Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid dan Spesifikasi – Akhirnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum lama ini secara resmi telah meluncurkan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, tepatnya pada 7 Februari 2017 lalu di Jakarta.

Selain itu, kehadirannya di pasar otomotif nasional tentu bakal menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen di Indonesia. Pasalnya, MPV besutan Suzuki ini bakal menjadi satu-satunya MPV sejuta umat yang bermesin diesel dengan mengusung teknologi mesin hibrida.

Bahkan, dengan teknologi mesin yang diusung Suzuki Ertiga Diesel Hybrid tersebut, tentu MPV Ertiga terbaru ini akan mampu menekan konsumsi bahan bakar sehingga penggunaan bahan bakar pun akan terasa lebih irit dan hemat.

Sehingga, kemunculannya di Indonesia pun bukan saja menambah deretan keluarga Ertiga dalam line up Suzuki, tapi juga menjadi alternatif baru MPV ekonomis.

Tak hanya itu saja, menariknya bahwa Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini diklaim juga bakal dibanderol dengan harga yang sangat kompetitif. Dengan begitu maka tak heran jika MPV garapan produsen asal Jepang ini akan menjadi salah satu mobil keluarga yang bakal laris manis di pasar otomotif Tanah Air.

Nah, kira-kira apa saja ya keunggulan dari Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini?

Nah, jika melihat dari sisi desain tampilan fisiknya dan sektor interior beserta fitur-fiturnya, tampaknya spesifikasi yang dibawa Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini tak berbeda jauh dari versi standar. Namun, seperti yang sudah diutarakan di atas bahwa perbedaan terletak pada teknologi mesin yang akan diusungnya.

Pasalnya, sebagai salah satu MPV yang menjadi mobil sejuta umat di Indonesia, tentu Suzuki Ertiga Diesel Hybrid akan dibekali dengan komponen dapur pacu yang cukup mumpuni di mana MPV terbaru buatan Suzuki ini akan mengusung mesin yang tak biasa. Sebab, Suzuki telah membenamkan komponen mesin yang berteknologi Diesel Direct Injection System atau disebut juga dengan (DDiS).

Tentu, dengan teknologi mesin tersebut maka tingkat konsumsi bahan bakarnya, dalam hal ini solar yang digunakan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid akan menjadi lebih irit dan efisien dengan tingkat konsumsi 22.6 Km/liter.

Selain itu, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki MPV sejuta umat garapan Suzuki ini. Untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk kita simak bersama ulasan Mas Sena kali ini mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid.

Mobil MPV pertama yang berbahan bakar hybrid yang tentunya lebih irit dan ramah lingkungan

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid F
  • Mobil Suzuki Ertiga Diesel HybridJenis MPV
  • Kapasitas Mesin Suzuki Ertiga Diesel HybridKapasitas 1248 cc
  • Kecepatan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Tenaga 89 bhp / 4000 RPM
  • Torsi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Torsi 200 Nm / 1750 RPM
  • Transmisi Suzuki Ertiga Diesel HybridTransmisi Manual
  • Bahan Bakar Suzuki Ertiga Diesel HybridBahan Bakar Bensin + Listrik
  • Berat Suzuki Ertiga Diesel HybridBerat 1235 kg
  • Kursi Suzuki Ertiga Diesel HybridKursi 7 Kursi

Harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Note - Harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid diatas untuk kisaran bulan Maret 2021 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Oke, akhirnya sampailah kita pada segmen yang mungkin kawan tunggu-tunggu, yaitu harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. Nah, pada segmen akhir ini Mas Sena pun akan mengulas berapa banderol harga yang di sematkan untuk memboyong MPV sejuta umat ini.

Tapi, sebelumnya Mas Sena simpulkan terlebih dulu bahwa Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini memang dihadirkan sebagai MPV bermesin diesel hybrid pertama di Indonesia.

Bahkan, sektor mesin pacunya ini akan dibekali dengan teknologi DDiS yang akan membuat konsumsi bahan bakarnya sangat irit sekali. Dengan demikian, Mas Sena meyakini bahwa sektor dapur pacu ini akan menjadi sektor yang menggoda para calon konsumen untuk memboyong MPV buatan Suzuki ini ke garasi.

Apalagi dengan harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid yang tidak akan terpaut jauh dengan versi standar nya. Selain itu, beberapa fitur canggih pun juga turut disematkan pada mobil ini gua menunjang keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

Nah, dengan seluruh keunggulan yang dimiliki MPV tersebut, kira-kira berapa ya banderol harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini?

