Harga SYM Cruisym 300i 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga SYM Cruisym 300i dan Spesifikasi – PT MForce selaku APM dari Pabrik Sam Yang Motor (SYM) akhirnya resmi merilis produk barunya bernama SYM Cruisym 300i untuk turut serta dalam bersaing di segmen skutik kelas premium.

Skutik gagah dan mewah buatan pabrik asal Taiwan ini memperkenalkan produk barunya tersebut di pasar Indonesia di JIExpo Kemayoran Jakarta. Perkenalan skutik baru yang bernama SYM Cruisym 300i tersebut pun mulai dilangsungkan pada 8 Juni hingga 16 Juli 2017.

Selain itu, meski namanya tak setenar produk-produk seperti Yamaha atau Honda, namun skutik premium ini diklaim bakal hadir dengan segudang fitur canggih dan spesifikasi mumpuni. Bahkan, kehadiran skutik SYM Cruisym 300i ini pun disebut-sebut bakal menjadi pesaing berat bagi Yamaha XMax maupun Kawasaki J300.

Tentu saja, hal tersebut menarik perhatian dan membuat para konsumen pun bertanya-tanya, kira-kira apa sih keunggulan yang ditawarkan skutik premium yang mengusung nama SYM Cruisym 300i ini? Pastinya, pertanyaan tersebut juga muncul di benak kawan-kawan semua bukan?

SYM Cruisym 300i

SYM Cruisym 300i

Memang, tampaknya skutik yang bertajuk SYM Cruisym 300i ini rasanya pantas jika disejajarkan dengan Yamaha XMax maupun Kawasaki J300. Pasalnya, jika kita menilik dari segi spesifikasi pada setiap sisi, skutik premium asal Taiwan ini memang hadir dengan kemampuan yang tak kalah handal dengan produk buatan Jepang.

Bahkan, dari sisi desain eksterior SYM Cruisym 300i ini pun sudah bisa kita lihat bagaimana kesan elegan dan sporty bercampur baur pada setiap sisi dari bodi luarnya. Sehingga, wajar jika motor ini cukup mampu memikat hati para calon konsumen.

Sementara itu, untuk sektor permesinan SYM Cruisym 300i ini pun tak bisa dianggap remeh. Sebab, kali ini SYM akan membekali skutik barunya ini dengan mesin berkapasitas 278.3 cc silinder tunggal yang dipastikan siap memberikan semburan tenaga yang begitu powerful dan mantap. Cocok bagi para konsumen yang berjiwa petualang dan gemar touring jarak jauh. Selain itu, SYM Cruisym 300i ini juga turut dibekali dengan berbagai macam fitur unggulan yang kian melengkapi kecanggihannya sebagai skutik premium.

Nah, mau tahu apa saja keunggulan lain yang dimiliki skutik ini? Yuk, kita simak ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga SYM Cruisym 300i yang akan Mas Sena uraikan pada segmen-segmen di bawah ini!

Motor SYM Cruisym 300i

Review SYM Cruisym 300i

Desain

Skutik Kelas Premium yang Dibangun dengan Kombinasi Desain Modern Bergaya Elegan-Sporty

Tak berbeda dengan pembahasan lain yang telah Mas Sena ungkapkan, di segmen pertama ini Mas Sena akan berbagi info terkait pada sektor eksterior dari spesifikasi SYM Cruisym 300i. Nah, berhubungan dengan bagian fisik, skutik mewah buatan pabrik asal Taiwan ini memang dibangun dengan bentuk bodi yang mengedepankan desain elegan-sporty yang tampak pada setiap sisi bodinya.

Dari depan saja sudah tampak cukup memikat di mana SYM telah melengkapi SYM Cruisym 300i ini dengan dual headlamp dengan desain menyipit dan tajam berteknologi LED proyeksi 3D Hexagonal yang siap memancarkan cahaya cukup terang guna membantu pengendara ketika berkendara di malam hari.

Kemudian, tak ketinggalan juga windshield pun juga turut serta disematkan guna mencegah terpaan angin mengenai langsung ke pengemudinya. SYM Cruisym 300i pun juga dilengkapi pula dengan spion yang dapat dilipat plus lampu sein dengan fungsi hazard untuk keadaan darurat. Di mana, lampu sein ini yang juga berfungsi sebagai lampu hazard ini nantinya akan berkedip-kedip bersamaan pada saat pengemudi dalam kondisi darurat di jalan.

Lalu, menginjak pada bagian sisi samping, desain yang diusung SYM Cruisym 300i ini tak berbeda dengan desain XMax milik Yamaha di mana pada sisi ini tampak sebuah jok empuk berkualitas tinggi memanjang dan dibuat bertingkat yang siap memberikan kenyamanan berkendara kepada pengemudi sekaligus penumpangnya. Tak hanya itu saja, di bawah jok SYM Cruisym 300i tersebut juga terdapat bagasi yang memiliki kapasitas cukup lapang hingga mampu menampung dua helm full face sekaligus.

Di sisi lain, pada bagian belakang, skutik bongsor ini juga dilengkapi tail light dengan bentuk desain yang menarik dan berteknologi LED. Sehingga dengan demikian, SYM Cruisym 300i  ini pun mampu memberikan pancaran cahaya cukup maksimal namun tak mengganggu atau menyilaukan pengendara lain yang berada di belakangnya. Tentu saja, dengan bekalan tampilan bodi yang sangat modern, elegan, sekaligus futuristik yang diusung spesifikasi SYM Cruisym 300i tersebut, dipastikan bakal membuat para calon konsumen kian kepincut.

Spesifikasi SYM Cruisym 300i

Speedometer

Informasi Kendaraan Andalkan Instrumen Indikator Analog-Digital dengan Layar LCD

Di sisi lain, sebagai salah satu kendaraan premium, tentu saja spesifikasi SYM Cruisym 300i ini kan dilengkapi dengan fitur berupa panel indikator canggih. Pasalnya, instrumen indikator ini merupakan salah satu sektor yang cukup penting mengingat perannya dalam menunjang kebutuhan informasi pengendara terkait kondisi motor.

Oleh sebab alasan itu maka kali ini SYM Cruisym 300i pun akan hadir dengan instrumen indikator dengan kombinasi panel analog-digital. Di mana, pada panel analog yang dibawanya akan ditampilkan pada sisi kanan dan kiri. Nah, pada kedua panel analog dari skuter SYM Cruisym 300i tersebut akan menampilkan informasi berkaitan dengan kecepatan Km/jam dan indikator rem ABS pada bagian kiri. Sedangkan, panel analog kanan akan menampilkan torsi.

Sementara itu di sisi lain, untuk panel digital yang diusung motor ini sendiri akan hadir dengan layar LCD di mana layar SYM Cruisym 300i tersebut akan diletakkan tepat di tengah-tengah antara panel analog tersebut yang akan memperlihatkan informasi mengenai indikator bahan bakar, suhu mesin, trip meter, jarak tempuh dan jam digital.

Sedangkan, pada bagian atasnya terdapat lampu indikator untuk lampu sein, lampu tembak/jarak jauh (high beam) dan indikator oli. Tentu saja, dengan kecanggihan dan kelengkapan informasi pada panel dari spesifikasi SYM Cruisym 300i tersebut akan mempermudah pengendara dalam memahami kondisi motor yang sedang ditungganginya.

Spesifikasi Motor SYM Cruisym 300i

Dimensi

Skuter Matik Premium dengan Dimensi Bongsor Namun Kokoh

Nah, beralih pada segmen kali ini, Mas Sena akan mengulas bagaimana dimensi yang diusung spesifikasi SYM Cruisym 300i untuk membangun skutik premium ini. Terkait dengan dimensi, tentu saja sangat berhubungan erat dengan tampilan atau bentuk bodinya. Pasalnya, dimensi merupakan sektor pembentuk bodi yang pada skutik ini akan disokong dengan sebuah rangka kuat.

