliki gaya tampilan yang khas mobil bertipe SUV. Mobil ini sendiri bertema mobil mini crossover yang merupakah hal baru di Indonesia.

Kejantanan Renault Kwid ini dapat dilihat dari tampilan depannya yang tampak headlamp dengan gaya desain begitu tajam layaknya mata dengan tatapan mendalam yang mengusung konsep C Shape lighting yang menyatu dengan grille di mana mengusung rancangan yang sangat berkarakter sehingga memperlihatkan kesan tegas dan gagah.

Tak lupa juga fog lamp juga terpasang di sisi bagian bawah body depan Renault Kwid yang akan siap memberikan penerangan di saat kabut menghadang. Selain itu juga logo Renault terpasang simetris dengan manisnya di tengah grille yang menambah apik mobil ini.

Menginjak pada bodi samping, terdapat lekukan yang membujur halus namun berkarakter tegas memperlihatkan kesan keagresifannya yang begitu elegan.

Tak sampai di situ saja, pada sektor bodi belakang Renault Kwid terpasang sepasang lampu belakang yang didesain stylish mengimbangi gaya desain pada bodi depannya. Namun sayangnya kaca belakang belum dilengkapi wiper, yang cukup dibutuhkan saat hujan melanda.

Dengan demikian, secara kesimpulan, tampilan eksterior dari spesifikasi Renault Kwid tersebut memang menampilkan gaya desain yang begitu agresif dan stylish khas mobil mini crossover.

Interior Renault Kwid

Harga Mobil Renault Kwid

Setelah kita meraba pada sektor terluar atau tampilannya, kini Mas Sena akan mencoba untuk masuk spesifikasi Renault Kwid pada ruang kabin interiornya. Layakanya seperti mobil-mobil masa kini, Renault Kwid juga dibekali ruang kabin luas yang mampu menampung penumpang hingga kapasitas 5 dan dilengkapi beragam fitur canggih.

Mulai dari bagian dashboardnya di mana pada bagian ini, Renault Kwid dilengkapi dengan suguhan fitur hiburan, seperti layar touchscreen lengkap dengan berbagai konektifitas modern yang di antaranya Bluetooth, port USB, dan AUX.

Dengan adanya bagian tersebut sangat memungkinkan para pengguna bisa mendapatkan hiburan guna mengusik rasa jenuh ketika dalam perjalanan dengan memutar musik favorit langsung dari smartphone.

Selain itu, nantinya pengguna pun juga dimungkinkan dapat secara langsung melakukan sebuah panggilan dengan menggunakan layar panel yang terpasang pada sektor dashboard, asalkan sebelumnya sudah dihubungkan dengan smartphone.

Sementara itu, untuk memberikan suhu ruangan yang stabil dan tetap dalam kondisi sejuk, Renault Kwid tak lupa juga telah melengkapinya dengan AC yang dapat disesuaikan secara manual melalui panel-panel yang terletak tepat di bawah layar.

Namun, jika menengok Renault Kwid yang dijual di pasar India, sistem keamanan pengendara terbilang sangat kurang. Sebab, Kwid di India hanya dibekali single Air Bag yang hanya terpasang pada jok pengemudinya saja sementara itu, untuk penumpang yang di sampingnya hanya dilengkapi dengan fitur keamanan standar, yaitu berupa sabuk pengaman.

Selain itu juga spesifikasi Renault Kwid untuk sabuk pengaman kursi belakangnya belum dilengkapi dengan fitur ISOFIX.

Dimensi Renault Kwid

Spek Renault Kwid

Beralih pada sektor lainnya di mana pada pembahasan kali ini Mas Sena akan mengulas spesifikasi Renault Kwid  pada sektor dimensi dan kaki-kakinya.

Seperti yang sudah Mas Sena paparkan di atas bahwa Renault Kwid ini merupakan tipe mobil mini crossover yang memiliki desain mungil di mana mobil ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 3.679 mm, lebar 1.579 mm, tinggi 1.478 mm dengan jarak sumbu atau poros rodanya mencapai 2.422 mm.

Meskipun terbilang mungil namun Renault Kwid ini mampu menampung 5 penumpang sekaligus sehingga tergolong merupakan salah satu mobil yang efisien dalam hal ruang dan dimensi.

Selain itu, mobil asal pabrik Eropa ini pun juga memiliki jarak sumbu roda 180 mm sehingga mobil ini pun cocok untuk melibas setiap medan jalan, baik jalan beraspal maupun jalan yang bergeronjal yang penuh bebatuan ataupun polisi tidur.

Lalu, menginjak pada suspensinya, Renault Kwid dibekali dengan dua suspensi kokoh pada bagian depan dan belakangnya di mana untuk bagian depan akan dibekali suspensi MacPherson Strut with lower transverse link. Sementara itu, untuk suspensi bagian belakangnya akan disematkan tipe Twist Beam Suspension with Oil Spring.

Dengan adanya kedua suspensi tersebut, tentu akan mampu meredam setiap goncangan ketika melewati jalan yang berlubang atau bergeronjal sehingga penumpangnya pun tetap akan merasa nyaman.

Selain itu, Renault Kwid juga dibekali dengan velg Alloy berukuran 13 inci tipe R13 radial yang akan terbalut dengan ban tubeless yang berukuran 155/80 yang akan membuat pengemudinya pun akan semakin mudah ketika melakukan maneuver di jalanan yang berkelok.

Tak sampai di situ, untuk fitur peengeremannya juga cukup handal yaitu dengan mengandalkan sistem pengereman model Disc cakram. Sedangkan, untuk rem depan mengadopsi sistem pengereman model drum.

