Yamaha Fino 125 Blue Core

Harga Yamaha Fino 125 Blue Core dan Spesifikasi – Mengawali tahun 2016, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberikan penyegaran pada salah satu penghuni line-up di segmen matic.

Lama tak terdengar versi barunya, akhirnya Yamaha Indonesia menghadirkan versi facelift dari Yamaha Mio Fino.

Dengan menanggalkan label ‘Mio’ yang dulu sempat melekat. kini skuter matic bernuansa retro andalan Yamaha itu tampil bersama wajah baru. Sabtu (9/1) yang lalu, Yamaha Indonesia secara resmi merilis Yamaha Fino 125 Blue Core yang merupakan generasi baru dari Yamaha Fino.

Tak hanya sekedar facelift, kini Yamaha juga turut meng-upgrade performa mesin dari skutik bergaya klasik ini.

Yup, jika sebelumnya Yamaha Fino menggendong mesin 115 cc dan berteknologi YMJET-FI, maka untuk kali ini YIMM telah memperbarui mesin Fino dengan peningkatan kubikasi dan menggeser mesin YMJET-FI dengan teknologi terbaru.

Maka, hadirlah Yamaha Fino 125 Blue Core yang benar-benar merupakan reinkarnasi dari Fino generasi lama. Tak hanya itu saja, skuter matik Fino 125 Blue Core ini juga bakal membawa banyak fitur baru yang lebih modern dari generasi sebelumnya.

Bila dilihat dari silsilah keluarga Fino, maka Yamaha Fino 125 Blue Core ini merupakan generasi ketiga, setelah Fino generasi pertama dengan mesin karburator dan Fino generasi kedua dengan mesin YMJET-FI.

Secara desain, Yamaha Fino 125 Blue Core masih membawa desain khas Fino Series yang terlihat klasik dan berkelas.

Dengan tagline baru “Istimewakan Dirimu”, skutik retro ini masih fokus menyasar kaum feminim dari beragam background yang mewakili semua karakter style wanita, mulai dari Professional, Hijab, Edgy (tomboy), Girlie, Casual.

Eits, tapi jangan salah! Secara desain motor ini juga dibangun cukup universal, sehingga masih cocok juga untuk dikendarai kaum maskulin.

Beranjak ke bagian mesinnya, seperti yang sudah Mas Sena singgung diatas, sebagai versi baru Yamaha Fino 125 Blue Core juga turut mengalami pembaruan di sektor dapur pacunya.

Dimana pada bagian performanya, Fino 125 Blue Core Core kali ini dipersenjatai dengan mesin 125 cc berteknologi Blue Core, Air cooled, 4-stroke, SOHC satu silinder berteknologi injeksi.

Kehadiran teknologi Blue Core jelas bakal membawa perubahan signifikan pada performa Yamaha Fino 125 Blue Core menjadi lebih irit, halus, dan nyaman.

Belum lagi, YIMM juga turut membenamkan fitur-fitur baru seperti Advance Key Sistem dengan Answer Back dan Auto Open Kay Shutter yang semakin meningkatkan value dari motor baru Yamaha ini.

Nah, untuk informasi lengkap mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Fino 125 Blue Core ini, Mas Sena sudah menyiapkan  review lengkapnya pada segmen-segmen di bawah ini.

Motor dengan desain retro yang dibekali fitur Start & Stop System yang dapat membuat kendaraan lebih irit bahan bakar

Yamaha Fino 125 Blue Core F
  • Motor Yamaha Fino 125 Blue CoreJenis Matik
  • Kapasitas Mesin Yamaha Fino 125 Blue CoreKapasitas 125 cc
  • Kecepatan Yamaha Fino 125 Blue CoreTenaga 7.0 kW (9.52 PS) / 8000rpm
  • Torsi Yamaha Fino 125 Blue CoreTorsi 9.6 N.m (0,98 kgf.m) / 5500rpm
  • Rangka Yamaha Fino 125 Blue CoreRangka Underbone
  • Berat Yamaha Fino 125 Blue CoreBerat 98 kg
  • Tangki Yamaha Fino 125 Blue CoreTangki 4.2 L
  • Bahan Bakar Yamaha Fino 125 Blue CoreBahan Bakar Bensin

Harga Yamaha Fino 125 Blue Core

Note - Harga Yamaha Fino 125 Blue Core diatas untuk kisaran bulan April 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Setelah kita puas mengulas detail spesifikasinya, sekarang saatnya kita menuju pada segmen selanjutnya, yaitu soal kisaran harga Yamaha Fino 125 Blue Core ini.

Hadir di awal tahun 2016, Fino 125 Blue Core memang menjadi kejutan pertama dari YIMM untuk konsumen Indonesia.

Kedatangannya sendiri juga diikuti dengan banyak perubahan dibandingkan generasi lawasnya. Sebut saja pada bagian performanya, dimana Yamaha Fino 125 Blue Core Core kali ini sudah mengusung mesin baru berkapasitas 125cc dan sudah berteknologi Blue Core, Air cooled, 4-stroke, SOHC satu silinder Fuel Injection.

Kehadiran teknologi Blue Core jelas bakal membawa perubahan signifikan pada performa Fino 125 Blue Core menjadi lebih irit, halus, dan nyaman.

Kemudian, kisaran harga Yamaha Fino 125 Blue Core di pasaran pun juga akan dipengaruhi oleh semakin lengkapnya fitur-fitur tambahan.

Misalnya, fitur Advance Key Sistem dengan Answer Back dan Auto Open Kay Shutter, yang kehadirannya memberikan nilai lebih untuk pasaran.

Terakhir secara desain, Fino 125 Blue Core masih membawa platform desain yang sama dengan generasi Fino sebelumnya, hanya saja pada beberapa piranti mengalami sedikit sentuhan perbaikan menjadi lebih modern. Nah, dengan tampilan baru yang lebih keren ini, kira-kira harga Yamaha Fino 125 Blue Core berapa ya?

Membawa cukup banyak perubahan menjadi lebih modern, maka sangat wajar jika akhirnya harga Yamaha Fino 125 Blue Core bakal dibanderol dengan nominal yang lebih mahal.

Untuk pasar Indonesia sendiri, generasi Fino 125 Blue Core bakal dibedakan menjadi dua varian yaitu New Fino 125 Blue Core Premium (Elegant) dan New Fino 125 Blue Core Sporty.

Nah untuk harga Yamaha Fino 125 Blue Core sendiri, meskipun membawa nama yang berbeda namun urusan harga tetap sama, yaitu dibanderol dengan harga Rp 16.250.000 On The Road wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Untuk corak warna, Bro dan Sisi bisa memilih enam warna yang tersaji, yaitu tipe Elegant Stylish yang menawarkan warna White Cappuccino (putih), Red Berry Latte (merah), Black Espresso (hitam).

Sedangkan tipe Yamaha Fino 125 Blue Core Sporty Stylish menawarkan Sportif Noir (hitam), Esprit Blue (biru), Actif Rouge (merah).

Dari semua warna yang bisa dipilih, semuanya siap menebarkan pesona skutik retro yang elegan dan stylish.

Dengan banyaknya pilihan corak warna, serta didukung harga Yamaha Fino 125 Blue Core yang kompetitif, skutik keren ini memang sangat cocok bagi Bro dan Sis yang berjiwa muda dan penuh gaya.

Harga Yamaha Fino 125 Blue Core yang Mas Sena sampaikan di atas sekali lagi adalah harga untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, sehingga kemungkinan harga di tempat domisili Bro dan Sis bisa saja berbeda dengan menimbang biaya distribusi.

Bicara soal strategi pemasaran Fino 125 Blue Core, sebenarnya langkah Yamaha merilis varian bari skutik retro ini cukup strategis, apalagi menggendong mesin baru dan penambahan fitur.

Satu hal yang jelas, dengan Yamaha Fino 125 Blue Core ini, Yamaha siap mengganggu dominasi Honda Scoopy yang saat ini terus bertengger di tangga teratas segmen matic bernuansa klasik terlaris Tanah Air.

Apalagi secara kubikasi mesin, Fino 125 Blue Core masih di atas Honda Scoopy. Begitupun soal harga. Jika kita bandingkan untuk harga Yamaha Fino 125 Blue Core juga lebih kompetitif.

Namun yang jelas, antara kedua motor ini memiliki penggemarnya sendiri-sendiri. Kedatangan Fino 125 Blue Core juga berhasil menyajikan nuansa baru di kancah pasar motor matic awal tahun 2016 ini.

Kesimpulannya, ada tiga alasan mengapa skutik retro elegan terbaru dari Yamaha ini wajih kamu miliki: satu karena desainnya yang keren abis, dua karena mesinnya berteknologi canggih Blue Core, dan ketiga pastinya adalah harga Yamaha Fino 125 Blue Core yang sangat kompetitif! Sekian dulu review Mas Sena pada kesempatan kali ini.

Gambar Yamaha Fino 125 Blue Core

Spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core

Ringkasan:

Spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core yang berkapasitas mesin sebesar 125 cc ini memiliki tenaga sebesar 7.0 kW (9.52 PS) / 8000rpm. Spek Yamaha Fino 125 Blue Core menggunakan bahan bakar Bensin dan berjenis motor Matik.

Warna Yamaha Fino 125 Blue Core

Berikut ini adalah pilihan warna Yamaha Fino 125 Blue Core yang dapat anda pilih:

Review Yamaha Fino 125 Blue Core

Desain Yamaha Fino 125 Blue Core

Yamaha Fino 125 Blue Core

Pada segmen pertama kali ini Mas Sena akan mengajak Bro dan Sis untuk mengulas spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core di bagian tampilannya.

Secara kasat mata, saat kita meihat desain tampilan yang ditawarkan Fino 125 Blue Core, seri ini masih mengusung garis desain khas Fino Series yang sudah banyak dikenal masyarakat.

Untuk desainnya, Yamaha Fino 125 Blue Core membawa konsep desain ‘Stylish’ dan ‘Beautiful’. Hal itu bisa dilihat pada lekukan body bertema ‘S’ atau S-Shape.

Lantas pada desain body juga dirancang ramping dengan sentuhan elegan. Menarik saat menengok headlamp atau lampu depan Yamaha Fino 125 Blue Core, sebab pada lampu depannya meski belum mengusung teknologi LED namun memiliki desain Diamond Cut Lens, yang terlihat mewah layaknya kilauan berlian.

Kemudian untuk lampu samping, masih membawa desain yang sama dengan pendahulunya berbentuk daun dengan lampu sein yang lebih vertical dan menyempit.

Kesan retro modern pada Yamaha Fino 125 Blue Core juga semakin kentara dengan model spion bulat beraksen krom.

Sementara pada bagian stoplamp, rear grip, dan rear fender nyaris tak ada perbedaan dari generasi Fino sebelumnya, dengan stoplamp merah delima yang kian menambah kecantikan dari skutik klasik ini.

Desain knalpotnya juga tak ada perubahan. Hanya saja pada box CVT milik Fino 125 Blue Core didesain lebih rapat jika sebelumnya menganut model jaring.

So, melihat garis besar desain yang ditawarkan oleh spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core ini memang terlihat jika motor ini menawarkan nilai fashion yang lebih kepada penggunanya. Hal itu bisa dibuktikan dengan desain bodynya yang cukup cantik dan berkelas.

Rangka & Kaki-Kaki Yamaha Fino 125 Blue Core

Yamaha Fino 768x608

Memiliki body ramping, spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core tentu mudah dikendalikan. Lantas guna menambah stabilitas berkendara penggunanya, motor ini juga telah disematkan dengan dukungan suspensi berkualitas khas matic Yamaha.

Untuk bagian suspensinya, Fino 125 Blue Core membawa supensi jenis teleskopik untuk bagian depan depan serta suspensi dengan sistem lengan ayun untuk bagian belakang.

Alhasil dengan hadirnya dua suspensi tersebut, Yamaha Fino 125 Blue Core ini terasa nyaman digunakan untuk berboncengan ataupun single riding.

Dengan kerangka berjenis tulang punggung, motor ini dijamin kokoh dalam menahan beban sekaligus stabil di jalanan.

Bergerak pada bagian kaki-kaki dari Yamaha Fino 125 Blue Core ini masih menggunakan piranti yang sama dengan pendahulunya, yaitu ban depan berukuran 70/90-14M/C 34P dan ban belakang berukuran 80/90-14M/C 46P yang semuanya membalut velg palang atau cast wheel.

Untuk sistem pengereman, spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core pun juga sudah didukung dengan rem cakram pada bagian depan, serta rem tromol pada bagian belakang, yang sudah cukup mumpuni dalam mengontrol laju kendaraan.

Speedometer Yamaha Fino 125 Blue Core

Spek Yamaha Fino

Selanjutnya, kita akan mengulas desain speedometer dari spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core ini. Nah pada bagian panel speedometernya sendiri, tidak ada yang berubah dibandingkan dengan speedometer Fino sebelumnya secara desain.

Untuk generasi Fino 125 Blue Core ini tetap mengusung panel speedometer model bulat dengan bingkai warna cerah. Setiap instrumen pada dashboard Yamaha Fino 125 Blue Core juga dirancang dengan model atraktif dan tetap fashionable.

Untuk penempatan indikator juga tertata rapi dan pastinya tetap informatif dengan tambahan panel secara terpisah di sisi kiri sebagai panel indikator bahan bakar bensin.

Ada sedikit perbedaan, pada Yamaha Fino 125 Blue Core kita akan menjumpai panel indikator Eco Riding yang bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Jadi kesimpulannya, untuk konsol speedometer pada Fino 125 Blue Core sebenarnya masih mengusung konsep desain yang sama, namun karena kali ini Yamaha berhasil memberikan permainan detail dan perubahan wana menjadi lebih atraktif.

Alhasil speedometer yang menjadi bagian dari spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core terlihat lebih bergaya dan sekilas sedikit berbeda namun tetap user friendly.

Dimensi Yamaha Fino 125 Blue Core

Spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core 768x535

Hadir sebagai motor bersegmen matic, pastinya spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core juga memiliki tingkat mobilitas yang baik sebagai kendaraan harian. Hal itu terbukti tatkala kita melihat dimensi yang ditawarkan Yamaha untuk skutik anyarnya ini.

Yup, untuk dimensinya sendiri menurut Mas Sena, Yamaha Fino 125 Blue Core memiliki desain kompak dan cukup nyaman dikendarai oleh bikers dengan postur tubuh orang Indonesia.

Hal ini bisa dilihat secara dimensional, dimana Fino 125 Blue Core memiliki ukuran 1.870 x 700 x 1.066 mm (P x L x T).

Bobotnya juga sangat ringan yakni 98 kg saja. Berkat dimensinya yang cukup kompak tersebut, membuat Yamaha Fino 125 Blue Core bisa diandalkan sebagai kendaraan sehari-hari.

Motor ini juga siap menawarkan riding position yang nyaman saat dilajukan di aspal perkotaan. Sebagai catatan, untuk ground clearance yang dimilikinya cukup pendek atau sekitar 135 mm saja, sehingga secara habitat Fino 125 Blue Core lebih cocok digunakan untuk bermanuver di jalanan aspal perkotaan.

Namun yang jelas, untuk handling yang dihadirkan pada spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core ini cukup nyaman dan sangat asyik untuk diajak ‘stop and go’ dalam kondisi kemacetan.

Fitur Yamaha Fino 125 Blue Core

Harga Yamaha Fino 125 Blue Core 768x624

Sebagai produk baru, spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core pastinya wajib dibekali dengan banyak fitur penunjang agar tidak ketinggalan jaman.

Untuk fitur yang satu ini, ternyata Fino 125 Blue Core sudah tampil lebih baik dibandingkan sebelumnya. Mulai dari desain bagasi atau U-Box yang ditempatkan di bagian deck depan yang sedikit berbeda.

Pada bagasi utamanya sendiri, Yamaha Fino 125 Blue Core kali ini mengusung Megabox hingga kapasitas 8 liter untuk menyimpan banyak barang bawaan Bro dan Sis semua.

Kemudian untuk fitur selanjutnya, ada Advance Key System dengan kunci kontak berpengaman magnet canggih lengkap fitur Answer Back sama seperti Honda Vario, yang berfungsi untuk memudahkan pengendara ketika mencari motor di tempat parkir.

Cara kerja fitur Yamaha Fino 125 Blue Core ini adalah, saat tombol pada remote ditekan, Mio Fino akan mengirimkan sinyal berupa lampu dan suara beep.

Selain itu, generasi baru Yamaha Fino ini juga dibekali lampu dibagian tengah agar pengguna bisa tetap melihat kunci walaupun dalam keadaan gelap.

Terakhir adapula fitur Auto Open Key Shutter yang melengkapi spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core, dimana fitur ini berguna untuk membuka dan memasukkan kunci jadi mudah, cepat dan praktis.

Mesin Yamaha Fino 125 Blue Core

Harga Yamaha Fino 768x406

Jika ditilik secara garis besar, spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core pada bagian mesin ini memiliki diferensiasi yang paling mencolok dengan generasi sebelumnya.

Dimana untuk sektor yang satu ini, generasi Fino 125 Blue Core benar-benar membawa perubahan yang cukup besar.

Menggusur mesin lawasnya yang berkubikasi 115 cc dan masih berteknologi YMJET-FI, kali ini untuk Yamaha Fino 125 Blue Core dipersenjatai dengan mesin injeksi dengan kapasitas mesin 125 cc dan sudah berteknologi Blue Core.

Mesin berpendingin uadara itu merupakan mesin model 4-stroke, SOHC, silinder tunggal yang mampu memuntahkan ouput power maksimal sebesar 7.0 kW (9.52 PS) pada 8000 rpm dan torsi puncak hingga 9.6 N.m (0,98 kgf.m) pada 5500 rpm.

Dengan disematkannya mesin Blue Core yang mulai menjadi andalan Yamaha ini, generasi Yamaha Fino 125 Blue Core ini dijamin bakal lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar, bahkan sampai 50 persen.

Meski memiliki konsumsi bahan bakar yang tergolong irit, namun mesin pada Fino 125 Blue Core ini tetap mampu menghasilkan performa maksimal karena didukung kinerja mesin yang rendah gesekan sehingga bisa mengurangi kehilangan tenaga berlebih.

Selain itu, lewat teknologi Blue Core, suhu mesin pada Yamaha Fino 125 Blue Core juga lebih stabil dibanding generasi sebelumnya.

Meskipun memiliki kapasitas tangki hanya 4,2 liter, namun hal ini tak akan menjadi masalah mengingat Yamaha menjamin bahwa spesifikasi Yamaha Fino 125 Blue Core di bagian mesin memiliki tingkat efisiensi bahan bakar cukup tinggi.

Kelebihan Yamaha Fino 125 Blue Core

Kekurangan Yamaha Fino 125 Blue Core

Pertanyaan Seputar Yamaha Fino 125 Blue Core

Berapa harga Yamaha Fino 125 Blue Core di Indonesia?
Harga Yamaha Fino 125 Blue Core dibedakan berdasarkan tipenya. Yamaha Fino 125 Blue Core sendiri memiliki 1 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • Yamaha Fino 125 Blue Core
  • 16.25 Juta
Yamaha Fino 125 Blue Core tersedia dalam warna apa saja?
Yamaha Fino 125 Blue Core tersedia dalam 4 warna, diantaranya adalah Retro Green (Hijau), Classic Biru (Biru), Vintage Red (Merah), Silver (Silver).
Bagaimana performa mesin Yamaha Fino 125 Blue Core?
Performa mesin Yamaha Fino 125 Blue Core didukung oleh mesin dengan tipe Air cooled, 4-stroke, SOHC yang memiliki kapasitas mesin sebesar 125 cc yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 7.0 kW (9.52 PS) / 8000rpm dengan torsi maksimal sebesar 9.6 N.m (0,98 kgf.m) / 5500rpm.
Berapa ukuran dimensi dari Yamaha Fino 125 Blue Core?
Dimensi Yamaha Fino 125 Blue Core memiliki ukuran panjang 1870 mm, lebar 700 mm, tinggi 1066 mm, serta berat 98 kg.
Apa rangka yang digunakan oleh Yamaha Fino 125 Blue Core?
Jenis rangka yang digunakan oleh Yamaha Fino 125 Blue Core adalah Underbone.

Mesin

  • Tipe Mesin
  • Air cooled, 4-stroke, SOHC
  • Kapasitas Mesin
  • 125 cc
  • Silinder
  • 1
  • Diameter x Langkah
  • 52,4 x 57,9 mm
  • Perbandingan Kompresi
  • 9,5 : 1
  • Tenaga Maksimal
  • 7.0 kW (9.52 PS) / 8000rpm
  • Torsi Maksimal
  • 9.6 N.m (0,98 kgf.m) / 5500rpm
  • Tipe Transmisi
  • V-belt automatic
  • Tipe Starter
  • Elektrik & kick starter
  • Sistem Bahan Bakar
  • Fuel Injection
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 1870 mm
  • Lebar
  • 700 mm
  • Tinggi
  • 1066 mm
  • Jarak Sumbu Roda
  • 1260 mm
  • Tinggi Tempat Duduk
  • 745 mm
  • Berat
  • 98 kg
  • Kapasitas Tangki
  • 4.2 L

Rangka

  • Tipe Rangka
  • Underbone
  • Suspensi Depan
  • Teleskopik
  • Suspensi Belakang
  • Unit swing
  • Rem Depan
  • Disc brake
  • Rem Belakang
  • Drum brake
  • Sistem Pengereman
  • - - -
  • Ban Depan
  • 80/80-14M/C 43P
  • Ban Belakang
  • 100/70-14M/C 51P

Kelistrikan

  • Tipe Baterai / Aki
  • YUASA/YTZ4V
  • Sistem Pengapian
  • TCI
  • Tipe Busi
  • NGK/CR6HSA