BMW S1000XR

Harga BMW S1000XR dan Spesifikasi – Sebuah motor sport touring BMW yang resmi diperkenalkan dalam ajang International Motorcycle and Accessories Exhbition atau EICMA 2019 resmi masuk ke pasaran motor sport Indonesia.

Motor sport ini adalah BMW S1000XR. Motor ini dibawa masuk ke Indonesia oleh BMW Motorrad Indonesia, yang secara resmi diperkenalkan di pasaran Indonesia pada 27 April 2020 secara online.

Motor yang mengusung konsep sport touring ini hadir dengan berbekal fitur – fitur canggih yang dibawa. Salah satunya adalah adanya layar TFT berukuran 6.5 inci yang memiliki konektivitas langsung dengan smartphone.

Selain itu, BMW S1000XR dibekali dengan fitur unggulan berupa Hill Start Control (HSC) Pro. Fitur yang memiliki fungsi untuk membantu pengendara dalam melakukan start dan go saat motor berhenti di suatu tanjakan jalan.

Di samping itu, masih banyak fitur – fitur menarik yang ditawarkan oleh motor sport BMW ini, yaitu Dynamic Traction Control (DTC), Adaptive Headlight Pro, dan Dynamic Brake Control (DBC).

Untuk lebih jelas dan lengkapnya mengenai spesifikasi dan harga BMW S1000XR ini, Mas Sena mengajak teman – teman untuk mengulas secara detail fitur – fitur apa saja yang dibawa motor ini.

Motor dengan konsep sport touring yang dilengkapi banyak fitur mewah baik dari sektor desain maupun keamanan yang cocok digunakan oleh pecinta touring.

BMW S1000XR
  • Motor BMW S1000XRJenis Sport
  • Kapasitas Mesin BMW S1000XRKapasitas 999 cc
  • Kecepatan BMW S1000XRTenaga 165 hp / 11.000 rpm
  • Torsi BMW S1000XRTorsi 112 nm / 9.250 rpm
  • Rangka BMW S1000XRRangka Flex Frame
  • Berat BMW S1000XRBerat 238 kg
  • Tangki BMW S1000XRTangki 20 liter
  • Bahan Bakar BMW S1000XRBahan Bakar Bensin

Harga BMW S1000XR

Note - Harga BMW S1000XR diatas untuk kisaran bulan April 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Sangat menarik, lengkap, dan canggih bukan fitur – fitur yang disematkan dalam motor sport BMW ini? Lalu, berapa sebenarnya harga BMW S1000XR terbaru ini di pasaran Indonesia?

Namun, Mas Sena akan sedikit mengulas kembali mengenai fitur – fitur yang dibawa oleh motor gagah BMW ini untuk lebih meyakinkan teman – teman yang ingin memilikinya.

Dimulai dari fitur pada sektor desain yang terpasang berupa Adaptive Headlight Pro pada lampu depan dan layar TFT 6.5 inci yang menampilkan banyak informasi berkendara.

Dilanjutkan dengan fitur yang mendukung keamanan dan kenyamanan pengendara seperti Dynamic ESA Pro, ABS Pro, Dynamic Traction Control, Hill Start Control Pro, Dynamic Brake Control, Engine Drag Torque Control, dan Tyre Pressure Control.

Hingga adanya fitur yang memudahkan pengemudi untuk memindahkan transmisi tanpa menarik tuas kopling dengan menggunakan sistem Gearshift Assistant Pro.

Tentunya, dengan fitur canggih dan modern yang melimpah tersebut, harga BMW S1000XR ini termasuk dalam harga yang mahal.

Menurut informasi yang Mas Sena dapatkan, harga BMW S1000XR terbaru yang disampaikan saat peluncuran pertama kali motor ini di Indonesia adalah sebesar Rp 719 juta.

Sungguh bukan harga yang murah, tetapi menurut Mas Sena hal tersebut sangat sebanding dengan kualitas yang ditawarkan oleh motor sport touring BMW ini.

Gambar BMW S1000XR

Spesifikasi BMW S1000XR

Ringkasan:

Spesifikasi BMW S1000XR yang berkapasitas mesin sebesar 999 cc ini memiliki tenaga sebesar 165 hp / 11.000 rpm. Spek BMW S1000XR menggunakan bahan bakar Bensin dan berjenis motor Sport.

Warna BMW S1000XR

Berikut ini adalah pilihan warna BMW S1000XR yang dapat anda pilih:

Review BMW S1000XR

Desain BMW S1000XR

Motor BMW S1000XR

Pertama, Mas Sena akan mengulas spesifikasi BMW S1000XR dari bagian yang secara nyata terlihat, ya benar dari sisi desain.

Desain motor BMW S1000XR menganut konsep desain touring BMW Motorrad dengan mengusung karakter elegan, sporty, dan touring. Sehingga kenyamanan menjadi hal mutlak yang ditawarkan oleh motor ini, terlebih saat digunakan untuk touring.

Kita mulai ulasan mengenai tampilan motor ini dari bagian depan. Tampak salah satu fitur andalan dari motor BMW ini terpasang.

Fitur tersebut adalah Adaptive Headlight Pro, sebuah lampu depan motor yang memiliki teknologi LED dengan kemampuan fleksibel mengikuti arah belok motor.

Dengan adanya fitur lampu depan tersebut, sangat mendukung BMW S1000XR  sebagai motor touring karena pandangan pengendara menjadi leluasa ketika mengendarai di jalanan alam bebas yang gelap dan berkelok – kelok.

Ditambah lagi, konsep artistik dan gagah pada motor ini terlihat dari adanya moncong kecil yang menambah kesan garang.

Mundur ke bagian setang kemudi, dimana terdapat suatu fitur yang tak kalah canggih yang telah menjadi ciri khas dari motor BMW Motorrad, yaitu layar TFT.

Layar TFT yang disematkan dalam BMW S1000XR memiliki ukuran 6.5 inci, dimana layar ini dapat terkoneksi secara langsung dengan smartphone.

Beberapa informasi penting dapat ditampilkan di dalam layar ini, antara lain kontak telefon, navigasi, pengaturan dan indikator kondisi kendaraan, dan tentunya fitur – fitur lain yang mendukung performa pengendara.

Speedometer yang digunakan oleh BMW S1000XR berupa speedometer digital, yang dilengkapi dengan panel instrumen dan indikator bbm.

Beralih ke belakang setang kemudi, tampak terlihat adanya tangki bahan bakar yang di bagian sampingnya terpasang logo BMW yang dipadukan dengan goresan – goresan futuristik dengan warna pilihan dan karet hitam yang memanjang ke belakang.

Di belakang tangki bahan bakar, terpasang jok yang memiliki ketinggian 840 mm. Mas Sena pikir dengan ketinggian jok tersebut, pengendara akan merasa nyaman untuk menggunakan motor BMW ini dalam kegiatan touring.

Jok dari motor BMW S1000XR ini memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 2 kursi.

Pada bagian belakang, tampilan sporty, gagah dan ramping dari motor ini didukung dengan posisi fender tinggi yang dipadukan dengan adanya knalpot jenis Akrapovic dengan bentuk silinder knalpot yang landai.

Secara umum, spek BMW S1000XR ini memiliki dimensi panjang 2.183 mm, lebar 940 mm, dan tinggi 1.408 mm.

Jarak sumbu roda yang dimiliki adalah 1.548 mm dengan bobot kendaraan 238 kg.

Rangka & Kaki-Kaki BMW S1000XR

Spesifikasi BMW S1000XR

Selanjutnya, ulasan Mas Sena akan beralih ke bagian rangka dan kaki – kaki dalam spesifikasi BMW S1000XR.

Rangka yang digunakan motor BMW ini adalah Flex Frame, sebuah rangka yang terkenal kokoh tetapi memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Sedangkan, suspesni yang dipasang dalam BMW S1000XR berupa Upside down telescopic fork 150 mm pada suspensi depan dan Alluminium Double-sided swing arm 140 mm pada suspensi belakang.

Selain itu, suspensi pada motor BMW ini dilengkapi dengan fitur yang secara otomatis menyesuaikan tingkat peredaman motor saat penggunaan mode suspensi Road dan Dynamic, yaitu fitur Dynamic ESA (Electronic Suspension Adjusment) Pro.

Fitur suspensi berfungsi untuk meningkatkan performa dan kenyamanan menjadi lebih lebih maksimal.

Rem yang digunakan BMW S1000XR adalah Cakram ganda diameter 320 mm, 4-piston fixed caliper pada rem depan dan Cakram tunggal diameter 265 mm, 2-piston floating caliper pada rem belakang.

Rem pada motor ini dilengkapi dengan sistem pengereman ABS Pro yang dapat mengurangi risiko kecelakan ketika pengereman dilakukan saat dalam kondisi menikung. Hal ini dikarenakan fungsi dari fitur ini yang mencegah roda terkunci.

Selain itu, sistem pengereman yang ada dipadukan dengan adanya fitur Dynamic Traction Control (DTC) yang membuat pengendara dapat mengendalikan motor dalam kondisi – kondisi tertentu saat berkendara.

Spek BMW S1000XR pada bagian rangka dan kaki – kaki ini semakin komplit dengan disematkannya ban Flat Tubeless dengan ukuran ban depan 190/55/R17 dan ban belakang 120/70/R17.

Fitur BMW S1000XR

Spek BMW S1000XR

Beberapa fitur canggih dan modern menjadi keunggulan khusus dalam spesifikasi BMW S1000XR ini.

Sebenarnya, Mas Sena telah menyisipkan pembahasan mengenai fitur – fitur yang disematkan dalam motor ini pada bagian – bagian awal, seperti Adaptive Headlight Pro pada sektor desain dan Dynamic ESA Pro pada sektor kaki – kaki.

Namun, Mas Sena rasa masih banyak fitur – fitur yang ada dalam BMW S1000XR yang belum kita ulas bersama – sama.

Pada bagian speedometer, informasi takometer analog yang dipadukan dengan speedometer, odometer, trip A dan B digital dilengkapi dengan shift light.

Indikator lap timer, suhu mesin, dan suhu udara akan meuncul secara otomatis apabila kita menekan tombol info yang ada.

Selain itu, BMW S1000XR dilengkapi dengan tiga power mode pilihan, diantaranya rain, road dan dynami, serta dilengkapi dengan fitur cruise control yang dapat menahan laju kendaraan tetap pada kecepatan tertentu.

Di samping itu, terdapat beberapa fitur yang menunjang sisi keamanan dan kenyamanan pengendara dalam menunggangi motor ini, yaitu HSC Pro, DBC, dan MSR.

HSC Pro atau Hill Start Control Pro adalah suatu fitur yang memudahkan pengguna dalam melakukan pengaturan start dan go saat motor yang dikendarai berhenti pada jalanan yang menanjak.

DBC atau Dynamic Brake Control adalah suatu fitur BMW S1000XR yang memiliki kemampuan membuang perintah akselerasi saat pengendara melakukan pengereman mendadak.

Sedangkan, MSR atau Engine Drag Torque Control adalah fitur yang berfungsi mencegah ban belakang tergelincir saat rem mendadak dan downshifting.

Selain itu, spek BMW S1000XR dari sisi fitur ini dilengkapi dengan adanya fitur yang mampu mendeteksi perubahan tekanan angin pada ban, yaitu fitur Tyre Pressure Control.

Mesin BMW S1000XR

Review BMW S1000XR

Bagian dapur pacu dalam spesifikasi BMW S1000XR tidak luput untuk Mas Sena ulas agar teman – teman bertambah yakin untuk memiliki motor ini.

Motor sport BMW ini menggunakan mesin dengan jenis 4-Stroke, DOHC yang memiliki kapasitas sebesar 999 cc.

Mesin ini memiliki empat jumlah silinder, dengan rasio kompresi 12.0:1, dan diameter x langkah sebesar 80 mm x 49.7 mm.

Mesin BMW S1000XR mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 165 hp pada 11.000 rpm, dengan torsi maksimal sebesar 112 nm pada 9.250 rpm.

Motor BMW ini menggunakan jenis transmisi manual yang memiliki enam kecepatan dan didukung dengan sistem Gearshift Assistant Pro.

Dengan sistem tersebut, maka pengemudi dapat memindahkan transmisi tanpa menarik tuas kopling.

BMW S1000XR ini menggunakan bahan bakar bensin dengan kapasitas tangki mencapai 20 liter dengan sistem bahan bakar EFI.

Tingkat efisiensi bahan bakar yang ditawarkan sebesar 23.8 kmpl pada kecepatan puncak 200 kmpj.

Kelebihan BMW S1000XR

Kekurangan BMW S1000XR

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 4-Stroke, DOHC
  • Kapasitas Mesin
  • 999 cc
  • Silinder
  • Empat silinder
  • Diameter x Langkah
  • 80 mm x 49.7 mm
  • Perbandingan Kompresi
  • 12.0:1
  • Tenaga Maksimal
  • 165 hp / 11.000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 112 nm / 9.250 rpm
  • Tipe Transmisi
  • Manual, 6 Kecepatan
  • Tipe Starter
  • Starter elektrik
  • Sistem Bahan Bakar
  • EFI
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 2.183 mm
  • Lebar
  • 940 mm
  • Tinggi
  • 1.408 mm
  • Jarak Sumbu Roda
  • 1.548 mm
  • Tinggi Tempat Duduk
  • 840 mm
  • Berat
  • 238 kg
  • Kapasitas Tangki
  • 20 liter

Rangka

  • Tipe Rangka
  • Flex Frame
  • Suspensi Depan
  • Upside down telescopic fork 150 mm
  • Suspensi Belakang
  • Alluminium Double-sided swing arm 140 mm
  • Rem Depan
  • Cakram ganda diameter 320 mm, 4-piston fixed caliper
  • Rem Belakang
  • Cakram tunggal diameter 265 mm, 2-piston floating caliper
  • Sistem Pengereman
  • ABS Pro
  • Ban Depan
  • Flat Tubeless 190/55/R17
  • Ban Belakang
  • Flat Tubeless 120/70/R17

Kelistrikan

  • Tipe Baterai / Aki
  • - - -
  • Sistem Pengapian
  • - - -
  • Tipe Busi
  • - - -