Harga Tata Xenon XT, Review, Spesifikasi & Gambar November 2017

Harga Tata Xenon XT dan Spesifikasi – Umumnya, sebuah mobil pick up dengan kabin ganda biasanya memiliki harga jual mahal namun tampaknya tidak dengan Tata Xenon XT. Pasalnya, mobil pick up double cabin atau kabin ganda asal India ini diketahui menjadi salah satu pick up terjangkau yang bisa dijadikan pilihan alternatif. Selain itu, melalui PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), sebenarnya Tata Xenon XT ini sebelumnya sudah diperkenalkan secara perdana pada ajang GIIAS 2016 lalu. Namun, mobil gagah buatan pabrik asal Negeri Hindustan ini baru dikirim kepada konsumen yang telah memesannya di mana pengiriman telah dilakukan pada awal Januari 2017 kemarin. Di sisi lain, Tata Xenon XT memang dihadirkan sebagai salah satu produk berupa pick up dengan kabin ganda yang dibekali spesifikasi maupun fitur-fitur yang sangat canggih dan mumpuni. Sehingga, kehadirannya di pasar otomotif Indonesia bisa menjadi pengganggu bagi beberapa pick up buatan pabrik lain di segmen yang sama. Tentu, kawan-kawan sudah pada penasaran bukan, apa sih menariknya Tata Xenon XT ini?

Tata Xenon XT

Tata Xenon XT

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, Tata Xenon XT merupakan pick up kabin ganda yang bakal hadir dengan berbekal kemampuan unggul dan pastinya sanggup menunjang kebutuhan setiap penggunanya. Bahkan, daya tarik dari mobil pick up ini bisa dilihat dari beberapa sektor, baik dari segi tampilan eksteriornya, ruang kabinnya, dan kemampuan pada ruang pacu serta beberapa fitur lain yang disematkan. Terkait dengan hal tersebut, bisa dilihat pada bagian eksteriornya Tata Xenon XT ini yang mengusung desain bodi yang tampak begitu gagah dan berwibawa sehingga mampu memberikan kesan pick up yang garang. Selain itu, interiornya pada ruang kabinnya pun juga terbilang cukup elegan dengan segudang fitur canggih di dalamnya. Tentu, hal tersebut semakin memperkuat Tata Xenon XT sebagai mobil double cabin yang tak bisa dipandang sebelah mata. Di sisi lain, ruang pacunya pun juga bakal mengandalkan mesin DOHC berteknologi VVT DiCOR yang memiliki kapasitas 2.2 L sehingga dipastikan bakal mampu memberikan semburan tenaga super dahsyat dan gahar siap melibas setiap medan jalan. Tak hanya itu saja, pick up Tata Xenon XT ini juga memiliki kelebihan atau keunggulan lain yang tak kalah canggihnya dengan pick up premium garapan pabrik lain. Nah, untuk mengetahui lebih jelas apa saja kelebihan yang dimilikinya, yuk kita simak saja ulasan lengkapnya mengenai spesifikasi dan harga Tata Xenon XT pada segmen-segmen di bawah ini!

Mobil Tata Xenon XT

Review Tata Xenon XT

Eksterior

Bodi Besar Mengusung Desain Sporty dan Terkesan Berwibawa

Untuk memulai pembahasan, Mas Sena akan mengawalinya dengan mencoba untuk berkenalan pada sektor bodi atau tampilan eksterior dari spesifikasi Tata Xenon XT. Jika dilihat sekilas, tampaknya gaya desain bodi yang diusung Tata Motors pada pick up kabin gandanya ini memang dibuat dengan konsep pick up double cabin pada umumnya. Di mana, kesan mobil petualang tetap terpancar pada setiap sisi dari tampilan yang diperlihatkan Tata Xenon XT tersebut. Secara lebih mendetail, bisa kita mulai dari depan bahwa kendaraan dengan kabin ganda ini mengandalkan dual headlamp tipe Halogen besar yang siap memberikan pancaran cahaya yang lebih terang ketika berkendara di malam hari. Tak hanya itu saja, melihat pada bagian tengah dari Tata Xenon XT tampak terpasang grill yang dibuat dengan ukuran besar yang dilengkapi dengan 3 garis horizontal, bersamaan logo Tata Motors yang dilapisi dengan warna chrome. Sehingga, mampu menampilkan kesan pick up yang gagah dan garang. Sementara itu, pada bagian bumper pun juga terpasang dua lampu fog yang siap membantu dengan memberikan penerangan maksimal ketika Tata Xenon XT dikendarai dalam kondisi kabut tebal atau hujan lebat. Selain itu, pada bagian samping juga bisa kita lihat dengan jelas dua pintu yang dirancang sederhana sebagai penanda kuat pick up kabin ganda. Tak hanya itu saja, di belakang dari pintu ke dua pun juga terdapat bak besar lengkap dengan penutup yang siap menampung barang bawaan lebih banyak. Lalu, menginjak pada bagian belakang Tata Xenon XT, tampaknya Tata Motors memang mendesainnya dengan konsep yang simple dan sederhana. Di mana, terdapat sepasang stop lamp yang akan memancarkan cahaya cukup terang namun tak membuat silau pengendara yang ada di belakangnya. Selain itu, tampak juga sebuah pijakan fungsional pada bagian belakang Tata Xenon XT yang siap membantu aktivitas pengguna dalam menaikkan barang bawaan ke bak yang tersedia. Tentu saja, secara keseluruhan dari hal tersebut bisa disimpulkan bahwa sektor eksterior yang dibawa pada spesifikasi Tata Xenon XT ini memang terbilang sangat menarik dan gagah.

Spesifikasi Tata Xenon XT

Interior

Mengusung Ruang Kabin Ganda Berukuran Luas dengan Interior Menawan

Usai kita meraba pada bagian terluarnya, kini pada segmen kali ini selanjutnya Mas Sena akan menilik atau memasuki ruang kabin dari spesifikasi Tata Xenon XT. Pada sisi kabin dari pick up mewah ini, Tata Motors memang menghadirkannya dengan kabin ganda, yakni pada bagian depan dan belakang. Bahkan, pada kedua ruang kabin tersebut dibuat dengan konsep interior yang cukup elegan dan menawan. Hal itu bisa dilihat pada setiap sisi yang ada di bagian kabin dari Tata Xenon XT ini. Selain itu, ruang kabin yang ditawarkan pick up buatan pabrik asal Negeri Mahabharata ini juga memiliki ruang yang cukup luas dan sanggup menampung hingga 4-5 penumpang sekaligus tanpa berdesakan. Sehingga akan membuat gerak penumpang dari Tata Xenon XT ini menjadi lebih leluasa. Di sisi lain, pada bagian dashboard pun juga tampak segudang fitur-fitur navigasi yang terlihat sangat fungsional. Seperti audio sistem yang dilengkapi dengan speakers, Power Door Mirror, dan lubang AC yang sudah terintegrasi pada pengaturan. Tentu saja, beberapa fitur simple pada Tata Xenon XT tersebut diklaim bakal mampu memberikan kenyamanan kepada para pneumpangnya. Selain itu, pada bagian pengemudi juga terpasang MID yang dibuat dengan tampilan analog yang sangat informatif. Tak sampai di situ saja, ada juga sebuah seat back pocket pada Tata Xenon XT ini yang berfungsi untuk menyimpan majalah ataupun smartphone penumpang. Di samping itu, terpasang juga sebuah sunvisor with vanity mirror yang semakin memperkuat kehandalan sisi interior yang terdapat pada spesifikasi Tata Xenon XT sebagai pick up double cabin modern.

