AC Mobil Kurang Dingin? Mungkin Ini Penyebabnya

AC mobil terasa kurang dingin? Jangan-jangan ada masalah pada AC mobil Anda. Berikut penjelasannya.

AC Mobil Kurang Dingin – Di dalam kabin mobil, tentu saja ada banyak fitur dan komponen yang disematkan sebagai penunjang kenyanaman bagi para penumpang.

Setiap komponen tersebut tentu saja memiliki peran masing-masing dan sudah barang tentu pula harus selalu mendapatkan perawatan rutin.

Salah satu fitur penting dalam interior mobil adalah keberadaan AC. Yang mana, fungsi atau perannya sebagai menjaga kesejukan udara atau suhu dalam kain mobil.

Namun, tak jarang bahwa dari beberapa pengguna merasa AC mobil kurang dingin. Padahal, volumenya sudah dinaikkan sampai pada batas titik maksimal.

Ac Mobil Tidak Bekerja

Jika hal demikian terjadi, sudah jelas ada beberapa faktor penyebab yang membuat AC pada mobil menjadi tidak ingin meski sudah dihidupkan dalam waktu yang lama.

Nah, untuk itu, sangat perlu bagi Anda untuk memahami apa saja faktor yang memicu kondisi AC mobil yang dirasa tak memberikan dampak hawa dingin saat dinyakalan.

Di bawah ini, akan Mas Sena uraikan beberapa penyebab AC mobil kurang dingin yang biasanya dipicu oleh beberapa faktor. Yuk, kita intip penjelasan lengkapnya.

Penyebab AC Mobil Kurang Dingin

Kondisi AC mobil yang dinilai tak mampu menjaga suhu dalam kabin, biasanya dipicu karena beberapa hal. Di antaranya adalah sebagaimana yang akan dijelaskan berikut ini.

Penyebab Ac Mobil Kurang Dingin

Freon Sudah Mulai Akan atau Sudah Habis

Kondisi dimana AC mobil kurang dingin, biasanya dikarenakan adanya faktor dar freon sebagai salah satu komponen penting dalam menjamin kinerja AC pada mobil.

Bukan tanpa sebab mengingat freon di sini berupa senyawa pendingin yang mana berupa gas dan berperan untuk menyerap beban pendingin dalam ruangan. Artinya, jika tidak ada freon maka AC tak akan memberikan hawa dingin meski dihidupkan.

Maka dari itu, tak heran bila kondisi suhu dalam kabin mobil yang tak kunjung dingin meski AC sudah dihidupkan, bisa jadi freon sudah habis.

Wajar mengingat freon bisa dikatakan sebagai bahan bakar untuk memberikan efek sejuk dalam ruangan kabin. Jadi, bila sudah habis maka jelas udara yang ada dalam interior pun tak akan berubah menjadi dingin.

Drive Belt Rusak atau Terputus

Penyebab lain yang membuat AC pada mobil tak mampu mendinginkan udara dalam kabin, bisa jadi karena ada masalah pada bagian drive belt atau fan belt.

Karena, secara sistem, peran dari Drive Belt ini bertugas menyalurkan putaran mesin pada kompresor AC mobil. Yang mana, posisinya umumnya mengelilingi bagian kompresor.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa Drive Belt atau Van Belt AC di sini merupakan komponen berbahan material karet. Sehingga, sangat berpotensi mengalami aus atau bahkan putus karena intensitas pemakaian AC.

Oleh sebab alasan tersebut maka sebaiknya Anda selalu mengecek kondisi Drive Belt/Fan Belt ini sebelum sampai putus. Biasanya, sebelum sampai putus, komponen ini akan mulai memberikan indikasi berupa bunyi seperti suara decitan ketika mesin mobil dinyalakan.

Jika sudah demikian maka segera ganti Fan Belt mobil Anda dengan yang barau tanpa harus menunggu sampai putus.

Tekanan Oli Kompresor yang Berlebih

Sementara itu di lain sisi, penyebab AC mobil kurang dingin bisa dipicu karena adanya tekanan oli kompresor yang berlebih atau terlalu tinggi.

Memang, untuk bisa menyemburkan hawa dingin, AC membutuhkan tekanan yang berasal dari oli kompresor. Hanya saja, jika tekanannya terlalu besar justru hal itu akan membuat tekanan pada freon pun menjadi naik.

Tekanan tinggi pada freon akan menyebabkan temperatur kompresor naik. Padahal, kompresor yang panas akan menghambat proses kondensasi.

Oleh karena alasan tersebut, maka Anda harus memastikan bahwa saat melakukan pengisian oli kompresor, Anda harus menyesuaikan dengan batas yang ditentukan agar tidak memicu tekanan besar saat menyalur ke bagian freon.

Hal ini bisa dicegah dengan rutin melakukan pengecekan di bengkel bersamaan saat service berkala.

Perawatan Ac Mobil

Kondisi Evaporator yang Kotor

Selain beberapa penyebab di atas, faktor pemicu kondisi AC yang tak membuat udara menjadi dingin bisa jadi karena bagian evaporator yang kotor dan banyak debu.

Evaporator sendiri memiliki peran yang penting dalam sistem atau mekanisme AC mobil sebagai penyembur hawa atau suhu dingin ke dalam kabin mobil.

Posisinya sendiri kebanyakan diletakkan berada di bagian bawah atau balik dashboard mobil yang mana sangat rentan terkena debu maupun kotoran dari bawah mobil.

Jika kotoran tak dibersihkan maka akan menumpuk dan mengendap pada evaporator yang mana akan membuat AC mobil tak mampu menyemburkan hawa dingin secara maksimal karena terhambat kotoran yang menempel.

Maka oleh sebab alasan itu, sangat disarankan untuk selalu mengecek dan membersihkan bagian evaporator pada sistem AC mobil ini untuk meminimalisir kondisi AC mobil kurang dingin saat mesin dinyalakan.

Kerusakan pada Bagian Kompresor

Tidak bisa untuk kita pungkiri bahwa kompresor menjadi komponen vital yang perannya sangat penting dalam sistem AC mobil.

Sebab, ketika mobil dihidupkan bersamaan dengan AC yang menyala maka secara otomatis kompresor ini bertugas memberikan dorongan atau memompa freon agar masuk ke bagian kondesor untuk diubah menjadi udara atau hawa dingin.

So, sudah pasti jika kompresor rusak maka proses sistem pendinginan ruangan kabin menjadi terhambat atau terganggu.

Tak hanya itu saja, bahkan dalam kasus lain, komponen kompresor dalam sistem rangkaian AC mobil juga memang dikenal menjadi sektor yang sangat sensitif terhadap kerusakan.

Salah satunya yakni magnetic clutch pada rangkaian kompresor tersebut yang berperan sebagai kopling dari kompresor.

Fungsinya sudah jelas guna menghubungkan sekaligus memutus antara putaran mesin dengan kinerja kompresor.

Dengan begitu sudah tak bisa dipertanyakan kembali bahwa kompresor menjadi komponen sangat penting dan diperlukan sekali keberadaannya untuk menjaga agar AC mobil dalam kondisi normal dan mampu beroperasi sebagaimana mestinya.

Ada Kebocoran pada Sistem AC

Lalu, faktor lain yang mungkin saja bisa menjadi penyebab kondisi AC yang tak bisa mendinginkan kabin adalah karena adanya kebocoran pada sistem AC.

Kebocoran tersebut bisa saja kebocoran freon yang tentu menjadi sumber atau bahan bakar daripada suhu dingin yang dihasilkannya.

Untuk mencegahnya, solusinya dengan rutin memeriksa setiap komponen, terutama pipa-pipa yang tersambung dengan AC mobil.

Pastikan apakah ada celah kebocoran pada pipa tersebut atau tidak. Sehingga, kebocoran pun bisa lebih mudah terdeteksi dan bisa segera diperbaiki sebelum merembet ke bagian lain.

Ac Mobil Mati

Mengenai beberapa penjelasan di atas, teman-teman tentunya sudah mulai memahami apa saja faktor yang membuat AC mobil mulai tidak dingin meski sudah dihidupkan.

Dimana, beberapa penyebab di atas biasanya muncul pada beberapa mobil yang sudah berusia lama. Atau, tak menutup kemungkinan pada mobil second yang baru saja dibeli.

Yang jelas, beberapa penyebab AC mobil kurang dingin di atas bisa menjadi patokan bagi Anda untuk mengenali bagian mana saja yang perlu diperiksa ketika kondisi AC mobil tak mampu beroperasi sebagaimana mestinya.

Bagan