BMW Motorrad K 1600 B

Harga BMW Motorrad K 1600 B dan Spesifikasi – Melalui PT Maxindo Moto, beberapa waktu lalu atau tepatnya pada 24 Oktober 2017 BMW Motorrad K 1600 B pun resmi diluncurkan di Indonesia.

Peluncuran motor heritage di Flagship Store yang berlokasi di TB Simatupang, Jakarta Selatan tersebut juga bersamaan dengan dirilisnya tipe motor cruiser buatan BMW yang bertajuk R nine T Urban G/S.

Di sisi lain, meski berbeda tipe atau segmen namun yang jelas baik BMW Motorrad K 1600 B ataupun R nine T Urban G/S sama-sama dihadirkan di pasar otomotif Tanah Air guna memperkaya varian koleksi line up dari BMW Motorrad Series di Indonesia yang mana saat ini memiliki peminat yang terus meningkat.

Nah, kaitannya dengan peluncuran BMW Motorrad K 1600 B dan R nine T Urban G/S tersebut, pada pembahasan kali ini Mas Sena bakal lebih memfokuskan untuk mengulas secara detail dan terperinci terkait dengan keunggulan spesifikasi yang dimiliki K 1600 B. Di mana, tipe motor heritage kelas premium ini hadir dengan spesifikasi yang sangat mumpuni di kelasnya.

Lalu, apa saja ya kelebihan yang ditawarkan BMW Motorrad K 1600 B ini?

Sebagai motor tipe heritage premium, BMW Motorrad K 1600 B ini memang hadir guna menjawab kebutuhan para konsumen di Indonesia sebagai kendaraan mewah untuk menempuh jarak jauh dengan kelengkapan fitur yang sangat canggih demi kenyamanan dalam berkendara.

Tak hanya itu saja, penampilan bodinya pun juga sangat elegan di mana BMW Motorrad K 1600 B ini tampil mengusung desain sporty dan tampak begitu elegan. Apalagi, moge bergaya bagger ini juga telah dilengkapi dengan chopped windscreen dan buritan yang tampak mencolok.

Bahkan, segudang fitur canggih pun juga turut menyertai BMW Motorrad K 1600 B ini, seperti Gear Shift Dynamic Pro yang membuat pergantian gigi tak memerlukan kopling, Reverser (gigi mundur), dan Dynamic Electronic Suspension Adjustment (ESA) yang dipastikan akan membuat suspensinya sanggup menyesuaikan dengan kondisi jalan secara otomatis.

Selain itu, mesin BMW Motorrad K 1600 B pun berkonfigurasi 6 silinder segaris dengan kapasitas 1.649 cc sehingga bisa dipastikan bakal memberikan performa dan kehalusan mesin yang luar biasa serta memiliki akselerasi yang begitu mengesankan.

Tak hanya itu, masih banyak lagi keunggulan yang ditawarkan oleh motor besar ini. Untuk lebih jelasnya, simak saja penjelasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga BMW Motorrad K 1600 B pada beberapa segmen di bawah ini!

Motor tipe cruiser BMW dengan kapasitas mesin menyamai mobil dengan fitur sangat modern dan mumpuni cocok untuk anda kolektor moge

BMW Motorrad K 1600 B F
  • Motor BMW Motorrad K 1600 BJenis Cruiser
  • Kapasitas Mesin BMW Motorrad K 1600 BKapasitas 1,649 cc
  • Kecepatan BMW Motorrad K 1600 BTenaga 118 kW (160 hp) at 7,750 rpm
  • Torsi BMW Motorrad K 1600 BTorsi 175 Nm at 5,250 rpm
  • Rangka BMW Motorrad K 1600 BRangka Bridge-type frame, cast aluminium, load-bearing engine
  • Berat BMW Motorrad K 1600 BBerat 560 kg
  • Tangki BMW Motorrad K 1600 BTangki 26,5 L
  • Bahan Bakar BMW Motorrad K 1600 BBahan Bakar Bensin

Harga BMW Motorrad K 1600 B

Note - Harga BMW Motorrad K 1600 B diatas untuk kisaran bulan Maret 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Menginjak pada segmen paling akhir ini, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengulas soal harga BMW Motorrad K 1600 B.

Seperti yang sudah Mas Sena singgung di atas, tampaknya banderol untuk memboyong moge heritage buatan BMW ini akan sangat mahal.

Pasalnya, jika kita telisik kembali, motor ini memang dihadirkan sebagai moge tipe heritage dengan gaya desain elegan dan sporty yang mengedepankan tingkat fungsional tinggi.

Tak sampai di situ saja, BMW Motorrad K 1600 B ini pun juga dipastikan bakal dibekali mesin tangguh 6 silinder 4 langkah berpendingin cair dengan kubikasi 1649 cc sehingga sanggup memberikan performa super handal dan gahar.

Tentunya, hal tersebut akan berdampak pada mahalnya harga BMW Motorrad K 1600 B. Di samping itu, fitur canggih pun juga turut disematkan, seperti rem berteknologi ABS dan panel instrumen yang menggabungkan panel analog dan digital sehingga akan menampilkan informasi yang mudah dicerna pengguna terkait kondisi motor.

Nah, dengan keunggulan spesifikasinya tersebut, berapa sih nominal harga BMW Motorrad K 1600 B ini?

Jika kawan-kawan ingin tahu harga BMW Motorrad K 1600 B, sepertinya tak perlu bingung lagi mengingat moge ini sudah resmi diluncurkan di Indonesia.

Di mana, berdasarkan atas informasi yang Mas Sena dapatkan dari beberapa sumber valid, diketahui bahwa BMW akan membanderol kisaran dari harga BMW Motorrad K 1600 B tersebut dengan angka senilai Rp 975 juta. Banderol yang hampir mendekati angka satu milyar tersebut tentu dinilai sangat mahal.

Namun, tampaknya bagi beberapa konsumen penggemar motor heritage tampaknya banderol yang dilabelkan pada BMW Motorrad K 1600 B tersebut dinilai tak menjadi kendala bagi mereka untuk segera memboyongnya ke garasi rumah mereka.

Pasalnya, dengan harga tersebut, konsumen akan mendapatkan berbagai keistimewaan. Salah satunya adalah kemewahan dan kecanggihan fitur yang dibawanya.

Nah, dengan informasi terkait harga BMW Motorrad K 1600 B di atas, apakah teman-teman sudah siap merogoh kocek dalam-dalam?

Tapi tunggu dulu kawan, perlu diingat bahwa harga BMW Motorrad K 1600 B di atas masih berstatus Off The Road. Sehingga, dengan kata lain banderol yang hampir menginjak angka semiliar tersebut belum termasuk pajak, administrasi, dan lain-lain.

Dengan begitu maka bisa Mas Sena pastikan bahwa harga BMW Motorrad K 1600 B akan sedikit lebih mahal dari banderol Off The Road di atas.

Selain itu, moge heritage buatan pabrik asal Berlin ini pun juga dipastikan akan menjadi salah satu kendaraan mewah yang menawarkan fitur fungsional dengan segala kelengkapan touring memadai.

Tentunya dengan harga dan spesifikasi dari BMW Motorrad K 1600 B yang sangat tinggi, memang motor ini tidak cocok untuk digunakan untuk sehari-hari.

Nah, sampai di sini dulu ya kawan penjelasan dari Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga BMW Motorrad K 1600 B.

Gambar BMW Motorrad K 1600 B

Spesifikasi BMW Motorrad K 1600 B

Ringkasan:

Spesifikasi BMW Motorrad K 1600 B yang berkapasitas mesin sebesar 1,649 cc ini memiliki tenaga sebesar 118 kW (160 hp) at 7,750 rpm. Spek BMW Motorrad K 1600 B menggunakan bahan bakar Bensin dan berjenis motor Cruiser.

Warna BMW Motorrad K 1600 B

Berikut ini adalah pilihan warna BMW Motorrad K 1600 B yang dapat anda pilih:

Review BMW Motorrad K 1600 B

Desain BMW Motorrad K 1600 B

BMW Motorrad K 1600 B

Menginjak di segmen pertama ini, Mas Sena bakal mengawali ulasan kali ini dengan review mengenai sisi eksterior pada spesifikasi BMW Motorrad K 1600 B.

Gaya desain fisik dari moge garapan pabrik asal Jerman ini mengusung konsep desain “Elegant Muslceman” yang terinspirasi dari tema moge heritage sebagai motor touring kelas premium.

Secara lebih spesifik, motor mewah buatan BMW Motorrad yang mengusung nama BMW Motorrad K 1600 B ini dihadirkan dengan wajah yang sangat sporty dan elegan sehingga tampak garang.

Apalagi, headlamp yang dibawanya didesain begitu stylish dengan teknologi Xenon Headlight yang pastinya bakal memberikan pancaran sinar lampu depan yang cukup terang.

Selain itu, pada sisi samping dari BMW Motorrad K 1600 B ini pun dibuat dengan lekukan siluet yang sangat tegas dan terlihat berotot. Bahkan, pada tangki bahan bakarnya dibuat besar sehingga sanggup menampung kapasitas bahan bakar 26.5 liter.

Sedangkan di bawahnya tampak susunan mesin yang ditata begitu rapi terbalut warna hitam dop yang semakin mengesankan kegarangannya sebagai moge heritage.

Kemudian, pada bagian jok dari BMW Motorrad K 1600 B pun dibuat memanjang ke belakang dengan posisi yang sangat pas dan ideal sehingga akan memberikan posisi berkendara yang lebih nyaman.

Sementara itu, pada bagian buritannya, terdapat dua buah bagasi yang terpasang pada samping kanan-kiri di sektor belakang sebagai tempat untuk membawa barang bawaan milik pengguna BMW Motorrad K 1600 B ini.

Tak hanya itu saja, rear lamp atau stop lam pada bagian belakang pun dibuat zigzag dengan lampu sein yang membuat model moge yang satu ini.

Sehingga, dengan kemewahan dan kegagahan sisi eksterior pada spesifikasi BMW Motorrad K 1600 B tersebut maka bisa dipastikan jika motor gagah yang satu ini kian diminati oleh banyak konsumen di Indonesia.

Rangka & Kaki-Kaki BMW Motorrad K 1600 B

Spesifikasi BMW Motorrad K 1600 B

Tak cukup hanya pada dimensi dan rangkanya saja, melainkan hal yang cukup penting yakni pada sektor kaki-kaki pada spesifikasi BMW Motorrad K 1600 B. Pasalnya, sektor kaki-kaki ini sangat berperan dalam menjaga dan menopang dimensi maupun rangkanya yang besar tersebut.

Oleh sebab itu, untuk menunjang rangka dan dimensinya yang besar tersebut maka kali ini pihak pabrikan pun telah melengkapi sektor kaki-kaki dari BMW Motorrad K 1600 B dengan suspensi handal, yakni tipe suspensi BMW Motorrad Duolever; central spring strut travel 115 mm yang terpasang pada bagian depan, sedangkan untuk bagian belakang sendiri akan mengandalkan suspensi tipe BMW Motorrad Paralever dengan travel 125 mm.

Tentu saja sudah bisa dipastikan bahwa keberadaan kedua suspensi dari BMW Motorrad K 1600 B tersebut bakal memberikan kenyamanan berlebih meski melewati jalan bergeronjal atau tak rata.

Tak sampai di situ saja, pada sektor kaki-kakinya pun juga bakal dilengkapi velg berbahan aluminium dengan ukuran 17 inci. Di mana, kedua velg dari BMW Motorrad K 1600 B tersebut akan dibalut ban berukuran 120/70 ZR 17 pada roda depan dan ban berukuran 190/55 ZR 17 yang dipastikan bakal membuat kendali motor saat berkendara di jalanan berkelok menjadi terasa enteng.

Kemudian, tak ketinggalan pula bahwa moge yang bertajuk BMW Motorrad K 1600 B ini pun akan dilengkapi fitur keselamatan berupa rem Dual disc brake, diameter 320 mm, 4-piston fixed calipers di sektor depan. Sedangkan untuk rem bagian belakang akan mengandalkan tipe rem Single disc brake, diameter 320 mm, double-piston caliper.

Bahkan, untuk menjamin keselamatan secara lebih maksimal dan mempermudah pengemudi dalam mengendalikan laju moge ini maka pada spesifikasi BMW Motorrad K 1600 B ini telah dilengkapi dengan teknologi rem ABS part integral.

Speedometer BMW Motorrad K 1600 B

Harga BMW Motorrad K 1600 B Terbaru

Selain desainnya yang tampak gagah, spesifikasi BMW Motorrad K 1600 B pun juga dilengkapi dengan instrumen indikator yang cukup canggih dan tampil beda.

Kesan beda dan kecanggihan pada panel indikator yang diusung moge heritage garapan BMW Motorrad ini pun juga tak lepas dari upaya pihak pabrikan dalam memberikan tampilan indikator yang lebih user friendly namun tak meninggalkan kesan elegan.

Maka dari itu, dalam hal ini BMW Motorrad K 1600 B akan mengusung instrumen indikator modern yang memadukan panel digital dan analog.

Untuk panel digital, sendiri ditampilkan melalui sebuah layar LCD yang akan menampilkan beberapa informasi mengenai kecepatan, jam digital, trimp meter dan DTC (Dinamic Traction Control).

Sementara itu, untuk tampilan panel analog BMW Motorrad K 1600 B ini akan terbagi menjadi dua bagian pada sisi kanan dan kiri. Untuk informasi mengenai kecepatan akan diperlihatkan melalui panel analog di sisi kiri, sedangkan untuk power rpm sendiri di sisi sebelah kanan.

Tak sampai di situ saja, bahkan di atas panel digital BMW Motorrad K 1600 B  tersebut pun disematkan indikator ABS sistem yang dipastikan akan memberikan kemudahan pengendara dalam mengontrol motor gede buatan pabrik asal Jerman ini.

Nah, dengan keseluruhan kecanggihan yang ditawarkan panel indikator pada spesifikasi BMW Motorrad K 1600 B tersebut maka pengendara pun akan lebih mudah dalam memahami kondisi motor ketika dikendarai.

Dimensi BMW Motorrad K 1600 B

Harga BMW Motorrad K 1600 B

Beranjak pada segmen berikutnya, kali ini saatnya bagi Mas Sena untuk mengulas soal dimensi rangka yang dibawa spesifikasi BMW Motorrad K 1600 B. Sebagai moge heritage yang dibuat dengan desain besar tentu saja akan dilengkapi rangka yang sesuai.

Di mana, kali ini pihak BMW Motorrad telah mengandalkan tipe rangka 3 susun yang terdiri dari Bridge-type frame, cast aluminium, load-bearing engine yang mana ketiganya saling menguatkan untuk menciptakan tingkat keseimbangan agar selalu terjaga.

Sementara itu, bentuk bodi pada BMW Motorrad K 1600 B yang terkesan besar ini pun tak lepas dari dimensi penyusunnya. Pasalnya, moge elegan asal Jerman ini dibuat dengan ukuran dimensi panjang 2489 mm, lebarnya 1000 mm, tinggi 1465 mm dengan jarak sumbu roda 1618 mm.

Di sisi lain, kaitannya dengan dimensi, BMW Motorrad K 1600 B pun juga dirancang dengan ground clearance berukuran sedang, hanya saja untuk ukuran secara detilnya belum diketahui secara pasti.

Terlepas dari itu, moge gagah asal Benua Biru ini pun dirancang dengan ketinggian jok setinggi 750 mm/780 mm yang dengan tinggi tersebut, Mas Sena rasa cukup ideal untuk mendapatkan posisi riding yang pas.

Tentu saja, dengan dimensi maupun rangka pada spesifikasi BMW Motorrad K 1600 B yang sangat kokoh tersebut maka wajar jika moge bongsor ini bakal memberikan kenyamanan serta keseimbangan yang selalu terjaga.

Fitur BMW Motorrad K 1600 B

Motor BMW Motorrad K 1600 B

Tak hanya cukup memiliki performa gahar saja, pada spesifikasi BMW Motorrad K 1600 B ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fitur canggih yang siap memanjakan para pengguna.

Beberapa di antaranya yakni seperti suspensi handal yang akan meredam setiap goncangan ketika melewati jalan berlubang atau bergeronjal sehingga kenyamanan dalam berkendara menggunakan BMW Motorrad K 1600 B ini pun akan kian terasa.

Selain itu, instrumen indikator yang canggih, elegan, dan user friendly pun menjadikan pengemudinya mudah dalam memahami kondisi motor yang tengah ditungganginya.

Di samping itu semua, BMW Motorrad K 1600 B pun juga telah dilengkapi fitur keselamatan berupa rem berteknologi ABS yang dipastikan bakal sanggup mencegah ban terselip saat melakukan pengereman mendadak.

Di sisi lain, untuk menunjang konsumsi bahan bakarnya agar lebih efisien maka moge heritage bernama BMW Motorrad K 1600 B ini pun telah dilengkapi pula dengan sistem emisi yang sudah lulus uji emisi EURO 4.

Sehingga, dipastikan akan membuatnya semakin irit bahan bakar. Tentu saja, dengan beberapa kelebihan fitur-fitur yang disematkan pada spesifikasi BMW Motorrad K 1600 B maka akan membuat harganya pun sangat mahal.

Mesin BMW Motorrad K 1600 B

Spek BMW Motorrad K 1600 B

Siapa sangka, ternyata pada sektor permesinan yang diusung spesifikasi BMW Motorrad K 1600 B ini terbilang memiliki detil spesifikasi yang hampir sama dengan mobil.

Bayangkan saja, kali ini pihak pabrikan telah membenamkan mesin canggih nan tangguh dengan kapasitas 1649 cc 6 silinder in-line berpendingin cairan.

Bahkan, mesin yang dibawa BMW Motorrad K 1600 B tersebut akan dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan Helical Gearbox Multiple-disc Clutch in Oil Bath.

Dengan kombinasi tersebut maka sektor dapur pacu pada moge buatan BMW ini sanggup menyemburkan power maksimum hingga 118 kW (160 Hp) per putaran 7750 rpm dan mampu mencapai torsi puncak hingga 175 Nm per 5250 rpm.

Tentu, melihat hasilkan power yang diproduksi BMW Motorrad K 1600 B tersebut maka dipastikan akan memberikan performa yang sangat handal.

Apalagi, pada sektor permesinan dari motor gede ini pun sudah dilengkapi kontrol emisi yang sudah lulus uji EURO 4 sehingga akan membuat moge BMW Motorrad K 1600 B ini menjadi motor garang yang ramah lingkungan dengan perbandingan rasio kompresi 12.2:1.

Dengan demikian tentu saja sektor dapur pacu yang begitu gahar dan handal pada spesifikasi BMW Motorrad K 1600 B tersebut merupakan salah satu sektor utama yang cukup diandalkan.

Kelebihan BMW Motorrad K 1600 B

Kekurangan BMW Motorrad K 1600 B

Mesin

  • Tipe Mesin
  • Oil-/watercooled 4-stroke in-line 6-cylinder engine, two overhead camshafts, four valves per cylinder
  • Kapasitas Mesin
  • 1,649 cc
  • Silinder
  • 6
  • Diameter x Langkah
  • - - -
  • Perbandingan Kompresi
  • 12,2 : 1
  • Tenaga Maksimal
  • 118 kW (160 hp) at 7,750 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 175 Nm at 5,250 rpm
  • Tipe Transmisi
  • 6-speed, helical, gearbox
  • Tipe Starter
  • Elektrik
  • Sistem Bahan Bakar
  • Electronic intake pipe injection
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 2,489 mm
  • Lebar
  • 1,000 mm
  • Tinggi
  • 1,465 mm
  • Jarak Sumbu Roda
  • 1,618 mm
  • Tinggi Tempat Duduk
  • 780 mm
  • Berat
  • 560 kg
  • Kapasitas Tangki
  • 26,5 L

Rangka

  • Tipe Rangka
  • Bridge-type frame, cast aluminium, load-bearing engine
  • Suspensi Depan
  • BMW Motorrad Duolever; central spring strut
  • Suspensi Belakang
  • BMW Motorrad Paralever
  • Rem Depan
  • Dual disc brake, diameter 320 mm, 4-piston fixed calipers
  • Rem Belakang
  • Single disc brake, diameter 320 mm, double-piston caliper
  • Sistem Pengereman
  • ABS
  • Ban Depan
  • 120/70 ZR 17
  • Ban Belakang
  • 190/55 ZR 17

Kelistrikan

  • Tipe Baterai / Aki
  • - - -
  • Sistem Pengapian
  • - - -
  • Tipe Busi
  • - - -