Harga Tata Xenon RX 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Tata Xenon RX dan Spesifikasi – Bermain di segmen kendaraan niaga, Tata Motor Distribusi Indonesia (TMDI) akhirnya resmi merilis mobil niaga bernama Tata Xenon RX. Mobil pick up mewah tersebut diperkenalkan pada ajang IIMS 2017 yang diselenggarakan pada 27 April – 7 Mei 2017 lalu di Jakarta International Expo yang berlokasi di Kemayoran, Jakarta. Sebenarnya pada pameran tersebut, pihak PT TMDI sendiri tak hanya memperkenalkan Tata Xenon RX saja, namun juga varian lain yakni Super Ace yang merupakan pick up terlarisnya. Peluncuran kedua pick up buatan Tata Motors tersebut juga tak lepas dari geliat pasar otomotif Indonesia di segmen kendaraan niaga yang dinilai mulai berkembang. Sehingga, dengan peluncuran Tata Xenon RX ini dapat dijadikan kesempatan bagi pabrik bernama Tata Motors ini sebagai ajang untuk meluncurkan pick up terbarunya. Namun, pada pertemuan ini Mas Sena akan lebih mendalam untuk mengulas spesifikasi maupun harga dari tipe yang bernama Tata Xenon RX. Lantas, kira-kira apa saja ya keunggulan apa saja yang ditawarkan mobil pick up ini? Semakin penasaran bukan?

Tata Xenon RX

Tata Xenon RX

Sebelum jauh mengulas spesifikasi yang dibawa Tata Xenon RX, perlu diketahui bahwa PT TMDI yang emrupakan APM untuk produk merk Tata Motors, pada ajang IIMS 2017 tersebut dikabarkan telah mengantongi pemesanan 66 unit dari beragam model yang dipamerkan. Beberapa model di antaranya yaitu Tata Super Ace DLS HT, Xenon HD, Tata Xenon RX, dan Xenon XT DCab 4×4 menyumbang kontribusi 70 persen. Kemudian, disusul oleh Ace EX, Tata Ultra, dan LP 713. Terkait dengan model ini, perlu dipahami bahwa pick up ini memang menjadi salah satu kendaraan niaga yang tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, pick up buatan Tata Motors ini diklaim bakal menjadi salah satu pesaing berat bagi Toyota Hilux dan Mitsubishi Strada. Bukan tanpa alasan mengingat Tata Xenon RX ini dibekali dengan spesifikasi yang terbilang cukup mumpuni di kelasnya, baik pada segi eksteriornya yang kompak dengan kuantitas angkutan barang bawaan yang banyak dan memiliki ruang kabin yang begitu elegan. Bahkan, performa yang dimiliki Tata Xenon RX pun bakal mampu menghasilkan kinerja mesin handal berkat mesin tipe TATA 497 SPTC E-II yang memiliki kapasitas hingga 2956 cc. Selain itu, segudang fitur canggih pun juga turut serta melengkapi daya tariknya sebagai pick up modern. Untuk mengetahui lebih jelasnya, kali ini Mas Sena akan berbagi informasi mengenai spesifikasi dan harga Tata Xenon RX pada segmen-segmen di bawah ini!

Mobil Tata Xenon RX

Review Tata Xenon RX

Eksterior

Desain Eksterior Elegan dan Mewah Perlihatkan Kesan Pick Up Gagah

Memang, selama ini Tata dikenal selalu menghadirkan produk-produk barunya dengan bakalan desain eksterior yang begitu menarik dan atraktif, begitu juga eksterior pada spesifikasi Tata Xenon RX. Pasalnya, pick up andalan Tata Motors ini memiliki bentuk desain yang jika dilihat sekilas terbilang tampak gagah dan berwibawa. Pertama, jika melihat dari sisi depan, tampak headlamp yang dibuat dengan ukuran yang cukup besar di mana pada bagian sisi luar Tata Xenon RX ini dibalut dengan lapisan chrome. Sehingga, selain mampu memberikan sorotan cahaya yang sangat terang, membuat tampilannya menjadi kian lebih elegan dan menarik. Kemudian, tak ketinggalan juga grille depan dibuat lebih garang dengan 3 baris utama yang juga dilengkapi logo Tata Motors sehingga semakin memperlihatkan kesan kewibawaan Tata Xenon RX. Sementara itu, sedikit turun ke bawah, tampak juga fog lamp dan bumper yang dibuat seimbang dan menyesuaikan grille serta desain head lamp. Sementara itu, untuk bagian samping, tampaknya tak berbeda jauh dengan pick up modern pada umumnya. Di mana, terdapat sebuah bak luas dan besar yang mampu menampung barang bawaan sehingga sangat menunjang aktivitas pengguna Tata Xenon RX ini, terutama kegiatan perniagaan antar jemput barang. Nah menginjak pada bagian belakang, dibuat dengan konsep yang lebih simple di mana terdapat stop lamp yang dibuat menyatu dengan lampu sein layaknya mobil-mobil pick up pada umumnya. Dengan begitu maka bisa diketahui bahwa sektor eksterior dari spesifikasi Tata Xenon RX ini memang dibuat dengan rancangan yang mengedepankan tampilan yang terkesan gagah.

Spesifikasi Tata Xenon RX

Interior

Sektor Interior Luas dan Simple Lengkap dengan Fitur Canggih dan Fungsional

Di sisi lain, selain memiliki tampilan fisik yang cukup menawan, spesifikasi Tata Xenon RX ini juga mengusung ruang kabin single yang luas dan dilengkapi dengan ragam fitur interior yang cukup canggih. Hal itu bisa dilihat ketika kita memasuki ruang kabin. Bagaimana tidak? Kesan elegan dan mewah pun terpancar dari setiap sisi interior Tata Xenon RX tersebut. Di sisi lain, tampak juga desain dashboard yang begitu simple namun atraktif lengkap dengan ragam fitur-fitur canggih nan fungsional. Di mana, pada dashboard terdapat fitur berupa audio dan speaker yang saling melengkapi sehingga tak akan membuat pengemudi dan penumpang depan merasa bosan. Bahkan, untuk mengendalikan suhu udara yang panas maka sisi interior pada Tata Xenon RX ini juga sudah dilengkapi dengan AC yang terdapat pada bagian tengah dashboard dan sisi samping kanan kiri pengemudi maupun penumpang. Kemudian pada sisi pengendara, terdapat layar MID dengan tampilan yang cukup sederhana namun informatif, Sehingga membuat pengendara Tata Xenon RX tersebut akan mudah untuk memahami maupun mengetahui kondisi mobil yang sedang dikendarainya tersebut. Maka, dengan kelengkapan dan kecanggihan sisi interior yang akan melengkapi kecanggihan spesifikasi Tata Xenon RX tersebut, tentu saja akan membuat pengguna merasa nyaman ketika berkendara.

Spesifikasi Mobil Tata Xenon RX

Dimensi

Memiliki Dimensi Besar dan Disokong Kaki-Kaki Kuat dan Handal

Tampaknya, jika kita melihat sisi eksteriornya tampak besar dan gagah serta interiornya yang cukup luas, sepertinya tak lepas dari dimensi yang diusung spesifikasi Tata Xenon RX. Pasalnya, sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa dimensi memang merupakan salah satu sektor pembentuk ukuran bodi dan rangka sehingga sangat berpengaruh pada penampilan fisik. Nah, terkait dengan dimensi, Tata Xenon RX akan hadir dengan sokongan rangka kokoh dan memiliki ukuran dimensi dengan panjang 5361 mm, lebar 1860 mm dan tinggi 1785 mm dengan kapasitas tangki 60 liter serta memiliki bobot hingga 1910 Kg. Selain itu juga untuk jarak sumbu roda 3150 mm serta jarak pijak depan dan belakang Tata Xenon RX 1530/1571 mm, dengan radius putarnya 6.35 m. bahkan, untuk ukuran bak belakang sendiri juga terbilang sangat luas mengingat bak yang diusung pick up buatan Tata Motors ini memiliki ukuran pankang 2440 mm, lebar 1675 mm, dan tingginya 415 mm. Maka, selain mampu menampilkan bentuk bodi yang besar, bak pada Tata Xenon RX pun juga akan sanggup menampung barang muatan yang lebih banyak. Di sisi lain, untuk memberikan sokongan dan kekuatan dalam menyangga beban maka kali ini mobil ini pun juga akan hadir dengan sokongan kaki-kaki kuat di mana pada kaki-kaki Tata Xenon RX tersebut akan dibenamkan suspensi handal bertipe Semi-eliptical Leaf Spring + Anti Roll Bar , baik bagian depan maupun belakang. Selain itu, untuk menambah kekuatan dan memberikan tingkat keseimbangan tinggi ketika berkendara maka mobil pick up bernama Tata Xenon RX pun juga dilengkapi ban tangguh dengan velg berukuran 16 inci di mana untuk setiap velg akan terbalut ban berukuran 215/75. Tak hanya itu saja, guna mencegah terjadinya kecelakaan maka kali ini pihak Tata Motors bakal menyematkan pengereman cakram atau Disc Brake pada bagian depan dan Drum Brakes pada bagian belakang. Meski belum berteknologi ABS namun dengan bakalan teknologi rem yang diusung spesifikasi Tata Xenon RX tersebut, dipastikan cukup untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Review Tata Xenon RX

