TVS Akula 310

Harga TVS Akula 310 dan Spesifikasi– Segmen motor sport di pasar otomotif Tanah Air tampaknya saat ini bisa dibilang sedang naik daun. Hal tersebut memicu persaingan para produsen dalam meluncurkan produk terbarunya.

Tak terkecuali TVS yang ikut meluncurkan TVS Akula 310. Motor sport tersebut resmi diperkenalkan pada ajang Auto Expo 2016 secara global.

Di Indonesia sendiri, motor sport besutan TVS ini sebelumnya juga resmi diperkenalkan dalam bentuk konsep oleh PT TVS Motor Company Indonesia pada ajang IMOS 2016 yang diselenggarakan pada 2 November 2016 lalu di Jakarta dan kabarnya TVS Akula 310 ini akan segera dirilis dan diluncurkan secara masal antara Februari – Maret 2017 mendatang.

Tentu, motor sport terbaru asal India ini bakal semakin memperketat persaingan di kancah pasar otomotif Indonesia. Lalu, kira-kira apa sih keunggulan dari TVS Akula 310 ini?

TVS Akula 310 ini merupakan motor hasil kerjasama antara TVS dengan produsen motor BMW Motorrad yang bertajuk Akula 310.

Bahkan, motor ini pun akan hadir dengan mengusung kombinasi platform yang sama dengan motor garapan BMW yang bertajuk G310.

Tak hanya itu saja, pada tampilan desainnya pun bisa dikatakan cukup menarik dengan menekankan pada sisi aerodinamisnya.

Sehingga, tak heran jika TVS Akula 310 ini hadir dengan gaya desain yang menampilkan kesan sporty dan elegan layaknya MotoGP.

Di sisi lain, pada sektor mesin pacunya pun juga bakal dibekali dengan emsin DOHC 4 katup yang memiliki kapasits 310cc sehingga akan mampu memberikan tenaga ekstra tangguh untuk membuat laju motor sport ini kian gesit dan lincah.

Tak hanya itu saja, TVS Akula 310 ini nantinya juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur canggih dan modern guna menunjang keselamatan dan kenyamanan pengguna ketika berkendara.

Maka, bisa dipastikan bahwa motor port hasil kerjasama TVS dan BMW Motorrad ini bakal mampu menarik perhatian konsumen di Indonesia.

Nah, untuk mengetahui secara lebih terperinci tentnag spesifikasinya maka pada pembahasan kali ini Mas Sena akan mengulas lengkap mengenai spesifikasi dan harga TVS Akula 310 yang akan diuraikan pada beberapa segmen di bawah ini.

Motor sport dengan fitur komplit dan mesin handal yang siap dipacu dalam kecepatan tinggi

TVS Akula 310 F
  • Motor TVS Akula 310Jenis Sport
  • Kapasitas Mesin TVS Akula 310Kapasitas 310 cc
  • Kecepatan TVS Akula 310Tenaga 33.6 BHP @ 9500 rpm
  • Torsi TVS Akula 310Torsi 28 NM @ 7500 rpm
  • Rangka TVS Akula 310Rangka - - -
  • Berat TVS Akula 310Berat 130 kg
  • Tangki TVS Akula 310Tangki - - -
  • Bahan Bakar TVS Akula 310Bahan Bakar Bensin

Harga TVS Akula 310

Note - Harga TVS Akula 310 diatas untuk kisaran bulan Maret 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Nah, setelah kita puas membahas satu per satu mengenai spesifikasinya, kini waktunya Mas Sena untuk mengulas harga TVS Akula 310.

Tapi tunggu dulu, sebelum lebih jauh membicarakan mengenai angka yang akan tersemat pada banderol harga motor sport ini ada baiknya kita simpulkan spesifikasi yang dibaawanya, Akula 310 ini merupakan motor sport hasil kerjasama antara TVS dan BMW Motorrad yang hadir dengan tampilan desain sporty khas MotoGP.

Dengan kata lain TVS Akula 310 adalah sepeda motor yang dibangun menggunakan platform milik BMW GL 310.

Namun secara desain dan style, motor ini dirancang oleh TVS. Sehingga, bisa dipastikan motor ini akan menjadi salah satu produk yang banyak diincar para konsumen di Indonesia, terutama pecinta MotoGP.

Dengan harga TVS Akula 310 ini yang belum dirilis secara pasti, motor ini mengusung mesin tangguh dan gahar, yaitu dengan mengandalkan tipe DOHC yang berkapasitas 310cc.

Tak sampai di situ saja, motor ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur  canggih dan modern, seperti disematkannya teknologi rem ABS yang siap memberikan tingkat pengereman lebih sempurna dan aman. Nah, dengan spesifikasi tersebut lantas berapa ya harga TVS Akula 310 ini?

Berbicara mengenai harga TVS Akula 310. Sebelumnya, sejak diperkenalkan pada ajang IMOS 2016 November 2016 kemarin hingga saat ini masih belum ada konfirmasi resmi dari pihak PT TVS Motor Company Indonesia.

Namun, pihaknya sempat memberikan konfirmasi mengenai harga yang akan dipatok untuk motor sport besutannya tersebut.

Pihaknya mengatakan bahwa nantinya harga TVS Akula 310 tak akan mencapai 50 juta. Di sisi lain, banyak pengamat otomotif yang memprediksi bahwa harga motor sport gagah ini akan dibanderol Rp 30-40 jutaan.

Kisaran dari perkiraan harga dari motor sport  tersebut sudah disesuaikan dengan spesifikasi yang diusung TVS Akula 310.

Sehingga, meski terbilang mahal namun konsumen akan dipuaskan dengan ketangguhan dan kenyamanan dari spesifikasi yang diusung oleh motor sport gagah ini.

Bagaimana, dengan harga TVS Akula 310 tersebut apakah sobat sudah mulai tertarik memboyongnya?

Di samping itu, jika membandingkan antara harga TVS Akula 310 dan spesifikasi yang diusung oleh motor tersebut, tampaknya angka tersebut sudah cukup sesuai meski terbilang cukup mahal.

Sehingga, bisa dipastikan bahwa motor sport besutan TVS ini hanya akan mampu diboyong oleh konsumen di kalangan tertentu saja.

Di sisi lain, tampaknya dengan harga TVS Akula 310 yang tergolong tinggi, motor ini akan memliki pesaing tangguh yang juga mengususng model sama.

Para pesaing yang siap untuk berlomba merebut hati calon konsumen motor sport ini adalah Ninja 300 dan Yamaha R3 di mana sama-sama dibekali spesifikasi tangguh dan mumpuni serta harga yang tak jauh berbeda dengan harga TVS Akula 310.

Namun, semua pilihan ada di tangan konsumen. Nah demikan lah ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga TVS Akula 310. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Gambar TVS Akula 310

Spesifikasi TVS Akula 310

Ringkasan:

Spesifikasi TVS Akula 310 yang berkapasitas mesin sebesar 310 cc ini memiliki tenaga sebesar 33.6 BHP @ 9500 rpm. Spek TVS Akula 310 menggunakan bahan bakar Bensin dan berjenis motor Sport.

Warna TVS Akula 310

Berikut ini adalah pilihan warna TVS Akula 310 yang dapat anda pilih:

Review TVS Akula 310

Desain TVS Akula 310

Harga TVS Akula 310 Terbaru

Di awal segmen ini, Mas Sena akan memulainya dengan membahas pada bagian eksterior atau tampilan terluar dari spesifikasi TVS Akula 310.

Memang, jika dilihat secara keseluruhan, tampilan eskterior dari motor ini memperlihatkan tampilan yang begitu sporty khas MotoGP. Tampilan yang sporty dan elegan tersebut bisa dilihat dari berbagai sisi dari motor ini.

Pertama dari depan, tampak sekali twin headlamp yang terpasang dengan desain yang dibentuk seperti mata sipit monster lengkap dengan visor di atasnya sehingga memberikan kesan tampilan yang tajam pada TVS Akula 310 ini.

Selain itu, pada sisi samping juga bisa dilihat bodinya yang dibalut full fairing yang didesain dengan garis lekuk tegas memanjang dari depan ke belakang sehingga memberikan kesan sporty dan elegan layaknya MotoGP.

Lalu, pada sektor samping juga terlihat tangki bahan bakar yang dibentuk begitu besar dan berotot sehingga memperkuat kesan motor sport yang tampil begitu gagah.

Kemudian, pada jokn dari TVS Akula 310 pun didesain mirip dengan Kawasaki H2 Series di mana dirancang dengan bentuk agak lebar beralur memanjang ke atas arah belakang yang akan membuat si pengemudi lebih nyaman.

Nah, menginjak pada bagian belakang pun terpasang stop lamp LED yang dibentuk dengan desain sporty. Melihat secara keseluruhan pada tiap sisi bodinya tersebut maka bisa dibilang spesifikasi TVS Akula 310 pada sektor tampilan eksteriornya memang menampilkan bentuk perawakan yang begitu sporty layaknya MotoGP.

Rangka & Kaki-Kaki TVS Akula 310

Motor TVS Akula 310

Selanjutnya, pada segmen berikutnya ini kita akan membahas kaki-kaki dari spesifikasi TVS Akula 310, yaitu berupa suspensi, velg, dan pengereman.

Pertama, untuk suspensi, TVS akan membekali motor sport besutannya ini dengan 2 tipe yang tersematkan pada bagian depan dan belakang.

Untuk bagian depan akan menggunakan fitur suspensi Upside down forks dan untuk sektor belakang mengandalkan tipe Cast Allow Swing Arm.

Kedua suspensi canggih yang tersemat pada TVS Akula 310 ini diklaim akan mampu memberikan kenyamanan kepada pengemudinya mengingat memiliki kemampuan daya redam goncangan yang cukup baik, terutama ketika melewati jalanan bergeronjal atau berlubang.

Kemudian, di sisi lain untuk sektor velg TVS Akula 310 sendiri, TVS akan mengandalkan velg Alloy 17 inci dengan jenis ban tubeless.

Untuk bagian depan, akan disematkan sebuah roda yang berukuran 3.0 x 17 inci dan untuk bagian belakang akan menggunakan roda yang berukuran 4.0 x 17 inci.

Sementara itu, kedua roda TVS Akula 310 itu akan terbalut dengan ban depan 120/70-R17 dan ban belakng 160/60-R17.

Nah, menginjak pada bagian pengereman, TVS akan mengandalkan rem depan tipe Single disc, diameter 300 mm, 4-piston fixed caliper, radially bolted. Dan untuk rem belakangnya Single disc, diameter 240 mm, single-piston floating caliper (Expected).

Kedua rem tersebut akan memberikan kemudahan kepada pengemudi untuk mengendalikan laju dari motor sport ini.

Bahkan, kedua rem yang tersemat pada spesifikasi TVS Akula 310 ini sudah dibekali degan teknologi ABS yang siap memberikan tingkat pengereman lebih sempurna dan mencegah terjadinya penguncian ketika rem dadakan.

Speedometer TVS Akula 310

Spek TVS Akula 310

Selain desain bodinya yang terlihat gagah dan modern, spesifikasi TVS Akula 310 ini juga mengusung panel indikator full digital.

Menariknya, desain yang diusung pada sektor instrument indikator yang terpasang pada motor ini dirancang dengan bentuk vertikal di mana tersematkan sebuah layar digital yang di atas dan bawahnya terdapat lampu indikator.

Selain itu, pada panel instrumen yang dibawa TVS Akula 310 ini akan menampilkan beberapa informasi. Pertama, pada panel layar digitalnya akan memberikan info mengenai speedometer,  tachometer, trip meter, odometer, jam, rpm atau gear display, dan fuel gauge.

Sementara itu, pada bagian atas dan bawah dari layar digital TVS Akula 310 tersebut, akan diperlihatkan tampilan indikator ABS light, low fue;l warning light, indikator gigi, pengingat service, indikator oli, indikator baterai, lampu gear shift, rev-limiter indikator, malfunction indikator, dan lap timer.

Tampaknya jika dilihat secara keseluruhan, panel indikator dari spesifikasi TVS Akula 310 ini memang didesain modern dengan tampilan full indikator yang cukup informatif.

Dimensi TVS Akula 310

Harga TVS Akula 310

Setelah mengetahui sisi eksterior termasuk juga panel instrument, kini saatnya Mas Sena untuk mengulas dimensi yang diusung spesifikasi TVS Akula 310 ini.

Untuk ukuran dimensinya sendiri, saat ini masih belum diketahui berapa panjang, lebar dan tinggi serta ground clearance (jarak terendah ke tanah).

Yang jelas, TVS mengusung motor sport hasil kerjasamanya dengan BMW Motor ini dengan rangka Trellis type frame Rear All-aluminium Sub-frame yang diklaim sangat kokoh dan kuat untuk menopang bobot TVS Akula 310 ini yang mencapai 130 Kg.

Selain itu, motor sport  ini juga memiliki jarak sumbu roda mencapai 1.364 mm sehingga akan mempermudah penggunanya ketika bermanuver di jalanan yang berkelok-kelok atau tikungan tajam.

Di sisi lain, dengan bobot TVS Akula 310 yang mencapai 130 Kg tersebut, tentu dinilai cukup ringan dan akan membuat motor sport ini mampu melaju dengan gesit.

Nah, secara keseluruhan dimensi yang diusung pada spesifikasi TVS Akula 310 ini tampaknya membuat motor ini semakin terlihat gagah dan garang.

Fitur TVS Akula 310

Spesifikasi TVS Akula 310

Setelah kita mengetahui sektor eksterior hingga pada sektor mesinnya, kini saatnya Mas Sena untuk menguraikan beberapa fitur yang disematkan pda spesifikasi TVS Akula 310.

Pertama, untuk menunjang keselamatan ketika berkendara maka TVS pun membekali motor sport besutannya ini dengan rem cakram pada sektor depan dan belakang di mana kedua rem yang terpasang pada TVS Akula 310 tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi rem ABS (Anti-Lock Brake System).

Dengan fitur pengereman berteknologi ABS ini tentu akan memberikan kemudahan kepada pengguna dalam mengontrol laju dari motor ini. Bahkan, ketika terjadi pengereman secara mendadak.

Selain itu, TVS Akula 310 ini pun juga sudah dilengkapi dengan panel instrument digital yang sangat informatif sehingga pengguna pun akan lebih mudah dalam memahami atau pun membaca informasi mengenai kondisi kotor yang sedang ditungganginya.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa spesifikasi TVS Akula 310 ini memang sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan dan kenyamanan yang canggih dan modern.

Mesin TVS Akula 310

TVS Akula 310

Nah, menginjak pada segmen ini, Mas Sena akan membagikan info mengenai sektor dapur pacu dari spesifikasi TVS Akula 310.

Sebagai motor sport kelas premium, tentu motor besutan TVS ini akan dibekali dengan mesin yang tangguh dan handal.

Pasalnya, TVS sendiri akan membekali motor sport besutannya ini dengan tipe mesin DOHC 4 katup silinder tunggal dan memiliki kapasitas 310cc.

Mesin TVS Akula 310 tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 33.6 BHP tiap putaran 9.500 rpm dan mampu mencapai puncak torsi hingga 28 Nm setiap mencapai putaran 7.500 rpm.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin TVS Akula 310 tersebut akan disalurkan melalui sistem transmisi 6 percepatan manual di mana menggunakan gear box tipe Synchromesh transmision Integrated in the motor housing.

Dengan melihat tenaga yang dihasilkan mesin tersebut, tentu saja sudah dipastikan jika motor ini akan mampu melaju dengan begitu kencang.

Bahkan, meski memiliki tenaga yang besar namun TVS Akula 310 ini sudah memiliki standar emisi EU 4 dengan Electronic Fuel Injection BMS-E2 dan memiliki perbandingan rasio 10.6 : 1 sehingga konsumsi bahan bakar dari spesifikasi TVS Akula 310 ini akan lebih irit dan pastinya lebih rama lingkungan..

Kelebihan TVS Akula 310

Kekurangan TVS Akula 310

Pertanyaan Seputar TVS Akula 310

Berapa harga TVS Akula 310 di Indonesia?
Harga TVS Akula 310 dibedakan berdasarkan tipenya. TVS Akula 310 sendiri memiliki 1 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • TVS Akula 310
  • 50 Juta
TVS Akula 310 tersedia dalam warna apa saja?
TVS Akula 310 tersedia dalam 2 warna, diantaranya adalah Black (Hitam), White (Putih).
Bagaimana performa mesin TVS Akula 310?
Performa mesin TVS Akula 310 didukung oleh mesin dengan tipe 4-Valve [DOHC] yang memiliki kapasitas mesin sebesar 310 cc yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 33.6 BHP @ 9500 rpm dengan torsi maksimal sebesar 28 NM @ 7500 rpm.
Berapa ukuran dimensi dari TVS Akula 310?
Dimensi TVS Akula 310 memiliki ukuran panjang - - -, lebar - - -, tinggi - - -, serta berat 130 kg.
Apa rangka yang digunakan oleh TVS Akula 310?
Jenis rangka yang digunakan oleh TVS Akula 310 belum diketahui.

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 4-Valve [DOHC]
  • Kapasitas Mesin
  • 310 cc
  • Silinder
  • - - -
  • Diameter x Langkah
  • - - -
  • Perbandingan Kompresi
  • 10.6 : 1
  • Tenaga Maksimal
  • 33.6 BHP @ 9500 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 28 NM @ 7500 rpm
  • Tipe Transmisi
  • 1-down, 5-up
  • Tipe Starter
  • Elektrik
  • Sistem Bahan Bakar
  • Electronic fuel injection, BMS-E2
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • - - -
  • Lebar
  • - - -
  • Tinggi
  • - - -
  • Jarak Sumbu Roda
  • 1364 mm
  • Tinggi Tempat Duduk
  • - - -
  • Berat
  • 130 kg
  • Kapasitas Tangki
  • - - -

Rangka

  • Tipe Rangka
  • - - -
  • Suspensi Depan
  • Upside down forks
  • Suspensi Belakang
  • Cast alloy swing arm
  • Rem Depan
  • Single disc, diameter 300 mm, 4-piston fixed caliper, radially bolted (Expected)
  • Rem Belakang
  • Single disc, diameter 240 mm, single-piston floating caliper (Expected)
  • Sistem Pengereman
  • ABS
  • Ban Depan
  • 120/70-R17
  • Ban Belakang
  • 160/60-R17

Kelistrikan

  • Tipe Baterai / Aki
  • - - -
  • Sistem Pengapian
  • - - -
  • Tipe Busi
  • - - -