Honda Vario 150 eSP

Harga Honda Vario 150 dan Spesifikasi – Menginjak pertengahan tahun 2018 ini, PT AHM akhirnya merilis pembaruan pada Honda Vario 150 dan Vario 125.

Jika kita kembali flashback ke sejarah, sebenarnya kedua skutik ini telah mengalami pembaruan perdana pada awal tahun 2015 silam yang merupakan strategi demi melawan determinasi kompetitornya.

Akan tetapi, tahun 2018 ini PT AHM pun diketahui telah menerapkan pembaruan kembali pada kedua skutik buatannya tersebut.

Namun, kali ini kita akan fokus membahas keunggulan dari pembaruan yang diterapkan pada Honda Vario 150.

Dimana, produk terbaru buatan Honda tersebut masuk ke dalam kelas skuter matik yang kini memiliki desain berkelas dengan gaya eksklusif, mesin lebih handal dan fitur yang tentunya lebih canggih nan fungsional. Lalu apa saja sih keunggulan dari penyegaran yang diterapkan pada Honda Vario 150 ini?

Honda Vario 150 terbaru yang diperkenalkan di tahun 2018 ini diharapkan bisa menjadi salah satu skutik Honda yang mampu menjawab seluruh ekspektasi para konsumen di Tanah Air.

Maka dari itu, kali ini pihak AHM akan menerapkan beberapa penyegaran atau pembaruan pada beberapa sektor.

Meskipun basis mesinnya memiliki konsep hampir serupa seperti pada model PCX 150, namun skutik ini dirancang dengan desain yang lebih minimalis dan tetap terkesan eksklusif serta modern.

Dimana, kali ini penyegaran pada skutik ini tampak dari desain yang kini lebih mewah dan agresif berkat striping baru dengan emblem 3 dimensi (3D) sayap Honda dan logo Vario 150.

Selain itu, Honda Vario 150 memiliki performa tinggi jauh di atas motor skutik lainnya. Pasalnya, skutik yang mengusung mesin berkapasitas 150 cc dengan teknologi eSP yang mana diklaim mampu meraih waktu akselerasi 11,9 detik untuk mencapai 200 m dan kecepatan maksimum mencapai 102 km/jam.

Bahkan, beberapa fitur canggih pun juga turut serta disematkan pada skutik buatan AHM ini, Nah untuk lebih jelas dan lengkapnya simak ulasan mengenai spesifikasi dan harga Honda Vario 150 yang Mas Sena rangkum di bawah ini.

Motor matik Honda yang sudah familiar di jalanan Indonesia dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya

Honda Vario 150 ESP F
  • Motor Honda Vario 150 eSPJenis Matik
  • Kapasitas Mesin Honda Vario 150 eSPKapasitas 150 cc
  • Kecepatan Honda Vario 150 eSPTenaga 9.7 kW (13.1 PS) / 8500 rpm
  • Torsi Honda Vario 150 eSPTorsi 13.4 Nm (1.37 kgf.m) / 5000 rpm
  • Rangka Honda Vario 150 eSPRangka Underbone
  • Berat Honda Vario 150 eSPBerat 112 kg
  • Tangki Honda Vario 150 eSPTangki 5.5 L
  • Bahan Bakar Honda Vario 150 eSPBahan Bakar Bensin

Harga Honda Vario 150 eSP

Note - Harga Honda Vario 150 eSP diatas untuk kisaran bulan April 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Segmen spesifikasi pun sudah dijelaskan dan kini saatnya kita mengulas harga Honda Vario 150. Berbicara soal harga, tampaknya menjadi satu kebutuhan yang pasti ingin diketahui oleh para konsumen.

Apalagi, kini Honda Vario 150 hadir dengan pembaruan yang cukup kompleks, terutama di sektor desain eksteriornya.

Nah, menurut Mas Sena motor matik ini memiliki sejumlah keunggulan dari setiap sisinya. Mulai dari desain yang agresif, mewah dan berkelas.

Serta dimensi yang cukup besar namun tidak menghilangkan kesan yang sporty dan lincah karena didukung oleh dapur pacu yang sangat powerfull dan dapat diandalkan.

Bahkan dengan berbagai fitur canggih dan modern tersebut membuat Honda Vario 150 eSP ini terasa lebih lengkap dan menjadi rekomendasi tunggangan baru buat kawan-kawan semua yang sedang mencari sepeda motor jenis matik. Lalu berapakah harga Honda Vario 150 terbaru yang dibanderol di Indonesia?

Berkaitan dengan harga Honda Vario 150, tentu kini sudah menjadi rahasia lagi. Pasalnya, untuk banderol dari skutik terbaru buatan Honda tersebut juga sudah diumumkan secara resmi.

Dimana, menurut informasi yang Mas Sena dapatkan dari situs resmi AHM, diketahui bahwa harga Honda Vario 150 akan dibanderol seharga Rp 22.5 juta.

Angka yang cukup menarik dan terjangkau untuk sekelas motor matik yang berkapasitas 150 cc. Apalagi, kini sudah mendapat pembaruan atau penyegaran yang lebih modern.

Tentu saja, dengan informasi harga Honda Vario 150 tersebut maka dipastikan bakal membuat para konsumen kepincut untuk membelinya.

Di sisi lain, perlu diketahui juga bahwa harga Honda Vario 150 yang disebutkan di ats merupakan harga dengan status OTR (on The Road) untuk wilayah Jakarta saja.

Dengan kata lain, untuk daerah di luar wilayah tersebut maka besar kemungkinan harganya berbeda dan cenderung sedikit lebih mahal.

Akan tetapi, yang jelas bahwa dengan adanya penyegaran yang dilakukan PT AHM pada skutik buatannya tersebut, tentu akan membuat para konsumen kepincut untuk membelinya.

Nah, demikianlah pembahasan terkait topik spesifikasi dan harga Honda Vario 150. Itulah ulasan mengenai harga Honda Vario 150 eSP terbaru pada segmen terakhir ini sekaligus menjadi penanda berakhirnya perjumpaan Mas Sena pada kesempatan review kali ini.

Gambar Honda Vario 150 eSP

Spesifikasi Honda Vario 150 eSP

Ringkasan:

Spesifikasi Honda Vario 150 eSP yang berkapasitas mesin sebesar 150 cc ini memiliki tenaga sebesar 9.7 kW (13.1 PS) / 8500 rpm. Spek Honda Vario 150 eSP menggunakan bahan bakar Bensin dan berjenis motor Matik.

Warna Honda Vario 150 eSP

Berikut ini adalah pilihan warna Honda Vario 150 eSP yang dapat anda pilih:

Review Honda Vario 150 eSP

Desain Honda Vario 150 eSP

Spek Honda Vario 150

Mengawali pembahasan kali ini, Mas Sena akan memulai dengan mengulas tampilan fisik pada spesifikasi Honda Vario 150.

Sekilas, memang pembaruan pada skutik terbaru buatan AHM ini terletak pada desain bodi lebih sporty dan modern dengan lekukan yang cukup tajam.

Selain itu, kali ini pihak pabrikan juga menerapkan warna bodi monotone yang sangat elegan dan berkelas sehingga semakin membuat konsumen tertarik.

Selain itu, skutik ini juga memiliki headlamp modern berjenis Dual Keen Eyes Headlight yang kini sudah menerapkan teknologi jenis LED dan dilengkapi pula dengan kedua lampu sein yang menyatu pada satu tempat berbentuk menyirip membuat tampilan depannya terlihat sangat agresif, mewah dan berkelas.

Bahkan dengan penerapan teknologi lampu LED tersebut maka dipastikan bakal semakin membuat berkendara pada kondisi gelap atau malam hari menjadi lebih nyaman dan aman karena sorotan lampu jenis ini lebih terang, lebih hemat, tahan lama dan dapat diandalkan.

Sementara itu, di sisi bodi samping, tampak jelas bagaimana pihak AHM menerapkan striping baru yang lebih modern dan agresif dengan emblem 3 dimensi (3D) sayap Honda dan logo Vario 150. Sehingga, kesan elegan pun semakin kuat terlihat dari sisi samping.

Sedangkan untuk bagian belakang dari spesifikasi Honda Vario 150 ini juga mendukung tampilan lebih mewah karena mengaplikasikan desain stop lamp dan sein yang kini terpisah dengan ukuran lebih besar.

Bahkan, kesan eksklusif pun hadir dengan lampu LED di semua sistem pencahayaan serta cover muffler dan pilion step yang dilapisi dengan alumunium.

Nah, begitu maka tak heran jika sektor tampilan fisik pada pembaruan dari spesifikasi Honda Vario 150 tersebut terbilang lebih sporty dan dinamis dengan gaya striping yang lebih modern nan futuristik.

Rangka & Kaki-Kaki Honda Vario 150 eSP

Spesifikasi Honda Vario 150

Tidak dipungkiri lagi bahwa kenyamanan adalah salah satu hal utama yang dibutuhkan masyarakat dalam memilih motor idamannya.

Nah spesifikasi Honda Vario 150 ini tampaknya sempurna bagi siapapun yang ingin kenyamanan di segala kondisi medan jalanan.

Hal ini karena Vario 150 telah dilengkapi suspensi yang kokoh yaitu berupa suspensi depan Telescopik pada bagian depan yang mempunyai kenyamanan luar biasa.

Belum lagi dengan suspensi belakangnya yang disematkan Swing Arm dengan suspensi Tunggal sehingga akan memberikan kemampuan maksimal pada skutik buatan Honda ini tahan terhadap siapapun yang menungganginya.

Dengan kerangka utama yaitu Underbone membuktikan bahwa motor matik ini cukup tangguh dengan bodynya yang cukup bongsor sehingga dinilai cukup tangguh dalam menjaga keseimbangan.

Sementara itu, untuk velg yang digunakan yaitu velg sporty 14 inci dengan balutan ban 90/80 – 14 M/C (depan) dan ban 100/80 – 14 M/C (belakang) yang keduanya sama-sama menggunakan ban Tubeless.

Di sisi lain, tak lupa juga Honda Vario 150 ini akan mengandalkan rem cakram hidrolik pada bagian depan dengan piston tunggal dan rem tromol di bagian belakang.

Bahkan, untuk memaksimalkan pengereman, spesifikasi Honda Vario 150 ini pun akan dilengkapi dengan sistem pengereman Combi Brake System yang akan membuat hasil pengereman menjadi lebih sempurna.

Speedometer Honda Vario 150 eSP

Harga Honda Vario 150

Selanjutnya untuk dashboard yang terdapat pada bagian kemudi yang ada pada spesifkasi Honda Vario 150 ini tergolong cukup lengkap dan futuristik.

Pada bagian speedometer, tampak jelas bahwa kini pihak pabrikan telah mengandalkan panel digital yang begitu modern.

Dimana, panel digital tersebut terlihat memiliki beberapa panel penunjuk seperti indikator kecepatan, indikator bahan bakar, indikator trip meter, indikator mesin dan indikator lampu serta sein memberikan informasi mengenai kondisi Honda Vario 150 ini dengan mudah dibaca saat digunakan.

Pada sistem pengunciannya pun cukup aman karena mengaplikasikan sistem Ignition Key yang berbasis Magnetic Key sehingga keamanan unit skutik ini saat jauh dari pengawasan bisa diandalkan.

Selain itu pijakan kaki pada dashboard bagian bawah dari spesifikasi Honda Vario 150 ini berukuran cukup luas dan tidak licin sehingga pada saat berkendara terasa lebih aman dan nyaman.

Dimensi Honda Vario 150 eSP

Harga Honda Vario 150 Terbaru

Selanjutnya, pokok pembahasan kali ini akan beralih pada sektor dimensi dari spesifikasi Honda Vario 150. Perlu diketahui kembali bahwa dimensi di sini merupakan salah satu sektor penting yang sangat berpengaruh pada struktur bodi.

Dimana, kali ini Honda Vario 150 ini memiliki dimensi 1.921 x 683 x 1.096 mm dengan berat kosong 109 kg. Dengan ukuran tersebut maka dimensi yang membalut skutik buatan Honda yang satu ini lebih panjang 3 mm, lebih kecil lebarnya 6 mm dan lebih pendek 7 mm dibandingkan generasi lawas skutik ini sebelumnya.

Bahkan dengan jarak sumbu roda belakang yang berkurang 1 mm cukup berefek untuk pengendalian menjadi sedikit lebih lincah.

Hal tersebut juga dikarenakan memiliki bobot yang lebih ringan 3 kg dibanding generasi Vario 125 PGM-FI sebelumnya.

Agar dapat menembus kawasan banjir ringan maka PT AHM menambah jarak motor ke tanah atau ground clearance pada spesifikasi Honda Vario 150 ini, yaitu 7 mm lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Fitur Honda Vario 150 eSP

Honda Vario 150 ESP F

Tak hanya performa mesinnya saja, bahkan spesifikasi Honda Vario 150 ini pun juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih masa kini dengan fungsionalitas tinggi.

Salah satunya yaitu pengereman berteknologi CBS yang akan membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara lebih optimal.

Tak cukup sampai di situ saja, bahkan Honda Smart Technology pun tetap dipertahankan pada All New Honda Vario 150 dari generasi sebelumnya.

Dimana, kali ini teknologi eSP pada mesin 150 cc yang dibawa skutik buatan Honda ini dinilai berhasil membuktikan pembakaran yang efisien dan minim gesekan untuk mengurangi resiko terbuang percuma serta mampu menghasilkan performa berkendara yang optimal.

Kini, kecanggihan tersebut ditingkatkan lagi dengan mengkombinasikan fitur ACG Starter yang terintergrasi pada teknologi eSP sehingga nantinya dipastikan bakal mampu menghidupkan mesin dengan suara yang lebih halus saat pertama dinyalakan.

Teknologi ini menjadi dasar penerapan fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang secara otomatis mematikan mesian saat mesin berhenti bekerja lebih dari 3 detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk dapat menghidupkan mesin kembali.

Dengan kecanggihan fitur pada spesifikasi Honda Vario 150 tersebut maka tak heran jika skutik ini bakal lebih nyaman dan aman dikendarai serta lebih ramah lingkungan.

Mesin Honda Vario 150 eSP

Motor Honda Vario 150

Nah, akhirnya kini sampailah kita pada sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi Honda Vario 150. Sebenarnya, sektor permesinan pada skutik ini tak banyak perubahan dengan varian sebelumnya.

Dimana, kali ini skutik terbaru bertajuk Honda Vario 150 pun hadir sebagai skutik performa tinggi dengan pengembangan mesin 150 cc.

Bagaimana tidak? Dengan catatan waktu 11,6 detik, skutik bermesin 150 cc dan berteknologi SOHC ini diklaim dapat menempuh jarak 0 – 200 meter dan dapat mencapai top speed 105 km/jam.

Tak cukup sampai di situ saja, bahkan Honda Vario 150 ini pun juga dilengkapi dengan fitur Idling Stop System (ISS) menjadikan model ini mampu menekan konsumsi BBM secara lebih irit di kelasnya sebesar 46,9 km/liter (metode ECE R40 Euro 3) dengan hasil emisi gas buang yang lebih baik dari standar emisi EURO 3.

Sementara itu, untuk soal power dan torsi, mesin dari Honda Vario 150 ini akan dikawinkan dengan transmisi V-Matic dan memiliki kompresi pembakaran 10:6:1.

Yang mana, kombinasi dari mesin tersebut dipastikan mampu menghasilkan tenaga yang besar untuk sekelas matik yaitu tenaga maksimal mencapai 9,3 kW (12,46 HP) pada putaran mesin 8.500 RPM dan torsi yang mantap mencapai 12,8 Nm pada putaran mesin 5.000 RPM.

Tentu saja, sektor dapur pacu pada spesifikasi Honda Vario 150 ini terbilang cukup handal dan sangat mumpuni di kelasnya.

Kelebihan Honda Vario 150 eSP

Kekurangan Honda Vario 150 eSP

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 4-langkah, SOHC dengan pendinginan cairan
  • Kapasitas Mesin
  • 150 cc
  • Silinder
  • - - -
  • Diameter x Langkah
  • 57,3 x 57,9 mm
  • Perbandingan Kompresi
  • 10,6 : 1
  • Tenaga Maksimal
  • 9.7 kW (13.1 PS) / 8500 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 13.4 Nm (1.37 kgf.m) / 5000 rpm
  • Tipe Transmisi
  • Otomatis
  • Tipe Starter
  • Elektrik
  • Sistem Bahan Bakar
  • PGM-FI
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 1919 mm
  • Lebar
  • 679 mm
  • Tinggi
  • 1062 mm
  • Jarak Sumbu Roda
  • 1280 mm
  • Tinggi Tempat Duduk
  • - - -
  • Berat
  • 112 kg
  • Kapasitas Tangki
  • 5.5 L

Rangka

  • Tipe Rangka
  • Underbone
  • Suspensi Depan
  • Teleskopik
  • Suspensi Belakang
  • Lengan ayun dengan suspensi Tunggal
  • Rem Depan
  • Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
  • Rem Belakang
  • Tromol – sistem pengereman CBS
  • Sistem Pengereman
  • CBS
  • Ban Depan
  • 90/80 – 14M/C 43P Tubeless
  • Ban Belakang
  • 100/80 – 14M/C 48P Tubeless

Kelistrikan

  • Tipe Baterai / Aki
  • MF 12V-5 Ah
  • Sistem Pengapian
  • Full Transisterized
  • Tipe Busi
  • NGK CPR9EA-9 / Denso U27EPR9