Harga Tesla Model 3 2017, Review, Spesifikasi & Gambar

Harga Tesla Model 3 dan Spesifikasi – Sedan murah buatan Tesla yang mengusung nama Tesla Model 3 kabarnya akan segera mulai diproduksi pada Jumat (7/7/2017). Bahkan, menariknya mobil bertenaga listrik yang debut perdananya diselenggarakan pada Maret 2016 lalu di Amerika Serikat ini akan hadir untuk menyasar di segmen kelas menengah. Di hadirkannya Tesla Model 3 ini juga sebagai salah satu upaya dari pihak pabrik di mana Elon Musk pendiri Tesla memang menginginkan meluncurkan produk mobil bertenaga listrik agar bisa menyentuh segmen yang lebih luas. Sehingga, bisa dikatakan bahwa mobil Tesla Model 3 yang dijuluki Zero Emission tersebut tak lagi identik sebagai mobil premium yang dibanderol dengan harga tinggi. Dengan begitu maka tak heran jika nantinya, serie terendah dari mobil listrik buatan Tesla ini akan diburu oleh para konsumen menengah yang secara tak langsung justru akan mendongkrak penjualan mobil buatan pabrik Tesla Motors. Nah, semakin penasaran dengan Tesla Model 3 ini kan?

Tesla Model 3

Tesla Model 3

Tesla Model 3 yang memang dihadirkan sebagai mobil sedan yang mengandalkan tenaga listrik dengan spesifikasi tangguh serta ragam fitur yang tak kalah menarik dari mobil konvensional berbahan bakar bensin. Dari sisi luar atau fisiknya, daya tarik dari model 3 milik Tesla ini juga bisa dilihat dari keseluruhan bodi eksteriornya di mana konsep sedan modern yang mampu menampilkan kesan elegan dari setiap sisinya. Sementra itu, untuk sektor dapur pacunya sendiri Tesla Model 3 ini akan mengandalkan tenaga listrik berupa baterai sebagai sumber powernya yang cukup handal. Di mana, dengan berbekal mesin tersebut, sedan ini sanggup menempuh 346 kilometer dengan sekali pengisian baterai. Bahkan, mobil listrik asal Amerika ini juga dijanjikan akan mampu berakselerasi 0-96 km/jam hanya dalam waktu 6 detik. Sedangkan di sektor fitur dari Tesla Model 3 ini, pihak Tesla juga turut melengkapi sedan buatannya ini dengan segudang fitur canggih yang siap menunjang kenyamanan maupun keselamatan ataupun kenyamanan pengguna dalam berkendara. Tentu saja, bagi kawan-kawan yang sudah tak sabar ingin mengenal lebih jauh terkait spesifikasi dan harga Tesla Model 3 ini maka Mas Sena pun akan menguraikannya pada segmen-segmen yang tersaji di bawah ini!

Mobil Tesla Model 3

Review Tesla Model 3

Eksterior

Sektor Eksterior Tampil Memukau dengan Konsep Desain Elegan dan Modern

Sebelum kita jauh menjajaki tiap sektor dari spesifikasi Tesla Model 3, tampaknya kita perlu untuk berkenalan dengan mengulas sisi eksteriornya. Seperti yang telah Mas Sena singgung di atas, mobil listrik besutahn pabrik asal Negeri Paman Sam ini bakal dibuat dengan konsep desain yang mengedepankan gaya sedan elegan khas mobil jaman sekaran. Hal itu bisa dilihat pada setiap sisi bodi dari Tesla Model 3 yang dimulai dari depan, tampak sepasang headlamp yang didesain layaknya mata sipit dengan tatapan tajam yang kain menunjukan sisi kejantanannya. Bahkan, meski belum diketahui secara pasti, mobil ini pun diperkirakan akan menggunakan lampu berteknologi LED yang akan membantu pengemudi dalam mengendarai Tesla Model 3 ini di waktu malam hari. Selain itu, bisa dilihat bumper depan yang terkesan sporty serta grille berdesain elegan khas Tesla yang semakin memperkuat kesan mewahnya. Kemudian, di bagian bodi sampingnya pun juga tak kalah menarik di mana Tesla sengaja mendesain sisi samping Tesla Model 3 ini dengan lekukan cukup tajam memanjang dari depan hingga pada buritannya. Sementara itu, menginjak pada sektor belakang, tampaknya Tesla mendesainnya dengan konsep yang cukup simple namun tampak elegan. Hal itu tak lepas dari stoplamp yang diusung Tesla Model 3 di mana kali ini Tesla mengandalkan stop lamp yang diperkirakan juga sudah mengusung teknologi LED sehingga kesan mewh pun kian terpancar pula dari sisi belakang. Dengan demikian, tak mengherankan bahwa dengan beberapa bekalan tersebut akan membuat sektor eksterior pada spesifikasi Tesla Model 3 ini bakal sanggup memikat hati para calon konsumennya.

Spesifikasi Tesla Model 3

Interior

Interior Mewah dan Elegan Dilengkapi Segudang Fitur Canggih

Beralih ke bagian dalam, kita akan bersama-sama membahas sisi interior atau ruang kabin dari spesifikasi Tesla Model 3. Tak hanya sisi eksteriornya saja yang tampak memukau, bagian ruang kabin pada sedan bertenaga listrik ini juga menawarkan sisi kemewahan tersendiri. Di mana, selain memiliki ruang yang cukup ideal yang mampu menampung 5 penumpang,  sisi interior yang dibawa oleh mobil Tesla Model 3 ini juga didesain dengan mendepankan konsep interior elegan yang terlihat pada setiap sisi kabinnya. Tak hanya itu saja, tak seperti pada mobil konvensional pada umumnya, fitur yang diusung mobil listrik garapan pabrik asal Amerika Serikat ini terfokus pada satu sektor pada layar sentuh LCD  yang dibawa Tesla Model 3 ini dengan ukuran yang cukup lebar seluas 15 inci sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya. Sayangnya, informasi yang Mas Sena dapatkan terkait dengan fitur-fitur atau menu apa saja yang ada pada layar sentuh tersebut masih belum diketahui kepastiannya. Namun, yang jelas bahwa sebagai mobil listrik modern, Mas Sena yakin bahwa diprkirakan layar sentuh yang dibawa Tesla Model 3 tersebut akan menampilkan menu lengkap yang berkaitan dengan entertainment, menu navigasi, dan fitur-fitur lain yang pastinya sanggup untuk mengontrol berbagai fungsi dari setiap fitur dalam interiornya. Bahkan, ada juga hardware autopilot sebagai menu standar dari Tesla Model 3. Hanya saja, di Indonesia kemungkinan fitur autopilot ini tak akan dihadirkan mengingat kondisi medan jalan yang belum memungkinkan. Selain itu, fitur lain seperti koneksi USB  pun juga turut disematkan. Di samping itu, diketahui juga bahwa mobil canggih Tesla Model 3 ini turut menyuguhkan glass roof yang membuat interiornya terlihat luas.Tak cukup sampai di situ, guna memberikan kenyamanan kepada para penumpang maka jok yang digunakan mobil listrik ini bakal dibuat dari bahan material yang berkualitas tinggi dan begitu lembut sehingga akan membuat penumpang betah berlama-lama dalam ruang kabin. Tentu, keunggulan pada sisi interior dari spesifikasi Tesla Model 3 tersebut menjdi salah satu daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen.

Spesifikasi Mobil Tesla Model 3

Dimensi

Mengusung Rangka Kokoh dengan Dimensi yang Ideal

Di sisi lain, tak ketinggalan juga bahwa sedan bertenaga listrik yang diusung pada spesifikasi Tesla Model 3 ini juga dibangun dengan dimensi yang pas. Hal itu bisa dibuktikan dengn ukuran ruang kabin dan bentuk bodinya yang memang memiliki ukuran yang cukup ideal. Terkait dengan dimensi, kali ini Tesla memang membangun mobilnya dengan dimensi yang memiliki ukuran panjang 4694 mm, lebarnya 1885 mm, dan tingginya mencapai ukuran hingga 1435. Dengan begitu maka wajar jika Tesla Model 3 ini disebut memiliki bentuk bodi maupun interior yang cukup ideal untuk sekelas sedan menengah. Selain itu, jarak sumbu rodanya sendiri memiliki ukuran sepanjang 2870 mm. Sementara itu di sisi lain, untuk sektor kaki-kakinya sendiri akan dibekali dengan suspensi serta roda yang cukup handal untuk menyokong bodi dari Tesla Model 3 tersebut. Hanya saja, sementara ini masih belum diketahui kejelasan terkait suspensi apa yang digunakan, tipe velg, ukuran velg hingga pada jenis ban yang akan digunakan. Bahkan, teknologi pengereman yang digunakan pun juga sampai sekarang masih menajdi misteri. Namun, Mas Sena yakin bahwa nantinya, spesifikasi Tesla Model 3 ini akan dilengkapi dengan suspensi handal, velg sporty yang terbalut ban berkualitas tinggi serta pengereman tangguh.

Review Tesla Model 3

Mesin

Dibekali Baterai Supercharging Berkapasitas 400 kWh Hasilkan Power Maksimal

Dibalik sisi mewah dari tampilan maupun interiornya, spesifikasi Tesla Model 3 ini juga dibekali ruang pacu tangguh dengan baterai sebagai sumber daya tenaganya. Sebagai mobil mewah yang mengandalkan tenaga listrik, tentu saja baterai yang digunakan pada sedan buatan Tesla ini akan dibekali kapasitas daya yang cukup besar. Di mana, Tesla Model 3 akan dibekali baterai berkapasitas 400 kWh yang mampu bertahan selama setahun setiap menempuh perjalanan kurang lebih dari 1600 Km. Suplai daya dari baterai tersebut pun nantinya akan disalurkan melalui sistem Rear Wheel Drive. Dengan berbekal baterai berdaya besar tersebut maka dipastikan akan membuat Tesla Model 3 ini sanggup menempuh perjalanan sejauh 215 Mi atau setara dengan jarak 346 kilometer dalam sekali pengisian baterai. Tak hanya itu saja, bahkan akselerasi yang diraihnya pun bisa dicapai pada titik dari 0 – 90 kilometer yang bisa ditempuh hanya dalam waktu di bawah 6 detik. Cukup gesit bukan? Nah, dengan mengetahui sektor baterai dari spesifikasi Tesla Model 3 sebagai mesinnya tersebut, tentunya bisa dikatakan bahwa mobil listrik ini tak kalah gahar dengan mobil konvensional.

Harga Mobil Tesla Model 3

Fitur

Mobil Bertenaga Listrik dengan Bekalan Fitur-Fitur Mewah

Selain itu, tampaknya spesifikasi Tesla Model 3 pun juga turut serta bakal disematkan beberapa fitur canggih dan mewah yang cukup untuk menunjang kenyamanan kepada penggunanya. Beberapa fitur yang disematkan antara lain seperti fitur yang berupa Enhanced Autopilot yang bisa dimaksimalkan untuk membuat sedan bertenaga litrik ini berkendara dengan sendirinya. Hanya saja, fitur spesial dari Tesla Model 3 ini di Indonesia tak bisa dioperasikan secara maksimal mengingat medan di Indonesia belum mendukung fitur autopilot. Selain itu, ada juga fitur canggih yang ada pada sektor konsol kendali, yakni layar sentuh LCD berukuran 15 inci yang akan menampilkan kombinasi antara instrument cluster serta fitur infotainment information. Di sisi lain, Tesla Model 3 juga turut membawa fitur-fitur lain yang juga menarik yakni center roof panel options yang berupa standar metal, glas, roof rack, dan probably solar. Tentu, dengan dihadirkannya beberapa fitur-fitur tersebut, dipastikan bahwa spesifikasi Tesla Model 3 ini bakal kian membuat para pengguna merasa nyaman dan aman. Lalu, kira-kira berapa ya harga mobil listrik ini?

Video Tesla Model 3

Berikut ini adalah official video Tesla Model 3 yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari mobil Tesla ini:

Spesifikasi Tesla Model 3

Mesin
Baterai 400 kWh
Transmisi Rear Wheel Drive
Jarak Tempuh 346 Kilometer/ 1 kali isi daya
Akselerasi 5.6 second 0–60 mph (5.8 second 0–100 km/h)
Dimensi
Panjang 4,694 mm
Lebar 1,885 mm
Tinggi 1,435 mm
Jarak Sumbu Roda 2,870 mm
Kaki-kaki
Suspensi Depan  –
Suspensi Belakang  –
Rem Depan  –
Rem Belakang  –
Roda  –
Ban  –
Fitur
Kenyamanan • Center Roof Panel Options
• Auotopilot
• Lcd Touchscreen 15 Inci, Berisi Entertainment dan Informasi

Harga Tesla Model 3

Nah, kini pada segmen paling akhir ini Mas Sena saatnya mengulas harga Tesla Model 3. Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, banderol untuk membeli mobil listrik ini tentunya akan disesuaikan dan berbanding lurus dengan keunggulan spesifikasi yang dibawanya. Bagaimana tidak? Dari sisi eksteriornya saja bisa kita lihat bagaimana Tesla Model 3 ini hadir dengan desain yang sangat menawan dan terkesan modern. Sementara itu, tak ketinggalan pula di bagian interiornya yang bisa dibilang cukup elegan serta dilengkapi dengan segudang fitur-fitur canggih di dalamnya. Selain itu, performa yang dibawanya pun terbilang cukup handal dengan membawa baterai berkapasitas 400 kWh yang tentunya akan mempengaruhi harga Tesla Model 3 ini ketika dijual bebas nantinya. Tentu, seperti yang sudah diutarakan diatas, harganya tidak akan semahal seri lainnya. Di samping itu, fitur-fitur nan canggih pun juga turut serta disematkan pada mobil ini sebagai penunjang kenyamanan kepada para penggunanya. Nah, dengan kemampuan yang ditawarkannya tersebut, berapa sih harga Tesla Model 3?

Harga Tesla Model 3

Harga Tesla Model 3 Terbaru

Menimbang atas spesifikasi maupun segmentasi yang ditujunya, tampaknya harga Tesla Model 3 ini bakal dibanderol dengan nominal yang tak terlalu tinggi untuk sekelas mobil listrik kelas level menengah. Pasalnya, sejak mulai dirilis sampai dikirimkan kepada para pemesannya, banderol dari harga Tesla Model 3 diketahui akan dipatok seharga $35000 atau sekitar Rp 469 jutaan. Banderol tersebut pun juga sudah resmi terlihat pada situs resminya sehingga dipastikan bahwa harga yang telah Mas Sena sebutkan tersebut merupakan banderol resmi. Selain itu, jika melihat spesifikasi yang dibawa oleh Tesla Model 3 ini, tampaknya nominal tersebut dirasa sudah cukup sesuai dan pas untuk memberi label mobil listrik buatan Tesla ini. Bahkan jika membandingkan dengan harga varian lain dari Tesla, harga tersebut cenderung lebih murah karena memang menargetkan kalangan menengah sebagai pangsa pasarnya. Nah, apakah dengan harga Tesla Model 3 tersebut, teman-teman tertarik membelinya?

Harga Tesla Model 3
Rp 469.000.000,-

Catatan : 

  • Harga mobil Tesla Model 3 diatas merupakan harga Off The Road
  • Beda daerah, kemungkinan beda pula harga Tesla Model 3

Di sisi lain, hal yang perlu untuk diketahui bahwa harga Tesla Model 3 tersebut memang terbilang cukup standar di semgmennya dan bahkan terbilang murah untuk sekelas Tesla. Namun, bagi konsumen pemula, tetap saja banderol yang menginjak angka 400 jutan tersebut dinilai masih terlalu mahal sehingga tak heran apabila mobil bertenaga listrik ini kemungkinan besar hanya akan dibeli oleh sebagian kalangan kelas menengah di Indonesia. D samping itu, dengan harga Tesla Model 3 tersebut maka seri ini dianggap sebagai varian paling murah di antara beberapa serie lain, seperti Model S maupun Model X yang dibanderol hingga mencapai angka milyaran rupiah. Namun demikian, meskipun banderol harga yang dibawa Tesla Model 3 ini jauh lebih murah, namun kualitas yang dibawanya pun tak berbeda jauh dengan varian lain dari Tesla yang sama-sama menggunakan tenaga listrik. Nah, demikian ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Tesla Model 3  yang telah Mas Sena sampaikan. Semoga bermanfaat dan baca juga mengenai Tesla Model X dan Mitsubishi Outlander Sport.

Top