Kali ini skutik mewah yang bernama SYM Cruisym 300i dibekali dimensi dengan panjang 2.175 mm, lebar 760 mm dan tinggi 1.440 m serta memiliki jarak sumbu roda atau wheelbase 1.550 mm. Mengetahui ukuran dimensi yang diusung motor bongsor tersebut, tentunya wajar jika bentuk bodi dari skutik buatan Taiwan ini tampak besar dan terkesan bongsor. Sehingga, tak heran jika SYM Cruisym 300i ini menjadi salah satu skutik yang cukup digemari oleh para pecinta touring.

Selain itu, untuk menunjang kebutuhan jarak jauh dan sebagai bekal maka skutik ini pun juga akan dibekali pula dengan tangki bahan bakar berkapasitas besar mencapai 12 liter. Namun, cukup disayangkan bahwa untuk ground clearance dan tinggi jok pada spesifikasi SYM Cruisym 300i ini masih belum diketahui secara lebih spesifik.

Review SYM Cruisym 300i

Suspensi

Berbekal Suspensi Handal Siap Sokong Bodi dengan Kuat

Sementara itu, untuk menyokong bodinya yang besar maka spesifikasi SYM Cruisym 300i pun akan dilengkapi dengan suspensi tangguh pada bagian kaki-kakinya. Sebab, suspensi memang menjadi salah satu bagian dalam tatanan sebuah kendaraan yang kehadirannya sangat menunjang keseimbangan maupun kenyamanan dalam berkendara.

Nah, oleh sebab itu, SYM pun telah melengkapi skutik SYM Cruisym 300i ini dengan suspensi tipe Telescopic pada bagian depan. Sedangkan di sisi lain, untuk suspensi bagian belakang, akan mengandalkan tipe Unit Swing Arm.

Di sisi lain, untuk material rim pada sektor depan dan belakang pada skutik garapan pabrik asal Taiwan ini akan mengandalkan bahan aluminium. Yang jelas, dengan keberadaan kedua suspensi tersebut, tentunya akan semakin membuat keseimbangan dari SYM Cruisym 300i ini kian mantap dan kenyamanan pun semakin terasa.

Bahkan, dengan adanya suspensi tersebut maka setiap melewati jalan berlubang atau bergeronjal, pengemudinya akan tetap merasa nyaman mengingat suspensi tersebut sanggup menahan atau menekan setiap getaran atau guncangan.

Sementara itu, di sisi lain, Untuk menopang bodi bongsornya, SYM Cruisym 300i mengandalkan velg berdiameter 14 inci pada bagian depan dan untuk bagian belakang memiliki ukuran velg berdiameter 14 mm. Nah, velg tersebut nantinya akan dibalut dengan ban berukuran 120/70-14 di roda depan dan ukuran 140/60-13 pada roda belakang.

Tak ketinggalan juga bahwa skutik mewah bernama SYM Cruisym 300i ini akan hadir dengan rem berdiameter 260mm pada bagian dan belakang 240 yang diperkuat dengan tenaga pendorong tipe hidrolik. Bahkan, yang cukup menarik bahwa untuk sistem pengereman yang dibekalkan pada spesifikasi SYM Cruisym 300i ini juga sudah mengandalkan rem berteknologi ABS yang siap memberikan kualitas rem yang lebih aman dan sempurna.

Harga Motor SYM Cruisym 300i

Mesin

Dibekali Mesin Tangguh Berkapasitas 278.3 cc Silinder Tunggal 4 Katup Hasilkan Performa Super Oke

Setelah kita membahas bagian luar, speedometer dan dimensinya, kini waktunya bagi Mas Sena untuk mengulas sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi SYM Cruisym 300i. Skutik yang siap bersaing dengan produk sekelas XMax, tentunya bakal hadir dengan bekalan komponen permesinan yang tak sembarangan.

Motor bongsor ini akan hadir dengan mengusung mesin Silinder Tunggal yang memiliki kapasitas 278.3 cc dan dilengkapi sistem pendingin cairan (Liquid Cooled). Dengan bekalan mesin super handal dan canggih pada SYM Cruisym 300i tersebut, SYM pun juga telah memadukannya dengan sistem transmisi gearbox CVT pada roda belakang. Sehingga, kombinasi antara mesin dan transmisi tersebut pun diketahui sanggup memberikan semburan tenaga maksimal hingga 26,9 Hp pada 7.750 rpm dan torsi maksimum hingga mencapai 27.3 Nm pada 6.750 rpm. Cukup gahar bukan tenaganya?

Tapi, meskipun tenaga yang dihasilkan SYM Cruisym 300i ini cukup besar, sektor permesinannya ini juga dilengkapi teknologi EFI yang akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efiseian dan kinerjanya lebih optimal. Di mana, dengan teknologi tersebut, untuk 1 liter bahan bakar dapat digunakan untuk menempuh jarak 45 hingga 50 kilometer.  Tak heran jika spesifikasi SYM Cruisym 300i ini pada dapur pacunya bisa dibilang gahar namun tetap ramah lingkungan.

Fitur

Skutik Kelas Atas dengan Kelengkapan Fitur Canggih dan Fungsional

Apabila ditelisik secara lebih mendalam, spesifikasi SYM Cruisym 300i pun juga ternyata dilengkapi dengan segudang fitur modern yang cukup handal. Beberapa di antaranya memang dihadirkan sebagai penunjang kenyamanan dan keselamatan pengguna. Fitur-fitur tersebut antara lain seperti port USB yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone beserta stop kontak output 12 volt yang terletak persis di bawah setang kemudi dari SYM Cruisym 300i ini.

Kemudian, tak ketinggalan juga informasi mengenai kondisi motor pun juga akan ditampilkan melalui layar LCD modern yang dikolaborasikan dengan panel analog sehingga memudahkan pengendara dalam memahami keadaan motor yang dikendarainya. Selain itu, pada SYM Cruisym 300i ini juga dilengkapi pula dengan teknologi mesin berupa EFI yang merupakan sistem injeksi untuk menekan konsumsi bahan bakar agar lebih maksimal.

Tak hanya cukup sampai di situ, untuk memudahkan dalam mengontrol laju motor maka SYM pun juga melengkapi skutik SYM Cruisym 300i tersebut dengan sistem pengereman ABS sehingga ban selip pun bisa dicegah serta angka kecelakaan pun bisa diminimalisir.

Tentu, dengan ragam fitur canggih pada tersebut, harga yang ditawarkan pun tak bakal dibanderol dengan angka kecil. Namun harga yang akan dibanderolkan tentu disesuaikan dengan spesifikasi SYM Cruisym 300i ini.

Video SYM Cruisym 300i

Berikut ini adalah official video SYM Cruisym 300i yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari motor SYM ini:

Spesifikasi SYM Cruisym 300i

Mesin
Tipe Mesin Single Cylinder, 4V
Kapasitas 278,3 cc
Power 26.9 tk @ 6.750 rpm
Torque 27.3 Nm @ 6.750 rpm
Suplai Bahan Bakar E.F.I
Sistem Pendinginan Liquid
Transmisi CVT
Dimensi
Panjang 2136 mm
Lebar 760 mm
Tinggi 1420 mm
Jarak Sumbu Roda 1550 mm
Kapasitas Tangki 12 L
Kaki-kaki
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Unit Swing Arm
Rem Depan Disc 260mm+ABS
Rem Belakang Disc 240mm+ABS
Ban Depan 120/70-14
Ban Belakang 140/60-13

Harga SYM Cruisym 300i

Nah, menginjak pada segmen kali ini, selanjutnya Mas Sena akan mencari tahu informasi terkait dengan harga SYM Cruisym 300i. Namun, sebaiknya sebagai bahan pertimbangan kawan-kawan dalam memilih motor ini, Mas Sena akan sedikit memberikan gambaran singkat mengenai spesifikasi dari skutik buatan Taiwan ini yang sudah dijelaskan panjang lebar di atas.

Pertama, melihat dari segi eksterior, tampaknya SYM Cruisym 300i ini memang dibuat dengan desain elegan-sporty yang sangat menawan pada setiap sisi bodinya sehingga mampu membuat para konsumen yang melihat pesonanya pun kepincut untuk memilikinya.

Selain itu, performa dari mesin pacu yang dihasilkannya pun juga sangat handal. Bagaimana tidak? Skutik premium asal Taiwan ini dibekali dengan mesin berkapasitas 278.3 cc yang akan membuat harga SYM Cruisym 300i ini cukup mahal. Mesin tersebut pun sudah dilengkapi sistem injeksi berteknologi EFI sehingga dipastikan akan membuat kinerja mesin menjadi lebih efisien dan irit bahan bakar.

Apalagi dengan ragam fitur canggih yang siap menunjang keselamatan sampai kenyamanan pengguna, tentu saja dipastikan akan semakin membuat harga SYM Cruisym 300i ini menjadi lebih mahal. Lalu, kira-kira berapa sih banderol untuk meminang skutik ini?

Harga SYM Cruisym 300i

Harga SYM Cruisym 300i Terbaru

Seperti yang sudah Mas Sena katakan sebelumnya bahwa harga SYM Cruisym 300i ini dipastikan tak akan dibanderol dengan harga yang murah. Pasalnya, skutik buatan pabrik asal Taiwan ini memang diproduksi sebagai produk yang menyasar kelas atas dan berbekal spesifikasi sangat handal serta mumpuni.

Nah, terkait dengan banderol harga SYM Cruisym 300i ini, menurut informasi yang Mas Sena dapatkan dari berbagai sumber yang kredibilitasnya diakui, harga dari skuter matik premium asal Taiwan ini akan dibanderol seharga Rp 67.7 juta. Tentu saja, dengan banderol yang menginjak angka tersebut, dipastikan tak semua konsumen sanggup membeli skutik SYM Cruisym 300i ini. Sehingga, hanya beberapa kalangan yang berdompet tebal saja yang akan memboyong skutik ini.

Nah, dengan harganya yang cukup mahal tersebut, apakah teman-teman merupakan salah satu dari kalangan yang berminat untuk memboyong skutik ini? Harga SYM Cruisym 300i yang mahal tentu bukan menjadi masalah, jika kawan memiliki budget yang cukup.

Harga SYM Cruisym 300i
Rp. 67.700.000,- (OTR Jakarta)

Catatan : 

  • Harga motor SYM Cruisym 300i diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga SYM Cruisym 300i

Yang perlu diingat oleh kawan-kawan bahwa harga SYM Cruisym 300i yang disebutkan di atas merupakan harga yang berstatus OTR (On The Road) untuk wilayah Jakarta saja. Maka, sudah bisa dipastikan bahwa banderol untuk memboyong skutik premium buatan Taiwan ini akan memiliki banderol berbeda jika kawan membeli SYM Cruisym 300i ini didaerah lain.

Namun, meskipun berbeda, dipastikan perbedaan tersebut tak akan terlalu signifikan. Di sisi lain, perlu diketahui juga bahwa PT MForce selaku APM resmi dari PT SYM sendiri memiliki 10 jaringan dealer yang tersebar di Indonesia sehingga teman-teman bisa mencari tahu informasi tentang spesifikasi maupun harga SYM Cruisym 300i secara langsung dengan datang ke dealer-dealer tersebut untuk mengetahui info lebih lanjut harga motor ini secara lebih lengkap.

Nah, Mas Sena kira cukup sampai di sini informasi yang Mas Sena bagikan, semoga penjelasan yang Mas Sena berikan mengenai spesifikasi dan harga SYM Cruisym 300i di atas bisa menjadi referensi bagi teman-teman semua. Baca jga ulasan menarik mengenai Yamaha X-Max 300 dan Yamaha XMax 400.

Top