Tesla Model X

Harga Tesla Model X dan Spesifikasi – Akhirnya, mobil listrik buatan pabrik asal Amerika Serikat bernama Tesla Model X resmi diimport untuk dijual di Indonesia. Melalui PT Prestige Image Motors, mobil dalam jajaran varian SUV buatan Tesla tersebut bakal hadir dengan model 75 D yang diklaim merupakan varian paling dasar.

Namun, meski merupakan varian paling dasar atau termurah tak berarti spesifikasi yang diusungnya murahan. Sebab, mobil listrik yang mengusung Tesla Model X tersebut diketahui bakal dibekali dengan spesifikasi yang tangguh serta dilengkapi ragam fitur canggih di dalamnya.

Sehingga, performa yang dihasilkan pun tak akan mengecewakan dan mampu memberikan kenyamanan berlebih serta menjamin keselamatan penggunanya. Tentu saja, hal tersebut akan menjadi salah satu daya tarik dari mobil listrik Tesla Model X ini.

Bahkan, SUV buatan pabrik Elon Musk asal Negeri Paman Sam ini pun diklaim menjadi SUV listrik pertama yang ada di dunia. Pastinya, dari tadi kawan-kawan sudah pada bertanya-tanya bukan, apa saja sih keunggulan yang dimiliki mobil listrik Tesla Model X ini?

Berbicara mengenai kelebihan atau keunggulan, maka secara tak langsung akan bersinggungan dengan spesifikasi yang diusung Tesla Model X. Nah, terkait hal tersebut, tampaknya SUV premium asal Amerika Serikat tersebut dipastikan bakal berbekal kemampuan performa yang handal dan segudang fitur-fitur modern masa kini.

Hal tersebut terlihat dari pancaran sisi eksteriornya yang memang dibuat dengan konsep desain elegan dan futuristik. Selain itu, kecanggihannya dalam menampilkan performanya pun dipastikan tak akan mengecewakan.

Pasalnya, kali ini Tesla Model X akan mengusung kapasitas baterai 75 kWh dengan daya tempuh 380 km saat baterai terisi penuh. Namun, konsumen di Indonesia bisa memilih tipe baterai lainnya, yaitu 90D, 100D, dan P100D.

Menariknya, baterai yang digunakan Tesla Model X tersebut diklaim mampu menempuh jarak hingga 380 Km untuk penggunaan normal.

Di samping itu, masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki SUV mewah buatan Tesla ini. Mau tahu? Yuk, kita simak bersama ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Tesla Model X di bawah ini!

Mobil SUV berbahan bakar listrik dengan sistem buka pintu menawan layaknya sayap burung

Tesla Model X F
  • Mobil Tesla Model XJenis SUV
  • Kapasitas Mesin Tesla Model XKapasitas 75 kWh
  • Kecepatan Tesla Model X Tenaga Daya tempuh 380 Km
  • Torsi Tesla Model X Torsi Kecepatan 210 Km/jam
  • Transmisi Tesla Model XTransmisi Otomatis
  • Bahan Bakar Tesla Model XBahan Bakar Listrik
  • Berat Tesla Model XBerat 2390 – 2440 kg
  • Kursi Tesla Model XKursi 7 Kursi

Harga Tesla Model X

Note - Harga Tesla Model X diatas untuk kisaran bulan November 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Setelah segmen per segmen pembahasan spesifikasi kita lalui, menginjak pada sesi paling akhir ini Mas Sena akan berbagi informasi terkait harga Tesla Model X.

Tapi, alangkah lebih baiknya, Mas Sena sedikit memberikan ringkasan kesimpulan dari pembahasan spesifikasi yang sudah dibahas pada segmen-segmen di atas.

Pertama, dari segi desain eksterior, sudah bisa dilihat bagaimana elegan dan mewahnya gaya konsep desain yang diusung Tesla Model X ini sehingga mampu memberikan tampilan yang begitu menawan dan futuristik.

Selain itu, interiornya pun juga tak kalah mewah di mana dilengkapi segudang fitur-fitur canggih, baik untuk menunjang hiburan kenyamanan maupun keselamatan. Hal tersebut lah yang membuat harga Tesla Model X ini dibanderol cukup mahal.

