Harga Royal Enfield Bullet 500 EFI, Review, Spesifikasi & Gambar Januari 2020

Harga Royal Enfield Bullet 500 EFI dan Spesifikasi – Mengusung konsep motor bergaya retro, motor buatan Royal Enfield ini tampaknya menjadi produk andalan pabrikan asal Inggris tersebut dalam bersaing di segmen kelas 500 cc. Kesan klasik pada motor yang satu ini pun tampak begitu jelas terlihat dari sisi desain bodinya yang sangat unik dan elegan. Sehingga, tak heran jika model dari jajaran Bullet Series yang satu ini terbukti telah dengan nuansa berkendara berkelas ala motor klasik. Selain itu, Royal Enfield Bullet 500 EFI ini sendiri merupakan salah satu hasil perpaduan sempurna antara styling Bulgar yang megah, performa dan kehandalan dengan elemen teknologi baru seperti Electronic Fuel Injection yang disinergikan secara mulus. Dengan demikian, tak heran apabila Royal Enfield Bullet 500 EFI ini menjadi motor retro bergaya klasik yang cukup memikat para penggemarnya.

Royal Enfield Bullet 500 EFI

Hadir dengan ragam keunggulan dan fitur spesial, tentu saja Royal Enfield Bullet 500 EFI menjadi produk yang diburu oleh banyak konsumen. Terutama, para pengguna kelas menengah atas yang hobi dengan motor-motor klasik. Dari sisi tampilan, motor bergaya retro ini memang hadir dengan gaya desain yang unik dan elegan khas motor klasik. Bahkan, perpaduan konsep bodi modern pun semakin menambah keunikan dan daya tarik tersendiri yang sangat khas. Begitu juga dengan performanya yang dikenal sangat tangguh. Di mana, Royal Enfield Bullet 500 EFI sendiri akan menggunakan mesin silinder tunggal berkapasitas 499 cc yang memiliki kompresi rasio 8.5:1. Sehingga, bisa dikatakan juga sebagai motor premium yang ramah lingkungan. Beberapa fitur pun juga turut serta disematkan pada motor ini. Nah, untuk mengenal lebih jauh, simak saja ulasan lengkap yang akan Mas Sena berikan mengenai spesifikasi dan harga Royal Enfield Bullet 500 EFI di bawah ini!

Motor Royal Enfield Bullet 500 EFI

Review Royal Enfield Bullet 500 EFI

Desain

Motor Klasik Usung Konsep Bodi Unik Perpaduan Gaya Retro-Modern

Seperti yang diungkap di atas, sektor desain fisik pada spesifikasi Royal Enfield Bullet 500 EFI ini memiliki keunikan tersendiri. Kesan yang ditampilkan tersebut pun tampak jelas dari setiap sisi bodi yang dibawanya. Dimana, konsep retro-modern pun terpoles manis pada gaya desain klasik dari motor ini. Dari sisi depan, Royal Enfield membekalinya dengan model headlamp Halogen berbentuk bulat usung gaya Nacelle Series yang semakin memperkuat kesan retro. Kemudian, dua lampu sein pun ditempatkan sedikit di bagian bawah samping kanan kiri dari lampu utama yang semakin membuatnya tampak menarik. Lalu, pada bagian samping sendiri terdapat sebuah tangki bahan bakar yang dibuat simpel khas model motor klasik yang diklaim sanggup menampung bahan bakar sebanyak 13.5 liter. Tak hanya itu saja, pada bagian samping bodi dari Royal Enfield Bullet 500 EFI ini pun juga tampak susunan blok mesin terbalut krom yang begitu kentara akan aura motor gagah. Begitu juga pada bagian joknya sendiri dibuat memanjang dan simpel namun sedikit meninggi di area jok penumpang. Tentu saja, hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan posisi riding yang lebih nyaman dan aman. Sementara itu di sisi lain, pada bagian belakang dari spesifikasi motor Royal Enfield ini juga dibuat mengikuti alur desain retro pada bagian depan dengan membawa stoplamp membulat yang begitu unik.

Spesifikasi Royal Enfield Bullet 500 EFI

Speedometer

Panel Indikator Simpel dengan Gaya Klasik yang Khas

Setelah kita mengetahui bagaimana desain bodinya, Mas Sena juga akan menilik bagian panel indikator pada spesifikasi Royal Enfield Bullet 500 EFI. Bukan tak ada sebab meski terdengar sepele namun jika melihat fungsi speedometer yang cukup penting, tentu tak salah jika segmen ini membahas panel indikator secara detail. Perlu untuk kawan ketahui bahwa motor Royal Enfield ini memang akan mengusung speedometer yang sangat simple ala motor klasik. Dimana, pada bagian speedometer ini, Royal Enfield akan membawa panel analog dengan menampilkan beberapa informasi singkat dan penting. Salah satunya yaitu panel kecepatan dalam hitungan rpm, jarak tempuh Km, indikator lampu netral, indikator lampu sein dan lampu jarak jauh serta indikator bahan bakar. Meski hanya beberapa informasi yang ditampilkan namun menurut Mas Sena, sektor speedometer yang dibawa Royal Enfield Bullet 500 EFI tersebut sudah cukup informatif.

Spesifikasi Motor Royal Enfield Bullet 500 EFI

Dimensi

Dimensi Teknis Cukup Ideal dengan Ukuran yang Pas

Sementara itu di sisi lain, tak lupa juga bahwa pada segmen berikutnya, kita akan mengulas bagaimana rangka dimensi yang diusung spesifikasi Royal Enfield Bullet 500 EFI. Apabila kita menilik akan bentuk desainnya yang begitu terkesan kokoh dan unik maka hal tersebut tentu saja tak lepas dari struktur rangka dan ukuran dimensi pembentuknya. Di mana, kali ini motor klasik bergaya retro yang mengusung nama Bullet 500 EFI ini memang dibangun dengan rangka tipe Single Downtube yang sangat pas untuk menopang bobot motor klasik. Selain itu, dimensinya sendiri juga cukup ideal dengan ukuran panjang 2140 mm, lebarnya 800 mm, tinggi 1080 mm, dan memiliki bobot 195 Kg. Melihat ukuran dimensinya tersebut, maka pantas jika bodi dari Royal Enfield Bullet 500 EFI ini terkesan lebih gagah dan panjang. Tak hanya itu saja, untuk menunjang sistem kendali saat dikendarai maka bodi pada motor klasik ini dibuat lebih ideal dengan ukuran jarak sumbu roda 1360 mm dan ground clearance 140 mm. Nah, dengan demikian maka tak heran jika sektor dimensi pada spesifikasi yang dibawa oleh Royal Enfield Bullet 500 EFI ini menjadi salah satu hal yang cukup yang membuat tampilan desainnya tampak terkesan lebih menarik.

Review Royal Enfield Bullet 500 EFI

Suspensi

Keseimbangan Maksimal Berkat Tunjangan Kaki-Kaki nan Kokoh

Menginjak pada segmen pembahasan berikutnya, Mas Sena akan berbagi informasi pada bagian kakai-kaki yang diusung spesifikasi Royal Enfield Bullet 500 EFI. Memang, sektor ini merupakan bagian yang sangat penting guna menunjang keseimbangan dan kestabilan dalam berkendara. Maka dari itu, tak heran jika bagian ini menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan. Nah, karena fungsinya penting maka pada sektor kaki-kaki dari motor Royal Enfield ini akan dipersenjatai dengan suspensi Telescopic 35 mm forks, 130 mm travel yang terpasang di bagian depan. Sedangkan, pada bagian belakangnya akan dibekali dengan suspensi tipe Twin Gas Charged Shock Absorbers with 5 step Adjustable preload, 80 mm travel. Sehingga, berkendara pun akan terasa semakin nyaman dan seimbang ketika melewati berbagai medan jalan. Tak hanya itu saja, bahkan pada bagian kaki-kaki dari Royal Enfield Bullet 500 EFI ini akan mengandalkan velg dan ban dengan ukuran 90/90-19 M/C 52V untuk bagian depan dan untuk bagian belakang berukuran 110/80V 18 M/C 58V. Tak cukup sampai di situ saja, pengereman 280mm Disc, 2-Piston caliper dan 240mm Disc with single piston caliper dengan teknologi Dual ABS pun turut dihadirkan pada spesifikasi motor Royal Enfield ini.

Harga Motor Royal Enfield Bullet 500 EFI

Mesin

Berbekal Mesin Handal Hasilkan Performa yang Sangat Gahar

Beranjak ke segmen selanjutnya, kali ini Mas Sena akan menilik sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi Royal Enfield Bullet 500 EFI. Sebagai salah satu motor kelas premium, tentu saja motor klasik buatan pabrik asal Negeri Elizabeth ini akan dibekali dengan performa mesin handal nan gahar. Hal itu bisa dilihat dari beberapa bekalan mesin berupa Silinder Tunggal 4 langkah dengan kapasitas 499 cc. Dimana, mesin tersebut nantinya akan dikawinkan melalui transmisi Gearbox 5 percepatan Constant Mesh. Sehingga, tak heran jika performa dari motor retro ini sanggup mencapai titik tenaga maksimal hingga 27.2 bhp @ 5250 rpm dan tori maksimum 41.3 Nm @ 4000 rpm. Di sisi lain, ruang pacu Royal Enfield Bullet 500 EFI ini juga memiliki angka perbandingan kompresi sebesar 8.5:1. Sehingga, selain memiliki performa yang handal, sektor mesin pacu pada spesifikasi motor Royal Enfield ini juga terbilang cukup irit bahan bakar.

