BMW G310R

Harga BMW G310R dan Spesifikasi – Kali ini, BMW Motorrad dikabarkan akan segera merilis produk premium terbarunya yang mengusung nama BMW G310R.

Motor naked mewah garapan pabrik asal Jerman ini resmi diluncurkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) yang mulai diselenggarakan pada 27 April 2017 ini.

Sebagai motor naked yang menyasar pada segmentasi kelas 313 cc tentu saja menjadikan BMW G310R ini sebagai salah satu motor premium yang khusus ditujukan bagi para konsumen kelas atas.

Di sisi lain, meskipun kapasitas motor yang diusungnya ini bisa dibilang cukup kecil jika dibandingkan dengan seri motor buatan BMW yang lainnya, tampaknya tak menyurutkan minat konsumen akan kehebatan yang dimiliki BMW G310R ini.

Hal tersebut tentu tak lepas dari bekalan spesifikasi super tangguh, terutama pada performa dapur pacunya dan juga teknologi canggih yang dibenamkan pada setiap sisinya sehingga bisa menjadi salah satu motor pilihan terbaik bagi sobat pecinta naked bike.

Tentu, bagi penggemar motor buatan BMW Motorrad, pastinya sudah pada bertanya-tanya kan, kira-kira apa saja ya keunggulan yang dibawa BMW G310R. Semakin penasaran ya?

Sabar sob! Karena, sebelum kita lebih jauh mengulas pada beberapa sektor dari spesifikasi yang diusung BMW G310R, tampaknya perlu untuk kawan-kawan ketahui sedikit bahwa motor baked besutan BMW ini merupakan motor hasil kolaborasi antara BMW Motorrad dengan TVS India.

Akan tetapi, walaupun merupakan hasil dari kolaborasi dua brand terkemuka, semua komponen, gaya desain eksterior, fitur serta teknologi yang disematkan pada BMW G310R ini murni buatan BMW sendiri.

Hal itu bisa kita lihat bagaimana gaya desain yang mengusung desain bercorak khas BMW pada sisi eksteriornya yang terpancar begitu kuat dan bekalan teknologi dapur pacu yang sangat gahar.

Di mana, BMW G310R ini mengandalkan mesin berkapasitas 313 cc dengan silinder tunggal yang siap memberikan performa mesin super gahar dan tangguh.

Pastinya, hal tersebut akan semakin meyakinkan konsumen akan ketangguhannya sebagai motor naked kelas premium.

Sedangkan di sisi lain, tak ketinggalan juga bahwa BMW G310R ini pun turut dilengkapi ragam fitur modern dan berteknologi tinggi sebagai pelengkap akan kecanggihannya dalam bersaing di segmen naked bike kelas menengah atas.

Di samping itu, masih ada beberapa kelebihan atau keunggulan lain yang diusungnya. Apa saja itu? Bagi sobat yang ingin tahu, yuk kita simak saja ulasan lengkap tentang spesifikasi dan harga BMW G310R pada segmen-segmen di bawah ini!

Motor naked bike BMW dengan desain elegan dan torsi maupun tenaga maksimal besar sehingga tangguh di segala medan

BMW G310R F
  • Motor BMW G310RJenis Naked
  • Kapasitas Mesin BMW G310RKapasitas 313 cc
  • Kecepatan BMW G310RTenaga 34 hp (25 kW) at 9,500 rpm
  • Torsi BMW G310RTorsi 21 lb-ft (28 Nm) at 7,500 rpm
  • Rangka BMW G310RRangka Tubular steel bridge-type frame with bolt-on rear frame
  • Berat BMW G310RBerat 158,8 kg
  • Tangki BMW G310RTangki 11 L
  • Bahan Bakar BMW G310RBahan Bakar Bensin

Harga BMW G310R

Note - Harga BMW G310R diatas untuk kisaran bulan Maret 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Setapak demi setapak segmen penjelasan mengenai spesifikasi yang dibawa motor naked ini telah kita lalui bersama, kini waktunya kita untuk menilik harga BMW G310R.

Tentu, sebuah harga akan bersesuaian dengan keunggulan yang ditawarkannya bukan? Berkaitan dengan spesifikasi, seperti pada penjelasan di atas bahwa motor ini merupakan motor naked sport hasil kolaborasi antara BMW Motorrad dan TVS. G310R yang merupakan hasil kerjasama dari kedua produsen motor sport tersebut memang cukup membanggakan di mana BMW G310R ini diluncurkan dengan tampilan desain elegan, stylish, dan atraktif.

Selain itu, motor ini pun juga dipersenjatai dengan susunan mesin handal berkapasitas 313 cc silinder tunggal yang sudah mendapat sertifikasi Euro 4.

Sehingga akan membuatnya menjadi motor sport yang ramah lingkungan. Pastinya, hal tersebut akan membuat harga BMW G310R menjadi mahal.

Di samping itu, tak terkecuali juga dengan beberapa fitur canggih yang dibenamkannya sebagai penunjang kecanggihan yang dibawa oleh motor naked buatan BMW ini.

Kira-kira, dengan bekalan kemampuan yang dibawanya tersebut, apakah kawan-kawan sudah pada tahu harga BMW G310R ini?

Jika kawan belum tahu harga BMW G310R, tampaknya tak perlu menembak-nebak. Pasalnya, sejak diluncurkan pada ajang IIMS 2017, BMW Motorrad pun juga merilis harga motor ini yang kabarnya dibanderol Rp 99 juta.

Sebuah banderol yang sekaligus juga memantapkan posisinya sebagai salah satu kuda besi tangguh buatan BMW.

Selain itu, BMW G310R pun juga akan hadir dengan tawaran beberapa pilihan warna unik dan menarik, antara lain seperti Pearl White Metallic, Cosmic Black, dan Starto Blue Metallic.

Namun, dari ketiga warna tersebut belum diketahui apakah nantinya akan berpengaruh pada harga BMW G310R ini atau tidak.

Yang jelas, dengan pilihan warna tersebut sudah dapat dipastikan bahwa tampilannya akan semakin menawan dan keren.

Nah, dengan banderol harga BMW G310R yang menginjak angka tinggi tersebut, sudah siapkah sobat untuk memboyongnya?

Satu hal yang penting untuk kawan-kawan ketahui, yaitu bahwa harga BMW G310R di atas merupakan harga Off The Road.

Sehingga, bisa diprediksi bahwa harga total yang perlu sobat tebus untuk memiliki motor naked BMW G310R buatan pabrik asal Jerman ini dipastikan akan berada pada angka di atas batas 100 juta.

Meskipun begitu, apabila kawan-kawan menginginkan untuk memiliki sebuah motor dari BMW, motor ini tetap menjadi yang termurah jika dibandingkan dengan motor naked sport lain di segmen yang sama.

Namun, tetap saja dengan harga BMW G310R yang menginjak angka seratus jutaan tersebut, tentu hanya beberapa kalangan saja yang sanggup membeli.

Nah, cukup sekian dulu ulasan mengenai spesifikasi dan harga BMW G310R yang telah Mas Sena jelaskan. Semoga bisa bermanfaat.

Gambar BMW G310R

Spesifikasi BMW G310R

Ringkasan:

Spesifikasi BMW G310R yang berkapasitas mesin sebesar 313 cc ini memiliki tenaga sebesar 34 hp (25 kW) at 9,500 rpm. Spek BMW G310R menggunakan bahan bakar Bensin dan berjenis motor Naked.

Warna BMW G310R

Berikut ini adalah pilihan warna BMW G310R yang dapat anda pilih:

Review BMW G310R

Desain BMW G310R

Spesifikasi BMW G310R

Pada segmen pertama terkait dengan review spesifikasi BMW G310R ini, kita akan memulai membahas mengenai sektor tampilan fisiknya. Kesan gagah yang diperlihatkan motor naked ini memang tampak pad setiap sisi bodinya.

Misalnya saja dari bagian depan di mana BMW mengusung lampu utama atau head lamp dengan desain yang begitu eksklusif pada BMW G310R ini di mana dibentuk menyerupai huruf “V” sehingga kesan sporty pun kain terpancar dari sisi lampu utamanya.

Selain mampu memberikan tampilan yang sporty, headlamp yang dibawa motor ini pun juga akan dilengkapi dengan teknologi LED yang siap memancarkan cahaya yang cukup terang guna membantu penerangan bagi pengendara ketika mengemudi motor BMW G310R ini di medan yang minim pencahayaan.

Kemudian, menginjak pada bagian bodi sampingnya bisa diketahui bagaimana konsep motor sport yang begitu tampak kuat di mana di bawah tangki sport berkapasitas 2.9 gallons/11 liter tampak sebuah emblem khas BMW yang melekat yang menjadikannya terkesan lebih mewah.

Bahkan, pada bagian bawah tangki dari BMW G310R ini terdapat juga sepasang sayap terpasang di sisi kanan dan kiri.

Selain itu, tepat di bawah mesin disertakan pula cover yang membuat mesin tetap terlindungi dari benda keras.

Lalu, sedikit mundur ke belakang, BMW 310R ini juga dilengkapi jok layaknya seri R 1200 RS di mana dibentuk tak terlalu menjulang ke atas sehingga akan membuat pengemudi maupun penumpang BMW G310R ini merasa nyaman.

Tak cukup sampai di situ saja, menginjak pada bagian belakang, tampak terpasang sebuah lampu rem LED berdesain modern yang diapit oleh dua buah lampu sein yang semakin memperkuat aura kemewahannya sebagai naked bike kelas premium.

Nah, dengan gaya desain pada bodi dari spesifikasi BMW G310R yang begitu sporty dan super elegan tersebut, tentu akan menjadi daya tarik kuat bagi para calon konsumen.

Rangka & Kaki-Kaki BMW G310R

Spek BMW G310R

Sepertinya, tak hanya memiliki dimensi yang dirasa pas untuk sekelas naked bike sport premium saja, spesifikasi BMW G310R ini pun juga akan dilengkapi dengan sokongan kaki-kaki tangguh.

Bukan hanya sebuah alibi saja, pasalnya motor BMW ini akan mengandalkan kaki-kaki yang sangat kuat dengan bekalan suspensi handal dan super tangguh.

Di mana, BMW akan menyematkan suspensi Upside down telescopic fork yang berukuran 41 mm pada bagian depan BMW G310R ini dan suspensi tipe Solid die-cast aluminum swingarm, directly hinged mono shock, adjustable preload yang dikhususkan untuk sektor belakangnya.

Baik suspensi depan maupun belakang tersebut, diketahui bakal sanggup memberi tingkat keseimbangan begitu tinggi dan mampu meredam atau menahan goncangan ketika melewati medan terjal atau bergeronjal.

Sementara itu di sisi lain, BMW G310R ini pun juga akan dilengkapi velg tipe Cast Aluminum Wheels yang memiliki diameter 17 inci, baik pada roda depan maupun belakang.

Hanya saja, untuk ukuran ban yang digunakan berbeda antara depan dan belakang. Di mana untuk bagian depan akan mengandalkan ban berukuran 110/70 R17 dan bagian belakang berukuran 150/60 R17.

Dengan penggunaan ban tersebut pada BMW G310R ini maka dipastikan pengendara akan mudah dalam mengendalikan laju motor naked ini, terutama ketika bermanuver di jalanan dalam kecepatan tinggi.

Di samping itu, guna menjamin keselamatan pengemudi dalam berkendara maka BMW G310R pun juga dibekali rem handal berupa Single disc, diameter 300 mm, 4-piston fixed caliper, radially bolted di bagian depan dan Single disc, diameter 240 mm, single-piston floating caliper.

Bahkan, teknologi pengereman fitur ABS pun juga siap menjadi pendukung sektor pengereman pada spesifikasi BMW G310R agar lebih sempurna.

Speedometer BMW G310R

Harga BMW G310R Terbaru

Selain mengusung desain elegan dan agresif, spesifikasi BMW G310R ini juga akan dihadirkan dengan kelengkapan instrumen indikator modern yang sangat atraktif dan menarik.

Pasalnya, dalam kaitannya dengan panel indikator ini, pabrik otomotif asal Jerman tersebut akan mengusung panel digital yang ditampilkan melalui layar LCD yang begitu elegan.

Tak hanya mampu menampilkan kesan eksklusif saja, panel digital yang diusung BMW G310R ini pun juga akan memperlihatkan informasi terkait keadaan motor.

Sebut saja seperti indikator bahan bakar, kecepatan dalam hitungan km/jam, posisi gigi/gear, suhu mesin, dan jarak tempuh.

Selain itu, ada juga lampu indikator yang ditempatkan pada sisi kanan maupun samping. Untuk sisi kanan akan menampilkan indikator lampu netral, notifikasi bahan bakar, dan lampu sein.

Sedangkan untuk sisi kanan sendiri, pengguna BMW G310R akan mengetahui informasi tentang indikator rem ABS, kapasitas oli, dan oli mesin.

Melihat beberapa informasi yang ditampilkan pada panel indikatornya yang saling terintegrasi antara panel satu dengan panel yang lain tersebut, tampaknya spesifikasi BMW G310R pada bagian panel indikator ini memang dihadirkan dengan desain yang menarik dan mampu menampilkan informasi yang mudah dipahami oleh pengguna.

Dimensi BMW G310R

Harga BMW G310R

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kali ini kita akan mengulas bagian dimensi yang diusung spesifikasi BMW G310R.

Naked bike premium buatan BMW ini memang dihadirkan dengan mengusung aura yang mengedepankan agresivitas dan kesan sporty pada setiap sisinya, tak terkecuali dengan sektor dimensinya.

Pasalnya, dimensi yang dibawa oleh motor BMW ini, BMW akan mengandalkan struktur rangka Tubular Steel Bridge-Type Frame with Bolt-On Rear Frame pada BMW G310R ini yang memang memiliki tingkat kekokohan yang sangat tinggi namun cukup ringan karena hanya memiliki bobot keseluruhan seberat 345 Kg.

Sehingga, akan membuat motor naked ini menjadi lebih gesit dan seimbang ketika dikendarai. Selain struktur rangkanya, BMW G310R juga diketahui memiliki ukuran dimensi dengan panjang 1.988 mm, lebar 896 mm, tinggi 1.227 mm, dan mempunyai jarak sumbu roda hingga 1.374 mm.

Dimensi tersebut diyakini mampu memberikan dampak yang cukup kuat terhadap keseimbangan dan kenyamanan pengemudi ketika mengendarai BMW G310R ini.

Kemudian, tak ketinggalan juga bahwa BMW 310R juga memiliki ketinggian tempat duduk yang mencapai 785 mm.

Dengan ketinggian tersebut, mungkin bagi pengemudi yang memiliki postur pas-pasan akan terasa sulit mengendarai BMW G310R ini namun jangan khawatir.

Sebab, ketika sudah berjalan, keseimbangan pada motor ini pun akan terjaga dan rasa nyaman pun juga akan terasa.

Selain itu, ground clearance yang dimiliki motor mewah ini juga dirasa cukup tinggi yang akan membuat naked bike sport pada spesifikasi BMW G310R ini akan mudah dikendalikan dan bermanuver di berbagai medan jalan, baik perkotaan maupun off road.

Fitur BMW G310R

BMW G310R

Berada pada segmen ini, Mas Sena akan mengulas keunggulan dari spesifikasi BMW G310R pada fitur-fitur yang diusungnya.

Tak lepas dari kemampuannya dalam melibas segala medan, tampaknya BMW juga memperhatikan faktor-faktor lain, seperti kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Oleh karena alasan itulah maka BMW G310R pun menawarkan beberapa fitur unggulan yang di antaranya seperti pengereman handal yang mengusung teknologi ABS.

Dengan berbekal teknologi tersebut maka laju motor yang begitu cepat pun bisa dikendalikan dengan mudah dan sempurna tanpa membuat ban terselip sehingga keselamatan pun semakin terjamin.

Selain itu, rasa nyaman pengemudi BMW G310R pun juga turut diperhatikan dengan pemasangan suspensi unggul yang mampu meredam setiap goncangan atau getaran ketika melalui medan jalan bergeronjal sehingga pengemudi pun merasa nyaman.

Selain itu, instrumen indikator yang mengandalkan panel digital pun semakin solid menjadikan spesifikasi BMW G310R ini kian futuristik.

Apakah dengan kehandalan yang diusung motor naked ini sobat sudah siap untuk membawanya ke garasi?

Mesin BMW G310R

Motor BMW G310R

Setelah kita tahu bagaimana kokohnya rangka dimensi dan suspensi yang dibawanya, kini menginjak pada segmen kai ini Mas Sena akan menilik kemampuan dapur pacu dari spesifikasi BMW G310R.

Diluncurkan untuk meramaikan segmentasi naked bike kelas premium, tentu saja BMW tak akan sembarangan dalam membekali spesifikasi pada motor naked buatannya ini, terutama pada sektor dapur pacunya.

Keseriusan pabrik asal Jerman ini dalam mengembangkan motor sport naked tersebut pun terbukti dengan bekalan komponen mesin handal yang canggih.

Pasalnya, diketahui BMW G310R ini nantinya akan dibekali mesin berkapasitas 313cc silinder tunggal 4-langkah dengan teknologi Two Overhead Camshafts dan didukung pula dengan sistem Wet Sump Lubricantion.

Mesin yang digendong oleh BMW G310R tersebut pun diklaim bakal mampu menghasilkan power maksimal hingga 25 kW setiap putaran ke 9.500 rpm.

Sedangkan, untuk raihan torsi maksimum bisa dicapai pada titik puncak 28 Nm per 7.500 rpm. Kehebatan semburan tenaga dan titik torsi yang dihasilkan mesin tersebut memang patut diacungi dua jempol mengingat dipastikan akan membuat laju motor naked ini menjadi kian membahana.

Di sisi lain, tenaga yang dihasilkan mesin BMW G310R tersebut pun juga nantinya akan dikawinkan melalui sistem transmisi costant-mesh 6 speed dengan tipe kopling Multi Plate Wet Clutch.

Tak hanya itu saja, ruang olah mesin yang diusung oleh motor ini pun juga akan dilengkapi dengan sistem injeksi elektronik tipe BMS-E2 dan sudah mendapat sertifikasi Euro 4.

Sehingga, selain mampu memberikan tenaga yang super gahar, spesifikasi BMW G310R pada sektor dapur pacunya pun juga diklaim bakal irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Kelebihan BMW G310R

Kekurangan BMW G310R

Mesin

  • Tipe Mesin
  • Water-cooled, single-cylinder 4-stroke engine, four valves, two overhead camshafts, wet sump lubrication
  • Kapasitas Mesin
  • 313 cc
  • Silinder
  • - - -
  • Diameter x Langkah
  • 80 mm x 62 mm
  • Perbandingan Kompresi
  • 10.6 : 1
  • Tenaga Maksimal
  • 34 hp (25 kW) at 9,500 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 21 lb-ft (28 Nm) at 7,500 rpm
  • Tipe Transmisi
  • Constant-mesh 6-speed transmision integrated in the motor housing
  • Tipe Starter
  • Elektrik
  • Sistem Bahan Bakar
  • Electronic fuel injection, BMS-E2
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 1988 mm
  • Lebar
  • 896 mm
  • Tinggi
  • 1227 mm
  • Jarak Sumbu Roda
  • 1374 mm
  • Tinggi Tempat Duduk
  • 785 mm
  • Berat
  • 158,8 kg
  • Kapasitas Tangki
  • 11 L

Rangka

  • Tipe Rangka
  • Tubular steel bridge-type frame with bolt-on rear frame
  • Suspensi Depan
  • Upside down telescopic fork, Ø 41 mm
  • Suspensi Belakang
  • Solid die-cast aluminum swingarm, directly hinged monoshock, adjustable preload
  • Rem Depan
  • Single disc, diameter 300 mm, 4-piston fixed caliper, radially bolted
  • Rem Belakang
  • Single disc, diameter 240 mm, single-piston floating caliper
  • Sistem Pengereman
  • - - -
  • Ban Depan
  • 110/70 R 17
  • Ban Belakang
  • 150/60 R 17

Kelistrikan

  • Tipe Baterai / Aki
  • - - -
  • Sistem Pengapian
  • - - -
  • Tipe Busi
  • - - -