Toyota Calya

Harga Toyota Calya dan Spesifikasi – Lama menjadi rumor dan banyak dinanti publik, akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi merilis Toyota Calya facelift yang bakal jadi model terbarunya.

Perilisan mobil murah LCGC 7-penumpang ini pun juga bersamaan dengan diluncurkannya Daihatsu Sigra facelift yang mana terjadwal meluncur pada 16 Desember 2019.

Keduanya mendapatkan sentuhan penyegaran pada bagian eksterior, interior, dan fitur-fiturnya. Kategori perubahan desain ini disebut minor change yang memberikan kesan lebih nyaman, fresh, dan modern.

Ini merupakan perubahan perdana bagi Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra setelah debut perdananya pada tahun 2016 silam. Dimana, perubahan pada kedua mobil murah tersebut sebagai salah satu upaya pihak Toyota agar mobil ini semakin diminati di Indonesia.

Tentu saja menarik untuk kita ulas bersama perubahan apa yang diterapkan pada mobil LCGC 7-penumpang ini. Hanya saja, dalam pembahasan kali ini Mas Sena tak akan serta merta mengulas kedua model tersebut, melainkan akan terfokus untuk menelisik keunggulan dari spesifikasi yang dimiliki Toyota Calya facelift yang dirilis di tahun 2019 ini.

Mengusung slogan baru berbunyi “Partner in Times”, pembaruan pada Toyota Calya 2019 ini lebih mengedepankan sisi kenyamanan dan fleksibilitas. Pasalnya, sesuai dengan segmentasinya sebagai mobil LCGC, model Calya terbaru tersebut diharapkan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Dari sisi tampilan, penyegaran yang dilakukan oleh pihak Toyota memang cukup menarik. Khususnya, pada sisi eksterior di sisi depan dan belakang dengan tampilan yang lebih modern, bahkan bisa dikatakan mirip Avanza 2019.

Di satu sisi, Toyota Calya ini juga dibekali ragam fitur modern pada ruang kabin atau interiornya, seperti fitur entertainment dan kenyamanan kursi penumpang guna memaksimalkan daya tariknya.

Hanya saja, pada sektor mesin, mobil LCGC ini masih mengandalkan mesin yang sama, yakni mesin 3NR yang memiliki kapasitas hingga 1.197 cc dengan 4 silinder segaris berteknologi Dual VVT-i.

Tak lupa juga, untuk memaksimalkan penggunaan, maka Calya facelift ini akan berbekal fitur-fitur keselamatan guna memaksimalkan keamanan dalam berkendara.

Mau tahu lebih lanjut tentang mobil ini? Yuk, kita simak bersama uraian spesifikasi dan harga Toyota Calya yang akan Mas Sena ulas pada segmen-segmen di bawah ini!

Mobil berkapasitas 7 orang penumpang dengan harga terjangkau yang memiliki desain dan kenyamanan yang cocok untuk keluarga muda

Toyota Calya F
  • Mobil Toyota CalyaJenis MPV
  • Kapasitas Mesin Toyota CalyaKapasitas 1,197 cc
  • Kecepatan Toyota Calya Tenaga 88 HP / 6000 rpm
  • Torsi Toyota Calya Torsi 11 nm / 4200 rpm
  • Transmisi Toyota CalyaTransmisi Manual / Otomatis
  • Bahan Bakar Toyota CalyaBahan Bakar Bensin
  • Berat Toyota CalyaBerat 975 kg
  • Kursi Toyota CalyaKursi 7 Kursi

Harga Toyota Calya

Note - Harga Toyota Calya diatas untuk kisaran bulan Januari 2021 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Beralih pada segmen paling akhir, Mas Sena saatnya mengulas tentang harga Toyota Calya.

Namun, sebelum kita jauh menelisik soal harga, Mas Sena akan sedikit memberikan gabaran umum soal pembaruan yang diterapkan pada mobil LCGC ini.

Pertama dari sisi eskteriornya, Toyota telah menerapkan pembaruan yang cukup signifikan, khususnya di bagian wajahnya dengan menampilkan susunan konsep desain yang lebih modern, elegan dan sedikit sporty.

Tak hanya itu, Toyota Calya terbaru ini juga sudah dibekali dengan interior elegan dengan dominasi warna Dark Brown disertai ragam fitur pada head unit untuk memaksimalkan kenyamanan kepada para penumpangnya.

Hanya saja, dapur pacunya masih sama dengan generasi sebelumnya, yakni mesin 3NR yang memiliki kapasitas hingga 1.197 cc.

Selain itu, untuk fitur-fiturnya pun lebih mumpuni yang memang dihadirkan guna memaksimalkan keselamatan maupun kenyamanan penumpangnya.

So, dengan ragam pembaruan tersebut, kira-kira berapa sih harga Toyota Calya model facelift ini?

Berkenaan dengan soal nominal dari harga Toyota Calya, tentunya kawan-kawan tak perlu menebak-nebak mengingat PT TAM sudah resmi meluncurkan mobil LCGC 7 penumpang ini pada 16 Desember 2019 lalu.

Dimana, diketahui saat pengumuman perilisan sekaligus dari situs resmi Toyota Indonesia, harga Toyota Calya ini akan terbagi menjadi 3 pilihan.

Pertama, untuk tipe E M/T dibanderol Rp 147,35 Juta jutaan. Sementara itu, untuk tipe G M/T harganya mencapai Rp 153,65 Juta, sedangkan tipe G A/T banderolnya Rp 165,85 Juta juta.

Tentu, melihat kisaran harga Toyota Calya facelift tersebut, Mas Sena rasa sudah cukup realistis dan sepadan, bahkan bisa dikatakan cukup terjangkau.

Namun, harga Toyota Calya facelift yang Mas Sena sebutkan di atas adalah harga jual OTR untuk wilayah DKI Jakarta saja.

Artinya, jika dijual di luar Jakarta maka harga jualnya akan sedikit berubah dari yang dijual di kawasan OTR tersebut.

Tetapi, Mas Sena cukup yakin bahwa perbedaan harga jual dari mobil LCGC 7 penumpang ini tak akan berbeda jauh dengan banderol di kawasan OTR.

Nah, demikian ulasan lengkap dari Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Toyota Calya terbaru 2019 ini.

Gambar Toyota Calya

Spesifikasi Toyota Calya

Ringkasan:

Spesifikasi Toyota Calya menggunakan transmisi Manual / Otomatis dengan bahan bakar Bensin. Spek Toyota Calya yang berjenis mobil MPV ini memiliki kapasitas mesin sebesar 1,197 cc.

Warna Toyota Calya

Berikut ini adalah pilihan warna Toyota Calya yang dapat anda pilih:

Review Toyota Calya

Eksterior Toyota Calya

Toyota Calya

Di babak awal dalam pembahasan soal spesifikasi Toyota Calya facelift ini, Mas Sena akan memulai penjelasan detail dari sisi eksteriornya.

Desain baru yang diterapkan pada mobil LCGC ini memang cukup menarik dan terkesan lebih modern. Betapa tidak, mengusung slogan “Partner ini Times”, model Calya terbaru ini mengusung konsep mobil kekinian yang sangat apik dan berkesan.

Tampak pada wajahnya, Toyota Calya mendapat gubahan berupa lampu depan berteknologi LED yang dibuat lebih agresif khas mobil MPV. Sehingga, selain memberikan tampilan wajah yang anggun, tentunya akan mampu memberikan pencahayaan yang maksimal dan efektif.

Bahkan, tak lupa juga grille Dark Chrome Element yang lebih besar dengan 3 garis disertai logo Toyota di tengahnya membuatnya tampil lebih bersahabat.

Menemani grille depan, mobil ini juga sudah dilengkapi fog lamp dengan bentuk yang sedikit memanjang ke lampu utama yang disematkan pada bagian depan di sisi kanan kiri sebagai fitur lampu fungsional untuk menembus kabut tebal.

Kemudian, di bagian sisi kanan dan kiri, Toyota Calya menerapkan pembaruan yang lebih simple dan tak terlalu signifikan dari versi sebelumnya. Dimana, tampak garis tipis yang melewati handle door hingga belakang.

Tak sampai di situ saja, pada bagian bodi belakang, pembaruan pada mobil ini agaknya tak terlalu berubah banyak. Masih mengusung stoplamp yang membentuk siku disertai wiper tunggal sebagai pembersih kaca belakang.

Meski demikian, tetap saja desain bodi belakangnya tetap lebih terkesan fresh. Tentunya, pembaruan desain eksterior pada spesifikasi Toyota Calya ini akan memberikan kesan tersendiri yang lebih fresh dan cenderung modern dengan konsep mobil keluarga masa kini.

Interior Toyota Calya

Harga Mobil Toyota Calya

Di sisi lain, kini Mas Sena akan memasuki ruang kabin atau interior dari spesifikasi Toyota Calya terbaru ini.

Tampaknya, Toyota memang ingin memberikan kenyamanan penuh kepada para penumpang mobil ini. Hal itu tersampaikan melalui konsep pembaruan pada ruang kabinnya yang Mas Sena nilai lebih modern dan fresh.

Hal itu bisa dilihat dari dasboard multilayer yang mengkombinasikan warna Dark Brown and Black sehingga tampak lebih elegan. Bahkan, pada interior dari Toyota Calya ini pun sudah disediakan Head Unit di bagian dashboard tengah yang dilengkapi layar sentuh modern guna menampilkan beberapa menu pilihan agar memudahkan penumpangnya dalam mengoperasikan sistem fitur hiburan.

Selain itu, di atas layar sentuh ini juga sudah dilengkapi beberapa menu fitur lain yang kompatibel, seperti iPod/iPhone Connectivity, DVD Player, USB, Bluetooth, dan fitur AUX.

Di samping itu, pada kursi penumpang baris pertama, juga sudah dilengkapi New Under Seta Compartment Tray sebagai ruang penyimpanan guna menyimpan barang secara lebih aman.

Sementara itu, di sektor kursi pengemudi, kini sudah menggunakan setir kemudi baru yang dilengkapi Audio Steering Switch guna memudahkan pengemudi dalam mengatur audio tanpa harus kehilangan fokus saat mengendarai mobil ini.

Di lain sisi, untuk secara keseluruhan pada ruang kabin ini juga sangat menarik. Pasalnya, kali ini Toyota sudah menggunakan pewarnaan kursi Dark Brown yang dibuat dari bahan cukup berkualitas untuk memaksimalkan penumpang ketika menduduki kursi.

Tentu saja, dengan sisi interior atau kabin yang begitu fresh dan modern pada spesifikasi Toyota Calya tersebut maka akan membuat para penumpang semakin betah berlama-lama dalam kabin mobil.

Dimensi Toyota Calya

Mobil Toyota Calya

Lanjut pada pembahasan berikutnya, Mas Sena kan mengulas secara detail mengenai sektor dimensi yang diusung dari spesifikasi Toyota Calya. Langsung saja, Toyota Calya ini memiliki dimensi dengaan panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm dengan jarak sumbu rodanya 2.525 mm.

Melihat dimensi yang diusung Toyota Calya tersebut, tampaknya memang mobil garapan Toyota tersebut bakal memiliki dimensi yang lebih luas.

Selain itu, Toyota Calya juga memiliki ukuran ground clearance 180 mm sehingga mobil MPV LCGC ini akan mudah dikemudikan di medan yang kurang rata dan banyak bebatuan dengan lancar dan aman.

Bahkan, kenyamanan akan semakin bertambah berkat dua jenis suspensi yang terpasang. Pada suspensi depan, Toyota Calya mengusung suspensi MacPherson. Sedangkan, untuk bagian belakangnya mengandalkan Semi Independent Torsion Beam.

Kedua suspensi tersebut akan dipasangkan dengan per ulir yang akan menjadikan peredamannya lebih lembut dan nyaman.

Untuk remnya,  bagian depan dari Toyota Calya ini menggunakan ventilated disc dan di belakang masih menggunakan drum. Terakhir, spesifikasi Toyota Calya ini menggunakan velg alloy 14 inci.

Fitur Toyota Calya

Review Toyota Calya

Selanjutnya, Mas Sena akan menelaah beberapa fitur dari spesifikasi Toyota Calya terbaru ini.

Guna memberikan sekaligus memaksimalkan kenyamanan maupun keamanan, Toyota dalam hal ini memang telah menerapkan beberapa pembaruan pada sistem fitur-fiturnya.

Seperti pengereman handal berupa ABS dan EBD yang siap menjamin serta memastikan kontrol kendaraan secara maksimal saat pengereman sehingga kecelakaan pun bisa ditekan.

Selain itu, Toyota Calya juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur hiburan yang tersaji pada layar sentuh dengan ragam menu dan beberapa konektivitas kompatibel, seperti iPod/iPhone Connectivity, DVD Player, USB, Bluetooth, dan fitur AUX.

Tak hanya itu, bahkan fitur SRS Airbag pun juga turut disematkan di bagian kursi penumpang depan dan pengemudi guna menghadirkan perlindungan lebih dan memperkecil resiko cedera saat terjadi benturan dari depan.

Di sisi lain, Toyota juga sudah menerapkan Rear Parking Sensor untuk memudahkan ketika akan parkir, lalu ada juga Immobilizer Key pada kunci mobil guna mencegah terjadi pencurian, dan ISOFIX sebagai standar internasional untuk pemasangan kursi bayi maupun balita.

Terakhir, pada spesifikasi Toyota Calya ini juga sudah dibekali fitur paket Toyota Anti-Theft System untuk memberikan ketenangan tambahan dengan keamanan yang lebih terjaga maksimal.

Mesin Toyota Calya

Spesifikasi Mobil Toyota Calya

Setelah kita mengulas sektor eksterior, interior dan dimensi maupun suspensinya, saatnya kita mengulas pada bagian dapur pacu dari spesifikasi Toyota Calya.

Mobil garapan pabrikan asal Negeri Bunga Sakura ini, menggendong mesin 3NR yang memiliki kapasitas hingga 1.197 cc dengan 4 silinder. Mesin 4-silinder segaris ini sudah mengusung teknologi Dual VVT-i yang mampu menghasilkan semburan tenaga 88 Ps setiap putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 11 Kgm pada putaran 4.200 rpm.

Dengan berbekal tubuh yang lebih besar dan juga akan menampung bawaan lebih banyak Toyota Calya menurut kabar bakal didukung oleh sistem transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Selain itu, untuk konsumsi BBM Toyota Calya seharusnya bisa mencapai 1:20 karena syarat untuk menjadi mobil LCGC yang mendapatkan potongan pajak adalah konsumsi BBM dengan perbandingannya 1:20 yang artinya 1 liter BBM bisa untuk perjalanan 20 Km.

Jadi, bisa dikatakan bahwa Toyota Calya ini akan dijamin irit seperti Agya, Ayla, Karimun Wagon R, Brio Satya, Datsun Go+ dan lain-lain yang kesemuanya sudah melalui pengujian tes yang mampu menempuh lebih dari 20 km untuk 1 liter BBM-nya dalam rute bebas hambatan.

Sebagai LCGC tentunya spesifikasi Toyota Calya pada bagian ini merupakan idaman bagi para konsumen nantinya.

Kelebihan Toyota Calya

Kekurangan Toyota Calya

Pertanyaan Seputar Toyota Calya

Berapa harga Toyota Calya di Indonesia?
Harga Toyota Calya dibedakan berdasarkan tipenya. Toyota Calya sendiri memiliki 3 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • Toyota Calya E M/T
  • Rp 147,35 Juta
  • Toyota Calya G M/T
  • Rp 153,65 Juta
  • Toyota Calya G A/T
  • Rp 165,85 Juta
Toyota Calya tersedia dalam warna apa saja?
Toyota Calya tersedia dalam 7 warna, diantaranya adalah Black (Hitam), White (Putih), Red (Merah), Silver Metallic (Silver), Grey Metallic (Abu-abu), Orange Metallic (Oranye), Bronze Mica Metallic (Coklat).
Bagaimana performa mesin Toyota Calya?
Performa mesin Toyota Calya didukung oleh mesin dengan tipe 3NR yang memiliki kapasitas mesin sebesar 1,197 cc yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 88 HP / 6000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 11 nm / 4200 rpm.
Berapa jumlah kursi Toyota Calya?
Jumlah kursi Toyota Calya yaitu sejumlah 7 Kursi kursi.
Transmisi apa saja yang tersedia pada Toyota Calya?
Toyota Calya menyediakan transmisi Manual / Otomatis

Berita Terkait Toyota Calya

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 3NR
  • Kapasitas Mesin
  • 1,197 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Manual
  • Tipe Transmisi
  • 5 Kecepatan M/T
  • Tenaga Maksimal
  • 88 HP / 6000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 11 nm / 4200 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4070 mm
  • Lebar
  • 1655 mm
  • Tinggi
  • 1600 mm
  • Berat
  • 975 kg
  • Jarak Terendah
  • 180 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2525 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 36 L

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
  • Suspensi Belakang
  • Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring
  • Rem Depan
  • Ventlated Disc
  • Rem Belakang
  • Drum
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 175/65
  • Velg
  • R14

Eksterior

  • Lampu Depan
  • Halogen
  • Lampu Belakang
  • Halogen
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak ada
  • Spoiler
  • Tidak ada

Interior

  • Airbag
  • Ada
  • Jumlah Kursi
  • 7 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Fabric
  • Audio
  • Ada
  • Layar
  • - - -
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Tilt
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 3NR
  • Kapasitas Mesin
  • 1,197 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Manual
  • Tipe Transmisi
  • 5 Kecepatan M/T
  • Tenaga Maksimal
  • 88 HP / 6000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 11 nm / 4200 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4070 mm
  • Lebar
  • 1655 mm
  • Tinggi
  • 1600 mm
  • Berat
  • 975 kg
  • Jarak Terendah
  • 180 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2525 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 36 L

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
  • Suspensi Belakang
  • Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring
  • Rem Depan
  • Ventlated Disc
  • Rem Belakang
  • Drum
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 175/65
  • Velg
  • R14

Eksterior

  • Lampu Depan
  • Halogen
  • Lampu Belakang
  • Halogen
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak ada
  • Spoiler
  • Tidak ada

Interior

  • Airbag
  • Ada
  • Jumlah Kursi
  • 7 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Fabric
  • Audio
  • Ada
  • Layar
  • LCD Touchscreen, DVD
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Tilt
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 3NR
  • Kapasitas Mesin
  • 1,197 cc
  • Silinder
  • 4
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • 4 Kecepatan A/T
  • Tenaga Maksimal
  • 88 HP / 6000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 11 nm / 4200 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 4070 mm
  • Lebar
  • 1655 mm
  • Tinggi
  • 1600 mm
  • Berat
  • 975 kg
  • Jarak Terendah
  • 180 mm
  • Jarak Poros Roda
  • 2525 mm
  • Kapasitas Tangki
  • 36 L

Sasis

  • Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
  • Suspensi Belakang
  • Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring
  • Rem Depan
  • Ventlated Disc
  • Rem Belakang
  • Drum
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 175/65
  • Velg
  • R14

Eksterior

  • Lampu Depan
  • Halogen
  • Lampu Belakang
  • Halogen
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • Electric Mirror
  • Side Skirt
  • Tidak ada
  • Spoiler
  • Tidak ada

Interior

  • Airbag
  • Ada
  • Jumlah Kursi
  • 7 Kursi
  • Bahan Kursi
  • Fabric
  • Audio
  • Ada
  • Layar
  • LCD Touchscreen, DVD
  • Sistem Pendinginan
  • - - -
  • Sistem Kemudi
  • Tilt
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada