Yamaha Mio Z

Harga Yamaha Mio Z dan Spesifikasi – Yamaha yang merupakan produsen yang sudah dikenal oleh masyarakat Tanah Air, tentunya bukan suatu hal yang menyulitkan bagi Yamaha untuk selalu melakukan gebrakan dan inovasi terbaru.

Nah, berhubungan dengan hal tersebut, setelah mengawali tahun 2016 dengan Yamaha Aerox 125LC, kini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali meluncurkan produk skuter matiknya, Yamaha Mio Z.

Usul punya usul, berdasarkan nama yang digunakan rasanya varian motor Yamaha terbaru ini adalah perkembangan lebih lanjut dari generasi Mio.

Pada tanggal 30 Maret 2016 yang lalu, Sirkuit Sentul menjadi saksi bisu kehadiran Yamaha Mio Z secara resmi di Indonesia.

Nah dengan kehadiran motor ini akhirnya lengkap sudah varian skuter matik dari Yamaha disamping yang kita kenal yakni Yamaha Mio M3, Yamaha NMAX, All New Yamaha Soul GT, New Yamaha Fino 125 Blue Core dan Yamaha Aerox. Oleh karena itu, sangatlah menarik untuk membahas lebih dalam tentang Yamaha Mio Z ini.

Yamaha Mio Z merupakan motor kelas matik 125 cc yang dibekali dengan teknologi Blue Core. Yamaha Mio Z ini bisa dikatakan merupakan kembaran dari Yamaha Mio M3.

Perbedaannya hanya terletak pada desain bagasi Yamaha Mio Z lebih luas dan ukuran bannya saja. Dari segi desain, bodinya lebih terlihat ramping dan sedikit memiliki kesan segar serta stylish dengan sedikit beberapa lekukan tegas pada bagian bodinya.

Untuk urusan mesin pun juga tak mau kalah. Yamaha Mio Z dipersenjatai dengan tipe mesin Air Cooled 4 Stroke SOHC dan volume silinder 125 cc yang akan memberikan tenaga cukup mantap untuk sekelas motor matik.

Di samping itu, dilengkapi juga dengan sistem bahan bakar Fuel Injeksi berteknologi Blue Core yang akan menghemat bahan bakar dan sehingga akan lebih efisien.

Lantas, apa saja ya keunggulan lain dari Yamaha Mio Z ini? Yuk kita bahas bersama ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Mio Z pada segmen-segmen di bawah ini.

Motor matik dengan harga terjangkau yang sesuai dengan kantong anak muda

Yamaha Mio Z F
  • Motor Yamaha Mio ZJenis Matik
  • Kapasitas Mesin Yamaha Mio ZKapasitas 125 cc
  • Kecepatan Yamaha Mio ZTenaga 7.0 kW / 8000 rpm
  • Torsi Yamaha Mio ZTorsi 9.6 Nm / 5500 rpm
  • Rangka Yamaha Mio ZRangka Underbone
  • Berat Yamaha Mio ZBerat 94 kg
  • Tangki Yamaha Mio ZTangki 4.2 L
  • Bahan Bakar Yamaha Mio ZBahan Bakar Bensin

Harga Yamaha Mio Z

Note - Harga Yamaha Mio Z diatas untuk kisaran bulan April 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Setelah selesai dengan ulasan spesifikasi motor terbaru Yamaha ini pada tiap-tiap segmennya, sekarang waktunya kita akan membahas kisaran harga Yamaha Mio Z ini.

Akan tetapi, sebelum membahas soal harga, Mas Sena ingin memberi kesimpulan singkat dari spesifikasi motor ini yang mantap.

Dari segi tampilan, Yamaha Mio Z ini memiliki desain tampilan eksterior yang memiliki kesamaan dengan saudaranya yaitu Yamaha M3, mulai dari depan hingga buritan. Yang berbeda hanya pada bagasi dan ban yang lebih luas serta bentuk kaca spion yang lebih runcing.

Pada segi dapur pacu pun, Yamaha Mio Z ini sudah dibekali dengan mesin Tipe SOHC dengan single silinder berkapasitas 125 cc lengkap dengan sistem pengapian TCI dan  sistem bahan bakar fuel injeksi.

Sehingga, Yamaha Mio Z akan terasa lebih bertenaga dan lebih efisien serta irit bahan bakar. Kalau masalah irit bahan bakar ini tentunya amatlah penting, karena berapapun harga Yamaha Mio Z ini, rasanya menjadi tidak hemat apabila boros “minumnya.”

Di samping itu, sekuter matik ini juga dilengkapi dengan beragam fitur pendukung lain seperti Eco indikator dan multifunction key.

Dengan spesifikasi dan fitur-fitur pendukung yang canggih tersebut, berapa kira-kira harga Yamaha Mio Z ini ya?

Yamaha memang merupakan produsen motor yang selalu memberikan harga yang cukup kompetitif bagi para calon konsumennya.

Untuk pangsa pasar otomotif Indonesia, harga Yamaha Mio Z yang dipatok memang sangat kompetitif. Dilansir dari berbagai sumber  terpercaya bahwa harga Yamaha Mio Z ini dibanderol pada angka Rp 15,1 Juta.

Selisih Rp 400 ribu dari sodaranya yaitu Yamaha Mio M3. Harga tersebut sudah resmi sesuai peluncuran pertama yang diadakan pada 30 Maret 2016 lalu oleh Executive Vice President and COO PT YIMM.

Namun, harga Yamaha Mio Z yang disebutkan itu merupakan harga OTR (On The Road) untuk wilayah Jakarta. Kadi tentunya ada kemungkinan terjadi perbedaan di beberapa daerah.

Di samping itu, Yamaha Mio Z ini menawarkan dua varian warna, yaitu Hitam Zagoan dan Putih Zagoan yang bisa sobat pilih sesuai keinginan sobat.

Dengan melihat spesifikasi dan beragam fitur canggih dari Yamaha Mio Z ini, tentunya harga Yamaha Mio Z tersebut dinilai sangat sesuai dan cocok.

Mengingat, sekuter matik ini memiliki ukuran ban dan bagasi yang lebih luas dan lebar dibandingkan dengan sodaranya, Mio M3 yang lebih murah dengan selisih Rp 400 ribu yang tidak memiliki fitur tersebut.

Dengan harga Yamaha Mio Z yang hanya di angka 15 jutaan rupiah, tentunya akan menambah persaingan otomotif dalam dunia motor yang sudah semakin ketat. Mengingat tidak hanya saudaranya, Mio M3 yang menjadi pesaingnya.

Tetapi, produsen Honda juga meluncurkan Honda Vario 125 eSP yang merupakan pesaing terberatnya dan juga memiliki pangsa pasar cukup tinggi di ranah Tanah Air kita.

Oke, sampai di sini dulu ya ulasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Mio Z yang Mas Sena informasikan. Semoga bisa bermanfaat.

Gambar Yamaha Mio Z

Spesifikasi Yamaha Mio Z

Ringkasan:

Spesifikasi Yamaha Mio Z yang berkapasitas mesin sebesar 125 cc ini memiliki tenaga sebesar 7.0 kW / 8000 rpm. Spek Yamaha Mio Z menggunakan bahan bakar Bensin dan berjenis motor Matik.

Warna Yamaha Mio Z

Berikut ini adalah pilihan warna Yamaha Mio Z yang dapat anda pilih:

Review Yamaha Mio Z

Desain Yamaha Mio Z

Harga Yamaha Mio Z

Pada segmen awal ini, Mas Sena akan mengajak sobat untuk mengulas desain eksterior dari spesifikasi Yamaha Mio Z.

Jika kita lihat secara detail dari segi tampilan luarnya, desain bodi dari Yamaha Mio Z ini memiliki kemiripan dengan Yamaha Mio M3.

Perbedaannya hanya terlihat pada ukuran ban dan bagasi yang lebih besar. Sekilas, terlihat juga sudut bodi yang tajam dan meruncing dari depan hingga belakang.

Dari depan, Yamaha Mio Z dibekali headlamp yang terlihat lebih modern dan tajam dengan gaya desain M-Shape Headlamp.

Kemudian pada bagian samping, Yamaha Mio Z didesain dengan bentuk yang begitu ramping dan memperlihatkan kesan stylish.

Untuk urusan striping, bisa dibilang tampak bagus dengan desain grafis minimalis tetapi tetap menampilkan kesan elegan.

Lanjut pada sektor jok dan handle seatnya menggunakan M Style yang memperlihatkan aura futuristik dan modern.

Lalu, pada segmen buritannya, Yamaha Mio Z ini memiliki bodi belakang bergaya Smokey Tail Lamp yaitu lampu belakang dengan desain ‘racy’ lengkap dengan akses smoke yang memiliki karakter tegas.

Memang, jika dilihat secara keseluruhan pada bagian luarnya, spesifikasi Yamaha Mio Z yang ditawarkan ini memperlihatkan tampilan yang berkesan ramping dan elegan.

Rangka & Kaki-Kaki Yamaha Mio Z

Harga Yamaha Mio Z Terbaru

Memiliki desain yang memperlihatkan gaya simpel dan stylish, tentunya motor baru besutan Yamaha ini juga dipersenjatai dengan suspensi yang kokoh dan mantap.

Spesifikasi Yamaha Mio Z ini dibekali suspensi Teleskopik pada bagian depan dan suspensi Unit Swing pada bagian belakangnya.

Sehingga, dengan didukung suspensi yang cukup kokoh tersebut, tentunya Yamaha Mio Z ini akan nyaman dan lebih stabil jika dikendarai berboncengan ataupun sendirian.

Lalu, beralih pada kaki-kaki, Yamaha Mio Z mengandalkan ban depan yang berukuran 80.80-14M/C 43P dan untuk ban belakangnya 100/70-14M/C 51P.

Dengan mengamati ukuran ban tersebut, ukuran ban yang disematkan pada Yamaha Mio Z ini lebih lebar dan besar dari berbagai kompetitornya.

Kemudian, pada sektor pengereman, spesifikasi Yamaha Mio Z ini didukung dengan sistem pengereman Single Disc Brake pada bagian depan dan Drum Brake pada bagian belakangnya yang tentunya sangat mendukung pada segi keselamatan pengendaranya dalam posisi kecepatan yang tinggi.

Speedometer Yamaha Mio Z

Spesifikasi Yamaha Mio Z

Pada pembahasan yang kedua ini, Mas Sena akan membahas tentang spesifikasi Yamaha Mio Z pada sektor panel indikator (speedometer) atau dashboardnya.

Pada bagian instrumen panel, desain speedometer pada rancangan Yamaha Mio Z ini menampilkan kesan yang lebih fresh.

Desain yang tampak pada panel indikator skuter matik yang satu ini dirancang dengan konsep analog dan dengan gaya yang lebih minimalis tapi tetap menampilkan kesan elegan.

Pada panel indikator yang disematkan pada Yamaha Mio Z ini, terbagi pada beberapa bagian, yang pertama bagian samping kiri dan kanan yang dilengkapi dengan panel Eco Indikator, lampu jarak jauh, sein indikator, dan eco indikator.

Pada bagian tengah juga terbagi dua bagian yaitu bagian speedometer untuk mengukur kecepatan lengkap dengan jarum penunjuk dan indikator bahan bakar yang lengkap juga dengan jarum penunjuk.

Secara keseluruhan, fitur panel indikator yang dibenamkan pada Yamaha Mio Z tersebut sangat membantu pengendaranya dalam mengendarai motor ini dan lebih efisien serta aman.

Dimensi Yamaha Mio Z

Yamaha Mio Z

Selanjutnya, Mas Sena akan mengajak sobat semua pada sektor dimensional dari spesifikasi Yamaha Mio Z. Apabila kita cermati kembali pada dimensinya, Yamaha Mio Z ini memiliki desain yang cukup slim atau ramping.

Dimensinya memiliki ukuran dengan panjang 1.870 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.035 mm serta memiliki berat 94 kg.

Dengan mengetahui dimensinya tersebut, Yamaha Mio Z ini akan lebih mudah dan lincah serta lebih nyaman untuk dikendarai.

Selain itu, dengan Yamaha Mio Z ini memiliki ketinggian jok 750 mm sehingga akan mempermudah penumpangnya yang memiliki postur tak terlalu tinggi tanpa harus jinjit jika akan menungganginya.

Di samping itu, Yamaha Mio Z ini sangat nyaman jika dikendarai di jalanan luas maupun jalanan perkotaan yang padat.

Bahkan, di jalanan yang berlubang dan banyak batu pun tetap terasa nyaman sebab Yamaha Mio Z ini memiliki ground clearance atau jarak terendah dengan tanah yang cukup tinggi, yaitu 135 mm.

Di samping itu, dengan tipe rangka Underbone, Yamaha Mio Z ini memiliki bagasi yang cukup luas sehingga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang penggunanya.

Sementara, untuk kapasitas tangki bahan bakar, spesifikasi Yamaha Mio Z dibekali tangki bahan bakar yang berkapasitas 4,2 L untuk sekali pengisian.

Fitur Yamaha Mio Z

Motor Yamaha Mio Z

Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan spesifikasi Yamaha Mio Z yang terakhir. Pembahasan akhir ini akan mengulas tentang beragam fitur yang disematkan pada Yamaha Mio Z.

Motor skuter satu ini sudah dipersenjatai dengan fitur speedometer yang lengkap dengan eco indikator, bagasi yang luas, smart lock system, multi function key dan smart side stand switch.

Fitur Eco Indikator tersebut, akan memastikan pengendara bisa mengendalikan Yamaha Mio Z ini dengan lebih efisien supaya hemat dalam konsumsi BBM sebesar 50 % jika dibandingkan dengan matic Yamaha keluaran 2008.

Selain itu, multifunction key yang memiliki 3 fungsi, yaitu kunci stang, kunci kontak, dan kunci kunci untuk membuka bagasi.

Kemudian, fungsi dari smart lock system menjadikan Yamaha Mio Z ini lebih mudah saat mengunci rem di jalanan menanjak secara otomatis dengan mengklik fitur ini dari jari pengendara.

Di samping itu, juga ada fitur pendukung lain yang melengkapi keamanan yaitu Smart Side Stand Switch di mana fitur tersebut akan menjadikan lebih aman ketika memarkirkan Yamaha Mio Z ini sebab bisa langsung mematikan mesin motor pada waktu standar samping diturunkan.

Bahkan, fitur yang satu ini juga bisa memberi konfirmasi dengan tanda berkedip ketika digunakan. Cukup menarik bukan?

Dengan spesifikasi Yamaha Mio Z tersebut, tentunya sobat semua bisa menikmati sensasi seru ketika berkendara.

Mesin Yamaha Mio Z

Spek Yamaha Mio Z

Nah, kali ini waktunya untuk mengulas spesifikasi Yamaha Mio Z pada sektor permesinan. Seperti dengan saudara kembarnya Mio M3, Yamaha Mio Z ini juga mengandalkan mesin generasi baru dengan kapasitas isi silinder 125 cc.

Mesin yang digunakan pada skuter matik ini adalah mesin dengan sistem transmisi otomatis bertipe V-Belt Automatic dengan rasio kompresi pembakaran yang dinilai cukup tinggi, yaitu 9,5:1. Selain itu, tipe kopling yang digunakan oleh Yamaha Mio Z ini berjenis Dry, Centrifungal Automatic.

Dengan berbekal tipe mesin Air Cooled 4-Stroke SOHC, mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 7,0 kW pada putaran 8.000 rpm dan torsi maksimal 9,6Nm pada putaran 5.500 rpm lengkap dengan sistem pelumasan Wet Sump yang akan menambah dorongan motor matic ini lebih bertenaga dan lincah.

Di samping itu, spesifikasi Yamaha Mio Z ini mengandalkan sistem pengapian TCI dan dengan sistem pembakaran Fuel Injection akan menjadikan bahan bakar lebih irit dan efisien.

Kelebihan Yamaha Mio Z

Kekurangan Yamaha Mio Z

Pertanyaan Seputar Yamaha Mio Z

Berapa harga Yamaha Mio Z di Indonesia?
Harga Yamaha Mio Z dibedakan berdasarkan tipenya. Yamaha Mio Z sendiri memiliki 1 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:
  • Yamaha Mio Z
  • Rp 17.320.000
Yamaha Mio Z tersedia dalam warna apa saja?
Yamaha Mio Z tersedia dalam 3 warna, diantaranya adalah Hitam Zagoun (Hitam), Merah Zuper (Merah), White (Putih).
Bagaimana performa mesin Yamaha Mio Z?
Performa mesin Yamaha Mio Z didukung oleh mesin dengan tipe Air cooled 4-stroke, SOHC yang memiliki kapasitas mesin sebesar 125 cc yang mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 7.0 kW / 8000 rpm dengan torsi maksimal sebesar 9.6 Nm / 5500 rpm.
Berapa ukuran dimensi dari Yamaha Mio Z?
Dimensi Yamaha Mio Z memiliki ukuran panjang 1870, lebar 685, tinggi 1035 mm, serta berat 94 kg.
Apa rangka yang digunakan oleh Yamaha Mio Z?
Jenis rangka yang digunakan oleh Yamaha Mio Z adalah Underbone.

Mesin

  • Tipe Mesin
  • Air cooled 4-stroke, SOHC
  • Kapasitas Mesin
  • 125 cc
  • Silinder
  • 1
  • Diameter x Langkah
  • 52,4 x 57,9 mm
  • Perbandingan Kompresi
  • 9,5 : 1
  • Tenaga Maksimal
  • 7.0 kW / 8000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 9.6 Nm / 5500 rpm
  • Tipe Transmisi
  • V-belt automatic
  • Tipe Starter
  • Electric & kick starter
  • Sistem Bahan Bakar
  • Fuel Injection
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 1870
  • Lebar
  • 685
  • Tinggi
  • 1035 mm
  • Jarak Sumbu Roda
  • 1260 mm
  • Tinggi Tempat Duduk
  • 750 mm
  • Berat
  • 94 kg
  • Kapasitas Tangki
  • 4.2 L

Rangka

  • Tipe Rangka
  • Underbone
  • Suspensi Depan
  • Teleskopik
  • Suspensi Belakang
  • Unit Swing
  • Rem Depan
  • Single Disc Brake
  • Rem Belakang
  • Drum Brake
  • Sistem Pengereman
  • - - -
  • Ban Depan
  • 80/80-14 M/C 43P
  • Ban Belakang
  • 100/70-14 M/C 51P

Kelistrikan

  • Tipe Baterai / Aki
  • YTZ4V/GTZ4V
  • Sistem Pengapian
  • TCI
  • Tipe Busi
  • NGK/CR6HSA