Tak hanya itu saja, performa dapur pacunya pun mengandalkan baterai berkapasitas tinggi dengan capaian jarak yang cukup jauh serta mampu memberikan performa super tangguh.

Lantas, dengan keunggulan dan kecanggihan yang ditawarkan mobil listrik tersebut, berapa sih harga Tesla Model X ini?

Sebagaimana dengan yang sudah dikemukakan pada pokok bahasan awal tadi, harga Tesla Model X ini memang tak akan dibanderol dengan angka yang murah. Wajar, mengingat segmentasi dan teknologi yang ditawarkannya cukup berkualitas tinggi.

Di mana, jika mendasarkan atas beberapa informasi yang beredar, harga Tesla Model X ini dibanderol Rp mulai US$200 ribu atau setara dengan Rp 2,64 miliar.

Wow, sebanding dengan harga super car bukan? Tentu saja, dengan banderol yang sangat tinggi tersebut, hanya sebagian kecil dari konsumen Indonesia yang bakal mampu memboyongnya ke garasi.

Namun, harga jual Tesla Model X yang super mahal tersebut memang tidak mengherankan, pasalnya Tesla sendiri memang dikenal sebagai produsen mobil bertenaga listrik yang tidak dapat diragukan lagi kualitasnya sehingga sangat wajar jika harga tersebut disematkan padanya.

Apakah, dengan harga Tesla Model X yang super mahal tersebut, sobat tertarik untuk membelinya?

Di sisi lain, perlu untuk diketahui bahwa harga Tesla Model X tersebut masih berstatus Off The Road. Maka, dipastikan harga jualnya akan lebih tinggi dari banderol tersebut. Hanya saja, selisihnya tak akan berbeda jauh.

Di sisi lain, apabila kita melihat dan membandingkan antara spesifikasi yang dibawanya dan harga Tesla Model X ini, tampaknya hal tersebut dirasa sudah pas dan sepadan. Apalagi dengan segmentasi yang ditujunya sebagai salah satu mobil listrik kelas atas.

Tentu saja dipastikan bahwa mobil listrik buatan Tesla ini bakal menjadi buruan para konglomerat di Indonesia. Selain itu dengan harganya yang mahal tersebut, pemilik Tesla Model X ini tentunya akan memiliki gengsi tersendiri dan lebih berwibawa.

Demikian ulasan yang dapat Mas Sena berikan kepada kawan-kawan. Semoga ulasan mengenai spesifikasi dan harga Tesla Model X tersebut dapat bermanfaat.

Gambar Tesla Model X

Spesifikasi Tesla Model X

Ringkasan:

Spesifikasi Tesla Model X menggunakan transmisi Otomatis dengan bahan bakar Listrik. Spek Tesla Model X yang berjenis mobil SUV ini memiliki kapasitas mesin sebesar 75 kWh.

Warna Tesla Model X

Berikut ini adalah pilihan warna Tesla Model X yang dapat anda pilih:

Review Tesla Model X

Eksterior Tesla Model X

Tesla Model X

Untuk memulai ulasan kali ini, Mas Sena akan mengawalinya dengan mengulas sisi tampilan terluar atau eksterior dari spesifikasi Tesla Model X.

Melihat sektor terluar atau fisiknya, tampaknya mobil mewah buatan pabrik asal Negeri Hollywood tersebut bakal mengusung tampilan yang sangat menarik. Hal itu bisa dilihat dan diketahui dari struktur bodi pada setiap sisinya di mana bisa kita mulai dari depan.

Nah, pada bagian depan, terdapat headlamp yang dibuat dengan bentuk menyipit layaknya mata yang menatap tajam ke depan. Selain itu, headlamp yang diusung Tesla Model X tersebut juga sudah berteknologi LED sehingga mampu memancarkan cahaya secara optimal, terutama ketika berkendara di waktu malam hari.

Kemudian, tak ketinggalan pula grille yang dibuat dengan rancangan simple satu baris lengkap dengan logo pabrik semakin membuat Tesla Model X ini tampil begitu elegan.

