Toyota Alphard

Harga Toyota Alphard dan Spesifikasi – Mengawali tahun 2018 ini, pihak PT Toyota Astra Indonesia secara diam-diam menerapkan pembaruan pada dua mobil mewahnya, yaitu Toyota Alphard dan Vellfire.

Mobil mewah yang menyasar di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) premium buatan Toyota ini, dipoles dengan berbagai penambahan ornamen serta fitur di bagian eksterior dan kabin.

Dengan begitu tak heran jika perubahan yang dilakukan itu, membuat harga dari Toyota Alphard dan Vellfire mengalami kenaikan sekitar Rp 50,3 juta.

Namun, pada pertemuan kali ini Mas Sena tak akan mengulas secara rinci tentang pembaruan pada dua MPV Premium tersebut melainkan akan lebih tertuju pada review dari Toyota Alphard.

Dimana, mobil keluarga kelas menengah atas ini mendapat pembaruan dengan desain yang lebih modern dan futuristik dan tentunya dilengkapi fitur-fitur canggih nan unggul pada ruang kabin dari Toyota Alphard.

Perlu untuk kawan ketahui bahwa pembaruan pada Toyota Alphard ini sebenarnya terfokus pada penyempurnaan di bagian desain eksteriornya saja.

Dimana, MPV Premium yang masuk di pasar Indonesia sejak 2008 silam ini kini tampil semakin mewah dan menawan dengan mempertajam kesan luxury MPV Series.

Selain itu, pada ruang kabin dari Toyota Alphard terbaru ini pun juga mengalami perubahan yang menarik. Tampilan odometer semakin memancarkan warna kemewahan dan advance, serta kursi yang dilapis kuat dengan captain seat.

Sedangkan untuk dapur pacunya sendiri masih menggunakan tipe 2AR-FE DOHC berteknologi Dual VVT-I yang memiliki kapasitas 2494 cc sehingga dipastikan tetap memiliki performa yang sangat handal dan mumpuni di kelasnya.

Tak cukup sampai di situ, bahkan beberapa fitur baru pun juga turut disematkan guna memenuhi kebutuhan pengendara saat mengemudikan mobil mewah ini.

Nah, kira-kira apa saja perubahan yang diterapkan? Simak saja ulasan spesifikasi dan harga Toyota Alphard yang akan Mas Sena sajikan di bawah ini!

Mobil MPV premium dengan ukuran kabin yang luas dan nyaman cocok digunakan untuk bertamasya bersama keluarga

Toyota Alphard F
  • Mobil Toyota AlphardJenis MPV
  • Kapasitas Mesin Toyota AlphardKapasitas 2494 cc
  • Kecepatan Toyota AlphardTenaga 150 HP / 6000 rpm
  • Torsi Toyota AlphardTorsi 205 nm / 4100 rpm
  • Transmisi Toyota AlphardTransmisi Otomatis
  • Bahan Bakar Toyota AlphardBahan Bakar Bensin + Listrik
  • Berat Toyota AlphardBerat 2070 kg
  • Kursi Toyota AlphardKursi 7 Kursi

Harga Toyota Alphard

Note - Harga Toyota Alphard diatas untuk kisaran bulan Mei 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Selain spesifikasi, Mas Sena juga akan mengulas harga Toyota Alphard. Tapi sebelum Mas Sena memberikan informasi terkait dengan banderol terbaru dari mobil ini, kita akan tarik sedikit kesimpulan mengenai mobil MPV ini.

Sesuai dengan segmentasinya di kelas atas membuat Toyota Alphard ini memberikan seluruh hal yang diinginkan konsumen dengan maksimal.

Mulai dari kemewahan desain yang sangat maksimal, kenyamanan interior dengan berbagai fitur yang sangat memanjakan, kehandalan mesin yang menghasilkan performa tinggi dan keamanan dan keselamatan dari fitur yang diberikan.

Dengan semua hal tersebut membuat mobil MPV mewah dari Toyota ini layak jadi kendaraan bagi anda yang menginginkan kendaraan mewah dan premium. Lalu berapakah harga Toyota Alphard terbaru di Indonesia?

Sebagai MPV kelas premium, tentu saja harga Toyota Alphard ini dibanderol dengan angka yang sangat tinggi. Apalagi, kini MPV mewah ini mengalami perubahan yang cukup signifikan, terutama di sektor desain dan interiornya.