Fitur

Dilengkapi Ragam Fitur Canggih dan Fungsional

Selain itu, pada spesifikasi Royal Enfield Bullet 500 EFI ini pun juga telah dilengkapi dengan ragam fitur menarik dengan tingkat fungsionalitas tinggi. Tentu saja, hal tersebut tak lepas dari segmentasinya sebagai motor premium dengan bekalan performa handal. Oleh karena alasan itu maka motor retro ini akan dilengkapi beberapa fitur, seperti pengereman Dual ABS yang sudah dipastikan bakal memberikan hasil pengereman yang lebih handal pada Royal Enfield Bullet 500 EFI ini. Kemudian, rangka berjenis Single Downtube pun juga turut dihadirkan sebagai salah satu fitur rangka guna memberikan tingkat kestabilan yang lebih maksimal dalam berkendara. Tak cukup sampai di situ saja, bahkan sistem pengapian elektronik dengan sistem pasokan bahan bakar Keihin Electronic Fuel Injection pun juga menjadi keunggulan lain yang dimiliki spesifikasi dari motor Royal Enfield Bullet 500 EFI ini.

Spesifikasi Royal Enfield Bullet 500 EFI

Mesin
Type Mesin Satu Silinder, 4 tak
Kapasitas 499cc
Tenaga Maksimal 27.2 bhp @ 5250 rpm
Torsi Maksimal 41.3 Nm @ 4000 rpm
Rasio Kompresi 8.5 : 1
Sistem Injeksi Injeksi Bahan Bakar Elektronik Keihin
Diameter x Langkah 84mm x 90mm
Sistem Pelumasan Basah
Sistem starter Elektrik/Tendang
Transmisi  5 Kecepatan Berkaitan Konstan
Dimensi
Panjang 2200 mm
Lebar 800 mm
Tinggi 1100 mm
Jarak Sumbu Roda 1370 mm
Tinggi dari Tanah 135 mm
Berat 187 Kg
Kapasitas Tangki 14,5 Liter
Kaki-kaki
Tipe Rangka Downtube Tunggal,
Suspensi Depan Teleskopis, jeruji 35 mm, pergerakan poros roda 130 mm
Suspensi Belakang Dua sok breker yang diisi udara dengan 5 langkah beban awal yang dapat disesuaikan, pergerakan poros roda 80 mm
Rem Depan Cakram 280mm, kaliper 2 piston
Rem Belakang Tromol 153 mm, Pengembang Dalam Panduan Tunggal
Ban Depan 3.25 x 19
Ban Belakang 3.50 x 19

Harga Royal Enfield Bullet 500 EFI

Nah, tentu kawan-kawan sudah pada penasaran ingin tahu harga Royal Enfield Bullet 500 EFI kan? Eit, tapi Mas Sena ingin katakan lagi bahwa motor klasik ini merupakan produk kelas premium. Di mana, spesifikasi yang diusungnya sangat handal dan memiliki performa yang gahar berkat mesin 499 cc. Selain itu, motor klasik ini sendiri juga dipastikan akan dilengkapi dengan beberapa fitur menarik nan canggih, sebut saja seperti pengereman Dual ABS sebagai fitur keselamatan dan suplai bahan bakar berteknologi Keihin. Dengan begitu, tak heran jika nantinya harga Royal Enfield Bullet 500 EFI akan dibanderol dengan angka tinggi.

Harga Royal Enfield Bullet 500 EFI

Harga Royal Enfield Bullet 500 EFI Terbaru

Dan benar saja kawan mengingat dari informasi yang ada, diketahui bahwa harga motor retro asal Inggris ini memang akan dipatok dengan angka yang cukup tinggi. Bukan tanpa alasan melainkan sebuah fakta dimana berdasarkan atas beberapa sumber yang didapat dari para intelijen Mas Sena, harga Royal Enfield Bullet 500 EFI ini memang akan dibanderol senilai Rp 81.3 juta. Di mana, angka tersebut merupakan sebuah angka yang sangat mahal untuk beberapa kalangan pemula. Namun, cukup pas mengingat keunikan dan keunggulan yang ditawarkan motor ini sangat canggih. Apakah kawan-kawan sudah pada siap memboyong motor ini dengan nominal harga yang cukup mahal tersebut?

Harga Royal Enfield Bullet 500 EFI
Rp. 81.300.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Royal Enfield Bullet 500 EFI diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harganya

Satu hal yang perlu untuk kawan ketahui selain informasi harga Royal Enfield Bullet 500 EFI di atas, yaitu bahwa status banderol tersebut merupakan angka OTR untuk wilayah Jakarta Selatan saja. Sehingga, beda wilayah atau di luar kawasan Jaksel maka dipastikan harganya akan berubah dan cenderung sedikit lebih mahal. Di samping itu, dengan banderol yang cukup mahal tersebut, tentu saja kawan-kawan harus rela merogoh kocek dalam-dalam. Nah, kiranya sampai di sini dulu ulasan mengenai spesifikasi dan harga Royal Enfield Bullet 500 EFI. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Triumph Bonneville T100 dan Triumph Rocket 3.

Top