Terkait dengan harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini, Mas Sena telah mendapatkan informasi resmi dari pihak PT SIS yang bersamaan dengan peluncurannya di mana MPV buatan Suzuki ini akan dibanderol seharga Rp 219.5 juta.

Dengan kata lain, harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini memiliki selisih 5.5 juta dengan Ertiga tipe GX MT yang diluncurkan sebelumnya. Dengan mesin diesel dan hibrida, tentu nominal harga tersebut bisa dibilang sangat kompetitif.

Di samping itu, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini pun nantinya akan menawarkan dengan tiga pilihan warna, yakni Superior White, Granite Grey Metallic, dan Silky Silver Metallic di mana ketiga pilihan warna tersebut tak akan mempengaruhi fluktuasi harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini.

Nah, perlu diketahui juga bahwa informasi terkait harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid tersebut merupakan harga OTR untuk wilayah Jakarta.

Namun, menurut info yang Mas Sena dapatkan, harga MPV tersebut juga berlaku untuk beberapa wilayah seperti Bandung, Sumedang, Subang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis & sekitarnya.

Yang jelas bahwa untuk beberapa wilayah di luar OTR Jakarta, harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini sewaktu-waktu bisa berubah dan cenderung akan sedikit lebih mahal meski selisihnya tak akan terlampau jauh.

Di sisi lain, jika harga dari MPV terbaru Suzuki ini dibandingkan dengan spesifikasinya maka bisa dibilang bahwa banderol untuk memboyong mobil ini cukup terjangkau dan sangat kompetitif. Maka, tak heran jika Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini menjadi mobil MPV dengan mesin hybrid paling murah di Indonesia.

Demikianlah ulasan yang dapat Mas Sena berikan mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. Semoga ulasan di atas bisa menambah informasi bagi kawan-kawan semua. Sampai jumpa.

Gambar Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Ringkasan:

Spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid menggunakan transmisi Manual dengan bahan bakar Bensin + Listrik. Spek Suzuki Ertiga Diesel Hybrid yang berjenis mobil MPV ini memiliki kapasitas mesin sebesar 1248 cc.

Warna Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Berikut ini adalah pilihan warna Suzuki Ertiga Diesel Hybrid yang dapat anda pilih:

Review Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Eksterior Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Di awal pembahasan ini, Mas Sena akan memulainya dengan mengulas pada sisi eksterior tampilan fisik dari spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. Sebenarnya, jika melihat dari segi eksteriornya, secara umum tidak banyak yang berbeda dengan Ertiga bermesin bensin. Terutama Ertiga tipe GX yang menjadi basis utama tipe diesel.

Mungkin, perbedaan yang terlihat paling kentara adalah adanya warna baru Granite Grey yang lebih gelap dibanding warna abu-abu tipe bensin. Sementara pilihan warna lainnya khusus Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ada Silky Silver dan Superior White.

Sementara itu, pada sektor depan tampak masih sama dengan varian Ertiga berbahan bakar bensin, yaitu penggunaan desain headlight modern yang lebih tajam sehingga akan memberikan pancaran cahaya penerangan yang lebih terang ketika dikendarai di malam hari.

Kemudian, pada front grill pada tampilan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid kini terlihat lebih minimalis dengan hanya tiga tingkat dilapisi warna full chrome di mana pada bagian tengahnya terpasang logo “S” yang begitu elegan.

Tak lupa, pada foglamp Suzuki Ertiga versi baru kini menggunakan reflektor yang berbentuk lebih sederhana dan ditambahi bezel berwarna hitam yang membuatnya terlihat lebih elegan.

Kemudian, bodi sisi samping Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini sudah ditambahkan fitur New Electric Foldable Outside Mirror. Tak sampai di situ saja, pada sektor belakang, tampak tak kalah juga dengan sisi depan di mana penggunaan stop lamp yang dibentuk begitu minimalis namun tetap terlihat begitu stylish.

Bahkan, pada sektor belakang dari spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini juga terpasang spoiler minimalis yang juga semakin menambah tampilannya tampak lebih menarik.

Interior Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Setelah kita mengulas pada sisi eksterior terluarnya, kini waktunya Mas Sena untuk memasuki ruang kabin interior dari spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid.

Jika ditelisik kembali, tampaknya varian terbaru dari MPV garapan Suzuki ini masih mempertahankan konsep desain interior yang sama dengan versi sebelumnya.

Dimulai dari bagian dashboard depan yang didesain dengan motif dan warna baru yang tampak lebih lembut sehingga memberi nuansa elegan.

