Harga Super SOCO TS, Review, Spesifikasi & Gambar Desember 2018

Harga Super SOCO TS dan Spesifikasi – Dalam gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 lalu, ada dua motor listrik yang mampu membius para pengunjung, yaitu Super SOCO TS dan TC. Motor listrik ini, memiliki tampilan yang cukup sporty sekaligus bisa menjadi lawan seimbang Zero yang sebenarnya tidak cukup sukses beredar di pasar Tanah Air. Selain itu, Super SOCO TS dan TC ini didatangkan langsung dari Tiongkok, oleh merek distributor komponen aftermarket Mitra 2000. Mejeng di gelaran yang berlangsung di JCC, Senayan, Jakarta Pusat ini ditunjukan untuk mengetes pasar, dan tanggapan dari publik sembari menunggu kejelasan regulasi dari pemerintah. Meski tak setenar produk lain dan belum dijual secara besar-besaran di Indonesia namun kedua motor listrik ini punya sisi keunikan tersendiri yang tak bisa dipandang sebelah mata. So, tak heran jika Super SOCO TS dan TC ini bisa menjadi “kuda hitam” yang cukup berbahaya bagi produsen motor listrik lain.

Super SOCO TS

Berkaitan dengan pembahasan kali ini, Mas Sena akan lebih terfokus untuk mengulas kehandalan dari Super SOCO TS. Dimana, model yang satu ini memiliki gaya sporty dengan dimensi yang sangat ideal dan pas. Bodinya juga tampak begitu modern dengan mengedepankan aura futuristik sehingga mampu memikat hati para calon konsumen. Sementara itu, untuk soal permesinannya sendiri, motor listrik ini akan mengusung baterai berkapasitas 26 Ah 60 volt dari Panasonic, LG, atau Samsung dengan sistem elektrik milik Bosch. Sehingga, akan memberikan hasil kinerja permesinan yang begitu handal. Tak sampai di situ saja, bahkan untuk soal fitur dari Super SOCO TS ini pun juga turut mendapat perhatian. Dimana, motor listrik asal Tiongkok via distributor Mitra 2000 ini akan mengusung beberapa fitur kenyamanan maupun keamanan sebagaimana motor pada umumnya. Semakin penasaran bukan? Oke, tak perlu berlama-lama, untuk mengobati rasa penasaran tersebut, berikut Mas Sena akan memberikan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Super SOCO TS pada beberapa segmen di bawah ini!

Motor Super SOCO TS

Review Super SOCO TS

Desain

Konsep Desain Kekinian dengan Tampilan Ala Street Fighter Generasi Modern

Mengusung tema motor listrik, tampaknya untuk soal tampilan dari spesifikasi Super SOCO TS ini juga tak berbeda dari kebanyakan motor konvensional. Dimana, motor listrik yang dibawa mitra Motor 2000 dari Tiongkok ini mengusung konsep moge street fighter pemula yang cukup terkesan modern. Hal itu bisa dilihat dari lampu depan (headlamp) LED yang mampu memproyeksikan hingga 28.000 Candela via 6 modul LED cahaya berlapis kaca. Sehingga, dipastikan bakal memberikan tingkat efisiensi cahaya 5 kali lebih terang dibanding lampu konvensional. Tak sampai di situ saja, pada Super SOCO TS ini terdapat sebuah tangki namun bukan tangki bahan bakar melainkan sebuah bagasi penyimpanan yang efektif dan sangat kompatibel sebagai ruang untuk membawa barang bawaan. Ini tentu membuat motor listrik ini memiliki ciri khas yang begitu unik. Kemudian, di bagian bawah bagasi tangki tersebut terdapat sebuah ruang baterai yang tertutup tirai cover secara rapat. Tak sampai di situ saja, bahkan Super SOCO TS ini juga mengusung jok modern yang dibuat meninggi meruncing ke belakang untuk memberikan posisi riding yang pas dan nyaman. Selain itu, di bagian belakang pun juga sudah dibekali stoplamp yang juga sama-sama menggunakan teknologi LED untuk memberikan pancaran cahaya secara maksimal tanpa membuat silau para pengendara lain di belakang. So, sangat jelas jika sektor tampilan fisik pada spesifikasi Super TOCO TS ini memang dibuat lebih elegan dengan konsep street fighter kekinian yang elegan dan sporty.

Spesifikasi Super SOCO TS

Speedometer

Speedometer Modern dengan Layar LCD Full Digital yang sangat Informatif

Sementara itu, untuk soal speedometer dari spesifikasi Super TOCO TS sendiri pun juga menjadi segmen yang sangat menarik untuk kita ulas. Bukan tanpa alasan mengingat sektor ini memang dibuat dengan gaya rancang yang sangat pas dan konsep modern dengan balutan gaya yang sangat futuristik. Pasalnya, kali ini memang Super TOCO TS sendiri telah mengusung sebuah speedometer Full Digital dengan layar LCD yang sangat modern dan elegan. Dimana, pada panel indikator tersebut akan menampilkan beberapa informasi seperti jarak tempuh, kecepatan km/jam, suhu baterai, jam digital, indikator kapasitas daya baterai, dan mode berkendara. Kemudian, di bagian layar panel digital tersebut terdapat lampu indikator, yakni lampu utama/jarak jauh, lampu netral, dan lampu sein. Seluruh informasi pada panel indikator full digital yang diusung spesifikasi Super TOCO TS tersebut bisa dibilang sangat informatif dan canggih dengan kombinasi yang begitu kompatibel.

Spesifikasi Motor Super SOCO TS

Dimensi

Dimensi Pas Berikan Bentuk Bodi yang Ideal dengan Posisi Riding Nyaman

Sedangkan untuk soal struktur dimensinya sendiri, memang pada spesifikasi Super TOCO TS ini dibangun dengan struktur rangka yang sangat kuat namun ringan. Dimana, untuk soal ukuran dimensinya sendiri, kali ini motor listrik ini akan mengusung ukuran dimensi 1889 x 702 x 1300 mm dan memiliki jarak sumbu roda atau wheelbase 1320 mm. Dari struktur bodi yang ada pada Super TOCO TS tersebut maka Mas Sena yakin jika motor listrik ini mampu memberikan kenyamanan posisi riding yang ideal. Bahkan, dengan struktur tersebut dipastikan mampu memberikan tampilan bodi yang elegan dan terkesan futuristik. Tak sampai di situ saja, bahkan Super TOCO TS sendiri dibangun dengan ketinggian tempat duduk yang sangat ideal berukuran 770 mm. Sehingga, akan mempermudah pengguna dalam menjaga keseimbangan atau mengendalikan motor listrik ini ketika sedang berhenti di lampu merah. Tapi, untuk pengguna dengan postur yang lebih pendek kemungkinan akan sedikit kesulitan. Sementara itu di satu sisi, ground clearance pada spesifikasi Super TOCO TS ini berukuran 198 mm yang Mas Sena rasa sudah cukup ideal untuk mencegah terjadinya gesekan pada bagian bawah bodi pada motor ini.

Review Super SOCO TS

Suspensi

Membawa Kaki-Kaki Kokoh dengan Suspensi Handal dan Aman

Selain dimensi, pada spesifikasi Super TOCO TS ini juga diklaim punya kaki-kaki penopang yang kokoh. Hal itu memang diupayakan oleh pihak produsen untuk menunjang keseimbangan sekaligus kenyamanan dalam berkendara. Dimana, dalam soal kaki-kaki ini, Super TOCO TS sendiri akan mengusung tipe suspensi Upside Down Adjustable Racing Grade yang dipasang di bagian depan. Sedangkan untuk bagian belakangnya akan mengandalkan tipe suspensi Mono Shock. Tentu saja, dengan bekalan kedua suspensi tersebut maka keseimbangan dalam berkendara pun akan semakin terasa maksimal. Bahkan, kedua suspensi tersebut diklaim sanggup menahan getaran atau goncangan saat melewati jalanan berlubang atau bergeronjal. Di satu sisi, untuk melengkapi kekokohan di sektor kaki-kaki, Super TOCO TS akan dilengkapi dengan velg 17 inci dengan ukuran ban 70/100 (depan) dan 100/70 (belakang). Di sisi lain, untuk mengendalikan laju motor maka pabrikan telah mengusung sistem rem Hydrolic Double Piston yang siap memberikan hasil pengereman secara maksimal. So, tak heran jika sektor kaki-kaki dari spesifikasi Super TOCO TS ini bisa menjadi segmen yang dipertimbangkan oleh konsumen.

Harga Motor Super SOCO TS

Mesin

Performa Handal dan Ramah Lingkungan dengan Bekalan Baterai BOSCH 26Ah 60 Volt FOC

Nah, berkaitan dengan performa, kali ini Mas Sena akan menilik sisi dapur pacu dari spesifikasi Super TOCO TS. Memang, untuk soal dapur pacu pada motor listrik ini sangat berbeda dengan motor konvensional yang berbahan bakar minyak (BBM). Dimana, kali ini pihak pabrikan mengandalkan tenaga dari baterai handal Li-Ion (Lithium Ion) merk Panasonic/Samsung/LG dengan daya 26 Ah voltage 60 Volt yang mana dilengkapi motor listrik tipe Electrik Hubmotor BOSCH. Selain itu, baterai tersebut nantinya juga akan disokong oleh platform Field Oriented Control (FOC) sebagai power management. Sehingga, tak heran jika Super TOCO TS ini mampu mencatat jarak tempuh 80 Km – 160 km (2 baterai) dengan tenaga besaran Up To 2400 Watt dan torsi 120 Nm. Maka dari itu, tak heran jika performa motor listrik ini mampu memberikan dorongan power yang sangat handal di kelasnya dengan Raihan top speed 45 Km/jam. Sementara itu, untuk pengisian daya baterai pada spesifikasi Super TOCO TS ini perlu waktu sekitar 5 jam saja dengan tegangan charger 230 Volt.

Fitur

Fitur-Fitur Unggul Siap Manjakan Pengendara

Selain performa, fitur unggulan pada spesifikasi Super TOCO TS pun juga turut disertakan sebagai fitur penunjang kenyamanan maupun keselamatan dalam berkendara. Salah satunya yaitu bagasi comfortable yang ditempatkan di bagian tangki depan dengan kapasitas yang besar sehingga bisa digunakan untuk membawa barang bawaan dengan mudah. Tak hanya itu saja, bahkan pada Super TOCO TS ini juga telah dilengkapi dengan speedometer modern yang mengusung layar LCD full digital yang mampu menampilkan informasi secara lebih efektif dan informatif. Bahkan, tak lupa juga bahwa motor listrik ini dilengkapi dengan fitur EBS (Electric Braking System). Teknologi ini akan memicu sistem pengeremannya yang baru dimana akan mengisi ulang baterai saat melambat secara otomatis. Bahkan, kontrol gas pada setang pun dibuat begitu halus untuk memaksimalkan mesin dan agar lebih ramah lingkungan.  Tentu saja, hal ini menjadi salah satu bukti bahwa spesifikasi Super TOCO TS tersebut punya segudang fitur yang sangat handal dan fungsional.

Spesifikasi Super TOCO TS

Mesin
Tipe Mesin Electrik Hubmotor BOSCH dengan baterai Li-Ion berdaya daya 26 Ah voltage 60 Volt
Jarak Tempuh 80 Km – 160 km (2 baterai)
Tenaga Maksimal Up To 2400 Watt
Torsi Maksimal 120 Nm
Kecepatan Maksimal 45 Km/jam
Jenis Bahan Bakar Baterai (Listrik)
Starter Elektrik
Lama Pengisian Baterai 5 Jam (charger 230 Volt)
Dimensi
Panjang 1,889 mm
Lebar 702 mm
Tinggi 1,300 mm
Jarak Antar Roda 1320 mm
Berat – – –
Ketinggian Kursi 770 mm
Jarak Pijak 198 mm
Kaki-kaki
Tipe Rangka – – –
Rem Depan Hydrolic Double Piston
Rem Belakang Hydrolic Double Piston
Ban Depan 70/100 – 17 inci
Ban Belakang 100/70 – 17 inci
Suspensi Depan Upside Down Adjustable Racing Grade
Suspensi Belakang Mono Shock

Harga Super TOCO TS

Akhirnya, sampailah kita pada pokok pembahasan mengenai harga Super TOCO TS. Oke, sebelum jauh membahas banderol, perlu untuk diketahui bahwa kendaraan ini merupakan motor listrik dengan gaya desain yang futuristik. Sehingga, punya tampilan eksterior yang unik dan modern. Di samping itu, pada Super TOCO TS sendiri juga telah dibekali baterai Li-Ion BOSCH dengan daya baterai 26 Ah yang siap memberikan hasil performa handal dan mumpuni. Di samping itu, tak lupa juga bahwa beberapa fitur canggih pun juga turut disematkan pada motor listrik yang satu ini. Sehingga, tak heran apabila kenyamanan dan keselamatan pengguna pun menjadi lebih terjamin. Nah, dengan berbagai keunggulan pada motor listrik ini maka kira-kira apakah teman-teman sudah bisa menebak harga Super TOCO TS ini?

Harga Super SOCO TS

Harga Super SOCO TS Terbaru

Nah, berkaca dari beberapa informasi terkait dengan harga Super TOCO TS, memang saat perkenalannya di ajang IMOS 2018 sempat dibukakan informasi terkait banderolnya. Dimana, menurut informasi yang telah Mas Sena dapatkan, dilaporkan bahwa harga Super TOCO TS dibanderol senilai Rp 36.5 jutaan. Kisaran yang menurut Mas Sena cukup menggoda mengingat jika dibandingkan dengan spesifikasinya sudah sangat sepadan. Namun, tentu dengan banderol harga Super TOCO TS tersebut, perlu banyak pertimbangan matang-matang sebelum membeli mengingat tenaganya menggunakan baterai, bukan BBM.

Harga Super TOCO TS
Rp. 36.500.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Super TOCO TS diatas merupakan Off The Road untuk wilayah DKI Jakarta
  • Harga Super TOCO TS mungkin akan berbeda untuk daerah lainnya

Di satu sisi, perlu dipahami juga bahwa informasi harga Super TOCO TS di atas masih berstatus Off The Road. Pasalnya, motor listrik ini belum menyesuaikan dengan regulasi pajak dan biaya-biaya lain yang ada di Indonesia. Bahkan, sampai sekarang pun juga belum dipastikan apakah akan dijual di Indonesia atau tidak. Sehingga, pihak Motor 2000 sebagai distributornya masih belum bisa mendatangkannya langsung ke Indonesia. Nah, demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Super TOCO TS. Baca juga ulasan menarik lainnya dari Mas Sena seperti Motor Gesits dan Zero SR FX 12.5.

Top