Dimana, menurut informasi yang beredar, harga Toyota Alphard ini akan dibanderol dengan 3 pilihan harga sesuai vaiannya. Untuk varian Alphard 2.5 X Rp 925.2 juta, sedangkan pada varian Aplhard 2.5 G dibanderol Rp 1.079.600.000.

Sementara itu di sisi lain, Alphard 3.5 Q sebagai varian tertinggi, harganya mencapai Rp 1.773.400.000. Nah, cukup mahal bukan harga Toyota Alphard tersebut?

Sebelumnya, perlu diketahui dulu bahwa harga Toyota Alphard di atas merupakan OTR untuk DKI Jakarta saja. Maka, sangat wajar jika di daerah lain, harganya menjadi berubah dan cenderung sedikit lebih mahal.

Meski terbilang harga Toyota Alphard ini begitu tinggi namun jika kita bandingkan dengan spesifikasinya tampaknya banderol yang menginjak semiliar tersebut dirasa sudah cukup sepadan dan sesuai.

Sehingga, cocok buat para konglomerat dengan kesibukan tinggi. Sampai di sini dulu perjumpaan kita.

Semoga ulasan review mengenai spesifikasi dan harga Toyota Alphard di atas bisa menjadi sumber referensi yang bermanfaat untuk kawan-kawan semua.

Gambar Toyota Alphard

Spesifikasi Toyota Alphard

Ringkasan:

Spesifikasi Toyota Alphard menggunakan transmisi Otomatis dengan bahan bakar Bensin + Listrik. Spek Toyota Alphard yang berjenis mobil MPV ini memiliki kapasitas mesin sebesar 2494 cc.

Warna Toyota Alphard

Berikut ini adalah pilihan warna Toyota Alphard yang dapat anda pilih:

Review Toyota Alphard

Eksterior Toyota Alphard

Spesifikasi Toyota Alphard

Di bagian awal ini, Mas Sena akan mengupas tuntas terkait dengan sektor eksterior pada spesifikasi Toyota Alphard.

Memang, penerapan pada MPV Premium buatan Toyota ini  memang bersifat kosmetis dan hanya berbeda pada beberapa sektor, seperti di bagian bumper, grille serta lampu.

Namun pergantian tersebut membuat Toyota Alphard terlihat lebih segar, dan siap berkompetisi di tahun 2018 yang penuh tantangan ini.

Dari sisi depan, pihak pabrikan telah merancang unit mewahnya ini dengan desain headlamp yang lebih menyipit layaknya mata yang memandang tajam sehingga membuat tampilannya kian garang.

Selain itu, tampak juga grille dari Toyota Alphard dibuat berukuran besar dengan palang berbentuk vertical.

Tak cukup sampai di situ saja, bahkan perubahan pada mobil ini juga diterapkan pada bagian bumper, grille serta foglamp bezel yang lebih modern mengikuti alur desain headlamp. Sehingga, membuat wajah dari MPV mewah ini semakin terkesan elegan dan begitu menawan.

Sementara itu di bagian sampingnya sendiri, tampaknya tak banyak perubahan yang diterapkan.

Hanya saja, tampak velg Alloy Wheel 18 inci yang menjadikan Toyota Alphard ini menjadi MPV modern yang mempresentasikan penggunanya dari kelas atas.

Di sisi lain, menginjak pada bagian buritan, Toyota memberikan desain baru berupa stop lamp dan door garnish yang lebih modern dan futuristik.

Sehingga, membuat tampilan dari spesifikasi Toyota Alphard ini semakin bernuansa lebih dynamic formal dengan kesan elegan nan mewah.

Interior Toyota Alphard

Harga Toyota Alphard Terbaru

Sedangkan di sektor lain, kini kita akan menginjak bagian kabin pada spesifikasi Toyota Alphard. Sektor interior pada MPV Premium buatan Toyota ini memang memiliki daya tarik tersendiri mengingat pihak pabrikan telah melengkapi bagian ini dengan beberapa tambahan fitur yang lebih unggul.

Nah, dilihat dari sisi dashboard, mobil MPV mewah ini mengusung tema dashboard yang mengedepankan konsep Delightful Journey yang beronamen kayu (Brown Wood) khusus tipe 2.5 X, 2.5 G, dan Hybrid sebagai lambang mobil kelas premium sehingga memberikan kesan modernnya kian kuat.

Namun untuk interior ToyotaAlphard varian 3.5 Q, didominasi warna hitam dilengkapi aksen brown olive ash brull wood grain.

Selain itu, Toyota Alphard juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur yang disematkan pada dashboard, antara lain sebuah layar sentuh canggih yang siap dilengkapi beberapa menu pilihan berupa entertainment system, DVD Player, dan navigasi.

Selain itu, di bawah layar sentuh tersebut juga sudah dilengkapi dengan Dual Climate A/C Control with Captive Touch untuk memudahkan penumpang dalam mengendalikan suhu dalam ruang kabin.

Di sisi lain, Toyota Alphard kini dilengkapi dengan beberapa fitur yang menunjang kenyamanan pada saat berkendara, seperti Digital Rear View Mirror yang melengkapi kamera parkir yang sudah ada sebelumnya dengan tambahan angle penglihatan pada saat parkir.

Sedangkan di bagian pengemudinya, tampak setir kemudi yang dilengkapi beberapa tombol navigasi yang begitu fungsional. Bahkan, di bagian speeometernya tampak pihak Toyota mengusung konsep MID modern yang membuatnya terkesan futuristik dan informatif.

Tak sampai di situ saja, setiap jok berbahan material kulit pun dihadirkan dengan sekat antar jok lainnya sebagai penyangga tangan, kaki dan memiliki tempat penaruh barang-barang sehingga semakin memberikan kenyamanan penuh untuk seluruh penumpang maupun pengemudi.

Tentu saja, semua kecanggihan fitur dan kemewahan interior spesifikasi Toyota Alphard ini semakin membuat para penumpangnya merasa nyaman dan betah berlama-lama dalam kabin.

Dimensi Toyota Alphard

Spek Toyota Alphard

Beranjak ke segmen lain, kini waktunya Mas Sena mengulas dimensi dari spesifikasi Toyota Alphard. Berbicara soal dimensi, tentunya akan sangat berkaitan erat dengan sektor eksterior tampilannya mengingat dimensi di sini sebagai pembentuk bodinya.

Nah, berhubungan dengan hal tersebut, kali ini Toyota Alphard sendiri masih mengusung ukuran dimensi ideal 4915 x 1850 x 1895 mm dengan jarak sumbu roda 3000 mm serta memiliki ground clearance 160 mm. Dengan begitu maka secara tak langsung akan membuat mobil ini terasa cukup lebar dan tinggi.

Bahkan dengan frame bertipe monocoque yang didukung oleh material bahan berkualitas membuat Toyota Alphard tidak mudah penyok saat terjadi kecelakaan.

Kapasitas tangki penyimpanan bahan bakar yang sanggup menampung hingga 75 liter dirasa sudah lebih dari cukup untuk menyuplai bahan bakar saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Sedangkan di sektor kaki-kakinya, Toyota Alphard sendiri akan mengusung suspensi handal berupa Mcpherson Strut with Torsion Beam (depan) dan Double Wishbone with Torsion Beam (belakang) yang dipastikan bakal memberikan tingkat keseimbangan secara maksimal.

Sementara itu, tak lupa juga velg modern berupa Alloy Wheels 18 inci akan terbalut ban jenis Radial berukuran 235/50 R18.

Tak sampai di situ saja, bahkan rem Ventilated Disc berteknologi ABS, EBD dan BA pun juga turut disematkan guna memaksimalkan pengereman pada spesifikasi Toyota Alphard ini.

Fitur Toyota Alphard

Mobil Toyota Alphard

Beralih ke segmen fitur, pada spesifikasi Toyota Alphard ini juga sudah dibekali dengan ragam fitur handal dan memiliki fungsionalitas tinggi.

Salah satu hal yang jelas yaitu pada fitur keselamatan yang berupa pengereman berteknologi ABS, EBD, dan BA yang dipastikan bakal memberikan kualitas pengereman yang lebih halus dan sempurna.

Sementara itu, tak lupa juga 7 airbags (tipe 3.5Q) pun juga turut disematkan di ruang kabin untuk melindungi para penumpang saat terjadi benturan keras.

Selain keselamatan, Toyota Alphard juga telah dilengkapi dengan fitur kenyamanan. Antara lain yaitu fitur AC Plasmacluster, yang dapat menyaring debu dan ion-ion negatif selain itu kelembaban dan suhu udara akan secara otomatis mengikuti suhu ideal yang anda inginkan, sehingga membuat nyaman setiap penumpang dan pengemudi yang berada dalam kendaraan.

Lalu fitur hiburan yang berupa audio dan visual akan menghasilkan kualitas yang baik untuk mengusir kejenuhan saat dalam perjalanan dengan Toyota Alphard ini.

Sedangkan untuk fitur yang memberikan kemudahan kontrol dan peningkatan performa mesin mobil ini memiliki Dual VV-TI with ETCS-i and ACIS akan mampu mengoptimalkan torsi selama kecepatan rendah dan sedang, serta meningkatkan tenaga selama kecepatan tinggi.

Cukup canggih bukan fitur yang diusung spesifikasi Toyota Alphard itu?

Mesin Toyota Alphard

Toyota Alphard

Selain itu, sektor dapur pacu pada spesifikasi Toyota Alphard ini pun juga menjadi sorotan para konsumen. Wajar, mengingat sektor ini sangat berpengaruh pada performa dan kehandalan kinerja mesin.

Dimana, dalam hal ini Toyota Alphard akan dibekali dengan mesin bertipe 2AR-FE yang memiliki 4 silinder 16 katup dan berteknologi DOHC Dual VVT-I dengan kapasitas kubikasi 2.494 cc.

Mesin yang diusung oleh MP Premium buatan Toyota tersebut nantinya juga akan dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu otomatis CVT dan otomatis 6 percepatan A/T Sequential.

Dengan kombinasi antara mesin dan transmisi tersebut maka Toyota Alphard ini dipastikan sanggup memberikan semburan power hingga 180 Ps per 6000 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi pada 23.9 Kg.m per 4100 rpm. Cukup gahar bukan?

Tentu saja, dengan mesin tersebut maka mobil ini dirasa sangat responsif untuk perjalanan kota maupun perjalanan antar kota. Bahkan untuk varian mesin yang paling rendah sekalipun sangat bisa diandalkan.

Untuk sistem penyuplai bahan bakarnya, spesifikasi Toyota Alphard menggunakan sistem EFI (Electronic Fuel Injection) dapat menyalurkan bahan bakar dengan stabil dan memberikan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Kelebihan Toyota Alphard

Kekurangan Toyota Alphard

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 2AR-FE DOHC Dual VVT-I
  • Kapasitas Mesin
  • 2494 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • 7 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 150 HP / 6000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 205 nm / 4100 rpm
  • Bahan Bakar
  • Hybrid

Dimensi

  • Panjang
  • 4915 mm
  • Lebar
  • 1850 mm
  • Tinggi
  • 1895 mm
  • Berat
  • 2070 kg
  • Jarak Terendah
  • 160 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 3000 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 75 L

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • Mcpherson Strut with Torsion Beam
  • Suspensi Belakang
  • Double Wishbone with Torsion Beam
  • Rem Depan
  • Ventilated Disc
  • Rem Belakang
  • Ventilated Disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 225/60 R17
  • Velg
  • Alloy 17 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 7 Kursi
  • Bahan Kursi
  • - - -
  • Audio
  • 2DIN, speaker depan dan belakang
  • Layar
  • Layar sentuh
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Power steering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 2AR-FE DOHC Dual VVT-I
  • Kapasitas Mesin
  • 2494 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • 6 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 178 HP / 6000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 234 nm / 4100 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4840 mm
  • Lebar
  • 1830 mm
  • Tinggi
  • 1905 mm
  • Berat
  • 2070 kg
  • Jarak Terendah
  • 160 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2950 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 75 L

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • Mcpherson Strut with Torsion Beam
  • Suspensi Belakang
  • Double Wishbone with Torsion Beam
  • Rem Depan
  • Ventilated Disc
  • Rem Belakang
  • Ventilated Disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 235/50 R18
  • Velg
  • Alloy 18 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 7 Kursi
  • Bahan Kursi
  • - - -
  • Audio
  • 2DIN, speaker depan dan belakang
  • Layar
  • Layar sentuh
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Power steering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 2AR-FE DOHC Dual VVT-I
  • Kapasitas Mesin
  • 2494 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • 6 Kecepatan
  • Tenaga Maksimal
  • 178 HP / 6000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 234 nm / 4100 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4840 mm
  • Lebar
  • 1830 mm
  • Tinggi
  • 1905 mm
  • Berat
  • 2070 kg
  • Jarak Terendah
  • 160 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2950 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 75 L

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • Mcpherson Strut with Torsion Beam
  • Suspensi Belakang
  • Double Wishbone with Torsion Beam
  • Rem Depan
  • Ventilated Disc
  • Rem Belakang
  • Ventilated Disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 235/50 R18
  • Velg
  • Alloy 18 inch

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • Ada, depan dan samping
  • Jumlah Kursi
  • 7 Kursi
  • Bahan Kursi
  • - - -
  • Audio
  • 2DIN, speaker depan dan belakang
  • Layar
  • Layar sentuh
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Power steering
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada