Harga Suzuki Jimny, Review, Spesifikasi & Gambar Desember 2017

Harga Suzuki Jimny dan Spesifikasi – Usai diperkenalkan pada tahun 2016 lalu, kini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun resmi merilis Suzuki Jimny generasi ke tiga pada ajang GIIAS 2017 kemarin yang diselenggarakan di ICE, Tangerang. Mobil off road legendaris buatan pabrik asal Jepang ini dihadirkan oleh PT SIS dengan menawarkan konsep yang lebih simple dan praktis jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya tanpa menghilangkan karakteristiknya sebagai mobil off road. Selain itu, mobil SUV Suzuki Jimny ini akan dihadirkan oleh PT SIS dalam bentuk utuh (CBU) atau didatangkan langsung dari Jepang dan hanya tersedia dalam varian transmisi matik saja. Menariknya, pada generasi ke tiga ini, pihak pabrikan akan menjualnya secara terbatas, yaitu sebanyak 88 unit saja. Tentu saja, dengan edisi terbatasnya tersebut, dipastikan bakal membuat konsumen saling berebut untuk membelinya. Maka, tak heran jika keran pemesanannya dibuka, peminat Suzuki Jimny tercatat sudah sekitar 205 orang hingga 12 Agustus 2017. Sehingga, mau tak mau membuat pihak Suzuki terpaksa melakukan seleksi terhadap pembelinya agar penyebaran mobil bisa merata di sejumlah daerah. Lalu, apa sih daya tarik yang dimiliki Suzuki Jimny ini?

Suzuki Jimny

Dihadirkan sebagai edisi terbatas, Suzuki Jimny terbaru generasi ke tiga ini pun akan mendapatkan penyesuaian dari berbagai sektor. Sehingga, dipastikan akan memberikan performa yang cukup tangguh untuk menerjang berbagai kondisi medan jalan yang ada di Indonesia. Di sisi lain, mobil off road legendaris yang mengusung nama Suzuki Jimny ini pun juga tampak menarik, terutama pada sektor tampilan desainnya. Di mana, dengan mengusung kombinasi konsep stylish, sporty, dan minimalis membuat mobil tersebut memiliki nilai tambah. Bahkan, sisi interiornya yang cukup elegan dan canggih mengesankan bahwa Suzuki Jimny ini memang dihadirkan sebagai mobil futuristik. Sementara itu, untuk performanya sendiri, pabrik yang bermarkas di Negeri Sakura tersebut akan membekali mobil buatannya tersebut dengan mesin VVT 1.3 liter yang sudah dilengkapi teknologi injeksi berupa Multipoint Injection sehingga selain memiliki performa handal, mobil Suzuki Jimny ini pun dipastikan memiliki tingkat efisiensi yang cukup tinggi. Belum lagi dengan ragam teknologi fitur yang dibawanya, tentu saja akan semakin membuatnya kian mempesona bagi para konsumen. Nah, untuk mengetahui lebih detail, yuk kita ulasa bersama saja topik mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Jimny pada segmen-segmen di bawah ini!

Mobil Suzuki Jimny

Review Suzuki Jimny

Eksterior

Desain Minimalis Bergaya Elegan Tampilkan Kesan Off Road yang Gagah

Sebagai langkah awal pada pembahasan kali ini, Mas Sena akan mengawalinya dengan membahas pada segmen eksterior dari spesifikasi Suzuki Jimny. Terkait dengan tampilan fisiknya tersebut, mobil off road buatan Suzuki ini memang dirancang dengan proporsi boxy yang didasarkan segmentasinya sebagai mobil penerjang berbagai medan namun tetap membawa kesan stylish. Hal itu bisa dilihat dari sisi depannya yang tampak headlamp multi reflector bergaya semi retro menyatu dengan lampu sein serta fog lamp Suzuki Jimny tersebut yang berada di bagian bawah sisi kanan dan kiri bumper depan bergaya modern sehingga kesan stylish pun kian terpancar dari sisi depan. Tak hanya itu saja, grille pun dibuat lebih modern dan tampak sporty dengan emblem logo Suzuki yang terpasang center di bagian tengahnya. Sementara itu, pada bagian sampingnya pun juga tak kalah menarik mengingat tampak sebuah garis lurus tegas yang membentang dari sisi depan sampai belakang Suzuki Jimny ini membelah pintu tunggal yang membuatnya kian memiliki ciri khas berbeda dari mobil off road lainnya. Bahkan, dari sisi samping itu pun tampak velg Alloy yang kian mempertajam aura sporty. Kemudian, pada bagian belakang bisa kita lihat stop lamp vertikal yang siap memancarkan cahaya lampu belakang namun tak membuat pengendara lain yang berada di belakang Suzuki Jimny ini merasa silau. Tak sampai di situ saja, untuk menggambarkan kesan sporty dan kekokohannya dalam menerjang segala medan, Suzuki pun juga melengkapi sektor belakang ini dengan ban serep yang terpasang pada bagian pintu belakangnya. Bahkan, pada bumper belakang pun dibuat cukup simple lengkap dengan dua buah lampu sein pada sisi kanan maupun kiri. Hal ini membuat sisi eksterior pada spesifikasi Suzuki Jimny tersebut dinilai cukup menarik dengan membawa karakter yang terkesan halus namun tetap kental dengan desain ala SUV modern.

Spesifikasi Suzuki Jimny

Interior

Interior Minimalis Namun Tawarkan Kenyamanan Tingkat Tinggi Berkat Fitur-Fitur Canggihnya

Di sisi lain, pada segmen berikutnya ini, Mas Sena akan mengulas sisi interior yang diusung oleh spesifikasi Suzuki Jimny. Meski jika dilihat sekilas bentuk mobil buatan Suzuki ini terkesan mungil dan minimalis namun tak berarti mobil ini memiliki interior yang sempit atau tak nyaman. Pasalnya, apabila kita menilik langsung pada bagian ruang kabinnya, tampak dengan jelas kabin berukuran cukup lapang dan ideal yang mampu menampung 4 orang penumpang termasuk pengemudinya sekaligus. Sementara itu, pada bagian dashboard dari Suzuki Jimny pun juga cukup mencuri perhatian di mana kali ini Suzuki akan melengkapi dashboard tersebut dengan konsol kendali fungsional dan beberapa fitur canggih yang siap memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya. Sebut saja, pada bagian tengah atas dashboard, terlihat dua buah lubang AC yang siap menyemburkan udara dingin guna kesejukan dalam ruang kabin Suzuki Jimny. Selain itu, di bagian bawahnya juga terdapat sistem entertainment dengan beberapa tombol fungsional yang bisa digunakan untuk memutar musik MP3 maupun radio. Meski tak dilengkapi layar touchscreen sebagaimana mobil off road jaman sekarang namun dengan fitur entertainment yang cukup minimalis tersebut dirasa sudah cukup untuk menghilangkan kebosanan dan menghibur para penumpang di dalam Suzuki Jimny. Kemudian, di bawah sistem entertainment tersebut juga terdapat sistem kendali AC yang bisa digunakan untuk mengatur AC sesuai keinginan. Tak sampai di situ aja, pada bagian pengemudi, terdapat sistem kemudi atau setir yang terbalut material berkualitas tinggi sehingga akan memberikan sentuhan yang nyaman ketika sedang menyetir. Bahkan pada Suzuki Jimny ini, tak lupa juga bahwa Suzuki pun juga melengkapi di sektor pengemudi ini dengan layar MID simple yang akan menampilkan 3 informasi utama terkait kondisi mobil saat dikendarai. Terlepas dari itu, pada ruang kabinnya yang ideal tersebut, mobil bernama Suzuki Jimny ini dilengkapi dengan jok nyaman dan empuk berbahan material yang berkualitas tinggi. Bahkan, pada bagian bagasi belakang pun, joknya bisa dilipat untuk digunakan sebagai bagasi guna membawa barang bawaan. Nah, dari berbagai fitur yang ditawarkan di sisi interior pada spesifikasi Suzuki Jimny tersebut, dipastikan akan membuat para konsumen merasa nyaman meski hanya berbekal fitur simple dan sederhana.

Spesifikasi Mobil Suzuki Jimny

Dimensi

Mobil Off Road Bergaya Boxy dengan Dimensi Pas dan Suspensi Kuat

Setelah kita meraba bagian eksterior dan memasuki di sektor interiornya, menginjak pada sesi kali ini kita akan mengulas sektor dimensi yang diusung spesifikasi Suzuki Jimny. Sebelumnya, memang sudah kita singgung di atas bahwa tampilan dari mobil off road buatan Suzuki ini memang terkesan simple dan cukup minimalis. Pastinya, hal itu tak lepas dari struktur rangka atau dimensi yang dibawanya di mana Suzuki Jimny  ini memiliki panjang 3.545 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1670 mm – 1.705 (with roof tails) dan memiliki jarak sumbu roda yang cukup ideal, yaitu 2.250 mm. Dengan melihat dimensinya yang cukup minimalis tersebut, tentu saja sangat wajar jika mobil ini memiliki tampilan yang terkesan boxy dan mungil. Apalagi, dengan bobot Suzuki Jimny yang mencapai 1.420 Kg yang terbilang cukup ringan untuk sekelas mobil off road. Sementara itu, tak ketinggalan pula bahwa mobil garapan pabrik asal Negeri Bunga Sakura ini memiliki ground clearance setinggi 190 mm yang akan mempermudah pengemudinya dalam berkendara di berbagai medan jalan tanpa perlu khawatir bagian bawah mobil tergesek. Di samping itu, tak lupa Suzuki juga melengkapi Suzuki Jimny ini dengan suspensi berupa 3-link, Rigid Axle with Coil Spring pada bagian depan maupun belakang. Dengan keberadaan kedua suspensi tersebut maka goyangan atau getaran mobil saat melalui jalan berlubang atau bergeronjal pun bakal teratasi sehingga kenyamanan penumpang dalam ruang kabin pun kian terasa. Selain itu, Suzuki juga akan melengkapi sektor kaki-kaki Suzuki Jimny tersebut dengan velg sporty Alloy berukuran 15 inci di mana setiap velg tersebut akan terbalut ban yang berukuran sama, yakni 205/70 R15. Tak hanya itu saja, untuk melengkapi keselamatan ketika berkendara, kali ini mobil off road bergaya boxy ini akan dilengkapi dua pengereman yang cukup tangguh, yaitu Solid Disc pada rem depan dan rem tipe Drum, Leading, and Trailing pada bagian belakang Suzuki Jimny. Bahkan, pada sektor pengereman tersebut pun akan dilengkapi dengan teknologi rem ABS dan ESC yang dipastikan akan memberikan kualitas rem yang lebih mumpuni untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat rem mendadak. Tentu saja, sektor dimensi yang ideal dan kaki-kaki kokoh yang dimiliki spesifikasi Suzuki Jimny tersebut semakin memperkuat sisi kenyamanan dan keselamatan bagi para penumpang.

Review Suzuki Jimny

Mesin

Dapur Pacu Tangguh Andalkan Mesin DOHC Berkode M13A dengan Kapasitas 1.328 cc

Nah, kini saatnya Mas Sena untuk mengupas pada sektor permesinan yang dibawa spesifikasi Suzuki Jimny. Berbicara mengenai sektor permesinan tampaknya memang menjadi daya tarik tersendiri. Sebab, kali ini Suzuki akan membekali mobil off road garapannya tersebut dengan mesin berteknologi tinggi yang terbilang cukup mumpuni. Di mana, pada ruang pacu dari Suzuki Jimny tersebut akan dibenamkan mesin 4 silinder DOHC yang memiliki kode M13A dan berkapasitas 1.328 cc tipe VVT 16 katup. Mesin tersebut nantinya juga akan dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan. Namun, di Indonesia sendiri kabarnya Suzuki Jimny hanya akan ditawarkan dalam pilihan transmisi otomatis. Kombinasi dari mesin dan transmisi tersebut pun juga diketahui sanggup mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 62 kW pada putaran 6.000 rpm dan sanggup menjangkau titik maksimum torsi 110 Nm pada putaran ke 4.100 rpm. Di sisi lain, pada ruang bakarnya sendiri Suzuki Jimny memiliki diameter 78 mm dan langkah piston 69.5 mm dengan rasio perbandingan kompresi 9.5:1. Tak hanya itu saja, sektor dapur pacu pada mobil buatan Suzuki yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar 46 liter ini pun juga sudah menggunakan sistem injeksi berupa Multipoint Injection yang akan mampu menekan jumlah konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa selain memiliki performa yang tangguh, sektor permesinan pada spesifikasi Suzuki Jimny ini juga bakal memiliki tingkat efisiensi yang cukup tinggi menjadikannya lebih ramah lingkungan.

Harga Mobil Suzuki Jimny

Fitur

Dilengkapi Fitur-Fitur Minimalis Namun Fungsional

Selain memiliki performa mesin yang cukup tangguh dan efisien, spesifikasi Suzuki Jimny pun juga dikenal memiliki beragam fitur nan canggih dan fungsional. Hal tersebut tentunya tak lepas dari upaya Suzuki yang ingin memberikan kenyamanan berlebih maupun keselamatan maksimum kepada para penumpangnya. Beberapa fitur yang tersemat pada Suzuki Jimny tersebut di antaranya seperti dual airbags, child safety locks, dan teknologi rem berupa ABS dan ESC. Tentu saja, keberadaan beberapa fitur canggih tersebut disediakan sebagai penunjang keselamatan untuk mencegah atau pun melindungi para penumpang ketika terjadi kecelakaan. Tak hanya itu saja, Suzuki Jimny pun juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur pada sistem entertainment, yaitu pemutar CD, soket USB, speaker depan belakang, dan Audio 2DIN yang akan membuat penumpangnya merasa terhibur saat berada di perjalanan. Tak sampai di situ, Suzuki pun juga bakal melengkapi mobil bernama Suzuki Jimny tersebut dengan fitur mode berkendara 3 pilihan, yaitu 2 WD, 4WD, dan 4WD-L yang bisa dipilih sesuai dengan medan jalan yang ditempuh atau dilalui. Dengan begitu, maka keberadaan fitur-fitur pada spesifikasi Suzuki Jimny tersebut semakin melengkapi kecanggihannya. Lalu, kira-kira berapa ya harganya?

Spesifikasi Suzuki Jimny

Mesin
Tipe M13A, 4 Silinder
Kapasitas 1,328 cc
Diameter x Langkah 78.0 x 69.5 mm
Rasio Kompresi 9.5
Tenaga Maksimal 62 kW/ 6,000 rpm
Torsi Maksimal 110 Nm / 4,100 rpm
Suplai Bahan Bakar Multipoint injection
Transmisi 5MT / 4AT
Dimensi
Panjang 3,545 mm
Lebar 1,600 mm
Tinggi 1,705 mm
Jarak Sumbu Roda 2,250 mm
Jarak Terendah 190 mm
Berat 1,420 kg
Kapasitas Penumpang 4
Kapasitas Tangki 46 Liter
Kaki-kaki
Suspensi Depan 3-link rigid axle with coil spring
Suspensi Belakang 3-link rigid axle with coil spring
Rem Depan Solid disc
Rem Belakang Drum, leading and trailing
Roda 205 / 70R15
Fitur
Kenyamanan • AC
• Power Steering
• Tombol Mesin Hidup-mati
• Power Outlet
• Jenis Transmisi Otomatis
• Pemutar CD
• Pemutar DVD
• Radio AM/FM
• Pengeras Suara Depan
• Pengeras Suara Belakang
• Audio 2DIN
• Sambungan Bluetooth
• Soket USB
• Sistem Navigasi
• Pembuka Bagasi
• Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar
• Kursi Lipat Belakang
• Kursi Yang Dapat Disesuaikan
• Headrest Kursi Belakang
• Lapisan Berbahan Kain
• Touch Screen
• On Board Computer
• Tempat Gelas – Depan
• Tempat Gelas – Belakang
• Bottle Holder
• Pembuka Tutup Bensin
Keselamatan • Sistem Pengereman Anti-Lock
• Central Lock
• Kunci Pengaman Anak anak
• Airbag/Kantong Udara Pengemudi
• Airbag/Kantong Udara Penumpang
• Sabuk Pengaman Belakang
• Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketinggian
• Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman
• Crash Sensor
• Pengingat Pintu Terbuka
• Pelindung Benturan Samping
• Engine Immobilizer
• Tanki Bahan Bakar tengah

Harga Suzuki Jimny

Satu per satu dari tiap sektor spesifikasi telah kita bahas, lalu pada sesi terakhir ini, waktunya membahas soal harga Suzuki Jimny. Nah, jika berbicara mengenai banderol, sebagai bahan pertimbangan maka Mas Sena akan sedikit memberikan gambaran umum atau kesimpulan mengenai spesifikasinya agar lebih mempermudah kawan-kawan dalam menentukan pilihan pada mobil ini. Seperti pada pembahasan di atas, Suzuki Jimny memang menjadi salah satu mobil off road buatan Suzuki yang dibuat dengan konsep yang lebih stylish namun tetap mengesankan SUV mini yang cukup menarik. Bahkan, kenyamanan dari mobil off road ini pun juga terbilang cukup memadai berkat fitur-fitur yang trsematkan pada ruang kabinnya yang tentu akan berpengaruh pada harga Suzuki Jimny. Sementara itu, mesinnya sendiri sudah menggunakan tipe DOHC berkode M13A berkapasitas 1.3 liter dan berteknologi Multipoint Injection. Sehingga, akan membuat performanya lebih optimal dan efisien. Belum lagi dengan ragam fitur-fitur lain sebagai penunjang kenyamanan maupun keselamatan. Nah, dengan spesifikasinya yang sempurna berapa harga Suzuki Jimny ini ya?

Harga Suzuki Jimny

Harga Suzuki Jimny Terbaru

Tenang kawan, sejak diluncurkan secara resmi di Indonesia pada ajang GIIAS 2017 lalu, diketahui bahwa harga Suzuki Jimny tersebut nantinya akan dibanderol senilai Rp 285 juta. Tak terlalu mahal kan? Tentu, bagi Mas Sena, banderol tersebut cukup sepadan jika melihat spesifikasi yang dibawanya. Pastinya, dengan begitu maka wajar saja jika mobil off road mini garapan pabrik asal Jepang ini sanggup menarik perhatian para konsumen. Selain itu, Suzuki Jimny ini pun nantinya juga akan menawarkan dua pilihan warna, yaitu Superior White dan Bluish Black 3. Kedua pilihan warna yang akan semakin menambah kecantikan mobil tersebut juga diketahui tak mempengaruhi perubahan banderol harga Suzuki Jimny tersebut. Hal tersebut tentu semakin membuat mobil yang memiliki tampilan unik ini menarik perhatian banyak pecinta otomotif. Nah, dengan kisaran banderol harga Suzuki Jimny yang tidak mencapai Rp 300 jutaan tersebut, apakah kawan-kawan tertarik memilikinya?

Harga Suzuki Jimny
Rp. 285.000.000,-
Catatan :
  • Harga Suzuki Jimny diatas merupakan harga on the road
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga mobil Suzuki Jimny

Tapi, perlu untuk kawan ketahui bahwa selain informasi mengenai harga Suzuki Jimny tersebut sudah valid namun pihak Suzuki hanya akan menawarkan dalam jumlah terbatas, yaitu sebanyak 88 unit saja. Sehingga, bagi para calon konsumen yang sudah memesan mobil tersebut, tentunya nanti akan diseleksi terlebih dahulu oleh pihak Suzuki agar penyebaran mobil Suzuki Jimny tersebut merata di berbagai daerah di Indonesia. Di sisi lain, mobil yang didatangkan langsung dari Jepang ke Indonesia ini pun juga hanya akan menawarkan 1 pilihan transmisi saja, yaitu transmisi otomatis 4 percepatan. Dengan kata lain, tak ada pilihan transmisi yang ditawarkan. Hal tersebut membuat harga Suzuki Jimny yang ditawarkan di Tanah Air pun hanya ada satu varian. Di samping itu, sedikit informasi saja bahwa bagi konsumen yang sudah memesan, mobil ini akan mulai dikirim kepada para pemesan mulai bulan September 2017. Nah, kiranya sampai di sini dulu ya pernjumpaan kita. Semoga ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Jimny di atas bisa bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Jangan lupa baca juga informasi lainnya mengenai Suzuki Ignis dan Toyota Rush.

Top