Toyota Corolla Cross

Harga Toyota Corolla Cross – Seperti tidak ada habis-habisnya, pabrik otomotif asal Jepang yang bernama Toyota masih terus melakukan berbagai macam pengembangan inovatif pada setiap produk mobil garapannya.

Inovasi tersebut agaknya juga tidak sia-sia. Terbukti beberapa kendaraan roda empat garapan Toyota banyak yang direspon positif oleh masyarakat global, tak terkecuali publik otomotif Indonesia.

Terkait hal tersebut, belum lama ini, tepatnya pada 6 Agustus 2020, melalui PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merk (APM) untuk mobil Toyota di Tanah Air, dikabarkan bahwa pihaknya telah resmi mengumumkan kehadiran mobil terbaru, yakni Toyota Corolla Cross.

Perlu diketahui bahwa kemunculannya di pasar otomotif Indonesia adalah peluncuran yang ke dua setelah Toyota Corolla Cross ini dirilis perdana pada 9 Juli 2020 sebelumnya di Negeri Gajah Putih, Thailand.

Di sisi lain, mobil crossover yang mengadopsi dari tipe sedan Corolla ini juga sudah mendapat beberapa teknologi canggih. Seperti teknologi Toyota New Global Architecture C (TNGA)-C yang tak lain merupakan platform paten milik Toyota.

Mesinnya pun sangat bandel namun ramah lingkungan. Mengingat, mobil crossover Corolla Cross ini mengusung mesin DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.798 cc dengan dukungan sistem injeksi EFI.

Selain itu, spesifikasi pada Toyota Corolla Cross ini sangat mumpuni dan canggih, apalagi dibekali ragam fitur menarik yang sangat fungsional dan fleksibel untuk menunjang kenyamanan.

Nah, untuk lebih lengkap dan detailnya, berikut ini Mas Sena akan berbagi informasi terbaru mengenai spesifikasi dan harga Toyota Corolla Cross sebagai kendaraan crossover/SUV terbaru.

Mobil crossover 5 kursi yang dirancang dengan platform TNGA-C membawa mesin DOHC Dual VVT-i 1.8 liter

Toyota Corolla Cross
  • Mobil Toyota Corolla CrossJenis SUV
  • Kapasitas Mesin Toyota Corolla CrossKapasitas 1.798 cc
  • Kecepatan Toyota Corolla Cross Tenaga 140 Ps / 6.400 rpm
  • Torsi Toyota Corolla Cross Torsi 17.5 Kg.m (171 Nm) / 4.000 rpm
  • Transmisi Toyota Corolla CrossTransmisi Otomatis
  • Bahan Bakar Toyota Corolla CrossBahan Bakar Bensin
  • Berat Toyota Corolla CrossBerat - - -
  • Kursi Toyota Corolla CrossKursi 5 kursi

Harga Toyota Corolla Cross

Note - Harga Toyota Corolla Cross diatas untuk kisaran bulan September 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Mengulas tentang spesifikasi crossover ini, tentu saja tak akan lepas pula pembahasan mengenai harga Toyota Corolla Cross terbaru sebagai bahan pertimbangan bagi para calon konsumen yang mulai terpikat untuk membeli mobil ini.

Akan tetapi, sebelum jauh mengulas nominal harga, perlu dipahami kembali bahwa Corolla Cross ini merupakan tipe mobil crossover/SUV yang membawa konsep desain eksterior modern dan berkesan sporty.

Apalagi, sudah di bagian atapnya dilengkapi power Moonroof yang dipastikan mampu emberikan pencahayaan yang cukup di dalam kabin untuk memberikan kesan lapang di ruang interior.

Sementara itu, Corolla Cross pun juga sudah dibekali mesin 1.8 liter DOHC Dual VVT-i yang mana diklaim mampu memberikan tenaga yang sangat gahar sekaligus memiliki efisiensi yang tinggi.

Di sisi lain, fitur rem ABS, EBS, HSA, dan ESC pun turut hadir untuk menunjang keselamatan penumpang.

Bahkan, tak lupa ragam fitur hiburan dan kenyamanan premium pun turut hadir di ruang interiornya. So, tak heran jika semua itu berpengaruh pada harga Toyota Corolla Cross ini.

Oke kawan, mengacu atas beberapa informasi yang telah beredar, diketahui bahwa harga Toyota Corolla Cross ini akan dibanderol senilai Rp 457.8 juta dengan status On The Road untuk kawasan/wilayah DKI Jakarta.

Jika membandingkan harga mobil crossover Toyota ini dengan spesifikasinya, agaknya banderol tersebut terbilang sudah pas dan realistis untuk sekelas crossover modern.

Harga mobil ini pun juga dinilai masih di bawah C-HR yang mencapai angka 457 juta maupun Fortuner yang ada di angka 492 jutaan.

Namun, dengan angka harga Toyota Corolla Cross yang hampir menyentuh angka setengah milyar tersebut, tentunya mobil ini kemungkinan hanya akan menyasar untuk beberapa kalangan, khususnya di segmen kelas menengah.

Artinya, target pasar Corolla Cross ini tidak luas sehingga hanya terfokus pada sebagian kalangan konsumen saja.

Nah, demikian ulasan mengenai keunggulan spesifikasi dan harga Toyota Corolla Cross yang telah Mas Sena sampaikan. Bagaimana? Apakah kawan-kawan sudah mulai tertarik untuk membelinya?

Gambar Toyota Corolla Cross

Spesifikasi Toyota Corolla Cross

Ringkasan:

Spesifikasi Toyota Corolla Cross menggunakan transmisi Otomatis dengan bahan bakar Bensin. Spek Toyota Corolla Cross yang berjenis mobil SUV ini memiliki kapasitas mesin sebesar 1.798 cc.

Warna Toyota Corolla Cross

Berikut ini adalah pilihan warna Toyota Corolla Cross yang dapat anda pilih:

Review Toyota Corolla Cross

Eksterior Toyota Corolla Cross

Mobil Toyota Corolla Cross

Pembahasan pertama soal spesifikasi Toyota Corolla Cross kali ini akan menyentuh bagian eksterior atau bodi fisik sebagai sektor terluar dari mobil ini.

Secara keseluruhan, sisi eksterior yang diusung oleh crossover buatan Toyota ini menganut konsep Elegant Look yang mengedepankan sisi kemewahan dalam balutan gaya sporty.

Kesan sporty nan kokoh dari mobil Toyota Corolla Cross ini tak bisa dilepaskan dari sisi rangkanya. Dimana, dengan membawa platform TNGA-C, mobil ini memiliki tingkat kelincahan yang lebih agresif dengan stabilitas dan visibilitas yang lebih sempurna.

Selain itu, dimensi bodi pada Corolla Cross ini pun juga sangat dinamis mengingat dibuat dengan ukuran ideal yang memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm dengan jarak poros roda 2.640 mm.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai detail jarak ke tanah. Namun, jika melihat gambarnya, agaknya Corolla Cross ini memiliki struktur ground celarance yang cukup tinggi dengan ukuran standar SUV/crossover.

Lalu, dari segi penampilannya secara detail, tampak beberapa konsep modern disematkan pada setiap sisi eksterior dari spek Toyota Corolla Cross ini.

Seperti dari sisi depannya yang mengusung desain lampu utama LED yang dibuat lebih menyipit tajam. Tak hanya itu, tampak pula grille dibuat lebih tebal yang dibuat membentuk Double Trpaezoid sehingga memperkuat kesan tangguh pada wajah depannya.

Bahkan, tak lupa pula bahwa menemani lampu utamanya, pada sisi depan dari Toyota Corolla Cross ini pun dilengkapi lampu kabut LED Beaming guna memberikan visibilitas yang kokoh untuk pengalaman berkendara yang nyaman dan aman.

Lalu, di bagian sampingnya, bodi pada mobil crossover ini mendapat sentuhan lekukan bodi yang cukup tegas mengikuti alur bodi sehingga memiliki tampilan yang cukup seimbang.

Bahkan, tak lupa penggunaan velg Alloy Wheel 18 inci pun turut dihadirkan dengan sentuhan desain modrn dan balutan warna krom abu tua untuk memperkuat kesan urban yang lebih kekinian.

Kemudian, pada bagian belakang, bodi pada Toyota Corolla Cross ini dirancang begitu sporty dan terkesan garang dengan lampu belakang (stop lamp) LED untuk memaksimalkan cahaya lampu belakang nan terang tanpa menyilaukan pengendara lain di belakang.

Tak hanya itu, masih pada sektor belakangnya, terlihat pula wiper tunggal disematkan sebagai pembersih kaca belakang yang bisa dioperasikan secara otomatis.

Di lain sisi, pada bagian atas pada Toyota Corolla Cross ini pun terlihat sunroof Power Moonroof yang sangat berguna untuk memaksimalkan pencahayaan yang cukup di dalam kabin guna memperkuat kesan lapang dalam interiornya.

Jadi, secara keseluruhan tak bisa dipungkiri bahwa sektor eksterior pada Toyota Corolla Cross ini pun menjadi bagian yang mampu menarik minat penggunanya.

Interior Toyota Corolla Cross

Harga Toyota Corolla Cross

Ruang kabin atau interior pada spesifikasi Toyota Corolla Cross ini pun juga akan turut jadi pokok bahasan yang akan Mas Sena bahas.

Mengenai hal tersebut, kabin yang diusung oleh mobil Toyota ini pun terbilang sangat modern dan comfortable dengan sentuhan warna Black Elegant dan detail krom yang membuatnya terkesan sangat elegan.

Yang mana, kabin pada spek Toyota Corolla Cross didesain dan diperhitungkan secara matematis dengan ketepatan tinggi guna memberikan ruang kaki yang layak dan langit-langit yang tinggi agar sanggup memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Tak hanya itu, mobil ini juga dibekali 5 kursi dengan bahan material kulit berkualitas dan smooth supaya para penumpang merasa betah dan nyaman ketika menduduki kursinya.

Selain itu, dashboard pada crossover Toyota Corolla Cross ini pun dibuat dengan mengusung gaya Classy Interior Design yang membuatnya terlihat sangat mewah dan elegan dengan ragam navigasi atau fitur yang disematkannya.

Sebut saja seperti Head Unit Multi-purpose yang menampilkan layar sentuh seluas 9 inci untuk menampilkan beberapa sistem menu hiburan. Antara lain AM / FM Stereo, Bluetooth, Miracast, NFC, dan Perintah Suara (Voice Command).

Kemudian, di bawah layar sentuh tersebut, terdapat AC modern dengan mekanisme Dual Zone Auto Function untuk menyesuaikan pengaturan AC secara lebih mudah sekaligus sebagai preferensi pengemudi dan penumpang. Sehingga, kesejukan dalam kabin menjadi lebih terjaga.

Nah, pada bagian ruang kemudi, Toyota Corolla Cross ini mengusung roda kemudi yang dibuat secara elegan dan modern dengan hiasan detail silver krom guna memastikan fleksibilitas si pengemudi dalam mengendalikan laju gerak mobil saat dikendarai di jalanan.

Bahkan, tak lupa beberapa tombol pengaturan pun juga turut disertakan pada roda kemudinya untuk menunjang kemudahan si pengemudi dalam melakukan pergantian musik, mengatur volume tanpa memindahkan posisi tangan dari stir kemudi.

Dengan begitu maka sudah jelas dan pasti bahwa sisi kabin yang diusung oleh Toyota Corolla Cross ini sangat fungsional dan fleksibel dengan ragam fitur yang siap menjamin kenyamanan sekaligus keamanan para penumpangnya.

Keamanan & Kenyamanan Toyota Corolla Cross

Spesifikasi Toyota Corolla Cross

Kemudian, dalam bahasan review mengenai spesifikasi Toyota Corolla Cross yang lain, kini Mas Sena akan menyentuh sisi kenyamanan dan keamanannya.

Yang mana, pada soal kenyamanan dan keamanan di sini, ada beberapa fitur yang disematkan untuk menunjang kedua aspek tersebut.

Pertama, guna memaksimalkan kestabilan maka Toyota Corolla Cross ini pun akan hadir dengan dukungan supensi handal berupa McPherson Strut pada bagian depan dan Torsion Beam di sektor belakang.

Kedua suspensi tersebut sudah bisa dipastikan bakal sanggup menahan atau meminimalisir goncangan ketika melewati jalanan berlubang atau medan off-road tak beraspal, seperti di jalanan pedesaan misalnya.

Ini tentu akan membuat rasa nyaman para penumpang menjadi lebih terjaga meski medan kurang bersahabat.

Di lain sisi, pada spek Toyota Corolla Cross ini pun juga sudah turut menyertakan rem handal berupa Ventilated Disc Brake dengan ukuran diameter 16 inci dan rem belakang cakram tunggal 16 inci.

Tak hanya itu saja, pada crossover Toyota tersebut turut serta membawa sistem rem tambahan, yakni ABS, EBD, dan BA yang dipastikan mampu mengontrol laju kecepatan mobil secara lebih mumpuni.

Dimana, ban yang direm akan mampu berhenti tanpa membuatnya terselip sehingga potensi tabrakan atau kecelakaan pun bisa dihindari.

Kemudian, untuk meningkatkan keamanan maka Toyota Corolla Cross ini sudah disokong oleh sinyal rem darurat bernama EBS untuk mengingatkan si pengemudi agar menjaga jarak aman supaya tidak terjadi tabrakan.

Di sisi lain, ada pula fitur Hill-Start Assist (HSA) yang akan mencegah terjadinya mobil terguling saat menjajaki medan jalan bukit yang curam.

Lalu, pada crossover besutan Toyota ini dilengkapi juga dengan fitur Vehicle Stability Control (VSC) guna meningkatkan stabilitas berkendara saat jalan licin atau menikung.

Keseluruhan fitur-fitur keamanan dan kenyamanan Toyota Corolla Cross tersebut sudah barang tentu sebagai nilai tambah untuk menjamin rasa nyaman para penumpang sekaligus memiliki tingkat keselamatan yang lebih terjaga.

Mesin Toyota Corolla Cross

Review Toyota Corolla Cross

Selanjutnya, sektor permesinan pada spesifikasi Toyota Corolla Cross pun juga akan jadi pokok bahasan yang turut Mas Sena ulas secara rinci.

Berhubungan dengan mesin, memang Toyota sendiri akan mengusung susunan komponen mesin yang siap memberikan tenaga handal sekaligus memiliki tingkat efisiensi yang mumpuni.

Pasalnya, Toyota Corolla Cross sendiri dalam hal ini mengandalkan tipe mesin 4 silinder In-Line 16 katup DOHC penggerak rantai dengan teknologi Dual VVT-i.

Selain itu, untuk kapasitas kubikasinya, mesin pada spek Toyota Corolla Cross ini memiliki isi silinder mencapai 1.798 cc dengan diameter x langkah 80.5 x 88.3.

Lalu, transmisinya sendiri mengusung tipe CVT dengan besaran tenaga mampu mencapai 140 Ps per 6.400 rpm dan torsi di titik 17.5 Kg.m (171 Nm)/4.000 rpm. Ini tentu sebuah tenaga yang sangat besar untuk sekelas mobil crossover.

Sementara itu, untuk memaksimalkan efisiensi konsumsi bahan bakarnya, Toyota menyematkan sistem injeksi elektronik (EFI) dengan perbandingan kompresi 10:1. Dengan demikian maka mobil ini terbilang cukup irit dalam soal penggunaan bahan bakar.

Jadi, dengan bekalan mesin tersebut maka sudah barang tentu Toyota Corolla Cross ini sanggup menjamin ketangguhan performa mumpuni ketika dikendarai di segala medain, baik jalan aspal maupun medan off-road sedang.

Kelebihan Toyota Corolla Cross

Kekurangan Toyota Corolla Cross

Pertanyaan Seputar Toyota Corolla Cross

Berapa harga Toyota Corolla Cross di Indonesia?
Harga Toyota Corolla Cross dibedakan berdasarkan tipenya. Toyota Corolla Cross sendiri memiliki 1 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • Toyota Corolla Cross 1.8 Sport
  • Rp 457.8 Juta
Toyota Corolla Cross tersedia dalam warna apa saja?
Toyota Corolla Cross tersedia dalam 7 warna, diantaranya adalah Attitude Black Metallic (Hitam), Platinum White Pearl (Putih), Metal Stream Metallic (Silver), Graphite Metallic (Abu-Abu), Red Mica Metallic (Merah), Nebula Blue Metallic (Biru), Celestite Gray Metallic (Abu-Abu Muda).
Bagaimana performa mesin Toyota Corolla Cross?
Performa mesin Toyota Corolla Cross didukung oleh mesin dengan tipe 4 Cylinders In-Line 16 Valve DOHC chain drive with Dual VVT-i yang memiliki kapasitas mesin sebesar 1.798 cc yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 140 Ps / 6.400 rpm dengan torsi maksimal sebesar 17.5 Kg.m (171 Nm) / 4.000 rpm.
Berapa jumlah kursi Toyota Corolla Cross?
Jumlah kursi Toyota Corolla Cross yaitu sejumlah 5 kursi kursi.
Transmisi apa saja yang tersedia pada Toyota Corolla Cross?
Toyota Corolla Cross menyediakan transmisi Otomatis

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 4 Cylinders In-Line 16 Valve DOHC chain drive with Dual VVT-i
  • Kapasitas Mesin
  • 1.798 cc
  • Silinder
  • 4 silinder
  • Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Transmisi
  • CVT
  • Tenaga Maksimal
  • 140 Ps / 6.400 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 17.5 Kg.m (171 Nm) / 4.000 rpm
  • Bahan Bakar
  • Bensin (Gasoline)

Dimensi

  • Panjang
  • 4.460
  • Lebar
  • 1.825
  • Tinggi
  • 1.620
  • Berat
  • - - -
  • Jarak Terendah
  • - - -
  • Jarak Poros Roda
  • 2.640
  • Kapasitas Tangki
  • 47 liter

Sasis

  • Rangka
  • TNGA-C
  • Suspensi Depan
  • McPherson Strut
  • Suspensi Belakang
  • Torsion Beam
  • Rem Depan
  • 16 inci Ventilated Disc Brake
  • Rem Belakang
  • 16 inci Disc
  • ABS
  • Ada
  • EBD
  • Ada
  • Ban
  • 225/50 R18 Alloy
  • Velg
  • 18 inci Alloy Wheel

Eksterior

  • Lampu Depan
  • LED
  • Lampu Belakang
  • LED
  • Lampu Kabut
  • Ada
  • Kaca Spion
  • - - -
  • Side Skirt
  • - - -
  • Spoiler
  • Ada

Interior

  • Airbag
  • - - -
  • Jumlah Kursi
  • 5 kursi
  • Bahan Kursi
  • Kulit
  • Audio
  • Speaker aktif standar
  • Layar
  • 9 inci
  • Sistem Pendinginan
  • AC Digital Dual Zone
  • Sistem Kemudi
  • Rack and Pinion
  • Tombol Pengaturan di Stir
  • Ada