Harga Suzuki GSX R1000R, Review & Spesifikasi April 2017

Harga Suzuki GSX R1000R dan Spesifikasi – Suzuki kembali meluncurkan produk barunya di segmen sport bike, yaitu Suzuki GSX R1000R. Motor sport buatan Suzuki ini resmi dirilis di Inggris pada bulan Oktober 2016 lalu dan sudah mulai tersedia di dealer pada Mei 2017 mendatang. Selain itu, motor sport yang berkapasitas 1000 cc ini pun nantinya akan menjadi salah satu penantang kuat bagi Kawasaki H2R dan juga Yamaha R1/M di mana Suzuki GSX R1000R dan kedua saingannya tersebut sama-sama mengusung spesifikasi yang begitu mumpuni. Di sisi lain, motor sport pabrikan Hamamatsu, Jepang ini sebenarnya merupakan salah satu dari dua varian berbeda, yakni GSX R1000 standar dan GSX R1000R. Meski hanya berbeda satu huruf namun harga Suzuki GSX R1000R dan GSX R1000 memiliki selisih yang berbeda cukup jauh. Akan tetapi, jika melihat keseluruhan, antara GSX R1000 dan GSX R1000R tampaknya hanya sedikit perbedaan. Namun, kali ini Mas Sena akan lebih terfokus untuk mengulas secara lengkap mengenai spesifikasi Suzuki GSX R1000R. Apakah sobat semakin penasaran?

Suzuki GSX R1000R

Suzuki GSX R1000R

Jika melihat pada spesifikasi yang diusung Suzuki GSX R1000R ini, tampaknya memang sama sekali tak boleh dianggap sepele. Sebab, moge buatan pabrik asal negeri Bunga Sakura ini memang dihadirkan dengan meniru model MotoGP pada GSX-RR. Sektor eksterior yang juga bisa dibilang sebagai bodi, nuansa lebih fresh dan sporty pun ditunjukkan oleh Suzuki pada Suzuki GSX R1000R ini. Bahkan, meski tipe bodi yang digunakan itu menggunakan Full fairing, namun mengenai desain dapat dikatakan berbeda dari motor kelas 1000cc produksi para rivalnya. Hal tersebut memang tak lepas dari GSX R1000R ini yang memang dikhususkan bagi konsumen pecinta motor bergaya sporty. Sehingga, desain pada bodi dari Suzuki GSX R1000R memang tampak dirancang ala model Moto GP. Sementara itu, untuk mesinnya sendiri akan mengusung mesin berteknologi canggih di mana GSX R1000R akan mengusung mesin berkapasitas 998 cc tipe DOHC Liquid Cooled yang siap memberikan semburan tenaga pacu super maksimal. Di sisi lain, beberapa fitur canggih pun juga turut disematkan pada Suzuki GSX R1000R buatan pabrik asal Jepang ini untuk menunjang keselamatan maupun kenyamanan dalam berkendara. Nah, bagi sobat yang sudah tak sabar dan penasaran dengan motor sport ini, kali ini Mas Sena akan jelaskan secara detail mengenai spesifikasi dan harga Suzuki GSX R1000R pada segmen-segmen di bawah ini!

Motor Suzuki GSX R1000R

Review Suzuki GSX R1000R

Desain

Tampilan Desain Super Keren Full Fairing Khas MotoGP

Pertama-tama, Mas Sena akan mengajak kawan-kawan semua untuk meraba sisi eksterior pada spesifikasi Suzuki GSX R1000R. Berkaca pada ulasan awal tadi, memang motor spot besutan Suzuki ini dihadirkan dengan tampilan bodi yang begitu sporty layaknya MotoGP. Hal itu tentu tak lepas dari disematkannya bodi full fairing yang begitu gagah. Di sisi lain jika kita lihat satu per satu, dari depan bisa diketahui bagaimana desain lampu unik dan berbeda pada Suzuki GSX R1000R ini karena lampu utamanya dibuat di antara dua lubang yang berfungsi mendukung pendinginan mesin yang mengandalkan angin dari depan. Menariknya, Suzuki menyematkan LED Headlight yang mampu memancarkan cahaya cukup terang sehingga membantu pengemudi Suzuki GSX R1000R dalam berkendara di malam hari. Selain itu, sedikit mundur pada bagian tengah, terpasang tangki bahan bakar cukup besar yang di bentuk dan didesain dengan mengikuti alur sisi aerodinamis di mana tangki bahan bakar tersebut sanggup menampung BBM sebanyak 16 liter. Lantas mengenai tempat duduk, jok pada Suzuki GSX R1000R dirancang secara bertingkat dan sejajar dengan stang depan berjenis Underyoke dengan posisi riding memaksa pengguna lebih membungkuk saat mengendarainya. Sehingga, akan memberikan pengemudi pengalaman bak mengendarai MotoGP asli. Lalu, pada sektor belakangnya, Suzuki GSX R1000R ini akan dibekali LED Combination Tail & Brake Light yang dipastikan bakal membuat lampu belakangnya cukup terang. Dengan beberapa komponen yang dapat dibilang cukup canggih dan mumpuni tersebut, tak heran jika sektor eksterior pada spesifikasi Suzuki GSX R1000R ini memang dibuat begitu sporty dan modern bak MotoGP.

Spesifikasi Suzuki GSX R1000R

Speedometer

Berbekal Instrumen Indikator Full Digital Canggih, Modern, dan Informatif

Selain sisi bodinya yang sporty, tampaknya sektor panel indikator pada spesifikasi Suzuki GSX R1000R pun juga tak luput dari perhatian pabrik pembuatnya. Pasalnya, sebagai motor sport kelas premium maka GSX R1000R pun akan dilengkapi dengan instrumen indikator modern dan berteknologi tinggi. Bagaimana tidak? Sobat bisa lihat sendiri instrumenpada Suzuki GSX R1000R yang didesain enam sisi ini akan tampil dengan warna background berwarna biru gelap yang mengesankan gaya sporty nan kuat sekali. Pada instrumen tersebut pun juga akan ditampilkan beberapa informasi penting untuk diketahui si pengemudi. Pasalnya, pada instrumen indikator ini, Suzuki GSX R1000R akan mengusung panel full digital yang akan menampilkan informasi mengenai kecepatan, kapasitas bahan bakar, jarak tempuh (trip meter), posisi gigi, penunjuk waktu (jam), sampai dengan suhu. Dengan melihat beberapa panel yang ditampilkan tersebut sudah barang tentu bahwa instrumen indikator pada Suzuki GSX R1000R ini nanti bakal mampu memberikan informasi terkait kondisi motor dan mudah dipahami oleh si pengemudi. Tentu saja, dengan spesifikasi pada panel indikator tersebut, maka memang diakui sangat informatif dengan tampilannya yang bergaya unik membuat spesifikasi Suzuki GSX R1000R pada panel indikatornya berbeda dari tipe motor sport lainnya.

Spesifikasi Motor Suzuki GSX R1000R

Dimensi

Mengusung Ukuran Dimensi Pas dengan Sokongan Rangka Kokoh

Berlanjut pada ulasan berikutnya, kita akan mengulas bagaimana dimensi rangka yang diusung spesifikasi Suzuki GSX R1000R. Tampaknya, sebagai motor sport kelas premium maka dimensi pun merupakan hal penting dalam membentuk struktur bodi motor. Dalam kaitannya dengan dimensi ini, GSX R1000R memiliki dimensi dengan panjang 2.075 mm, lebar 705 mm, tinggi 1.145 mm, dengan berat mencapai 2013 Kg. Mengetahui dimensi yang dimiliki Suzuki GSX R1000R tersebut maka bisa disimpulkan bahwa bodi motor sport besutan Suzuki ini memang terbilang cukup ramping untuk sekelas motor kelas 1000 cc. Namun, tampaknya jika melihat tinggi tempat duduknya yang mencapai 825 mm, kemungkinan bagi pengendara Suzuki GSX R1000R yang berpostur pas-pasan akan terasa sulit dalam menjangkah atau mengendalikan keseimbangan motor, terutama ketika berhenti di lampu merah. Di sisi lain, motor sport Suzuki ini memiliki ground clearance setinggi 130 mm yang dirasa pas untuk jalanan perkotaan. Tampaknya, dimensi dari spesifikasi Suzuki GSX R1000R ini terbilang cukup ramping dan pas sehingga nyaman dikendarai dan membuat pengendaranya serasa menaiki MotoGP sungguhan.

Review Suzuki GSX R1000R

Suspensi

Kaki-Kaki Tangguh Berkat Sokongan Suspensi Handal dan Pengereman Berkualitas

Di sisi lain, sektor kaki-kaki pada spesifikasi Suzuki GSX R1000R tampaknya juga tak luput dari perhatian. Pasalnya, pihak Suzuki pun membekali sektor kaki-kakinya ini dengan suspensi tangguh guna menyokong beban dan mengatur keseimbangan serta kenyamanan dalam berkendara. Berkaitan dengan suspensi, kali ini Suzuki GSX R1000R akan mengandalkan SHOWA BFF, Inverted telescopic, coil spring, oil damped pada bagian kaki-kaki depan. Sementara itu di sisi belakang, akan menggunakan tipe SHOWA BFF-Lite Shock, Link type, coil spring, oil damped. Seluruh suspensi yang disematkan Suzuki tersebut siap menjadi sokongan yang kuat dan kokoh dalam menjaga keseimbangan maupun bobot dari Suzuki GSX R1000R sehingga akan membuat pengemudi lebih nyaman dalam berkendara, terutama ketika melewati medan jalan berlubang atau bergeronjal mengingat kedua suspensi tersebut juga diketahui mampu menahan atau meredam setiap getaran ketika Suzuki GSX R1000R digunakan untuk berkendara di jalanan yang berlubang. Tak hanya itu saja, velg sporty berdiamaeter 17 inci pun siap menjadi pendukung suspensi dengan balutan ban tubeless bermerk Bridgestone RS 10 di mana untuk bagian depan, akan menggunakan ban berukuran 120/70ZR17M/C dan untuk bagian belakangnya ban dari Suzuki GSX R1000R ini berukuran 190/55ZR17M/C. Terlepas dari itu, sektor pengeremannya pun juga bakal dibekali teknologi pengereman yang cukup canggih dan handal. Sebab, Suzuki sendiri akan mengandalkan rem Brembo, Disc, Brembo 4-piston, Disc, twin pada bagian depan Suzuki GSX R1000R dan Nissin, 1-piston, Disc single pada bagian belakang di mana keduanya sudah dilengkapi dengan teknologi ABS sistem. Sehingga, bisa dipastikan bahwa pengereman pada spesifikasi Suzuki GSX R1000R akan lebih handal dan berkualitas guna menunjang keselamatan si pengemudi.

Harga Motor Suzuki GSX R1000R

Mesin

Berbekal Mesin Pacu Super Gahar Berkat Mesin Berkapasitas 998 cc Tipe DOHC dengan 4 Silinder

Nah, menginjak pada sektor berikutnya, Mas Sena akan menilik sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi Suzuki GSX R1000R. Sebagaimana namanya dengan embel-embel “1000R” tentu bisa dipastikan bahwa mesin yang akan digunakan pun akan menginjak angka tersebut. Dan benar saja, pada sektor permesinan ini Suzuki akan membekali motor sport besutannya ini dengan mesin berkapasitas 998.8 cc 4 langkah dengan 4 silinder dan bertipe DOHC. Dengan penggunaan teknologi mesin tersebut pada Suzuki GSX R1000R maka sudah bisa dipastikan bahwa dapur pacu yang diusung GSX R1000R tersebut mampu melepaskan tenaga super yang sangat gahar. Namun, untuk besaran tenaga semburan yang dihasilkan dan torsi maksimalnya sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti. Namun, yang jelas bahwa teknologi pendinginan Liquid Cooled pun akan turut disematkan pada Suzuki GSX R1000R di sektor dapur pacunya untuk menstabilkan suhu mesin. Sehingga suhu mesin akan tetap stabil meski digunakan dalam kurun waktu yang lama. Di sisi lain, dengan sistem pengapian digital dan sistem pembakaran fuel injection, sudah tentu akan membuat kinerja mesin yang diusung Suzuki GSX R1000R ini menjadi lebih irit bahan bakar dengan perbandingan kompresi rasio hingga 13.2 : 1. Pastinya, dengan bekalan spesifikasi pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Suzuki GSX R1000R tersebut akan membuat laju motor menjadi lebih gesit namun tetap ramah lingkungan.

Fitur

Motor Sport Kelas Premium dengan Bekalan Fitur Berteknlogi Tinggi

Sampai pada segmen yang terakhir dari pembahasan mengenai spesifikasi Suzuki GSX R1000R, kita akan mengulas beberapa fitur yang disematkan oleh pihak pabrikan. Pertama, dalam menunjang keselamatan atau keamanan maka GSX R1000R pun sudah dibekali dengan pengereman canggih yang juga sudah dilengkapi teknologi ABS System. Sehingga, dengan teknologi yang disematkan pada pengereman Suzuki GSX R1000R tersebut maka diyakini akan mampu memberikan hasil pengereman yang sangat berkualitas dan mampu mencegah ban selip. Selain itu, untuk menunjang kenyamanan maka motor sport garapan pabrik Suzuki ini telah dibekali dengan suspensi kokoh nan tangguh. Di sisi lain, pada sektor instrumen indiaktornya, Suzuki GSX R1000R pun juga sudah menggunakan panel Full Digital dengan beragam panel informasi yang sangat informatif sehingga akan membuat si pengemudi lebih mudah dalam mengetahui kondisi motor yang dikendarainya. Nah, setelah tahu spesifikasi Suzuki GSX R1000R beserta fitur-fiturnya ini, apakah sobat sudah tahu, kira-kira berapa harganya?

Video Suzuki GSX R1000R

Berikut ini adalah official video Suzuki GSX R1000R yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor Suzuki ini:

Spesifikasi Suzuki GSX R1000R

Mesin
Tipe 999.8cc, 4-stroke, liquid-cooled, 4-cylinder, DOHC
Diameter x Langkah 76.0 x 55.1 mm
Rasio Kompresi 13.2: 1
Suplai Bahan Bakar Suzuki Fuel Injection with Ride-by-Wire 49mm throttle bodies
Starter Electric
Lubrikasi Wet sump
Transmisi 6-speed, constant mesh, cassette-style
Dimensi
Panjang 2075 mm
Lebar 705 mm
Tinggi 1145 mm
Jarak Terendah 130 mm
Tinggi Jok 825 mm
Kapasitas Tangki 16 L
Berat 203 kg
Kaki-kaki
Suspensi Depan SHOWA BFF, Inverted telescopic, coil spring, oil damped
Suspensi Belakang SHOWA BFF-Lite Shock, Link type, coil spring, oil damped
Rem Depan Brembo, Disc, Brembo 4-piston, Disc, twin, ABS-equipped
Rem Belakang Nissin, 1-piston, Disc single, ABS-equipped
Ban Depan Bridgestone RS10, 120/70ZR17M/C (58W), tubeless
Ban Belakang Bridgestone RS10, 190/55ZR17M/C (73W), tubeless

Harga Suzuki GSX R1000R

Setelah kita tahu bagaimana hebatnya spesifikasi yang diusung motor sport ini, saatnya Mas Sena untuk mengulas harga Suzuki GSX R1000R. Tapi, sebelum jauh berucap kata tentang banderol, tentu tak rugi jika Mas Sena akan sedikit memberikan penjelasan mengenai spesifikasi yang diuraikan di atas. Perlu diketahui kembali bahwa dengan banderol harga Suzuki GSX R1000R ini yang cukup mahal, motor ini merupakan motor sport bergaya MotoGP yang memang dibuat dan didesain khusus bagi ara pecinta motor sport. Hal itu pun diterapkan oleh Suzuki dengan bekalan bodi yang bergaya sporty dan gagah bak motor balap. Di sisi lain, untuk urusan permesinannya pun Suzuki GSX R1000R  ini juga tak diragukan lagi kehandalannya. Bahkan, beberapa fitur yang disematkan pun juga terbilang sangat canggih dalam memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan aman. Lantas, dengan bekalan kemampuan tersebut, kira-kira berapa sih harga Suzuki GSX R1000R ini?

Harga Suzuki GSX R1000R

Harga Suzuki GSX R1000R Terbaru

Berbicara soal harga Suzuki GSX R1000R, tampaknya tak perlu menebak-nebak sudah bisa diketahui. Pasalnya, jika didasarkan atas informasi yang telah Mas Sena dapatkan dari situs resmi Suzuki, harga Suzuki GSX R1000R ini nantinya akan dibanderol dengan angka yang mencapai $16.999 atau apabila dikonversikan ke nilai tukar rupiah akan setara dengan Rp 226 juta. Sungguh mahal bukan? Hampir setara dengan mobil hatchback kelas premium. Namun, bagi yang sudah terlanjur kepincut dengan motor sport Suzuki GSX R1000R ini maka bersiaplah untuk merogoh kocek dalam-dalam. Meskipun memiliki harga yang terbilang sangat mahal, namun jika sobat memang menyukai dan memiliki budget tersebut tentu bukan hal yang sulit untuk memilikinya. Nah, apakah dengan harga Suzuki GSX R1000R tersebut sobat tertarik membawanya pulang?

Harga Suzuki GSX R1000R

Rp 226.000.000,-
Daftar Harga Motor Suzuki

Di sisi lain, perlu diketahui juga bahwa harga Suzuki GSX R1000R yang disematkan di atas merupakan harga jual di pasar luar negeri mengingat motors sport ini belum dikapalkan ke Indonesia. Sehingga, dipastikan bahwa harga Suzuki GSX R1000R akan menjadi lebih mahal karena harus membayar biaya import dan sebagainya. Di sisi lain, dihadirkan sebagai pesaing dari Kawasaki H2R dan juga Yamaha R1/M, tentu bukan hal mudah bagi Suzuki GSX R1000R ini mengingat sama-sama mengusung spesifikasi yang super canggih. Namun, semua tergantung dengan pilihan sobat sendiri dan selera masing-masing konsumen. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Suzuki GSX R1000R yang telah Mas Sena sampaikan. Semoga bisa dan jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Kawasaki Ninja H2 Carbon dan TVS Akula 310.

Top