Honda Monkey

Harga Honda Monkey dan Spesifikasi -Motor Honda dengan konsep klasik yang kita review kali ini mengalami perkembangan secara terus menerus dari waktu awal produksi pertamanya pada tahun 1961.

Motor ini kembali dikenal dan mendunia ketika adanya pameran Intermot di Jerman. Motor apakah itu? Ya, benar motor ini adalah Honda Monkey.

Dahulu, kita hanya dapat melihat para pecinta motor di Jepang dan Eropa saja yang dimanjakan akan hadirnya Honda Monkey ini.

Akan tetapi, sekarang kita di tanah air dapat merasakan kenyamanan motor ini setelah PT. Astra Honda Motor (AHM) sudah memasarkannya di Indonesia.

Motor Honda Monkey merupakan motor yang dapat dibilang modern akan fitur dan mesin, tetapi tetap mengusung desain klasik.

Salah satu perubahan yang terlihat dari pertama kali motor ini muncul adalah penambahan kapasitas mesin yang semula 50 cc menjadi 125 cc.

Di era modern, motor klasik dan unik ini dapat anda miliki mulai dari bulan Juli 2019. Hal ini dikarenakan Honda Monkey ini  mulai dipasarkan pada bulan tersebut, walaupun telah muncul sebelumnya di ajang Wheels and Waves 2019.

Semakin penasaran bukan dengan spesifikasi dan harga Honda Monkey? Kuy, kita memahami mengenai review motor ini bersama Mas Sena, sehingga dapat menjadi referensi anda untuk membeli motor ini.

Motor dengan desain klasik yang dibekali fitur canggih dan mesin garang membuat nyaman pengendara.

Honda Monkey
  • Motor Honda MonkeyJenis Klasik
  • Kapasitas Mesin Honda MonkeyKapasitas 125 cc
  • Kecepatan Honda MonkeyTenaga 9.25 hp / 70000 rpm
  • Torsi Honda MonkeyTorsi 11 nm / 5250 rpm
  • Rangka Honda MonkeyRangka Backbone
  • Berat Honda MonkeyBerat 107 kg
  • Tangki Honda MonkeyTangki 5.6 L
  • Bahan Bakar Honda MonkeyBahan Bakar Bensin

Harga Honda Monkey

Note - Harga Honda Monkey diatas untuk kisaran bulan April 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Setelah komplit kita bahas dan kenali mengenai spesifikasi yang disematkan dalam motor klasik asal negeri Jepang ini, masih terasa kurang apabila kita tidak membahas harga Honda Monkey terbaru yang ada di pasaran.

Berdasarkan beberapa spesifikasi yang telah dijabarkan oleh Mas Sena tadi, kita patut mengakui bahwa Honda Monkey merupakan motor dengan konsep klasik tetapi memiliki fitur serba modern dan canggih. Sebut saja sistem pengereman ABS, speedometer digital full LCD, Dimmer Switch, dan Engine Check Warning.

Secara desain motor ini semakin terlihat klasik karena beberapa aspeknya berbentuk bulat dengan minim sudut. Selain itu, memiliki beberapa kelir utama, diantaranya Pearl Nebula Red, Banana Yellow dan Pearl Glittering Blue. Ditambah lagi dengan performa mesin yang garang dengan kapasitas mesin 125 cc.

Tentunya dengan kecanggihan fitur, keunikan desain, dan kegarangan mesin sudah sepatutnya Honda memberikan harga Honda Monkey yang tidak murah. Hal ini tentunya menguatkan asumsi masyarakat umum bahwa kualitas akan sebanding dengan kuantitas.

Harga Honda Monkey terbaru dibanderol sebesar Rp 65.916 juta. Harga tersebut merupakan harga OTR (On The Road) untuk harga pasaran Jakarta dan sekitarnya. Sehingga pastinya akan mengalami penambahan harga untuk daerah – daerah yang berada di luar Jakarta dan sekitarnya.

Bagaimana teman-teman? Apakah semakin mantab untuk memiliki setelah mengetahui spesifikasi dan harga Honda Monkey?

Bukankah spesifikasi yang disematkan sudah pantas untuk motor dengan harga yang termasuk mahal ini? Jika sudah mantab, silakan segera menuju ke dealer motor Honda terdekat untuk membawa pulang produk motor klasik ini.

Gambar Honda Monkey

Spesifikasi Honda Monkey

Ringkasan:

Spesifikasi Honda Monkey yang berkapasitas mesin sebesar 125 cc ini memiliki tenaga sebesar 9.25 hp / 70000 rpm. Spek Honda Monkey menggunakan bahan bakar Bensin dan berjenis motor Klasik.

Warna Honda Monkey

Berikut ini adalah pilihan warna Honda Monkey yang dapat anda pilih:

Review Honda Monkey

Desain Honda Monkey

Motor Honda Monkey

Pertama, Mas Sena akan mengenalkan spesifikasi Honda Monkey dari sisi desain. Seperti apa sih desain motor ini?

Ya, sesuai dengan gambaran awal mengenai motor ini yaitu berkonsep klasik. Motor ini merupakan motor legendaris yang sempat melambung di awal kemunculannya di tahun 1960an, tetapi kembali ramai diperbincangkan di tahun 2019.

Desain di bagian depan yang menampilkan lampu, kaca spion, serta speedometer berbentuk bulat menambah kesan klasik pada motor Honda Monkey. Fender bagian depan dari motor ini berbahan krom.

Dilihat dari sisi pencahayaan, motor ini telah dibekali dengan lampu LED baik di bagian depan maupun belakang.

Selain itu, bagian speedometer dibekali dengan digital full LCD dengan informasi odometer dengan dua trip meter, serta enam bar indikator bensin.

Motor Honda Monkey memiliki setang kemudi tinggi yang pas sesuai ukuran tangan pengguna, sehingga rasa pegal ketika mengendarai jarang dirasakan.

Beralih lebih ke belakang, di bagian tangki bahan bakar disematkan logo Honda dengan perpaduan warna yang sempurna sehingga terlihat klasik dan elegan. Oh iya, mengenai kapasitas bahan bakar motor ini 5.6 L.

Pengendara akan dibuat nyaman dalam mengendarai motor Honda Monkey. Hal ini dikarenakan disematkannya jok dengan ketinggian 776 mm yang tentunya sesuai dengan posisi kaki.

Jok Honda Monkey hanya memiliki kapasitas 1 kursi, sehingga menambah rasa klasik motor ini. Dimana jok ini berukuran tebal dan pastinya membuat pengendara tidak mudah pegal.

Bagian belakang dari motor ini dihiasi dengan bentuk lampu belakang yang bulat dipadukan dengan fender berbahan krom. Hal ini dilengkapi dengan cover knalpot motor ini yang juga berbahan material krom.

Desain motor ini semakin terlihat klasik karena beberapa aspeknya berbentuk bulat dengan minim sudut.

Selain itu, memiliki beberapa kelir utama, diantaranya Pearl Nebula Red, Banana Yellow dan Pearl Glittering Blue. Beberapa kelir tersebut memiliki perpaduan dengan warna putih di tangki bensin yang menambah kesan klasik.

Setelah kita mengupas spek Honda Monkey dari sisi desain di atas, sebenarnya berapa sih dimensi dari motor ini?

Motor ini memiliki panjang 1710 mm, lebar 755 mm, dan tinggi 1029 mm. Selain itu, motor ini memiliki ground clearance 160 mm dengan jarak antar kedua ban sepanjang 1155 mm. Berat kosong dari motor ini sebesar 107 kg.

Rangka & Kaki-Kaki Honda Monkey

Review Honda Monkey

Setelah puas mengulas spesifikasi Honda Monkey dari sisi desain, Mas Sena akan membawa teman-teman untuk menuju ke bagian rangka dan kaki.

Motor ini dibekali dengan rangka yang menambah kesan gagah dan elegan yang terbuat dari backbone baja.

Melihat dari bagian supensinya, motor ini dibekali dengan suspensi depan berupa Showa, 31 mm Inverted Telescopic Fork dan suspensi belakang Showa, Twin Shock. Kedua supensi ini mendukung pengendara motor ini untuk digunakan di jalanan yang bergeronjal.

Selain itu, Honda Monkey dibekali rem depan berupa hydraulic, single 220 mm disc with ABS yang dipadukan dengan rem belakang berupa hydraulic, single 190 mm disc. Sistem pengereman ABS yang telah disematkan dalam motor ini menambah rasa aman dan nyaman pengguna dalam menghentikan motor.

Kita akan merasa kurang apabila belum membahas spek Honda Monkey bagian ban. Motor ini menggunakan ban depan berukuran 120/80-12 65J dan ban belakang berukuran 130/80-12 69J. Jenis ban yang disematkan berupa radial yang dipadukan dengan ukuran velg R12.

Fitur Honda Monkey

Spek Honda Monkey

Setelah kita paham mengenai spesifikasi Honda Monkey dari sisi desain maupun rangka dan kaki, Mas Sena akan mengajak teman-teman mengulas fitur motor ini. Sebenarnya bagaimana sih fitur motor ini sehingga bisa disebut motor klasik tetapi memiliki fitur canggih?

Pertama, kita akan melihat dari sisi pencahayaan motor ini. Ya, tentunya pencahayaan motor ini telah disematkan lampu LED baik pada headlamp maupun lampu belakang.

Selain itu, bagian speedometer dari Honda Monkey digital full LCD yang menampilan informasi odometer dan indikator bahan bakar.

Untuk masalah pengereman, motor ini telah disematkan sistem pengereman ABS yang tentunya menjamin rasa aman dan nyaman pengguna dalam mengendarainya.

Ditambah lagi dengan adanya fitur Dimmer Switch yang digunakan untuk menghubungkan aliran listrik untuk menghidupkan mesin.

Di samping itu adanya fitur Enfine Check Warning yang disematkan dalam motor ini melengkapi fitur dari Honda Monkey. Hal ini dikarenakan indicator pada engine check akan menyala apabila mesin mengalami kendala.

Bagaimana teman-teman? Menarik bukan fitur – fitur dari spek Honda Monkey ini? Desain boleh saja berkonsep klasik, tetapi fitur harus canggih dan modern.

Mesin Honda Monkey

Spesifikasi Honda Monkey

Kali ini Mas Sena akan mengajak teman-teman mengetahui lebih dalam mengenai spesifikasi Honda Monkey dilihat dari bagian mesin.

Mesin garang yang disematkan dalam motor ini sangat menunjang akan fitur yang canggih dan modern.

Kapasitas mesin motor ini sebesar 125 cc dengan jenis mesin Single Cylinder, Air Cooled, 4-Stroke, 2 Valve, SOHC. Diameter x langkah dari motor ini yaitu 52.4 mm x 57.9 mm dengan rasio kompresi 9.3:1.

Tenaga maksimal yang dimiliki Honda Monkey sebesar 9.25 hp pada 70000 rpm, dengan torsi maksimal 11 nm pada 5250 rpm.

Motor ini menggunakan bahan bakar bensin dengan sistem pembakaran transistor penuh. Selain itu, sistem suplai bahan bakar menggunakan PGM-FI yang membuat bahan bakar lebih irit. Di samping itu, motor ini dibekali kapasitas baterai 3.5 Ah.

Mengenai tipe transmisi motor ini menggunakan jenis transmisi manual dengan 4 kecepatan. Sedangkan tipe starter yang digunakan adalah elektrik.

Tentunya spek Honda Monkey yang memiliki kapasitas mesin 125 cc ini merupakan penyempurnaan dari cikal bakalnya di tahun 1960an yang hanya memiliki kapasitas mesin 50 cc.

Kelebihan Honda Monkey

Kekurangan Honda Monkey

Mesin

  • Tipe Mesin
  • Single Cylinder, Air Cooled, 4-Stroke, 2 Valve, SOHC
  • Kapasitas Mesin
  • 125 cc
  • Silinder
  • 2
  • Diameter x Langkah
  • 52.4 mm x 57.9 mm
  • Perbandingan Kompresi
  • 9.3:1
  • Tenaga Maksimal
  • 9.25 hp / 70000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 11 nm / 5250 rpm
  • Tipe Transmisi
  • Manual, 4 kecepatan
  • Tipe Starter
  • Elektrik
  • Sistem Bahan Bakar
  • PGM-FI
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 1710 mm
  • Lebar
  • 755 mm
  • Tinggi
  • 1029 mm.
  • Jarak Sumbu Roda
  • 1155 mm
  • Tinggi Tempat Duduk
  • 776 mm
  • Berat
  • 107 kg
  • Kapasitas Tangki
  • 5.6 L

Rangka

  • Tipe Rangka
  • Backbone
  • Suspensi Depan
  • Showa, 31 mm Inverted Telescopic Fork
  • Suspensi Belakang
  • Showa, Twin Shock
  • Rem Depan
  • hydraulic, single 220 mm disc with ABS
  • Rem Belakang
  • hydraulic, single 190 mm disc
  • Sistem Pengereman
  • ABS
  • Ban Depan
  • 120/80-12 65J
  • Ban Belakang
  • 130/80-12 69J

Kelistrikan

  • Tipe Baterai / Aki
  • 3.5 Ah
  • Sistem Pengapian
  • Transistor penuh
  • Tipe Busi
  • - - -