Namun, untuk saat ini masih belum diketahui apakah spesifikasi Renault Kwid ini akan menggunakan teknologi pengereman ABS atau tidak. Dengan kedua rem tersebut tentu akan membantu pengemudinya dalam mengontrol laju mobil.

Fitur Renault Kwid

Mobil Renault Kwid

Setelah kita mengulas spesifikasi Renault Kwid pada sektor desain, dimensi, hingga pada dapur pacunya kini saatnya Mas Sena untuk membahas pada fitur-fitur yang disematkan pada mobil Eropa ini.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Renault Kwid sudah dibekali dengan fitur hiburan yang terpasang manis di dashboardnya, yaitu berupa fitur layar touch screen dan beberapa fitur konektivitas modern, antara lain Bluetooth, port USB dan AUX.

Dengan adanya fitur hiburan tersebut, tentu pengguna bisa memutar music dalam perjalanan untuk menghilangkan rasa jenuh sehingga pengguna pun tetap akan merasa terhibur.

Selain itu, Renault Kwid juga kabarnya akan dibekali dengan beeberapa fitur keamanan, seperti remote keyless entry system with alarm yang akan membuat mobil ini aman dari tindakan pencurian.

Namun, dari segi keselatamatan, Renault Kwid hanya akan dibekali fitur Air Bag tunggal pada jok pengemudi saja sehingga penumpang di sebelahnya hanya dibekali sabuk pengaman saja.

Selain itu, sampai seakrang juga masih belum diketahui secara pasti apakah Renault akan mengandalkan teknologi pengereman ABS atau tidak sebagai fitur keselamatan.

Namun, yang jelas bahwa spesifikasi Renault Kwid ini tetap dibekali rem depan dan belakang yang cukup untuk menunjang keselamatan penumpangnya.

Mesin Renault Kwid

Spesifikasi Renault Kwid

Menginjak pada pembahasan spesifikasi Renault Kwid berikutnya, kali ini Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk membahas pada sektor mesin pacunya.

Seperti pada pembahasan sebelumnya Renault Kwid hadir dengan membawa desain bergaya agresif, namun sayangnya pada mesinnya hanya membawa mesin dengan kekuatan yang tak begitu besar untuk mobil crossover.

Pasalnya, Renault membekali mobil terbarunya ini hanya dengan mesin 1,0 liter dengan 3 silinder dan 12 katup di mana mesin tersebut memiliki kapasitas kubikasi hingga 999cc.

Dengan mesin tersebut Renault Kwid akan akan mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 68 Hp setiap mencapai putaran 5.500 rpm dan mampu mencapai maksimum torsi hingga 91 Hp pada putaran ke 4.250 rpm yang tergolong kecil untuk mobil crossover yang biasanya bermain pada mesin berkapasitas 1.5 L lebih.

Lalu, tenaga yang dihasilkan mesin tersebut akan disalurkan melalui 2 sistem transmisi, tipe Synchomesh manual dengan tingkat 5 percepatan dan transmisi otomatis AMT (Automated Manual Transmission) yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan calon konsumen.

Terlepas dari mesinnya, Renault Kwid juga dibekali tangki hahan bakar dengan kapasitas 28 liter yang dengan kapasitas bahan bakar tersebut, tentu mobil ini memiliki bekal bahan bakar lebih banyak sehingga tak perlu berkali-kali ke pom bensin untuk mengisi bahan bakar ketika dikendarai untuk menempuh jarak yang jauh.

Tak sampai di situ, spesifikasi Renault Kwid juga bisa dibilang irit bahan bakar mengingat mobil ini mampu menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk jarak tempuh 25,17 Km. Wow sekali bukan?

Kelebihan Renault Kwid

Kekurangan Renault Kwid

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 0.8 litre SCe – Smart Control Efficiency engine
  • Kapasitas Mesin
  • 999 cc
  • Silinder
  • 3
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • 4 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 67 HP
  • Torsi Maksimal
  • 91 nm
  • Bahan Bakar
  • - - -

Dimensi

  • Panjang
  • 3679 mm
  • Lebar
  • 1579 mm
  • Tinggi
  • 1478 mm
  • Berat
  • - - -
  • Jarak Terendah
  • 180 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2422 mm
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang
  • Torsion Beam
  • Rem Depan
  • Ventilated front disc
  • Rem Belakang
  • rear drum brakes
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 155/80 R13
  • Velg
  • Alloy 13 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan belakang
  • Jumlah Kursi
  • 5 Kursi
  • Bahan Kursi
  • - - -
  • Audio
  • 2DIN, speaker depan dan belakang
  • Layar
  • - - -
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Power steering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 0.8 litre SCe – Smart Control Efficiency engine
  • Kapasitas Mesin
  • 999 cc
  • Silinder
  • 3
  • Transmisi
  • Manual
  • Tipe Transmisi
  • 5 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 67 HP
  • Torsi Maksimal
  • 91 nm
  • Bahan Bakar
  • - - -

Dimensi

  • Panjang
  • 3679 mm
  • Lebar
  • 1579 mm
  • Tinggi
  • 1478 mm
  • Berat
  • - - -
  • Jarak Terendah
  • 180 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2422 mm
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang
  • Torsion Beam
  • Rem Depan
  • Ventilated front disc
  • Rem Belakang
  • rear drum brakes
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 155/80 R13
  • Velg
  • Alloy 13 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan belakang
  • Jumlah Kursi
  • 5 Kursi
  • Bahan Kursi
  • - - -
  • Audio
  • 2DIN, speaker depan dan belakang
  • Layar
  • - - -
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Power steering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada