Aprilia SR150

Harga Aprilia SR150 dan Spesifikasi – Tak jauh berbeda dengan di Indonesia, ternyata geliat pasar otomotif di India pun juga bersaing ketat, terutama pada segmen kendaraan roda dua yang saat ini mulai didominasi oleh kendaraan matik.

Terkait hal tersebut, salah satu skutik yang belum lama ini dirilis secara resmi pada ajang India Auto Expo 2016 di New Delhi tersebut yaitu dari kendaraan pabrikan Aprilia.

Setelah berhasil meluncurkan beragam motor sportnya, belum lama ini pabrikan asal Italia kembali hadir dengan meluncurkan tunggangan berkonsep motor matik, yaitu Aprilia SR150.

Kehadirannya tentu bisa dibilang menggegerkan pasaran lokal India. Bahkan, pasaran internasional segera mengarahkan wajah ke negeri Sungai Gangga ini.

Motor matik dengan gaya desain yang begitu sporty ini diluncurkan di India melalui Piaggio Group. Tentu saja, mengingat nama Piaggio tak akan lepas dari identitas motor skuter legendaris, Vespa.

Jika dilihat sesuai dengan namanya, Aprilia SR150 ini akan dibekali dengan sebuah mesin yang memiliki kapasitas 150 cc.

Menariknya, matik ini akan hadir dengan mengombinasikan identitas sebuah skutik dengan motor sport 150 cc dan hal tersebut bakal menjadi debut pertama di India di mana diluncurkannya sebuah motor matik dengan mesin yang lebih besar daripada skutik pada umumnya. Hal ini tentu menjadi daya tarik sendiri bagi calon konsumen Aprilia SR150 ini.

Jika kita melihat dari segi tampilannya, Aprilia SR150 ini sebenarnya tidak memiliki banyak perbedaan dengan saudara kembarnya, yaitu Aprilia SR Motorad 50 di mana keduanya sama-sama memberikan tampilan yang berkesan sporty dengan aerodinamis yang lebih macho.

Perbedaan hanya terletak pada kapasitas mesinnya di mana kembarannya tersebut, Aprilia Motorad 50 dibekali mesin yang berkapasitas lebih kecil dari Aprilia SR150 yang memiliki kapasitas 150 cc 1 silinder dengan tipe mesin SOHC dan dipersenjatai pemasukan bahan bakar karburator berpendingin udara khas Vespa.

Sehingga wajar jika skutik ini nantinya akan memiliki kemampuan mesin yang hampir setara dengan motor sport berkapasitas 150 cc.

Selain itu, Aprilia SR150 pun juga akan hadir dengan menawarkan fitur keselamatan dan kenyamanan penumpang serta beragam fitur lainnya yang memiliki teknologi tinggi sehingga cukup menggoda para calon konsumen.

Kira-kira apa saja ya fitur-fitur unggulan yang diusung skutik tersebut? Mau tahu? Tak perlu berlama-lama, kali ini Mas Sena akan membagikan informasi mengenai spesifikasi dan harga Aprilia SR150 secara lebih terperinci dan lengkap. Yuk, kita simak bersama.

Motor matik produk Aprilia yang memiliki harga terjangkau tetapi dibekali mesin yang tangguh dengan kapasitas besar

Aprilia SR150 F
  • Motor Aprilia SR150Jenis Matik
  • Kapasitas Mesin Aprilia SR150Kapasitas 154,8 cc
  • Kecepatan Aprilia SR150Tenaga 10.54PS @ 6750 rpm
  • Torsi Aprilia SR150Torsi 11.4 Nm @ 5000 rpm
  • Rangka Aprilia SR150Rangka Underbone
  • Berat Aprilia SR150Berat 122 Kg
  • Tangki Aprilia SR150Tangki 6 L
  • Bahan Bakar Aprilia SR150Bahan Bakar Bensin

Harga Aprilia SR150

Note - Harga Aprilia SR150 diatas untuk kisaran bulan Maret 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Akhirnya pada sesi terakhir ini Mas Sena akan membahas mengenai kisaran harga Aprilia SR150.

Sebelumnya, perlu ditegaskan kembali bahwa Aprilia SR150 ini merupakan sebuah moto matic yang mengusung desain sporty dan aerodinamis sehingga memberikan tampilan yang cukup menggoda.

Bahkan, kesan sporty pun semakin kuat berkat dibekalinya mesin yang sangat kuat, yaitu SOHC silinder tunggal yang berkapasitas 150 cc.

Kehadiran mesin tersebut tentunya dipercaya akan memberikan warna pada harga Aprilia SR150 ini.

Walaupun demikian, nampaknya mesin 150 cc tersebut memang menjadi spesifikasi ikonik yang tak bisa dipisahkan dari skutik keren ini.

Tak ketinggalan Aprilia SR150 ini juga dilengkapi pula fitur keselamatan berupa sistem pengereman cakram untuk sektor depan dan belakang yang siap digunakan untuk mengendalikan lajunya kecepatan motor tersebut.

Sementara itu, untuk menunjang kenyamanan Aprilia SR150 juga dibekali fitur suspensi yang kokoh sehingga pengemudi maupun penumpangnya tetap merasa nyaman meskipun melewati jalan yang tidak rata. Dengan mengetahui spesifikasi tersebut, lantas berapa ya harga Aprilia SR150 ini?

Berdasarkan informasi yang Mas Sena kutip dari Bike Wale dan indianautosblog, harga Aprilia SR150 ini dibanderol dengan 65.000 rupee atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 12,8 jutaan.

Jika melihat harga skutik di Indoensia sekarang, banderol tersebut bisa dibilang sangat murah. Harga Aprilia SR150 tersebut merupakan patokan harga Off The Road dan belum termasuk pajak.

Sehingga, sangat dimungkinkan bahwa nantinya jika masuk ke pasar otomotif Tanah Air harga Aprilia SR150 ini akan naik.

Selain itu, perlu diketahui bahwa motor matik ini nantinya akan diproduksi di India, tepatnya di pabrik Baramati, Maharashtra, India yang selanjutnya akan segera dipasarkan secara global ke beberapa negara, seperti Indonesia.

Tentu saja, kemungkinan fluktuasi harga Aprilia SR150 ini memang akan menghadang di depan mata.

Jika melihat harga Aprilia SR150 yang dipatok, tampaknya harga tersebut dinilai sangat terjangkau jika dipertimbangkan dengan spesifikasi canggih yang diusung Aprilia SR150.

Sehingga, tak menutup kemungkinan bahwa Aprilia SR150 ini akan memiliki pangsa pasar yang besar dan mampu bersaing dengan motor matik besutan pabrik lain, seperti Jepang.

Sementara itu di sisi lain, jika motor matik bertajuk Aprilia SR150 ini masuk Indonesia bisa saja bersaing melawan skuter terbaru milik PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yaitu Yamaha Aerox 125LC dengan tampang juga sangat sporty dan didukung handling ringan.

Jika memandang konsumen internasional, bahkan dari sisi harga Aprilia SR150 ini bisa menjadi petarung tangguh bagi NMax. Kembali pada pasar lokal Indonesia, tidak hanya Aerox 125LC saja yang akan jadi penghalang.

Pasalnya, Aprilia SR150 ini bisa saja menjadi penantang serius bagi Honda Vario 150 yang memiliki mesin tidak jauh berbeda.

Namun mengingat statusnya sebagai salah satu produsen asal Eropa sepertinya sulit untuk memboyong motor tersebut masuk ke pasar tanah air karena harus bersaing dengan deretan produk buatan Jepang.

Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Aprilia SR150 yang Mas Sena bahas di atas. Sekian dan terimakasih.

Gambar Aprilia SR150

Spesifikasi Aprilia SR150

Ringkasan:

Spesifikasi Aprilia SR150 yang berkapasitas mesin sebesar 154,8 cc ini memiliki tenaga sebesar 10.54PS @ 6750 rpm. Spek Aprilia SR150 menggunakan bahan bakar Bensin dan berjenis motor Matik.

Warna Aprilia SR150

Berikut ini adalah pilihan warna Aprilia SR150 yang dapat anda pilih:

Review Aprilia SR150

Desain Aprilia SR150

Harga Aprilia Sr150

Sebagai awal dari pembahasan, pada sesi pertama ini Masa Sena akan mencoba untuk meraba sektor terluar dari spesifikasi Aprilia SR150.

Pada bagian eksterior dari Aprilia SR150 ini, memiliki bentuk desain yang begitu sporty dengan aura bergaya Eropa yang terpancar pada setiap sisi bodinya. Hal tersebut tampak di setiap bodinya dipoles dengan beragam perpaduan striping warna menarik.

Selain itu, pada bagian depan di mana Aprilia SR150 ini akan mengusung dual headlamp terpasang dengan simetris pada bodi depannya.

Sehingga, skutik ini memiliki tampilan desain yang begitu memukau. Kemudian, jika kita meraba pada bagian sampingnya, ada satu lekukan garis tegas yang tampak kaku dan dibentuk secara meruncing serta memanjang sehingga menampilkan kesan garang.

Lalu, jok Aprilia SR150 inipun terpasang rapi mengikuti alur dari bodi sampingnya. Kemudian, gaya desain ala Eropa pun juga cukup diperkuat pada sektor buritannya yang meruncing ke atas layaknya motor sport.

Selain itu, pada sektor bodi belakangnya tersebut juga tampak stoplamp yang terpasang manis dengan konsep desain menyatu dengan bodi belakangnya.

Jika kita melihat secara keseluruhan, sepertinya Aprilia SR150 ini memiliki gaya desain yang benar-benar cukup sporty dan terkesan aerodinamis sehingga sangat cocok jika dikendarai oleh kaum muda di jalan perkotaan.

Hal tersebut nampaknya memang menjadi keunggulan tersendiri bagi spesifikasi Aprilia SR150 ini.

Rangka & Kaki-Kaki Aprilia SR150

Aprilia Sr150

Selain gaya desain dan dimensinya yang begitu menggoda, faktor kenyamanan dalam berkendara juga menjadi faktor penting pada spesifikasi Aprilia SR150.

Oleh sebab itu, pihak Aprilia bakal memenuhi standar kenyamanan tersebut dengan membekali motor matik besutannya itu menggunakan suspensi berteknologi canggih, yaitu suspensi Telescopic Forks 32 mm pada sektor depan dan suspensi Hidraulic Shock Absorber pada bagian belakangnya.

Kedua suspensi Aprilia SR150 itu akan saling bekerja sama dan mampu menahan goncangan sehingga skuter matik ini tetap akan nyaman dikendarai di jalanan yang penuh lubang.

Di sisi lain, Aprilia SR150 juga mengusung velg Alloys Wheels 14 inci yang memiliki ukuran tire 120/70 baik depan maupun belakang.

Di samping itu, untuk mendukung keselamatan, Aprilia SR150 juga dibekali dengan sistem pengereman canggih, yaitu sistem pengeeman cakram dengan piringan yang berdiameter 220 mm untuk rem depan.

Sementara itu, untuk rem belakang mengusung sistem pengereman drum Brake berdiameter 140 mm di mana kedua rem tersebut siap digunakan penggunanya untuk mengehentikan laju kecepatan skutik ini.

Jika dilihat, spesifikasi Aprilia SR150 ini pada bagian pengereman terbilang standar untuk kelas skutik.

Speedometer Aprilia SR150

Spek Aprilia Sr150

Bisa dikatakan, spesifikasi Aprilia SR150 ini tak hanya memiliki gaya desainnya saja yang sporty dan aerodinamis.

Pasalnya, motor matik ini juga akan mengusung sebuah panel indikator yang siap memberikan informasi mengenai data status dari skuter matik tersebut.

Untuk menunjang kebutuhan hal tersebut, Aprilia SR150 ini mengusung sebuah panel indikator yang terpasang pada dashboard handle bar dengan konsep analog dan memiliki bentuk desain cukup menggoda, yaitu terbagi dengan 3 sektor.

Ketiga sektor tersebut bakal memberikan informasi akurat dengan beberapa konsol, antara lain speedometer, odometer, dan fuel gauge.

Indikator Aprilia SR150 pada bagian sebelah kiri akan memberikan informasi mengenai kapasitas bahan bakar.

Lalu, pada sektor tengahnya merupakan speedometer yang akan memberikan informasi melalui jarum penunjuknya mengenai data kecepatan skutik yang dipacu oleh penggunanya serta jarak tempuh yang dilalui.

Sementara itu, untuk sinyal lampu sein dan lampu jarak jauh berada pada bagian sebelah kanan sendirian. So, tampaknya spesifikasi Aprilia SR150 ini memiliki konsep panel indikator yang didesain dengan sederhana namun tetap fungsional.

Dimensi Aprilia SR150

Spesifikasi Aprilia Sr150

Lanjut pada pembahasan berikutnya, kini Mas Sena akan mengulas dimensi rangka dari spesifikasi Aprilia SR150.

Untuk ukuran dimensi secara spesifik, seperti panjang, lebar, dan ketinggiannya hingga saat ini masih belum ada informasi yang valid terkait hal tersebut.

Namun  jika dilihat dari gambar yang beredar, ketinggiannya bisa dikatakan sesuai dengan postur orang Indoensia pula.

Hal ini tentu dengan realisasi yang lebih spesifik lantaran orang India masih masuk dalam kategori blok timur yang senada dengan orang Indonesia.

Satu hal yang jelas bahwa Aprilia SR150 ini memiliki bentuk desain yang ramping yang tak berbeda jauh dari saudaranya, yaitu Aprilia SR Motorad 50.

Hal yang perlu diketahui bahwa skutik terbaru besutan pabrik Aprilia ini memiliki ketinggian jok 775 mm yang dinilai cukup sedang untuk postur tubuh orang Indonesia sehingga skutik ini akan lebih mudah dikendarai atau dikendalikan ketika dalam keadaan berhenti di rambu-rambu lalu lintas.

Selain bodinya yang ramping, Aprilia SR150 juga bakal tambah gesit mengingat bahwa skutik asal Italia ini memiliki bobot yang tidak terlalu berat, yaitu hanya 122 kg sehingga motor matik ini bisa melaju lebih cepat dan stabil.

Bahkan, pengguna tak perlu khawatir soal tangki bahan bakar. Pasalnya, motor matik besutan Aprilia ini akan mengusung tangki dengan kapasitas cukup besar, yaitu 6 liter sehingga pengemudi memiliki bekal bahan bakar yang cukup banyak ketika dikendarai untuk perjalanan jarak jauh.

Sejauh ini, jika kita melihat dimensi rangka yang diusung dalam spesifikasi Aprilia SR150 tersebut, tampaknya skutik ini akan hadir dengan bentuk yang lebih ramping dan terkesan sporty.

Fitur Aprilia SR150

Motor Aprilia Sr150

Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan terakhir tentang spesifikasi Aprilia SR150. Menginjak pada sesi terakhir dari spesifikasi Aprilia SR150 ini, Mas Sena akan mengulas mengenai fitur-fitur apa saja yang akan disematkan pada motor matik besutan pabrik asal Italia ini.

Jika dilihat secara keseluruhan, ada beberapa fitur yang dikelompokkan menjadi dua, yaitu fitur keselamatan dan fitur kenyamanan.

Untuk fitur keselamatan, Aprilia SR150 ini berupaya menunjang keselamatan pengemudinya, yaitu dengan mengandalkan sistem pengereman canggih berupa rem Disc Brake yang berukuran 220 mm pada sektor rem depan.

Sedangkan untuk rem belakang, Aprilia SR150 ini mengandalkan sistem pengereman Drum Brake yang memiliki ukuran diameter 140 mm.

Dengan adanya kedua sistem pengereman canggih tersebut maka pengemudi bisa mengendalikan kendaraannya ketika motor matiknya dikendarai dengan kecepatan tinggi, bahkan bisa juga digunakan untuk rem dadakan.

Di sisi lain, untuk menunjang rasa nyaman pengemudinya dalam mengendarai motor matik ini maka Aprilia SR150 ini dibekali dengan fitur suspensi yang kokoh, yaitu suspensi Telescopic Forks dan Hydraulic Shock Absorber yang siap menahan setiap goncangan ketika motor matik ini dikendarai di jalanan yang tidak rata dan berlubang.

Tampaknya, spesifikasi Aprilia SR150 ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan maupun kenyamanan yang mencukupi dan mumpuni.

Mesin Aprilia SR150

Harga Aprilia Sr150 Terbaru

Satu hal yang penting dan menjadi faktor utama dari spesifikasi Aprilia SR150 yaitu ada pada sektor dapur pacunya. Nah, pada sesi ini, Mas Sena akan mengupas tuntas sektor permesinan yang diusung Aprilia SR150.

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya bahwa motor matik asal Negeri Pizza ini memang hadir dengan memadukan antara identitas motor matic dengan motor sport berkapasitas 150 cc. Sehingga, motor ini akan menampilkan desain skutik namun dengan mesin khas motor sport.

Hal tersebut dibuktikan bahwa Aprilia SR150 ini akan meluncur dengan dibekali mesin jenis SOHC silinder tunggal berpendingin udara 3 katup.

Mesin tersebut diketahui akan mampu menyemburkan tenaga hingga 11,4 HP setiap mencapai putaran ke 7.000 rpm dan mampu mencapai maksimum torsi hingga 11,5 Nm pada putaran ke 5.500 rpm.

Semburan tenaga yang begitu besar tersebut akan disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi CVT otomatis.

Dengan kemampuan mesin yang diandalkan oleh Aprilia SR150 tersebut, sepertinya skutik garapan Aprilia ini bakal memiliki performa yang tangguh dan unggul dari skutik lain.

Bahkan, dengan spesifikasi Aprilia SR150 tersebut, skutik ini sangat cocok menjadi tunggangan bagi para kawula muda penyuka kecepatan tinggi.

Kelebihan Aprilia SR150

Kekurangan Aprilia SR150

Pertanyaan Seputar Aprilia SR150

Berapa harga Aprilia SR150 di Indonesia?
Harga Aprilia SR150 dibedakan berdasarkan tipenya. Aprilia SR150 sendiri memiliki 1 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • Aprilia SR150
  • 12.8 Juta
Aprilia SR150 tersedia dalam warna apa saja?
Aprilia SR150 tersedia dalam 3 warna, diantaranya adalah Black (Hitam), White (Putih), Red (Merah).
Bagaimana performa mesin Aprilia SR150?
Performa mesin Aprilia SR150 didukung oleh mesin dengan tipe SOHC Air-Cooled 4-Stroke Engine yang memiliki kapasitas mesin sebesar 154,8 cc yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 10.54PS @ 6750 rpm dengan torsi maksimal sebesar 11.4 Nm @ 5000 rpm.
Berapa ukuran dimensi dari Aprilia SR150?
Dimensi Aprilia SR150 memiliki ukuran panjang - - -, lebar - - -, tinggi - - -, serta berat 122 Kg.
Apa rangka yang digunakan oleh Aprilia SR150?
Jenis rangka yang digunakan oleh Aprilia SR150 adalah Underbone.

Mesin

  • Tipe Mesin
  • SOHC Air-Cooled 4-Stroke Engine
  • Kapasitas Mesin
  • 154,8 cc
  • Silinder
  • - - -
  • Diameter x Langkah
  • 62.0 x 41.4 mm
  • Perbandingan Kompresi
  • - - -
  • Tenaga Maksimal
  • 10.54PS @ 6750 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 11.4 Nm @ 5000 rpm
  • Tipe Transmisi
  • Automatic
  • Tipe Starter
  • - - -
  • Sistem Bahan Bakar
  • Karburator
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • - - -
  • Lebar
  • - - -
  • Tinggi
  • - - -
  • Jarak Sumbu Roda
  • - - -
  • Tinggi Tempat Duduk
  • - - -
  • Berat
  • 122 Kg
  • Kapasitas Tangki
  • 6 L

Rangka

  • Tipe Rangka
  • Underbone
  • Suspensi Depan
  • Hydraulic Double-Telescopic Fork
  • Suspensi Belakang
  • Hydraulic MonoShock Absorber
  • Rem Depan
  • Disc with Twin-Piston Caliper
  • Rem Belakang
  • Drum
  • Sistem Pengereman
  • - - -
  • Ban Depan
  • 120/70 – 14 (Tubeless)
  • Ban Belakang
  • 120/70 – 14 (Tubeless)

Kelistrikan

  • Tipe Baterai / Aki
  • - - -
  • Sistem Pengapian
  • CDI
  • Tipe Busi
  • - - -