Spesifikasi Mobil Tata Xenon XT

Dimensi

Memiliki Bodi Besar Berkat Ukuran Dimensi yang Ideal dan Sokongan kaki-Kaki Kokoh

Setelah kita mengulas sisi interior, kini waktunya kita untuk bersafari guna mengetahui lebih lanjut tentang dimensi dan rangka pada spesifikasi Tata Xenon XT. Hadir sebagai salah satu pick up berkabin dua, tentu saja mobil buatan Tata Motors ini bakal dibuat dengan ukuran dimensi yang besar. Hal itu bisa diketahui dari rangkanya yang kokoh dan memiliki ukuran bodi dengan panjang 5125 mm, lebarnya berukuran 1860 mm, dan memiliki tinggi 1765 mm serta jarak sumbu roda yang berukuran 3150 mm. Melihat struktur dimensi yang dibawa oleh Tata Xenon XT tersebut, wajar jika pick up ini memiliki bodi yang cukup besar, bahkan sampai memiliki bobot seberat 2070 Kg dengan kapasitas bahan bakar yang mencapai 70 liter. Tak hanya itu saja, untuk dimensi bak belakangnya pun terbilang cukup luas juga mengingat Tata Xenon XT ini memiliki ukuran panjang 1430 mm, lebarnya 1410 mm, dan tinggi 40 mm. Maka, bak belakang yang diusung mobil ini pun dinilai cukup fungsional dan efektif guna membawa barang bawaan. Sementara itu di sisi lain, untuk memberikan sokongan dan menyangga beban beratnya tersebut maka Tata Xenon XT pun dibekali dengan suspensi handal sebagai kaki-kaki penyangga yang kokoh. Suspensi yang digunakan mengandalkan tipe Double Wishbone with Torsion Bar yang disematkan pada bagian depan. Sedangkan untuk suspensi belakang menggunakan Parabolic leaf Spring. Walaupun memiliki tipe yang berbeda namun keduanya sama-sama memiliki kemampuan dalam menjaga keseimbangan dan meredam getaran pada Tata Xenon XT tersebut sehingga kenyamanan dalam berkendara pun akan kian terasa, meskipun harus melewati jalanan yang penuh lubang. Apalagi dengan ground clearance yang cukup tinggi berukuran 200 mm sehingga akan membuat berkendara lebih lancar dan aman meski melewati jalanan penuh bebatuan. Kemudian, untuk menunjang kekokohan pada kaki-kaki Tata Xenon XT ini maka Tata Motors pun telah membekali sektor kaki-kakinya dengan velg tipe Alloy yang berukuran 16 inci. Di mana, setiap velg akan dibalut ban Tubeless yang berukuran 235/70-R16. Di samping itu, tak lupa juga bahwa untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan mengendalikan laju kecepatan maka pick up Tata Xenon XT ini pun mengandalkan pengereman Disc Brake pada bagian depan dan Drum Brake di bagian belakang. Nah, untuk melengkapi sektor pengereman maka teknologi ABS juga turut disematkan padanya yang semakin menyempurnakan spesifikasi Tata Xenon XT ini.

Review Tata Xenon XT

Mesin

Dapur Pacu Andalkan Mesin DOHC Tipe VTT DICOR 2.2 Liter

Tak cukup hanya desain eksteriornya saja yang gagah, melainkan pada spesifikasi Tata Xenon XT ini juga dibekali ruang pacu tangguh dan bertenaga. Bukan tanpa alasan mengingat kali ini pick up kabin ganda buatan Tata Motors ini akan dipersenjatai dengan mesin ampuh DOHC yang berteknologi VTT DICOR dengan kapasitas mesin hingga 2.2 liter. Tentu saja, tak perlu diragukan lagi bahwa dengan berbekal mesin tersebut maka dipastikan performa yang dihasilkan Tata Xenon XT akan sangat gahar dan powerful. Selain itu, tenaga yang begitu besar tersebut pun nantinya akan disalurkan melalui sebuah sistem transmisi manual 5 percepatan yang juga dilengkapi teknologi GBS 76-5/4.1. Di mana, dengan bantuan sistem transmisi tersebut maka tenaga dari hasil kinerja mesin Tata Xenon XT tersebut akan mampu mencapai titik maksimal tenaga hingga 148 Hp per putaran 4000 rpm. Sedangkan, untuk torsi maksimal yang bsai dicapai yakni hingga 320 Nm setiap putaran antara 1750 – 2700 rpm. Di sisi lain, berkat besaran tenaga yang begitu powerful pada ruang pacunya maka Tata Xenon XT pun diketahui mampu meraih kecepatan maksimal hingga 160 Km/jam pada jarak 0 hingga 100 meter saja. Tak cukup sampai di situ, jika dibandingkan dengan mobil-mobil merek lainya mobil ini juga terbilang mobil yang cukup hemat bahan bakar. Bukan tanpa alasan pasalnya sektor permesinan pada spesifikasi Tata Xenon XT ini juga sudah dilengkapi dengan sistem injeksi Direct Injection yang akan membuatnya semakin irit bahan bakar dan tentunya lebih ramah lingkungan.

Harga Mobil Tata Xenon XT

Fitur

Pick Up Modern dengan Kelengkapan Fitur Berteknologi Tinggi

Nah, beralih pada segmen selanjutnya, kali ini kita akan mengulas dan mengenal beberapa fitur yang dibenamkan pada spesifikasi Tata Xenon XT. Pertama, untuk menunjang keselamatan pada pengemudi maupun penumpang maka dilengkapi dengan SRS Airbags, sabuk pengaman, dan Side Impact yang siap melindungi penumpang dalam kabin ketika terjadi benturan atau kecelakaan. Sedangkan di sisi lain, untuk mencegah ban terselip dan menekan terjadinya kecelakaan ketika pengereman mendadak maka Tata Xenon XT pun juga dilengkapi pengereman berteknologi ABS. Tak hanya itu saja, untuk memberikan kenyamanan pada penumpang dalam kabin maka Tata Motors pun juga melengkapi pick up kabin ganda buatannya ini dengan beberapa fitur menarik, seperti audio sistem, AC, dan speaker sehingga pengguna Tata Xenon XT ini bisa menikmati sajian musik ketika berkendara. Tentu saja, hal tersebut menjadi salah satu fitur kenyamanan yang akan membuat penumpang betah berlama-lama dalam ruang kabin. Nah, setelah kita ketahui keunggulan pada spesifikasi Tata Xenon XT, pastinya kawan-kawan sudah pada bertanya-tanya tentang harganya bukan?

Video Tata Xenon XT

Berikut ini adalah official video Tata Xenon XT yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari mobil Tata ini:

Spefisikasi Tata Xenon XT

Mesin
Tipe TATA 2.2L DICOR EURO II vertical engine
Sistem Suplai Bahan Bakar Direct Injection Euro II
Diameter x Langkah 85 x 96 mm
Isi Silinder 2179 cc
Daya Maksimum 110kW (148Ps) at 4000rpm
Momen Puntir Maksimum 320 Nm at 1700-2700 rpm
Dimensi
Panjang 5125 mm
Lebar 1860 mm
Tinggi 1765 mm
Jarak Sumbu Roda 3150 mm
Radius Putar 13.0 m
Kapasitas Tangki 70 L
Berat Kosong 2070 kg
Kaki-kaki
Suspensi Depan Double wishbone type with Torsion Bar.
Suspensi Belakang Parabolic Leaf Spring.
Rem Depan Disc Brake with ABS
Rem Belakang Drum Brake with ABS
Ban 235/70R16 Tubeless tyres
Roda 6.5 J x 16 Alloy wheel rim
Fitur
Keamanan & Keselamatan • Dual SRS Airbags
• 3 Sabuk Keselamatan Belakang
• 2 Sabuk Keselamatan Depan
• Side Impact Beam
• Struktur Rangka Bodi Ladder type
• Immobilizer
Kenyamanan • Audio
• Speakers
• Power Door Mirror
• Seat Back Pocket
• Sunvisor With Vanity Mirror
• Interior Color Standart Fabrication
• Grab Rail
• Fog Lamp

Harga Tata Xenon XT

Uraian mengenai spesifikasi sudah kita lewati segmen per segmen dan menginjak pada sesi terakhir ini Mas Sena akan berbagi info terkait harga Tata Xenon XT. Berkaitan dengan banderol, tentunya akan selalu disesuaikan dengan spesifikasi yang dibawanya. Nah, terkait spesifikasi, sekedar mengingatkan kembali bahwa mobil ini hadir sebagai pick up kabin ganda yang memiliki desain eksterior atraktif dan gagah pada setiap sisi bodinya. Sedangkan, tak ketinggalan pula pada ruang kabin Tata Xenon XT pun akan tersaji tampilan interior elegan lengkap dengan segudang fitur-fitur menarik sebagai penunjang kenyamanan ketika berkendara. Di samping itu, pada bagian permesinannya dengan kisaran banderol harga Tata Xenon XT yang dirasa cukup murah di kelasnya, mobil ini pun juga dibekali dengan mesin DOHC berteknologi VTT DICOR yang memiliki kapasitas mesin 2.2 liter betransmisi 5 percepatan manual. Sehingga, dengan berbekal mesin tangguh tersebut dipastikan akan mampu memberikan daya tenaga yang powerful. Pastinya, dengan bekalan spesifikasi yang begitu tangguh tersebut, tak diragukan lagi akan sangat berpengaruh pada harga Tata Xenon XT.

Harga Tata Xenon XT

Harga Tata Xenon XT Terbaru

Berhubungan dengan harga Tata Xenon XT, tampaknya memang pick up double cabin buatan Tata Motors ini memang bakal hadir dengan banderol cukup terjangkau jika dibandingkan dengan produk serupa buatan pabrik lain pada segmen yang sama. Pasalnya, jika mendasarkan atas beberapa info yang beredar, harga Tata Xenon XT ini akan dibanderol seharga Rp 320 jutaan. Nah, dengan menilik banderol yang ditawarkan mobil tersebut, sepertinya harga yang ditawarkan pick up kabin ganda ini dirasa cukup mahal untuk sekelas pick up. Akan tetapi, jika kita telusuri lebih jauh, mahalnya harga jual Tata Xenon XT tersebut tentu sudah disesuaikan dengan spesifikasi yang dibawanya yang memang selain memiliki bodi yang berwibawa dan tangguh namun juga memiliki mesin yang begitu bertenaga. Di sisi lain, sebagai salah satu pick up yang siap menantang Toyota Hilux, mobil ini dirasa sudah pantas untuk dapat menyainginya. Nah, dengan kisaran harga Tata Xenon XT yang cukup mahal tersebut apakah sobat tertarik untuk membelinya?

Harga Tata Xenon XT
Rp 320.000.000,-

Catatan : 

  • Harga mobil Tata Xenon XT diatas merupakan harga OTR Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Tata Xenon XT

Sekali lagi, meski harga Tata Xenon XT dirasa cukup mahal namun apabila membandingkan beberapa pesaingnya, seperti Mistubishi strada triton dan juga Toyota Hilux yang dibanderol lebih 400 jutaan, tentu banderol yang dipatok pihak Tata Motors tersebut dirasa cukup terjangkau untuk sekelas pick up kabin ganda mewah. Di sisi lain, apabila kita membandingkan pula dengan spesifikasi yang dibawanya, sepertinya harga Tata Xenon XT tersebut juga dinilai cukup tepat dan ideal. Namun, perlu untuk diketahui bahwa nominal harga tersebut berstatus OTR Jakarta sehingga sangat dimungkinkan harga jualnya akan berbeda ketika dijual di luar Jakarta. Selain itu, masih ada kemungkinan juga bahwa harga dari mobil Tata Xenon XT tersebut berubah sewaktu-waktu. Pasalnya, seperti diketahui selain faktor ongkos produksi yang memang terus naik, nilai tukar Rupiah yang fluktuatif juga sepertinya akan cukup berpengaruh pada harga mobil tersebut. Nah, demikian uraian mengenai spesifikasi dan harga Tata Xenon XT yang Mas Sena berikan. Jangan lupa baca juga mengenai Toyota Hilux dan Mitsubishi Strada Triton.

Top