Mesin

Pick Up Mewah dengan Dapur Pacu Super Tangguh Berbekal Mesin Berkapasitas 2956 cc

Nah, menginjak pada segmen berikutnya, kali ini Mas Sena akan menilik secara detail terkait dengan sektor dapur pacu dari spesifikasi Tata Xenon RX. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa pick up buatan Tata Motors ini, selain tampil mempesona, ternyata juga memiliki performa mesin yang sangat tangguh. Bukan tanpa alasan, pasalnya mobil pick up ini akan hadir dengan mengusung mesin super canggih berupa mesin bertipe TATA 497 SPTC E-II yang memiliki kapasitas 2956 cc. Mesin handal Tata Xenon RX tersebut diklaim bakal mampu memberikan daya maksimal hingga 73 Ps setiap putaran ke 3000 rpm dan torsi maksimum sampai pada titik 223 Nm pada putaran antara 1600 – 2200 rpm. Tentu saja dengan besaran tenaga yang disemburkan tersebut akan memberikan dorongan daya yang begitu uat pada pick up ini. Di sisi lain, sektor permesinan dari Tata Xenon RX pun juga sudah menggunakan teknologi Direct Injection yang sanggup menekan konsumsi bahan bakar sehingga akan membuatnya lebih irit dan tentunya ramah lingkungan. Hal tersebut tentu akan menambah kesempurnaan spesifikasi Tata Xenon RX tersebut.

Harga Mobil Tata Xenon RX

Fitur

Mengusung Fitur-Fitur Canggih dan Modern

Selain memiliki performa yang super tangguh dan handal, spesifikasi Tata Xenon RX juga akan dilengkapi dengan segudang fitur menarik. Disediakannya fitur-fitur tersebut pun sebagai salah satu upaya Tata Motors dalam menunjang keselamatan maupun kenyamanan. Pertama, untuk menunjang keselamatan maka Tata Xenon RX diketahui akan dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, Pedestrian Protection, Pretensioner & Load Limiter, Sabuk Keselamatan, dan Side Impact Beam. Dengan adanya beberapa fitur tersebut maka penumpang maupun pengemudinya bakal lebih merasa aman. Selain itu, untuk membuat penumpang dan pengemudi lebih nyaman maka Tata Xenon RX pun juga sudah dibekali dengan fitur berupa sistem audio dan speaker yang dapat menjadi hiburan pengemudinya ketika mengalami kemacetan dijalanan sehingga rasa jenuh pun akan terbuang. Tentunya, dengan keunggulan spesifikasi Tata Xenon RX tersebut, dipastikan akan mampu mempengaruhi harganya bukan?

Video Tata Xenon RX

Berikut ini adalah official video Tata Xenon RX yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari mobil Tata ini:

Spefisikasi Tata Xenon RX

Mesin
Tipe TATA 497 SPTC E-II
Sistem Suplai Bahan Bakar Direct Injection
Diameter x Langkah 97 x 100 mm
Isi Silinder 2956 cc
Perbandingan Kompresi 19:01
Daya Maksimum 73 PS @3000 RPM
Momen Puntir Maksimum 223 Nm@1600-2200 RPM
Dimensi
Panjang 5361 mm
Lebar 1860 mm
Tinggi 1785 mm
Jarak Sumbu Roda 3150 mm
Jarak Pijak Depan / Belakang 1530/1571 mm
Radius Putar 6.35 m
Kapasitas Tangki 60 liter
Berat Kosong 1910 kg
Kaki-kaki
Suspensi Depan Semi-eliptical Leaf Spring + Anti Roll Bar
Suspensi Belakang Semi-eliptical Leaf Spring + Anti Roll Bar
Rem Depan Disc Brakes
Rem Belakang Drum Brakes
Ban 215 /75 R16
Roda R16″
Fitur
Keamanan & Keselamatan • Sabuk Keselamatan Depan
• Struktur Rangka Bodi Ladder Type Cranked With Boxed Section Long Members & Welded Cross Members
Kenyamanan • Power Steering
• Ac (Opsional)

Harga Tata Xenon RX

Setelah kita melewati segmen demi segmen penjelasan mengenai spesifikasinya, pada sesi terakhir ini kita akan berusaha untuk mengulas harga Tata Xenon RX. Memang, jika kita melihat dari ketangguhan spesifikasi dan segmentasinya sebagai salah satu pick up mewah maka dipastikan banderolnya pun tak murah. Pasalnya, dari segi desain eksteriornya memang dibuat begitu elegan. Bahkan, pada bagian interiornya pun Tata Xenon RX ini juga dibuat cukup luas dan dilengkapi ragam fitur-fitur canggih nan fungsional sehingga akan memberikan kenyamanan lebih kepada penumpang depan maupun pengendaranya. Di sisi lain, performanya pun sangat tangguh berkat mesin TATA 497 SPTC E-II yang memiliki kapasitas 2956 cc yang akan membuat harga Tata Xenon RX cukup mahal, meskipun mampu melaju dengan kuat meski membawa banyak barang bawaan. Tak ketinggalan juga bahwa beberapa fitur canggih pun juga turut disematkan untuk menunjang keselamatan maupun kenyamanan. Tentu, dengan ketangguhan yang ditawarkan spesifikasinya tersebut, harga Tata Xenon RX dipastikan tak akan murah.

Harga Tata Xenon RX

Harga Tata Xenon RX Terbaru

Dan benar saja sob! Terkait dengan harga Tata Xenon RX, berdasarkan beberapa informasi yang telah Mas Sena kutip dari beberapa sumber terpercaya, pick up mewah buatan Tata Motors ini dibanderol dengan angka yang cukup tinggi. Pasalnya, kali ini Tata Motors membagi kisaran banderol dari harga Tata Xenon RX ini menjadi tiga varian tergantung dari daerahnya. Untuk wilayah Jakarta akan dibanderol Rp 132 juta sedangkan untuk wilayah Surabaya dipatok seharga Rp 136.2 juta. Nah, untuk wilayah Surakarta akan dibanderol seharga Rp 138.3 juta. Nah, menilik banderol yang ditawarkan mobil Tata Xenon RX tersebut tampaknya memang pick up ini tak bisa dicukup mahal untuk sekelas pick up. Namun mahalnya harga tersebut tentu sudah disesuaikan dengan spesifikasi yang dibawanya yang memang selain memiliki bodi keren namun juga memiliki mesin yang powerfull.Nah, dengan kisaran harga Tata Xenon RX yang cukup mahal tersebut apakah sobat tertarik memilikinya?

Harga Tata Xenon RX

Wilayah Harga
 Jakarta  Rp 132.000.000,-
 Surakarta  Rp 136.200.000,-
 Surabaya  Rp 138.300.000,-

Catatan : 

  • Harga mobil Tata Xenon RX diatas merupakan harga di wilayah tertentu
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Tata Xenon RX

Nah, dengan harga Tata Xenon RX yang bisa terbilang cukup mahal tersebut maka dipastikan hanya beberapa kalangan saja yang akan membelinya. Selain itu, dipastikan pula bahwa mobil pick up ini juga akan dilirik oleh beberapa konsumen guna menunjang aktivitas perniagaan. Maka dari itu, sebagai pick up atau kendaraan perniagaan, tampaknya Tata Xenon RX ini kurang cocok bagi sobat yang ingin menjadikannya sebagai mobil tertutup. Di sisi lain, mobil ini pun kabarnya juga akan hadir dengan menantang Toyota Hilux dan Mitsubishi Strada di segmen yang sama. Sehingga akan menjadi pertarungan atau persaingan menjadi lebih sengit. Dengan harga Tata Xenon RX yang mencapai angka Rp 130 jutaan tersebut, tentu bukan hal yang mudah bagi mobil ini untuk dapat bersaing dengan para kompetitornya di segmen yang sama. Apalagi jika menilik para pesaingnya yang sudah memiliki nama besar. Itulah tadi ulasan mengenai spesifikasi dan harga Tata Xenon RX. Jangan lupa baca juga mengenai Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton.

Top