Di samping itu, pada sisi dashboard dari Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini juga terdapat panel audio sistem yang minimalis namun cukup fungsional.

Di tambah pula, pada bagian setir kemudinya yang terbalut warna hitam di mana terdapat tombol navigasi yang sudah terintegrasi dengan beberapa panel navigasi. Sehingga, akan mempermudah si pengemudi dalam mengontrol panel navigasi tanpa mengganggu pandangan ketika berkendara.

Di sisi lain, ruang kabin dari Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini pun juga tampak cukup lega di mana terdapat jok yang terbuat dari bahan Pattern Fabric yang begitu lembut dan empuk serta ruang bagasi yang lau di bagian belakang.

Lalu, fitur interior pada MPV ini pun juga sudah dilengkapi dengan Accessories Socket pada bagian belakang Console Box baris ke-2 yang bisa digunakan penumpang untuk men-charging perangkat gadget.

Tak sampai di situ saja, interior Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini juga dapat dilihat pada kursi baris ketiga yang sudah menerapkan sistem split 50:50 sehingga memungkinkan pengendara dapat membawa barang bawaan yang lebih banyak dengan cara melipat kursi pada bagian belakang.

Jadi dapat disimpulkan bagian interior dari spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini akan membuat nyaman pengemudi maupun penumpangnya.

Dimensi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Selanjutnya, kita akan mengulas bagaimana dimensi yang dimiliki pada spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini. Memang, jika dilihat dari sisi interiornya, tampak memiliki ruang kabin yang cukup luas dan lega.

Hal itu tentu tak lepas dari ukuran dimensi pembentuknya di mana MPV garapan Suzuki ini memiliki panjang 4.265 mm, lebarnya 1.695 mm, tinggi 1.685 mm, dan memiliki jarak sumbu roda hingga 2.740 mm.

Tentu, dengan ukuran dimensi tersebut maka tak heran jika ruang kabin pada Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini terasa cukup luas luas sehingga ruang gerak penumpangnya pun akan terasa lebih lega.

Di sisi lain, dengan dimensinya yang luas tersebut, MPV bermesin Diesel Hybrid buatan Suzuki ini akan mampu menampung penumpang hingga 7 penumpang sekaligus.

Dengan demikian, untuk ukuran low MPV, bentuk tubuh Suzuki Ertiga Diesel Hybrid teranyar ini memang terhitung pas untuk jalanan Indonesia, baik untuk penggunaan di kota besar atau di daerah.

Selain itu, dengan ground clearance yang cukup tinggi yang berukuran 185 mm maka akan membuat MPV sejuta umat ini pun akan mampu melibas jalan yang bergelombang sekalipun tanpa mengurangi rasa nyaman.

Di sisi lain, untuk memberikan sokongan yang kuat pada dimensi bodi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid tersebut maka Suzuki telah membekali MPV buatannya ini dengan suspensi depan yang bertipe MacPherson Strut with Coil Spring dan tipe Torsion Beam with Coil Spring pada suspensi bagian belakangnya. Pastinya, dengan adanya suspensi tersebut maka berkendara di jalanan yang bergeronjal sekalipun akan tetap terasa nyaman mengingat suspensi dari Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini mampu meredam setiap goncangan atau getaran.

Lalu, sebagai pelengkap di bagian kaki-kaki, disematkanlah ban ukuran 185/65 yang membalut dalam velg ring 15 inci sehingga akan mempermudah pengemudinya dalam bermanuver di medan jalan.

Kemudian, untuk menunjang keselamatan maka spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini pun telah dibekali pengereman Ventilated Disc pada bagian depan dan Leading/Training Drum di bagian belakang.

Fitur Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Mobil Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Selain memiliki mesin yang tangguh, spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini juga akan dilengkapi pula dengan beberapa fitur yang cukup canggih di kelasnya. Salah satunya yaitu sistem SHVS dengan start/stop engine mengandalkan Integrated Starter Generator (ISG) yang mampu memberikan kestabilan kelistrikan mobil dan mengumpulkan energi dari hasil pengereman.

Sistem ini diyakini cukup berperan penting dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar dari Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. Terutama, adanya sistem start/stop engine yang menjaga kehematan saat terjebak macet.

Tak sampai di situ saja, fitur keselamatan pun juga tetap sama diterapkan pada MPV buatan Suzuki ini. Sebut saja seperti fitur keselamatan dual airbag dan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) serta sabuk pengaman tiga titik pada Suzuki Ertiga Diesel Hybrid yang siap menunjang keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Lalu, demi menambah kenyamanan penumpang belakang, tersemat double blower AC agar udara dingin cepat merata ke seluruh kabin. Bahkan, pada sistem air conditioner (AC) pun kini memiliki fitur pemanas sehingga bisa digunakan untuk menghangatkan suhu ketika cuaca sedang dingin.

