Yamaha X-Ride 125

Harga Yamaha X-Ride dan Spesifikasi – Beberapa waktu lalu, akhirnya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi memperkenalkan wajah baru dari Yamaha X-Ride 125.

Peluncuran skutik baru pada ajang Jakarta Fair Kemayoran (JFK) yang berlokasi di JIExpo Kemayoran, Jakarta ini memang awalnya dipelopori dari varian X-Ride generasi pertama yang sebelumnya diketahui sudah empat tahun malang melintang di pasar otomotif Indonesia.

Kini, Yamaha X-Ride 125 sebagai generasi penerusnya tentu hadir dengan ubahan yang membuatnya tampil lebih oke punya.

Pasalnya, pada skutik generasi baru buatan pabrik berlogo garpu tala ini, diketahui ada banyak peningkatan spesifikasi guna memberikan kenyamanan kepada pra pengguna ketika mengendarai Yamaha X-Ride 125 ini yang di antaranya yakni tetap menganut model telanjang namun justru makin ringan.

Komponen itu dikolaborasikan dengan panel indikator yang serupa akan tetapi di dalamnya ada desain berbeda yang diklaim lebih sporty dan informatif. Lalu, kira-kira apalagi ya keunggulan lain yang dimiliki skutik bertajuk Yamaha X-Ride 125 ini?

Selain desain bodi yang dibuat lebih sporty, spesifikasi pada Yamaha X-Ride 125 yang mengalami peningkatan yakni pada sektor ruang pacunya.

Pasalnya, kali ini pabrik otomotif asal Negeri Bunga Sakura ini akan menghadirkannya dengan bekalan mesin lebih besar di mana pada generasi awal mengusung kapasitas 115 cc, kini pada generasi baru Yamaha X-Ride 125 ini bakal dipersenjatai mesin berkapasitas 125 cc Blue Core.

Tentu saja, dengan bekalan mesin yang dibawanya tersebut, dipastikan akan membuat skutik buatan Yamaha ini semakin bertenaga.

Tak cukup sampai di situ saja, skuter Yamaha ini juga nantinya bakal dilengkapi dengan ragam fitur-fitur berteknologi tinggi dan modern yang tentunya fungsional sebagai penunjang kenyamanan dan keselamatan Yamaha X-Ride 125 tersebut.

Pastinya, dengan beberapa keunggulan atau kelebihan yang ditawarkan tersebut bakal membuat konsumen pun kepincut dengan skutik ini.

Di samping itu, sebenarnya masih banyak lagi kelebihan atau keunggulan yang dimiliki skutik garapan Yamaha ini.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk kita simak bersama ulasan lengkapnya mengenai spesifikasi dan harga Yamaha X-Ride 125 di segmen-segmen berikut ini!

Motor matik yang didesain untuk berpetualang yang dibekali ketinggian ground clearance yang tinggi untuk menambah kenyamanan

Yamaha X Ride 125 F
  • Motor Yamaha X-Ride 125Jenis Matik
  • Kapasitas Mesin Yamaha X-Ride 125Kapasitas 125 cc
  • Kecepatan Yamaha X-Ride 125Tenaga 7,0 Kw / 8000 rpm
  • Torsi Yamaha X-Ride 125Torsi 9,6 N.m / 5500 rpm
  • Rangka Yamaha X-Ride 125Rangka Underbone
  • Berat Yamaha X-Ride 125Berat 98 kg
  • Tangki Yamaha X-Ride 125Tangki 4.2 L
  • Bahan Bakar Yamaha X-Ride 125Bahan Bakar Bensin

Harga Yamaha X-Ride 125

Note - Harga Yamaha X-Ride 125 diatas untuk kisaran bulan April 2020 - Harga akurat dapat mengunjungi dealer terdekat

Setelah kita membahas mengenai spesifikasinya pada beberapa segmen di atas, kini saatnya Mas Sena untuk mengulas harga Yamaha X-Ride 125.

Tapi, seperti biasa bahwa sebelum jauh mengulas banderol, Mas Sena akan sedikit memberikan kesimpulan dari penjelasan terkait spesifikasi yang diusung skutik ini.

Sebagaimana yang sudah dijelaskan pada beberapa segmen di atas, maka diketahui bahwa Yamaha X-Ride 125 ini akan hadir dengan desain yang lebih sporty dan modern pada setiap sisinya dengan rangka kokoh serta dimensi yang ideal.

Sehingga akan memberikan posisi riding yang nyaman. Sedangkan di sisi lain, untuk sektor mesinnya sendiri, Yamaha akan menyematkan mesin SOHC yang memiliki kapasitas 125 cc dan berteknologi Blue Core yang tak akan menjadikan harga Yamaha X-Ride 125 tersebut menjadi mahal.

Yang menarik, tekhnologi tersebut diketahui dapat membuat konsumsi bahan bakar pada mesin skutik ini menjadi lebih irit.

Lantas, dengan beberapa keunggulan dan kelebihan yang dibawanya tersebut, kira-kira berapa sih angka yang disematkan pada banderol harga Yamaha X-Ride 125?

Perlu diketahui bahwa sejak peluncurannya, harga Yamaha X-Ride 125 pun bakal dibanderol dengan nominal yang terjangkau.

Pasalnya, berdasarkan informasi yang diperoleh dari pra intelijen Mas Sena, harga jual dari skuter ini akan dibanderol Rp 17.25 juta.

Angka tersebut naik setidaknya 1.25 jutaan apabila dibandingkan dengan harga Yamaha X-Ride 125 model lama.

Selain itu, YIMM mengklaim, motor ini cocok sebagai kendaraan harian atau teman bertualang, menyasar ke anak muda yang ingin tampil beda.

Tersedia dalam tiga pilihan warna, Explorer Green, Passion Red, dan Tough Black yang akan semakin menambah kecantikan Yamaha X-Ride 125 ini.

Ketiga pilihan warna yang dapat dipilih sesuai keinginan konseumen tersebut tentu akan cukup menjadi salah satu daya tarik skuter ini dalm menggaet konsumennya.

Apalagi, ketiga warna tersebut diketahui tak akan berpengaruh sama sekali pada harga Yamaha X-Ride 125 tersebut.

Di samping harga Yamaha X-Ride 125 yang cukup terjangkau tersebut, apabila kita membandingkannya antara spesifikasi dan keunggulan yang ditawarkannya sepertinya banderol untuk memboyong skutik ini sudah cocok dan sepadan.

Bahkan, bisa dikatakan cukup terjangkau. Selain itu, dengan banderol harga Yamaha X-Ride 125 tersebut tentu akan membuat konsumen pun bakal berebut mengingat skutik ini memiliki keunggulan tersendiri dan harga yang terjangkau.

Selain itu, sebagai salah satu skuter dengan desain yang cukup unik, motor ini memang telah memiliki banyak penggemar.

Hal tersebut tentu akan sedikit membantu Yamaha X-Ride 125 dalam menembus pasaran. Pasalnya, seperti yang diketahui, saat ini segmen motor matik di Tanah Air memang memiliki persaingan yang begitu ketat.

Nah, sampai di sini dulu ya kawan ulasan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha X-Ride 125. Semoga bermanfaat.

Gambar Yamaha X-Ride 125

Spesifikasi Yamaha X-Ride 125

Ringkasan:

Spesifikasi Yamaha X-Ride 125 yang berkapasitas mesin sebesar 125 cc ini memiliki tenaga sebesar 7,0 Kw / 8000 rpm. Spek Yamaha X-Ride 125 menggunakan bahan bakar Bensin dan berjenis motor Matik.

Warna Yamaha X-Ride 125

Berikut ini adalah pilihan warna Yamaha X-Ride 125 yang dapat anda pilih:

Review Yamaha X-Ride 125

Desain Yamaha X-Ride 125

Spesifikasi Yamaha X Ride

Seperti pada pembahasan sebelumnya, pada segmen pertama ini Mas Sena akan menyajikan informasi terkait sisi tampilan fisik dari spesifikasi Yamaha X-Ride 125.

Pembaruan pada model X-Ride Series ini tentunya terjadi pada beberapa aspek yang salah satunya pada sisi eksteriornya.

Di mana, gaya sporty yang berkesan lebih mengedepankan aspek adventure tampak jelas pada setiap lekukan dari setiap sisi bodi yang diusung Yamaha X-Ride 125.

Dimulai dari depan, kita bisa melihat desain headlamp yang sangat futuristik pun kian tampak terpasang dengan manis pada bagian depan.

Bahkan, headlamp yang dibawa skutik buatan Yamaha tersebut sudah mengandalkan lampu berteknologi LED yang dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL) sehingga selain mampu menampilkan gaya desain yang menarik, headlamp yang diusung Yamaha X-Ride 125 ini pun juga turut mampu memberikan penerangan yang lebih terang dan tahan lama.

Selain itu, penerapan fairing pada bagian muka pun terkesan semakin menajam dan lebih sporty. Kemudian, pada bagian samping dari Yamaha X-Ride 125, tampak kesan ramping dari belakang dan samping kini tertutup dengan bodi yang cenderung sedikit bongsor.

Sementara untuk jok pun di hadirkan dengan mengusung desain rata guna memudahkan mengatur posisi duduk disertai kombinasi dua warna yang membuatnya tampil lebih stylish.

Bahkan, di bawah jok Yamaha X-Ride 125 juga terdapat bagasi yang dibuat lebih lega sehingga bisa digunakan untuk membawa barang bawaan.

Nah, menginjak pada bagian belakang, tampaknya tak berbeda jauh dengan versi lama, hanya saja pada varian baru ini, Yamaha membekali spesifikasi Yamaha X-Ride 125 ini dengan stop lamp berteknologi LED sehingga mampu memancarkan cahaya yang cukup terang tanpa membuat silau pengendara lain yang berada di belakangnya.

Rangka & Kaki-Kaki Yamaha X-Ride 125

Yamaha X Ride

Tak cukup hanya rangka kokoh dan dimensinya yang ideal saja, spesifikasi Yamaha X-Ride 125 ini juga bakal dilengkapi dengan kaki-kaki yang kokoh dan kuat.

Hal itu bisa dilihat dari bekalan suspensi pada kedua kaki-kakinya, baik pada sektor depan maupun belakang.

Di mana, untuk bagian depan diketahui akan mengandalkan tipe Telescopic, sementara itu untuk bagian belakang Yamaha X-Ride 125 akan menggunakan tipe Unit Swing.

Nah, dengan keberadaan kedua suspensi tersebut maka dipastikan akan membuat berkendara menjadi lebih seimbang dan nyaman.

Sementara itu, untuk mendukung kekuatan pada kaki-kakinya maka Yamaha pun akan melengkapi Yamaha X-Ride 125 ini dengan velg sporty berukuran 14 inci pada bagian depan dan belakang.

Nah, kedua velg tersebut akan dlapisi oleh ban tubeless di mana untuk bagian depan akan menggunakan ban berukuran 80.80-14M/C 43P dan untuk bagian belakang bakal dibalut ban berukuran 100/70-14M/C 51P.

Di samping itu, tak ketinggalan juga bahwa spesifikasi Yamaha X-Ride 125 ini juga akan dilengkapi tipe pengereman Disc (cakram) untuk bagian depan dan Drum pada bagian belakangnya.

Speedometer Yamaha X-Ride 125

Yamaha X Ride 125

Beralih ke segmen ini, Mas Sena akan mencoba untuk mengulas pada panel indikator dari spesifikasi Yamaha X-Ride 125.

Nah, pada sesi yang satu ini, bisa dilihat bagaimana pabrik asal negeri Matahari tersebut mengusung panel serupa namun dibuat dengan desain berbeda yang lebih sporty dan informatif.

Terkait dengan panel indikator tersebut, skuter matik ini masih menggunakan tipe panel analog minimalis di mana panel dari Yamaha X-Ride 125 tersebut akan menampilkan informasi yang cukup jelas.

Antara lain, yakni kecepatan dalam km/jam dan di bawahnya terdapat indikator notifikasi/pemberitahuan kapasitas bahan bakar.

Sementara itu, di samping kanan dan kiri pada speedometer Yamaha X-Ride 125 tersebut terdapat beberapa lampu indikator, yakni lampu sein, lampu tembak (high beam) dan juga disertai menu Eco Indikator yang akan membuat berkendara lebih ekonomis dan aman.

Dengan demikian maka jika melihat secara keseluruhan, bisa disimpulkan bahwa instrumen indikator pada spesifikasi Yamaha X-Ride 125 ini memang dirancang lebih sporty dan modern serta mampu menampilkan informasi yang mudah dipahami oleh pengguna.

Dimensi Yamaha X-Ride 125

Harga Yamaha X Ride 125

Setelah kita tahu beberapa sektor eksteriornya, kini waktunya Mas Sena untuk mengulas rangka dan dimensi yang diusung spesifikasi Yamaha X-Ride 125.

Jika melihat dari bentuk bodinya pada varian barunya ini yang terkesan lebih kokoh, hal itu tak lepas dari struktur rangka maupun dimensi pembentuknya.

Nah, untuk rangkanya sendiri, skuter matik ini menggunakan tipe rangka Underbone yang ringan namun tetap kokoh sehingga akan membuat berkendara menjadi lebih enteng.

Sementara itu, untuk ukuran dimensinya sendiri, Yamaha akan membangun Yamaha X-Ride 125 terbaru ini dengan ukuran panjang 1860 mm, lebarnya 740 mm, dan tingginya 1070 mm serta memiliki jarak sumbu roda sepanjang 1260 mm.

Dengan demikian maka wajar jika skutik garapan Yamaha ini memiliki bentuk bodi yang ramping namun agak sedikit gendut di bagian sampingnya.

Sementara itu, untuk kapasitas tangki bahan bakar yang dibawa Yamaha X-Ride 125 terbaru diketahui mampu menampung bahan bakar hingga 4.2 liter.

Tapi, hal tersebut tampaknya tak berpengaruh banyak pada bobotnya di mana skutik ini memiliki bobot seberat 98 Kg.

Di sisi lain, untuk tinggi tempat duduknya pun sudah disesuaikan dengan postur tinggi kebanyakan orang Indonesia setinggi 760 mm sehingga akan mempermudah para konsumen dalam mengendarai Yamaha X-Ride 125 ini.

Selain itu, untuk jarak terendah ke tanah sendiri memiliki ukuran setinggi 135 mm yang cukup pas untuk sebuah skutim perkotaan sehingga akan mempermudah pengendara dalam bermanuver di medan perkotaan.

Nah, dengan begitu maka secara keseluruhan bisa diketahui bahwa dimensi dan rangka yang diusung spesifikasi Yamaha X-Ride 125 ini dirasa sudah pas dan ideal dengan rangka yang kokoh.

Fitur Yamaha X-Ride 125

Harga Yamaha X Ride

Di sisi lain, menginjak pada sesi kali ini, kita akan bersama-sama mengulas beberapa fitur yang dibenamkan pada spesifikasi Yamaha X-Ride 125.

Beberapa Di antaranya yakni pada panel indikatornya yang dibuat lebih sporty dan informatif lengkap dengan stang berdimensi lebih lebar sehingga akan membuat posisi riding menjadi lebih nyaman.

Selain itu, bagasi yang luas pun juga turut disediakan pada skutik ini sebagai media untuk membawa barang bawaan yang lebih banyak.

Tak hanya itu saja, Yamaha X-Ride 125 ini juga sudah dilengkapi dengan lampu Hazard sebagai lampu penanda untuk memberikan situasi darurat. Hal ini sangat menunjang keselamatan penumpang.

Di sisi lain, fitur Eco Indikator pun turut disematkan sebagai pilihan berkendara agar lebih irit dan ekonomis.

Selain itu, untuk mempermudah pengemudi dalam mengendalikan laju Yamaha X-Ride 125 ini maka dibekali pula dengan dua pengereman, yakni tipe rem Disc (cakram) dan Drum.

Meski belum menggunakan teknologi pengereman ABS namun dengan dua pengereman tersebut dirasa sudah cukup maksimal dalam menjaga maupun mengontrol laju kecepatan.

Nah, dengan kelebihan pada spesifikasi Yamaha X-Ride 125 tersebut, kira-kira berapa ya banderol yang cocok untuk memboyong skutik buatan Yamaha ini?

Mesin Yamaha X-Ride 125

Spek Yamaha X Ride 125

Segmen desain, dimensi, dan kaki-kaki sudah kita lewati dan menginjak pada sesi kali ini, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengintip bagian mesin dari spesifikasi Yamaha X-Ride 125.

Sebagai generasi baru, tentunya skutik buatan Yamaha ini bakal dibekali dengan beberapa pembaruan atau peningkatan, khususnya pada bagian ruang pacunya.

Di mana, pabrik asal Jepang berlogo garpu tala tersebut akan membekali Yamaha X-Ride 125 tersebut dengan mesin tipe SOHC Silinder Tunggal 4 langkah dengan 2 katup yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 125 cc.

Tenaga yang dihembuskan oleh mesin tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi Full Automatic.

Sehingga, tak heran jika mesin yang diusung Yamaha X-Ride 125 ini mampu memberikan tenaga maksimal hingga 7.0 kW per putaran 8000 rpm dan sanggup meraih titik puncak torsi hingga 9.6 Nm pada putaran ke 5500 rpm.

Di sisi lain, Yamaha juga melengkapi sektor dapur pacunya ini dengan sistem injeksi Blue Core yang akan membuat Yamaha X-Ride 125 terbaru ini lebih efisien, bertenaga, dan tentunya handal dalam menerjang segala medan.

Bahkan, dengan bekalan teknologi Blue Core tersebut, membuat konsumsi bahan bakar sangat irit dengan perbandingan kompresi 9.5:1.

Maka, bisa disimpulkan bahwa sektor ruang pacu dari spesifikasi Yamaha X-Ride 125 ini sangat handal namun tetap ramah lingkungan.

Kelebihan Yamaha X-Ride 125

Kekurangan Yamaha X-Ride 125

Mesin

  • Tipe Mesin
  • 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Angin, Bluecore
  • Kapasitas Mesin
  • 125 cc
  • Silinder
  • 1
  • Diameter x Langkah
  • 52,4 x 57,9 mm
  • Perbandingan Kompresi
  • 9,5 : 1
  • Tenaga Maksimal
  • 7,0 Kw / 8000 rpm
  • Torsi Maksimal
  • 9,6 N.m / 5500 rpm
  • Tipe Transmisi
  • Full Automatic
  • Tipe Starter
  • Electric Starter & kick starter
  • Sistem Bahan Bakar
  • Fuel Injection
  • Bahan Bakar
  • Bensin

Dimensi

  • Panjang
  • 1860 mm
  • Lebar
  • 740 mm
  • Tinggi
  • 1070 mm
  • Jarak Sumbu Roda
  • 1260 mm
  • Tinggi Tempat Duduk
  • 760 mm
  • Berat
  • 98 kg
  • Kapasitas Tangki
  • 4.2 L

Rangka

  • Tipe Rangka
  • Underbone
  • Suspensi Depan
  • Teleskopik
  • Suspensi Belakang
  • Unit Swing
  • Rem Depan
  • Disc
  • Rem Belakang
  • Drum
  • Sistem Pengereman
  • - - -
  • Ban Depan
  • 80/80-14M/C 43P Tubeless
  • Ban Belakang
  • 100/70-14M/C 51P Tubeless

Kelistrikan

  • Tipe Baterai / Aki
  • YTZ4V / GTZ4V
  • Sistem Pengapian
  • TCI
  • Tipe Busi
  • NGK / CRGHSA