Sedangkan di bagian bawah dari headlamp terdapat fog lamp yang siap membantu pengemudi dalam melihat jalan di depan ketika terjadi cuaca yang buruk, seperti hujan lebat maupun kabut tebal.

Sementara itu, untuk sektor sampingnya sendiri, Tesla Model X akan hadir dengan desain pintu belakangnya yang dinamakan Falcon Wing Doors dimana sistem buka tutup pintunya layaknya sayap burung yang mengembang ke atas. Tesla membuat mekanisme pintu seperti ini untuk memudahkan penumpang bagian belakang saat parkir di lingkungan yang sempit.

Kemudian, pada bagian belakang, desain yang dibawa Tesla Model X ini pun dibuat dengan konsep tampilan yang begitu artisitik. Di mana, pada bagian belakang ini terdapat LED rear taillights dan high-mounted LED stop lamp yang dibuat dengan bentuk modern dan futuristik sehingga mampu memberikan tampilan mobil yang terkesan mewah.

Bahkan, pada sektor belakang Tesla Model X ini pun juga terdapat spoiler yang bisa terbuka secara otomatis sebagai penunjang fitur aerodinamis.

Dengan demikian maka secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa sektor eksterior atau tampilan fisik yang dibawa spesifikasi Tesla Model X ini memang dibuat begitu elegan dan futuristik sehingga memberikan kesan yang begitu menawan.

Interior Tesla Model X

Harga Tesla Model X Terbaru

Usai berkenalan pada bagian fisik, kini waktunya Mas Sena untuk memasuki pada sektor ruang kabin dari interior spesifikasi Tesla Model X. Tampaknya, sektor interior yang dibawa model ini memang bakal menyajikan kenyamanan berlebih kepada para penumpang.

Bagaimana tidak? Ruang kabin yang ditawarkan Tesla kali ini terbilang cukup lega yang mampu menampung sampai 6 penumpang sekaligus pengemudinya sehingga akan membuat gerak penumpang menjadi lebih luas dan nyaman.

Sementara itu di sisi lain, sebenarnya ketika masuk ke dalam interior Tesla Model X ini, tidak ada tombol selain power window, hazzard dan pembuka laci saja. Selebihnya, hampir seluruh fitur-fitur navigasi diatur dari sebuah layar berukuran besar seluas 17 inci yang berada di tengah dasbor.

Sebut saja seperti fitur-fitur berupa pengaturan AC, pengaturan kursi, pengaturan pemanas kursi, mode berkendara, dan pengaturan respon kemudi dari Tesla Model X ini.

Di samping itu, juga terdapat juga beberapa fitur hiburan, seperti 9 speaker stereo system with FM/HD radio, dukungan MP3, AAC, and MP4 music formats, sistem navigasi, internet browser, informasi mengenai seluruh keadaan mobil dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga fitur lain pada Tesla Model X ini yang di antaranya yaitu pengaturan ketinggian mobil, membuka dan menutup pintu serta bagasi secara bersamaan ataupun individual hingga menyalakan lampu-lampu mobil saat malam hari dan juga menyalakan lampu kabin.

Bahkan, beberapa fitur penunjang aktivitas lain pun juga turut disematkan, sebut saja seperti atap panoramic pada Tesla Model X ini, cruise control, Bluetooth, 4 soket USB, keyless entry, AC climate control, dan Wi­Fi.

Di sisi lain, yang cukup menarik yakni semua mekanisme, baik buka pintu depan maupun bagasi belakang juga dioperasikan secara elektrik hanya dengan memencet tombol yang menggantikan mekanisme handle door ataupun mengakses dari remotenya.

Sehingga, dengan suasana interior yang serba mewah pada spesifikasi Tesla Model X tersebut diyakini bakal menambah kenyamanan kepada para penumpang.

Dimensi Tesla Model X

Mobil Tesla Model X

Nah, menginjak pada segmen berikutnya yakni kita akan membahas sektor dimensi dari spesifikasi Tesla Model X. Berkaca dari bodinya yang tampak besar dan ruang kabin yang lega tampaknya tak bisa lepas dari struktur ukuran dimensi yang dibawanya.

