5 Rekomendasi dan Pilihan Oli Motor Matic yang Bagus

Anda bingung memilih oli motor yang bagus? Yuk cek oli-oli andalan Mas Sena untuk membuat performa mesin menjadi maksimal

Rekomendasi oli motor bagus – Sebagai salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia, sepeda motor kian diminati untuk kemudahannya berkendara di berbagai jalanan kota hingga desa. Tingginya angka peredaran motor seiringan dengan berkembangnya industri otomotif.

TOP 1 Action Matic, Rekomendasi Oli Terbaik Yamaha NMAX 2

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat memiliki sepeda motor, salah satunya dengan perawatan. Aspek satu ini kerap dilupakan banyak orang meski memiliki manfaat yang sangat baik.

Motor yang jarang dirawat tentu memiliki potensi besar untuk rusak, apalagi sepeda motor yang sudah berumur. Maka dari itu perlu mengetahui aspek perawatan, salah satunya adalah oli mesin.

Manfaat dan kegunaan oli mesin sendiri sangat bervariasi yang jelas akan sangat dibutuhkan apalagi untuk motor yang sering digunakan beraktivitas.

Kegunaan Oli Motor

Apakah semua oli sama? Faktanya, setiap kendaraan punya ciri khas tersendiri. Pasalnya, kondisi mesin serta kebutuhan setiap kendaraan tidak bisa disamakan untuk setiap pabrikan contoh Honda, Suzuki, Yamaha atau Kawasaki.

Bahkan ada sertifikat untuk beberapa kebutuhan kendaraan seperti pabrikan Jepang dengan JASO (Japan Automotive Standards Organization) yang cocok digunakan oleh kebanyakan motor di Indonesia.

Oli motor memiliki kegunaan yang sangat penting karena cairan pelumas yang dibutuhkan untuk menjaga kelancaran mesin pada motor. Fungsi dari pelumas itu sendiri berguna untuk menjaga gesekan kasar komponen mesin dan menjaga suhu motor tetap stabil.

Secara umum ada empat kegunaan dari oli pada motor yaitu fungsi melumasi, melindungi, mendinginkan, dan juga membersihkan mesin.

Penggantian oli motor sendiri direkomendasikan pada jarak 3.000 sampai dengan 5.000 km atau kurang lebih 1 sampai 2 bulan penggunaan. Selalu sesuaikan dengan volume oli yang dibutuhkan, baik 0,8 liter, 1 liter dan sebagainya.

Rekomendasi Oli Motor yang Bagus

Pilihan oli sendiri memang sangat banyak dan bervariasi. Tetapi sebagai pengguna setidaknya harus tahu bahwa masing-masing produsen punya Unique Selling Point (USP) atau keunikan. Saran paling mudah dalam memilih oli adalah menggunakan produk yang terpercaya dan memiliki kualitas yang jelas. Lalu, apa saja rekomendasinya oli motor yang bagus?

1. TOP 1 Action Matic

TOP 1 Action Matic Memenuhi Spesifikasi Oli Honda Beat 2 (1)

Banyak perusahaan yang memasarkan produknya di Indonesia yang didominasi oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Jepang, hingga Jerman.

TOP 1 merupakan salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berpusat di San Mateo, California. TOP 1 Oil sudah memasarkan produk oli mesinnya di Indonesia lebih dari 40 tahun.

Ada banyak pilihan yang direkomendasikan untuk lini produk motor matic. Untuk spesifikasi full sintetik bisa memilih TOP 1 Evolution Matic. 

Perlu diketahui bahwa oli memiliki banyak tipe seperti full sintetik, semi sintetik, dan oli mineral.. Bila ingin mencari rekomendasi lain bisa memilih TOP 1 Action Matic. 

Oli mesin motor satu ini sangat direkomendasikan dalam menjaga kinerja motor tetap nyaman hingga pertama kali mesin dinyalakan. 

TOP 1 Action Matic juga memiliki harga yang terjangkau untuk oli mesin sekelasnya dengan berbagai teknologi terbaik, sebagai berikut:

2. Oli Motor AHM

Oli Motor AHM

Produsen motor Honda dikenal sebagai salah satu produsen motor paling senior di Indonesia, sehingga tidak diragukan lagi kualitas dari produk-produk yang dibuat oleh mereka. Untuk masalah oli, AHM juga menyediakan oli yang cukup bagus, dimana keunggulannya terletak pada perlindungan menyeluruh untuk seluruh lapisan mesin. Sehingga tentunya akan membuat mesin motor dalam tampil dengan performa maksimal serta awet.

Oli motor AHM cukup terjangkau di pasaran dengan ada beberapa tipe yang bisa anda pilih disesuaikan dengan jenis motor anda. Untuk motor AHM anda dapat meimilih oli motor HM SPX-1, AHM SPX-2, AHM MPX-1, dan AHM MPX-2.

Oli Motor Castrol
3. Oli Motor Castrol

Castrol adalah salah satu merek oli paling kawakan di dunia. Berawal dari negara Inggris merek oli ini menjangkau seluruh dunia dengan keunggulannya yang terpusat pada ketahanannya untuk memberikan perlindungan ekstra pada mesin motor secara maksimal.

Untuk harga oli Castrol sendiri sebenarnya cukup mahal, namun banyak masyarakat yang percaya degan produk oli dari brand dunia ini, sehingga tetap laris di pasaran. Tipe oli yang dikenal dari merek ini adalah Castrol Power 1 Racing 4T yang katanya bisa meningkatkan performa mesin, dan membuat suara mesin lebih halus.

4. Oli Motor Evalube

Oli Motor Evalube

Mengikuti jejak kakaknya Honda yang sudah memiliki produk motor sendiri, Yamaha juga tidak mau kalah dengan hadirnya oli motor Evalube yang sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai salah satu oli motor terbaik.

Keandalan dari oli motor Evalube adalah tingkat kekentalan olinya ganda yang sudah lolos uji standar API SL/JOSO MA2.Proses pembuatannya dengan teknologi tinggi yang dari base synthetic oil yang dicampur bahan aditif detergen, anti oksidan, anti karat, anti gesek, anti busa serta mengandung viscositas index cukup baik. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau.

5. Oli Motor Motul
Oli Motor Motul

Oli motor yang berasal dari negara Prancis ini sudah terkenal di kancah global. Banyak pemilik motor yang mempercayakan oli motornya dengan merek Motul. Keunggulan utama dari oli motor Motul adalah sudah adanya label pelumas berstandar internasional, sehingga oli motor ini juga banyak digunakan untuk motor sport.

Oli motor Motul memang agak mahal daripada oli motor dari merek lainnya, namun banyak orang yang memilihnya, karena sudah terkenal memberikan performa mesin menjadi lebih bagus, kencang, dan halus.

Mulai gunakan dan percayakan oli motor matic paling bagus dengan TOP 1 yang terbukti baik untuk kendaraanmu sekarang! Beli secara langsung di bengkel terdekat atau melalui ecommerce resmi TOP 1 di sini.

Ganti Oli? TOP 1 Aja!

Bagan