Tentu, dengan beberapa fitur canggih dan lengkap yang dibawa spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini maka akan membuat harganya sedikit lebih mahal dari versi sebelumnya.

Mesin Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Spek Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Nah, akhirnya sampailah kita pada segmen di mana kita akan mengulas sektor dapur pacu dari spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. Seperti dengan apa yang sudah Mas Sena katakan di awal tadi, MPV terbaru Suzuki ini akan dibekali mesin terbaru dan tak biasa.

Pasalnya, sesuai dengan namanya, Suzuki akan membekali mobil ini dengan mesin diesel berkode D13A Dual Jet yang canggih dan modern. Di mana Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini akan mengusung teknologi mesin Diesel Direct Injection System (DDiS) dengan tipe mesin DOHC dan berkapasitas 1.248cc.

Mesin canggih ini nantinya pun akan mampu menghasilkan tenaga yang cukup besar, yaitu 89 Ps (68 kW) per putaran 4.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 200 Nm pada putaran ke 1.750 mm.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin Suzuki Ertiga Diesel Hybrid tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi 5 percepatan manual. Tentu, dengan tenaga yang dihasilkan mesin berteknologi hybrid tersebut akan membuat laju MPV ini kian gesit dan lincah.

Tak hanya itu saja, selain mengusung mesin dan teknologi hibrida, konsumsi bahan bakar pada Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini juga bakal lebih irit. Sebab, didukung dengan beragam fitur lain.

Salah satunya seperti Integrated Starter Generator (ISG), yang memiliki dua fungsi berbeda, yakni sebagai generator untuk menangkap atau menyimpan energi ke baterai dan sebagai motor yang memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi.

Bahkan, dengan adanya teknologi diesel hybrid tersebut, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini akan mampu menempuh jarak 22.6 Km/liter yang didapatkan dari hasil uji BT2MP.

Maka, dengan ketangguhan yang dimiliki serta tingkat efisiensi bahan bakar yang begitu tinggi pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini, tentu akan membuatnya menjadi mobil keluarga yang banyak dicari-cari para konsumen di Indonesia.

Kelebihan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Kekurangan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Pertanyaan Seputar Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Berapa harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid di Indonesia?
Harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid dibedakan berdasarkan tipenya. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid sendiri memiliki 1 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
  • 219,5 Juta
Suzuki Ertiga Diesel Hybrid tersedia dalam warna apa saja?
Suzuki Ertiga Diesel Hybrid tersedia dalam 3 warna, diantaranya adalah Superior White (Putih), Granite Grey Metallic (Abu-abu), Silky Silver Metallic (Abu-abu).
Bagaimana performa mesin Suzuki Ertiga Diesel Hybrid?
Performa mesin Suzuki Ertiga Diesel Hybrid didukung oleh mesin dengan tipe DDiS Diesel Engine, 4 Inline Cylinder , DOHC yang memiliki kapasitas mesin sebesar 1248 cc yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 89 bhp / 4000 RPM dengan torsi maksimal sebesar 200 Nm / 1750 RPM.
Berapa jumlah kursi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid?
Jumlah kursi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid yaitu sejumlah 7 Kursi kursi.
Transmisi apa saja yang tersedia pada Suzuki Ertiga Diesel Hybrid?
Suzuki Ertiga Diesel Hybrid menyediakan transmisi Manual

Mesin

  • Tipe Mesin
  • DDiS Diesel Engine, 4 Inline Cylinder , DOHC
  • Kapasitas Mesin
  • 1248 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Manual
  • Tipe Transmisi
  • 5 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 89 bhp / 4000 RPM
  • Torsi Maksimal
  • 200 Nm / 1750 RPM
  • Bahan Bakar
  • Hybrid

Dimensi

  • Panjang
  • 4265 mm
  • Lebar
  • 1695 mm
  • Tinggi
  • 1685 mm
  • Berat
  • 1235 kg
  • Jarak Terendah
  • 185 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2740 mm
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang
  • Torsion Beam
  • Rem Depan
  • Disc
  • Rem Belakang
  • Drum
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 185 / 65 R15
  • Velg
  • Alloy 15 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • New Electric Foldable Outside Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 7 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Pattern Fabric
  • Audio
  • Standar
  • Layar
  • - - -
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Power assisted (Electric)
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada