8 Oli Mobil Terbaik di Indonesia

Oli Mobil Terbaik – Untuk menjaga performa mobil agar tetap stabil, tentu sobat harus tahu oli mobil terbaik yang sesuai dengan karakter mobil yang kawan miliki. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali beberapa merk oli mobil yang dijual di pasaran. Namun, mungkin sebagian kawan-kawan masih ada yang belum tahu beberapa oli mesin mobil terbaik yang bisa sobat jadikan pilihan dan sesuai dengan spesifikasi mobil sobat untuk membuat mesin menjadi lebih terawat dan awet. Pasalnya, sebagai pelumas mesin pastinya oli berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mesin yang diusung pada sebuah mobil akan sangat berpengaruh pada performa maupun ketahanan mesinnya. Oleh sebab itu, pengetahuan mengenai beberapa oli mobil terbaik pun tampaknya menjadi hal yang mutlak sobat ketahui. Lantas, kira-kira apa saja sih oli terbaik yang beredar di Indonesia dan bisa dijadikan pilihan sebagai pelumas mesin buat mobil sobat? Semakin penasaran ya sob? Jangan khawatir, kali ini Mas Sena akan membahas beberapa oli mobil terbaik dan berkualitas yang beredar di pasar Tanah Air.

Oli Mobil Terbaik

Oli Mobil Terbaik

Memang, memilih oli mobil terbaik untuk tunggangan sobat menjadi hal sederhana namun sangat penting. Sebab, meski banyak merk oli yang dijual di pasaran namun tak sembarang oli bisa kawan jadikan sebagai pelumas mesin untuk mobil sobat. Bukan tanpa alasan mengingat jika oli yang sobat pilih tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, dipastikan akan membuat performanya down dan keawetannya tak bisa bertahan lama. Tak hanya itu saja, cara memilih oli yang baik dan benar pun juga wajib diketahui. Dimana, dalam memilih oli mobil terbaik ini biasanya bisa dilihat dari beberapa perbedaan mendasar antara oli mobil yang bagus dan oli mobil standar. Perbedaan tersebut, umumnya terletak pada tingkat kekentalan oli tersebut atau yang biasa kita sebut dengan SAE (Society Of Automotive Engineer). Dimana pelumas yang memiliki tingkat kekentalan tinggi atau merk oli mobil terbaik pastinya bakal mampu bekerja secara lebih efisien dan optimal sehingga akan membuat mesin mobil ini menjadi lebih awet. Di sisi lain, meski memiliki fungsi yang sama namun perlu diketahui juga bahwa setiap jenis maupun tipe oli memang memiliki kualitas yang berbeda antara satu tipe dengan tipe yang lain, biasanya tergantung dengan merk. Nah, berkaitan dengan merk oli, berikut ini Mas Sena akan uraikan 8 oli mobil terbaik yang beredar di pasar Indonesia!

Merk Oli Mobil Terbaik

8 Jenis Oli Mobil Terbaik

  1. Castrol Magnatec SAE 10W/40

Oli Mobil Castrol Magnatec SAE 10W40

Siapa yang tak kenal dengan merk pelumas yang bernama Castrol? Ya, Castrol memang salah satu dari 8 jenis oli mobil terbaik yang sudah cukup lama beredar di Tanah Air. Bahkan, pelumas mesin mobil bermerk Castrol ini pun memang menjadi oli mobil paling populer di Indonesia. Salah satunya yaitu oli mobil Castrol Magnatec SAE 10W/40 yang memiliki kandungan molekul pintar di mana kandungan tersebut diklaim mampu membersihkan mesin secara menyeluruh. Menariknya, oli mesin mobil terbaik yang satu ini dilengkapi juga dengan teknologi syntetic yang akan membuat oli menempel kuat pada permukaan mesin sehingga akan mampu membentuk sebuah lapisan ekstra kuat guna melindungi mesin pada mobil sobat selama perjalanan. Terkait dengan banderol harga oli mobil Castrol Magnatec SAE 10W/40 ini sendiri dibanderol cukup mahal, yaitu berada di angka Rp 360 ribuan. Harga yang sepadan untuk mendapatkan oli mobil terbaik.

  1. Eneos CVT Fluid Asia 1 L

Oli Mobil Eneos CVT Fluid Asia 1 L

Mungkin, merk pelumas ini tak seterkenal dengan Castrol namun siapa sangka bahwa Eneos merupakan salah satu dari 8 jenis oli mobil terbaik yang beredar di pasar Asia Tenggara, termasuk juga dengan Indonesia. oli mobil Eneos CVT Fluid Asia 1 L ini memang menjadi salah satu pelumas yang kabarnya pernah bekerjasama dengan salah satu produk mobil asal negeri Jiran sebagai sponsor resmi. Sesuai dengan namanya yang menggunakan embel-embel “CVT” maka Eneos CVT Fluid Asia 1 L sebagai merk oli mobil terbaik ini memang merupakan pelumas mesin khusus untuk mesin mobil dengan sistem transmisi CVT Metal Belt. Sehingga, buat sobat yang mempunyai mobil bertransmisi CVT ini tampaknya oli Eneos ini bisa menjadi pilihan sebagai oli mobil terbaik. Untuk harga oli mobil Eneos CVT Fluid Asia 1 L ini pun berkisar di angka Rp 150 ribuan.

  1. Lucas Semi Synthetic SAE 10W-40

Oli Mobil Lucas Semi Synthetic SAE 10W 40

Nah, salah satu oli mobil kelas Internasional bermerk Lucas menjadi salah satu dari 8 jenis oli mobil terbaik. Pelumas mesin yang memiliki kapasitas sebanyak 5 liter ini memiliki keunggulan yang cukup mumpuni di kelasnya. Pasalnya, tipe Oli mobil Lucas Semi Syntetic SAE 10W-40 ini sangat dikenal dalam menjaga atau melindungi mesin mobil dari keausan yang diakibatkan karena kinerja mesin yang berat. Bahkan, oli mesin mobil terbaik yang satu ini juga bisa menjaga kestabilan suhu mesin dan mampu menunjang performa mesin mobil menjadi lebih galak namun tetap halus. Menariknya, dengan menggunakan oli ini, kebisingan yang bisa dihasilkan dari suara mesin pun juga bisa dikurangi. Maka, tak heran jika Lucas Semi Synthetic SAE 10W-40 ini menjadi salah satu oli mobil terbaik. Sehingga, wajar jika harga oli mobil Lucas Semi Syntetic SAE 10W-40ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu Rp 700 ribuan.

  1. ELF GL-5 80W-90 1 L

Oli Mobil ELF GL 5 80W 90 1 L

Pelumas buatan pabrik ELF yang satu ini merupakan oli mobil terbaik yang sangat cocok untuk mobil bersistem transmisi manual. Sebab, oli mobil ELF GL-5 80W-90 1 L ini memang dikenal mampu mendorong mesin untuk bekerja lebih optimal sehingga performa mobil sobat pun semakin handal dan terasa ringan. Tak hanya itu saja, salah satu keunggulan dari merk oli mobil terbaik ELF GL-5 80W-90 1 L ini yaitu terletak teknologi liquid yang dikenal memiliki kemampuan untuk membersihkan mesin mobil secara merata yang akan membuat akselerasi mesinnya pun terasa lebih enak dan enteng. Nah, untuk banderolnya sendiri, harga oli mobil ELF GL-5 80W-90 1 L ini dikenal sebagai tipe pelumas terjangkau dari 8 jenis oli mobil terbaik karena berkisar pada nominal Rp 95 ribuan saja.

  1. Liqui Moly TOP TECH 4100 SAE 5W-40

Oli Mobil Liqui Moly TOP TECH 4100 SAE 5W 40

Di sisi lain, oli mobil Liqui Moly TOP TECH 4100 SAE 5W-40 ini pun menjadi merk pelumas yang masuk dalam kategori 8 jenis oli mobil terbaik yang beredar di Indonesia. Bukan tanpa alasan, pasalnya pelumas buatan pabrik asal Benua Biru dan berkapasitas 4 liter ini bisa digunakan untuk mobil bermesin bensin maupun diesel. Salah satu keunggulan yang cukup menonjol dari pelumas mesin yang satu ini yaitu pada kemampuannya dalam melindungi mesin akibat kinerja mesin yang sangat berat dan selalu menjaga suhu mesin dalam kondisi apapun, baik suhu tinggi maupun rendah. Oli mobil terbaik ini juga sangat bagus dalam menunjang performa mesin menjadi lebih tangguh dan handal. Di sisi lain, karena kemampuannya yang super tangguh dan bisa digunakan untuk 2 tipe mesin (diesel & bensin) sekaligus, sehingga tak heran jika harga dari salah satu oli mobil terbaik ini cukup mahal. Harga oli mobil Liqui Moly TOP TECH 4100 SAE 5W-40 ini sudah dibanderol dengan harga Rp 810 ribu.

  1. Chevron 400 Synthetic SAE 10W-30

Oli Mobil Chevron 400 Synthetic SAE 10W 30

Tak ketinggalan juga oli mobil Chevron 400 Synthetic SAE 10W-30 ini menjadi salah satu 8 jenis oli mobil terbaik yang cukup menjadi andalan para pecinta otomotif, terutama kendaraan beroda empat. Wajar saja mengingat Chevron merupakan pabrik kelas dunia asal Amerika Serikat yang memang dikenal memiliki branding yang berkualitas tinggi. Untuk keunggulan yang dimiliki oli mobil Chevron 400 Synthetic SAE 10W-30 ini pun sebenarnya tak berbeda jauh dengan tipe atau merk oli mobil yang lain. Hanya saja, untuk tipe oli mesin mobil terbaik buatan Chevron ini memiliki kualitas yang lebih baik dalam membersihkan mesin sampai ke celah-celah setiap bagian mesin sehingga kebersihan mesin akan selalu terjaga dan menjadikan performa dapur pacu mobil pun memiliki akselerasi yang ringan. Bahkan, dengan pelumas mesin ini maka mesin mobil pun akan semakin awet dan tahan lama karena mampu melindungi mesin secara maksimal. Disisi lain, karena kemampuan dan kualitas yang ditawarkan salah satu oli mobil terbaik tersebut maka harga oli mobil Chevron 400 Synthetic SAE 10W-30 ini dibanderol dengan angka yang cukup tinggi, yaitu Rp 660 ribu.

  1. Shell Helix HX7 dan HX 8

Oli Mobil Shell Helix HX7 Dan HX 8

Satu lagi produk oli mobil terbaik, yaitu Shell Helix. Perusahaan pelumas mesin yang sudah dikenal di seantero dunia ini memang khusus membuat pelumas mesin untuk setiap kendaraan, baik motor maupun mobil. Untuk mobil sendiri, akan ditawarkan dua varian, yaitu oli mobil Shell Helix HX 7 yang khusus untuk mobil semi sintetik dan oli mobil Shell Helix HX 8 yang memang ditujukan sebagai pelumas mobil full sintetik. Kelebihan yang dimiliki dari merk oli mobil terbaik buatan Shell ini terletak pada teknologi Flexi Molecule yang diusungnya di mana teknologi ini diklaim bakal mampu membentuk sebuah lapisan yang bisa bejerja secara optimal dalam melindungi atau pun bahkan membersihkan mesin di sektor dapur pacu pada mobil sobat. Bahkan, oli mobil terbaik dari Shell Helix HX 7 maupun HX 8 ini pun diklaim sendiri oleh pihak pabrik pembuatnya di mana terbukti mampu bekerja 40% lebih baik dalam melindungi mesin dari keausan. Untuk harganya sendiri, pelumas yang masuk dalam kategori 8 jenis oli mobil terbaik ini bakal dibanderol Rp pada kisaran Rp 200 ribuan hingga Rp 300 ribuan.

  1. Total Rubia TIR 6400 Diesel 15W-40 CH-4

Oli Mobil Total Rubia TIR 6400 Diesel 15W 40 CH 4

Terakhir, tipe oli yang masuk dalam kategori 8 jenis oli mobil terbaik yaitu oli mobil Total Rubia TIR 6400 Diesel 15W-40 CH-4. Tipe oli ini merupakan pelumas yang dikhususkan untuk mobil bermesin diesel dan berbahan bakar solar. Tentu, buat sobat yang memiliki mobil bermesin diesel tampaknya oli Total Rubia ini bisa menjadi pilihan oli mobil terbaik. Kemampuannya dalam menjaga kestabilan mesin dan mengurangi kebisingan menjadi nilai lebih dari pelumas yang satu ini. Untuk harganya sendiri, oli mobil Total Rubia TIR 6400 Diesel ini dibanderol Rp 243 ribu. Harga tersebut tentunya cukup terjangka untuk kategori oli mobil terbaik.

8 jenis oli mobil terbaik yang diuraikan Mas Sena di atas memang memiliki keunggulan masing-masing tergantung dari kebutuhannya. Selain itu, tiap merk maupun tipe oli mobil tersebut juga ada yang beberapa ditujukan untuk mobil bermesin bensin maupun bermesin diesel atau pun kedua-duanya. Di sisi lain, beberapa jenis oli mobil terbaik yang disebutkan di atas pun juga memiliki varian harga yang berbeda antara satu merk dengan merk yang lain.

Oli Mesin Mobil Terbaik

Nah, bagaimana sob? Setelah tahu beberapa oli mesin mobil terbaik, pastinya kawan-kawan sudah memiliki gambaran mana pelumas yang cocok untuk mesin mobil milik sobat bukan? Jangan sampai salah pilih ya kawan. Sebab, jika salah pilih oli, tentunya akan mengurangi kehandalan dan ketajaman performa mesin itu sendiri. Maka dari itu, Mas Sena sangat berharap sekali semoga ulasan mengenai oli mobil terbaik yang telah diutarakan di atas bisa menambah pengetahuan sobat dalam memilih pelumas terbaik. Jangan lupa baca juga ulasan lainnya mengenai 10 Knalpot Racing Terbaik dan 5 Tipe Aki Motor.

Top