Pasalnya, Tesla mengusung SUV mewahnya ini dengan dimensi berukuran panjang 198.3 inci (5036 mm) dan lebarnya 89.4 inci (2270 mm). Sayangnya, untuk tinggi mobil tak diketahui.

Namun, jika melihat gambar teaser yang beredar, SUV buatan Tesla ini memiliki ketinggian yang cukup ideal. Selain itu, yang jelas bahwa Tesla Model X ini memiliki jarak sumbu roda sepanjang 116.7 inci (2964 mm) dan memiliki ketinggian ground clearance antara 137 mm sampai 210 mm. Sehingga, dipastikan mobil mewah buatan Tesla ini akan sangat mudah dikendarai maupun diajak bermanuver di jalan perkotaan.

Terlepas dari itu, mobil listrik bernama Tesla Model X ini juga akan dilengkapi dengan sokongan kaki-kaki yang handal. Bukan tanpa alasan mengingat Tesla akan menyematkan suspensi kokoh berupa Double Wishbone Virtual Steer Axis Coil Spring pada bagian depan.

Sedangkan untuk bagian belakang akan menggunakan tipe Independent Multi-Link Coil Spring. Nah, keberadaan suspensi tersebut diyakini bakal mampu memberikan kenyamanan dalam berkendara menggunakan Tesla Model X mengingat keduanya memiliki kemampuan dalam menjaga keseimbangan serta sanggup meredam setiap getaran atau goncangan secara maksimal saat melewati jalan yang bergeronjal.

Hanya saja, untuk tipe dan ukuran velg serta ukuran ban yang digunakan masih belum diketahui. Akan tetapi, yang jelas bahwa spesifikasi Tesla Model X ini akan dibekali dengan teknologi pengereman berupa ABS lengkap dengan ventilated rotors dan electronically actuated parking brake.

Fitur Tesla Model X

Spesifikasi Tesla Model X

Menginjak pada segmen terakhir dari pembahasan mengenai spesifikasi Tesla Model X, kita akan mengulas beberapa fitur yang disematkan.

Langsung saja, untuk menunjang keselamatan dalam berkendara maka Tesla pun sudah melengkapi mobil listrik buatannya ini dengan fitur berupa pengereman berteknologi ABS. Di mana, dengan teknologi tersebut, pengereman pada Tesla Model X yang didapat akan lebih sempurna dan mampu mencegah ban terselip.

Selain itu, untuk melindungi penumpang maka mobil ini pun juga akan dilengkapi dengan 12 Airbags. Sehingga penumpang tetap terlindungi ketika terjadi benturan atau kecelakaan keras.

Sementara itu, diantara fitur canggih untuk Tesla Model X, ada fitur spesial yang juga bisa dinikmati pemilik SUV listrik ini, yaitu fitur autopilot. fitur autopilot yang terdapat di mobil ini merupakan fitur yang bisa membantu pengemudi. Fitur ini juga memungkinkan pengemudi melepas, setir, gas, dan rem. Namun, mobil tetap bisa terkendali, berbelok sendiri dan saat ada penghalang di depannya Tesla Model X ini akan mengerem secara otomatis.

Tak ketinggalan pula turut serta fitur hiburan pada interiornya yang siap memberikan kenyamanan berlebih kepada para pengguna. Nah, dengan sekian canggihnya fitur yang dibawa pada spesifikasi Tesla Model X tersebut, tentu saja dipastikan harganya tak mungkin dibanderol murah.

Mesin Tesla Model X

Spek Tesla Model X

Beralih ke segmen yang berikutnya, kali ini Mas Sena akan menilik pada sektor permesinan di ruang pacu dari spesifikasi Tesla Model X.

Berkaitan dengan ruang pacu yang ditawarkan tersebut, sebenarnya Tesla menghadirkan empat pilihan kapasitas baterai yang dapat dipilih oleh konsumen. Sama seperti mobil bermesin konvensional, semakin besar kapasitasnya semakin besar tenaga dan jarak tempuhnyanya.

Keempat kapasitas baterai Tesla Model X tersebut mulai dari model 75D, 90D, 100D sampai P100D. Untuk tipe 75D tersebut diketahui memiliki kapasitas baterai hingga 75 kWh dengan kemampuan daya tempuh hingga 380 Km.

Selain itu, varian 75D tersebut juga kabarnya sanggup berakselerasi antara 0-100 Km/jam dalam waktu 6 detik. Di mana, capaian akselerasi dari mobil Tesla Model X tersebut ditempuh dengan kecepatan maksimal 210 Km/jam.

Selain itu, tipe 90D memiliki spesifikasi yang lebih tinggi di mana sanggup berakselerasi 0-100 km/jam dalam raihan waktu 4,8 detik pada kecepatan maksimal 250 km/jam  dan mampu menjangkau perjalanan hingga 413 km.

Sementara itu, untuk tipe Tesla Model X 100D memiliki kemampuan berakselerasi 0-100 km/jam yang bisa dicapai dalam waktu 4,8 detik dan memiliki top speed 250 km/jam, sama seperti tipe 90D. Namun 100D memiliki jangkauan perjalanan yang lebih jauh yang mencapai 474 km.

Nah, sedangkan untuk varian P100D yang menjadi model Tesla Model X paling bertenaga karena memiliki mode berkendara Ludicrous sehingga mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 2,9 dan memberikan jangkauan perjalanan yang jauh yang mencapai 465 km. Keempat varian baterai tersebut, tipe 75D adalah varian yang akan didatangkan ke Indonesia.

Namun, konsumen tetap bisa memilih atau order satu dari keempat tipe baterai yang ditawarkan Tesla Model X tersebut sesuai kebutuhan.

Di sisi lain, perlu diketahui bahwa setiap pembelian mobil ini, nantinya akan dilengkapi dengan wall charger yang memungkinkan mengisi baterai mobil ini hanya dalam waktu tujuh jam.

Tentu saja, dengan melihat sektor permesinan pada spesifikasi Tesla Model X tersebut dipastikan bahwa performa yang dihasilkan tak akan mengecewakan.

Kelebihan Tesla Model X

Kekurangan Tesla Model X

Pertanyaan Seputar Tesla Model X

Berapa harga Tesla Model X di Indonesia?
Harga Tesla Model X dibedakan berdasarkan tipenya. Tesla Model X sendiri memiliki 1 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • Tesla Model X
  • 2,64 Milyar
Tesla Model X tersedia dalam warna apa saja?
Tesla Model X tersedia dalam 5 warna, diantaranya adalah Red (Merah), White (Putih), Black (Hitam), Silver (Silver), Blue (Biru).
Bagaimana performa mesin Tesla Model X?
Performa mesin Tesla Model X didukung oleh mesin dengan tipe 75D yang memiliki kapasitas mesin sebesar 75 kWh yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar Daya tempuh 380 Km dengan torsi maksimal sebesar Kecepatan 210 Km/jam.
Berapa jumlah kursi Tesla Model X?
Jumlah kursi Tesla Model X yaitu sejumlah 7 Kursi kursi.
Transmisi apa saja yang tersedia pada Tesla Model X?
Tesla Model X menyediakan transmisi Otomatis

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 75D
  • Kapasitas Mesin
  • 75 kWh
  • Silinder
  • - - -
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • CVT
  • Tenaga Maksimal
  • Daya tempuh 380 Km
  • Torsi Maksimal
  • Kecepatan 210 Km/jam
  • Bahan Bakar
  • Listrik

Dimensi

  • Panjang
  • 5036 mm
  • Lebar
  • 2270 mm
  • Tinggi
  • - - -
  • Berat
  • 2390 – 2440 kg
  • Jarak Terendah
  • 137 – 210 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2964 mm
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • Double wishbone, virtual steer axis coil spring
  • Suspensi Belakang
  • Independent multi-link coil spring
  • Rem Depan
  • Anti-Lock disc brakes (ABS) with ventilated rotors and electronically actuated parking brake
  • Rem Belakang
  • Anti-Lock disc brakes (ABS) with ventilated rotors and electronically actuated parking brake
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • Run Flat
  • Velg
  • Alloy ZR19

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak
  • Spoiler
  • Tidak

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 7 Kursi
  • Bahan Kursi
  • - - -
  • Audio
  • 2DIN, speaker depan dan belakang
  • Layar
  • Layar sentuh 17 inch
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Power Steering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada