Honda Genio

Harga Honda Genio dan Spesifikasi – Honda Genio kini menjadi model skutik terbaru PT Astra Honda Motor yang mana akan bersaing di kelas 110 cc.

Skutik yang rilis pada 21 Januari 2020 di Jakarta ini hadir dengan konsep desain klasik yang mana sebenarnya mirip dengan Scoopy.

Meski demikian, pihak AHM memastikan bahwa tidak akan kanibalisme di antara kedua model tersebut baik Honda Genio maupun Scoopy.

Selain itu, menurut pihak PT AHM sendiri, dua model tersebut memiliki pasarnya masing-masing. Genio menyasar konsumen new entry, sedangkan Scoopy menyasar konsumen menengah ke atas.

Nah, berkenaan dengan Honda Genio sendiri, kabarnya juga akan dibanderol dengan harga yang terbilang cukup terjangkau di kelas entry level. Lantas, bagaimana dengan fitur, spesifikasi yang dibawa skutik ini?

Berkaitan dengan spesifikasi yang dibawa motor skutik ini, Honda Genio sendiri diklaim sebagai salah satu model yang membawa rangka dan mesin generasi terbaru.

Dari sisi rangka, Genio sudah mengadaptasi teknologi eSAF (enhanced smart architecture frame). Kelebihan teknologi ini adalah diproduksi dengan proses press dan laser welding yang membuatnya lebih ringan tetapi tetap kokoh.

Sedangkan, untuk mesinnya sendiri, Honda Genio akan dibekali dengan mesin eSP (enhanced smart power) 110 cc SOHC dengan kompresi yang lebih padat yakni 10:1 dibandingkan dengan Scoopy yang hanya berkompresi 9,5:1.

Tentu saja, hal itu menjadi salah satu segmen yang cukup diunggulkan di kelasnya. Nah, untuk mengenal lebih jauh, berikut Mas Sena akan berbagi informasi lengkap mengenai spesifikasi dan harga Honda Genio pada beberapa segmen di bawah ini!

Di segmen pertama ini, Mas Sena akan berbagi informasi mengenai desain fisik dari spesifikasi Honda Genio. Perlu untuk dipahami bahwa sektor eksterior atau desain bodi yang diusung skutik ini memang menjadi salah satu segmen yang menarik.

Pasalnya, kali ini pihak Honda membawa konsep desain klasik namun dibalut dengan gaya casual dan fashionable. Dimana, konsep desain pada Honda Genio tersebut diterapkan di setiap sisi bodi fisiknya.

Seperti penggunaan lampu depan yang dibuat ala skutik klasik dengan teknologi LED yang mampu memberikan penerangan secara lebih maksimal.

Tak hanya itu saja, bahkan diketahui pula jika Honda juga telah membawa flip board atau pijakan kaki yang dibuat sedemikian rupa pada Honda Genio ini dengan desain yang disesuaikan posisi riding pengguna. Sehingga, pengendara pun bakal merasa jauh lebih nyaman ketika berkendara jauh menggunakan skutik mewah buatan Honda ini.

Sementara itu, jok dibuat cukup standar memanjang dengan lekukan yang ideal untuk memberikan posisi berkendara yang jauh lebih aman dan nyaman.

Nah, menginjak pada bagian belakang, tampak stoplamp modern yang dibuat dengan desain mirip Scoopy dengan gaya klasik yang cukup kentara.

Tentu saja, dengan keseluruhan konsep desain pada skutik ini maka akan semakin melengkapi kecanggihan maupun kemewahan yang ditampilkan sisi eksterior dari spesifikasi Honda Genio ini.

Motor skutik dengan bodi ramping yang siap membawa anda melewati jalanan padat

Honda Genio F
  • Motor Honda GenioJenis Matik
  • Kapasitas Mesin Honda GenioKapasitas 110 cc
  • Kecepatan Honda GenioTenaga 6,6 kW ( 9,0 PS ) / 7.500 rpm
  • Torsi Honda GenioTorsi 9,3 Nm ( 0,95 kgf.m ) / 5.500 rpm
  • Rangka Honda GenioRangka Underbone – eSAF ( Enhanced Smart Architecture Frame )
  • Berat Honda GenioBerat 90 kg
  • Tangki Honda GenioTangki 4,2 L
  • Bahan Bakar Honda GenioBahan Bakar Bensin

Harga Honda Genio

Note - Harga Honda Genio diatas untuk kisaran bulan Februari 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Sampailah kita pada pembahasan di sektor akhir yang mana pada segmen ini pun Mas Sena juga akan turut menyertakan informasi harga Honda Genio.

Dijelaskan bahwa skutik buatan pabrik asal Negeri Bunga Sakura ini memang tak memiliki banyak perbedaan dengan saudaranya, yaitu Scoopy.

Dari segi desain, skutik fashionable ini mengusung desain klasik namun dibalut konsep yang lebih modern dengan headlamp maupun stop lamp yang sudah berteknologi LED.

Tak cukup sampai di situ, Honda Genio ini pun juga diketahui akan mengusung mesin dengan bekalan kapasitas 110 cc SOHC eSP yang siap menjamin performa yang begitu handal.

Kemudian di sisi lain, fitur-fitur canggih pun juga turut disertakan seperti CBS (Combi Brake System), Idling Stop, dan panel indikator yang sangat efektif dalam memenuhi kebutuhan berkendara sesuai dengan keinginan pengguna.

Nah, dengan kehandalan spesifikasinya tersebut, berapa ya kira-kira harga Honda Genio ini?

Nah, di satu sisi, berkenaan dengan harga Honda Genio, tentu kawan-kawan sudah penasaran bukan? Tak perlu bingung mengingat untuk saat ini, informasi soal banderol dari skutik ini sudah diketahui.

Yang mana saat peluncurannya, diketahui bahwa harga Honda Genio dengan harga Rp 17,2 juta untuk tipe CBS, dan Rp 17,7 juta untuk tipe CBS-ISS (on the road Jakarta).

Meski disebut terjangkau, namun harga Honda Genio ternyata lebih mahal daripada motor matic Yamaha dan Suzuki di kelas yang sama. Nah, dengan informasi tersebut, apakah teman-teman mulai berminat membelinya?

Jika menelisik banderol harga Honda Genio di atas, memang terbilang cukup memikat. Apalagi, kisarannya juga tidak sampai pada angka 20 jutaan. Namun, sekali lagi bahwa harga tersebut masih berstatus OTR untuk wilayah Jakarta.

Sehingga, sangat dimungkinkan sekali jika nantinya ada perubahan harga pada skutik ini. Nah, itulah tadi ulasan mengenai review dari spesifikasi dan harga Honda Genio.

Gambar Honda Genio

Spesifikasi Honda Genio

Ringkasan:

Spesifikasi Honda Genio yang berkapasitas mesin sebesar 110 cc ini memiliki tenaga sebesar 6,6 kW ( 9,0 PS ) / 7.500 rpm. Spek Honda Genio menggunakan bahan bakar Bensin dan berjenis motor Matik.

Warna Honda Genio

Berikut ini adalah pilihan warna Honda Genio yang dapat anda pilih:

Rangka & Kaki-Kaki Honda Genio

Motor Honda Genio

Masih berkaitan dengan dimensi, kini kita juga akan bahas soal spesifikasi Honda Genio pada bagian kaki-kakinya sendiri.

Sebagaimana kita pahami bahwa sektor kaki-kaki di sini dinilai sangat berkaitan erat dengan tingkat kenyamanan pengguna saat berkendara.

Berhubungan dengan kaki-kaki, tentunya skutik buatan pabrik asal Jepang ini bakal mengusung suspensi handal. Yaitu, tipe suspensi Telescopic pada bagian depan dan suspensi Swing Arm dengan Suspensi Tunggal yang disematkan di sektor belakang. Dengan adanya dua suspensi tersebut maka akan membuat keseimbangan pada Honda PCX Hybrid ini semakin maksimal.

Bahkan, goncangan saat berkendara melalui medan jalan yang tak rata atau bergeronjal pun seakan tak terasa mengingat kedua suspensi tersebut mampu meredamnya secara optimal.

Tak cukup sampai di situ saja, bahkan Honda Genio yang satu ini pun juga akan mengusung velg Alloy 14 inci yang mana akan dibalut ban Tubeless.

Pada velg depan, dibalut ban berukuran 80/90 – 14 M/C, sedangkan di bagian belakang akan menggunakan ban berukuran 90/90 – 14 M/C.

Selain itu, di sektor kaki-kaki pada skutik ini pun juga akan dilengkapi dengan rem cakram Hidrolik Piston Tunggal di bagian depan dan rem Tromol pada bagian belakang yang bakal memberikan kualitas pengereman lebih sempurna.

Jelas, dengan kehandalan dan ketangguhan sektor kaki-kaki pada spesifikasi Honda PCX Genio tersebut maka jaminan kenyamanan maupun keselamatan dalam berkendara pun lebih maksimal.

Speedometer Honda Genio

Harga Honda Genio

Sementara itu, untuk pembahasan soal spesifikasi Honda Genio berikutnya, kini kita akan bahas tentang panel indikator atau speedometernya.

Perlu untuk disampaikan bahwa kali ini, speedometer yang diusung skutik ini akan mengandalkan panel full digital dengan background gelap pekat yang ditampilkan melalui sebuah layar LCD.

Selain itu, untuk informasi yang ditampilkan pun cukup menarik dan informatif. Seperti kecepatan dalam hitungan Km/jam, tachometer, jarak tempuh, indikator bahan bakar dan oli mesin, posisi gear dan mode berkendara.

Selain itu, speedometer pada Honda Genio ini pun juga akan disematkan beberapa lampu indikator seperti high beam, indikator ABS, suhu mesin, dan indikator lampu sein.

Tak cukup sampai di situ saja, bahkan pada bagian dashboard dari produk buatan Honda ini pun juga telah dilengkapi dengan logo Genio yang menyala sehingga membuatnya lebih tampak menarik.

Dengan begitu maka jelas bahwa speedometer yang diusung spesifikasi Honda Genio yang satu ini pun terbilang sangat canggih dan begitu atraktif dengan tampilan informasi yang akurat mengenai kondisi motor saat dikendarai.

Dimensi Honda Genio

Harga Honda Genio Terbaru

Selanjutnya, kini kita akan bahas bagian dimensi dari bodi yang bakal diusung spesifikasi Honda Genio ini.

Untuk soal dimensi sendiri, agaknya juga bisa kita ketahui atau telisik pada sisi struktur rangka dimensinya. Pasalnya, dimensi di sini merupakan salah sektor yang sangat berkaitan erat membentuk desain eksterior pada skutik ini.

Dimana, kali ini diketahui bahwa Honda Genio diketahui mengusung konsep rangka berteknologi eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame).

Model rangka ini memang diklaim oleh pihak AHM sebagai salah satu teknologi frame generasi terbaru yang mengedepankan fleksibilitas dan ketangguhan dalam membentuk bodi motor.

Tentu saja, hal itu menjadi keunggulan yang dimiliki Honda Genio ini. Di sisi lain, rancangan dimensi bodi pun juga terbilang pas dan ideal yang mana memiliki ukuran 1.869 x 692 x 1.061 mm, jarak sumbu roda 1.256 mm dan berbobot 89-90 Kg.

Dengan melihat ukuran dimensi bodi pada skutik bertangki bahan bakar 4.2 liter tersebut maka wajar jika kesan fashionable dan casual dari skutik ini terpancar melalui konsep desain yang ditampilkannya.

Sementara itu, untuk tinggi tempat duduknya sendiri dibangun dengan ukuran 740 mm. Sehingga, pengguna akan merasa jauh lebih mudah dalam mengendalikan atau menjaga keseimbangan skutik ini saat berhenti di rambu-rambu lalu lintas tanpa perlu jinjit kaki.

Sedangkan, untuk ground clearance yang diusung skutik ini pun terbilang cukup tinggi, yaitu 147 mm sehingga cocok juga dikendarai untuk melewati berbagai medan jalan.

Tentu saja dengan dimensi yang ideal dan bobotnya yang cukup ringan tersebut maka semakin membuat spesifikasi Honda Genio ini kian nyaman dikendarai.

Fitur Honda Genio

Honda Genio

Nah, menginjak pada ulasan di segmen lain, kaitannya dengan fitur apa saja yang disematkan pada spesifikasi Honda Genio ini, sebenarnya tak jauh berbeda dengan beberapa skutik buatan Honda lainnya.

Nah, berkenaan dengan itu, skutik ini memiliki beragam fitur, seperti lampu depan LED, pengereman CBS (Combi Brake System), speedometer digital, usb charger, serta kapasitas bagasi yang cukup lebar (14 liter).

Tak sampai di situ saja, bahkan beberapa fitur andalan mesin eSP motor matic Honda juga disematkan pada Genio, misalnya starter seamless ACG serta Idling Stop System.

Kemudian, di satu sisi, salah satu fitur yang diunggulkan pada spesifikasi Honda Genio adalah rangka baru yang bernama eSAF (enhanced Smart Architecture Frame), yang lebih ringan dan diklaim bikin handlingnya lincah.

Mesin Honda Genio

Spesifikasi Honda Genio

Bersambung pada sektor lain, kini Mas Sena akan menilik dapur pacu pada spesifikasi Honda Genio. Hadir sebagai salah satu produk kelas premium nan mewah, tentu saja sektor permesinan pada motor ini menjadi satu segmen yang sangat menarik untuk dibahas.

Yang mana kali ini pihak Honda akan mengandalkan mesin generasi terbaru yang masih mengadopsi mesin dari Scoopy. Berkenaan itu, diketahui bahwa skutik Honda ini akan mengusung mesin SOHC 4 langkah berpendingin cair dan memiliki kapasitas 110 cc.

Mesin tersebut akan dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis V-Matic modern dan handal yang diklaim sanggup memberikan power maksimal hingga 6,6 kW ( 9,0 PS ) / 7.500 rpm dan mampu mencapai torsi puncak 9,3 Nm ( 0,95 kgf.m ) / 5.500 rpm.

Tak hanya itu saja, bahkan sektor dapur pacu pada Honda Genio ini sudah dilengkapi teknologi PGM-FI dan eSP yang diklaim akan membuat skutik ini jauh lebih efisien dan tentunya lebih ramah lingkungan.

Dengan melihat fakta tersebut maka sudah barang tentu jika sektor dapur pacu atau mesin yang diusung spesifikasi Honda Genio ini mampu memberikan performa yang jauh lebih efektif dan efisien.

Kelebihan Honda Genio

Kekurangan Honda Genio

Pertanyaan Seputar Honda Genio

Berapa harga Honda Genio di Indonesia?
Harga Honda Genio dibedakan berdasarkan tipenya. Honda Genio sendiri memiliki 2 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • Honda Genio CBS-ISS
  • 17,98 Juta
  • Honda Genio CBS
  • 17,98 Juta
Honda Genio tersedia dalam warna apa saja?
Honda Genio tersedia dalam 10 warna, diantaranya adalah Fabuolus Matte Black (CBS-ISS Type) (Hitam), Trendy Black Red (CBS-ISS Type) (Merah-Hitam), Trendy White (CBS-ISS Type) (Putih), Trendy White Blue (CBS-ISS Type) (Biru Putih), Trendy White Red (CBS-ISS Type) (Merah Putih), Smart Black (CBS Type) (Hitam), Smart Black Red (CBS Type) (Merah Hitam), Smart Red (CBS Type) (Merah), Smart Silver (CBS Type) (Silver), Smart White Blue (CBS Type) (Biru Putih).
Bagaimana performa mesin Honda Genio?
Performa mesin Honda Genio didukung oleh mesin dengan tipe 4 – Langkah, SOHC, eSP yang memiliki kapasitas mesin sebesar 110 cc yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 6,6 kW ( 9,0 PS ) / 7.500 rpm dengan torsi maksimal sebesar 9,3 Nm ( 0,95 kgf.m ) / 5.500 rpm.
Berapa ukuran dimensi dari Honda Genio?
Dimensi Honda Genio memiliki ukuran panjang 1869 mm, lebar 692 mm, tinggi 1061 mm, serta berat 90 kg.
Apa rangka yang digunakan oleh Honda Genio?
Jenis rangka yang digunakan oleh Honda Genio adalah Underbone – eSAF ( Enhanced Smart Architecture Frame ).

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 4 – Langkah, SOHC, eSP
  • Kapasitas Mesin
  • 110 cc
  • Silinder
  • - - -
  • Diameter x Langkah
  • 47,0 x 63,1 mm
  • Perbandingan Kompresi
  • 10,0 : 1
  • Tenaga Maksimal
  • 6,6 kW ( 9,0 PS ) / 7.500 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 9,3 Nm ( 0,95 kgf.m ) / 5.500 rpm
  • Tipe Transmisi
  • Automatic, V-Matic
  • Tipe Starter
  • Elektrik dan Kick Starter
  • Sistem Bahan Bakar
  • PGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 1869 mm
  • Lebar
  • 692 mm
  • Tinggi
  • 1061 mm
  • Jarak Sumbu Roda
  • 1256 mm
  • Tinggi Tempat Duduk
  • 740 mm
  • Berat
  • 90 kg
  • Kapasitas Tangki
  • 4,2 L

Rangka

  • Tipe Rangka
  • Underbone – eSAF ( Enhanced Smart Architecture Frame )
  • Suspensi Depan
  • Telescopic
  • Suspensi Belakang
  • Swing Arm dengan Suspensi Tunggal
  • Rem Depan
  • Cakram Hidrolik Piston Tunggal
  • Rem Belakang
  • Tromol
  • Sistem Pengereman
  • Combi Brake System
  • Ban Depan
  • 80/90 – 14 M/C Tubeless
  • Ban Belakang
  • 90/90 – 14 M/C Tubeless

Kelistrikan

  • Tipe Baterai / Aki
  • MF 12 V – 5 Ah
  • Sistem Pengapian
  • Full Transisterized
  • Tipe Busi
  • NGK MR9C-9N

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 4 – Langkah, SOHC, eSP
  • Kapasitas Mesin
  • 110 cc
  • Silinder
  • - - -
  • Diameter x Langkah
  • 47,0 x 63,1 mm
  • Perbandingan Kompresi
  • 10,0 : 1
  • Tenaga Maksimal
  • 6,6 kW ( 9,0 PS ) / 7.500 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 9,3 Nm ( 0,95 kgf.m ) / 5.500 rpm
  • Tipe Transmisi
  • Automatic, V-Matic
  • Tipe Starter
  • Elektrik dan Kick Starter
  • Sistem Bahan Bakar
  • PGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 1869 mm
  • Lebar
  • 692 mm
  • Tinggi
  • 1061 mm
  • Jarak Sumbu Roda
  • 1256 mm
  • Tinggi Tempat Duduk
  • 740 mm
  • Berat
  • 89 kg
  • Kapasitas Tangki
  • 4,2 L

Rangka

  • Tipe Rangka
  • Underbone – eSAF ( Enhanced Smart Architecture Frame )
  • Suspensi Depan
  • Telescopic
  • Suspensi Belakang
  • Swing Arm dengan Suspensi Tunggal
  • Rem Depan
  • Cakram Hidrolik Piston Tunggal
  • Rem Belakang
  • Tromol
  • Sistem Pengereman
  • Combi Brake System
  • Ban Depan
  • 80/90 – 14 M/C Tubeless
  • Ban Belakang
  • 90/90 – 14 M/C Tubeless

Kelistrikan

  • Tipe Baterai / Aki
  • MF 12 V – 3Ah
  • Sistem Pengapian
  • Full Transisterized
  • Tipe Busi
  • NGK MR9C-9N