Agar Tak Menyesal, Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membeli Mobil Baru

Punya rencana membeli mobil baru? Tentu ada beberapa pertimbangan yang wajib Anda ketahui dengan berbagai konsekwensi yang harus Anda pahami.

Pertimbangan Membeli Mobil Baru – Hampir setiap orang, sudah barang tentu memiliki keinginan untuk memiliki mobil impian.

Tentu saja, hal itu tak lepas dari kegunaan mobil itu sendiri yang mana memiliki nilai fungsi yang lebih luas ketimbang kendaraan roda dua.

Pertimbangan seperti ini sudah jelas menjadi alasan utama bagi kebanyakan orang. Meski, ada juga yang sebagian beralasan sebagai gengsi semata.

Namun, apapun alasan tersebut, satu hal yang penting adalah pertimbangan membeli mobil baru yang perlu Anda pelajari dan pahami secara mendalam.

Pertimbangan Membeli Mobil Baru

Karena, tak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa kondisi yang memungkinkan memicu konsekwensi setelah Anda memutuskan untuk membeli mobil baru.

Jika Anda seorang pemula, tentu saja hal ini harus dipertimbangkan dengan seksama agar nantinya tidak menyesal di kemudian hari.

Lantas, apa saja sih hal-hal yang harus diperhatikan saat akan membeli mobil baru?

Jangan khawatir, mengingat kali ini Mas Sena akan berbagi informasi terkait beberapa pertimbangan membeli mobil baru yang harus Anda perhatikan segala konsekwensinya.

Hal-Hal Penting yang Perlu Diperhatikan sebelum Membeli Mobil Baru

Berikut ini adalah beberapa aspek utama yang sangat penting untuk diperhatikan dan dipikirkan matang-matang sebagai pedoman atau persiapan saat Anda punya rencana membeli mobil baru.

Persiapan Membeli Mobil Baru

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Satu aspek penting yang tak bisa dihindari saat akan membeli mobil baru adalah menyesuaikan dengan kebutuhan.

Artinya, Anda harus mengetahui apa tujuan Anda membeli mobil baru dan apakah akan berdampak positif bagi aktivitas Anda.

Jika Anda sudah memiliki alasan untuk membeli mobil yang baru, tentu saja Anda sudah memiliki gambaran tipe mobil apa yang sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, tujuan membeli mobil sebagai kendaraan pribadi agar mampu menampung beberapa anggota keluarga. Maka, pilihan terbaik adalah membeli mobil MPV.

Dengan pertimbangan seperti ini, sudah jelas bahwa ada tujuan atau alasan logis yang cukup masuk akal kenapa Anda memiliki rencana untuk membeli mobil baru.

Pastikan Ada Anggaran yang Cukup

Di sisi lain, pertimbangan yang patut untuk Anda perhatikan adalah soal ketersediaan dari segi finansial.

Karena, tak bisa dipungkiri bahwa harga mobil baru terbilang membutuhkan biaya yang mahal ketimbang kendaraan bermotor.

Sehingga, paling tidak Anda memiliki cadangan keuangan untuk menjamin budget yang diperlukan.

Apalagi, jika Anda membeli mobil secara kredit, tentu saja Anda harus mempertimbangkan jaminan ketersediaan keuangan guna memenuhi kewajiban pembayaran kredit setiap bulannya.

Sementara itu, jika Anda ingin membeli secara cash sudah jelas Anda harus mempersiapkan sejumlah uang yang sesuai dengan harga mobil yang hendak akan dibeli.

Pertimbangkan Biaya Perawatan yang Harus Dikeluarkan

Jika Anda punya rencana membeli mobil baru, sudah jelas pertimbangan yang harus diperhatikan adalah soal biaya perawatan yang wajib dikeluarkan.

Seperti biaya service atau perbaikan jika terjadi kerusakan. Dimana, pada umumnya dana yang diperlukan untuk mengatasi kerusakan mobil biasanya cukup mahal. Apalagi, jika harus mengganti komponen vital.

Oleh sebab itu, pertimbangan mengenai biaya perawatan seperti ini juga perlu untuk mendapat perhatian. Sehingga, nantinya jika sewaktu-waktu ada masalah pada mobil, bisa segera ditutup dengan dana yang sudah disiapkan.

Dengan demikian, sebelum menentukan dan memastikan membeli mobil, sebaiknya Anda memikirkan soal ini.

Memilih Mobil Terbaik

Lakukan Survey sebelum Menentukan Jenis Mobil yang Dipilih

Bila Anda sudah memiliki jaminan keuangan maupun pertimbangan atas biaya perawatannya maka selanjutnya Anda harus melakukan survey sebelum menentukan mobil apa yang hendak dibeli.

Tentu saja, survey di sini ditujukan agar Anda bisa membandingkan dan mempertimbangkan mobil apa yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan Anda.

Namun, jikalau memang Anda memiliki banyak cadangan finansial, tak salah bila tak hanya sekedar sesuai kebutuhan semata namun Anda bisa memilih mobil dengan alasan faktor keinginan.

Di sisi lain, survey di sini juga bisa diartikan bahwa Anda harus menentukan tipe mobil apa yang bisa dijadikan sebagai kendaraan pribadi dengan fungsionalitas tinggi.

Karena, pada dasarnya, membeli mobil harus lebih diprioritaskan atas kebutuhan dan fungsi daripada mobil itu sendiri agar ke depan mobil tersebut bisa menjadi kendaraan yang multifungsi sebagai alat transportasi yang menemani aktivitas Anda.

Bandingkan Harga Tiap Jenis Mobil

Sementara itu di lain sisi, hal lain yang patut untuk Anda pertimbangkan adalah soal perbandingan harga jual dari tiap mobil.

Bukan tanpa alasan mengingat harga jual dari setiap mobil tentu saja berbeda-beda, antara satu tipe atau jenis dengan model yang lain.

Jika Anda berniat membeli mobil MPV, sebaiknya bandingkan harga dari tiap jenis mobil MPV dari beberapa merk. Sesuaikan dengan budget dan kualitas atau spesifikasi, apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Tak berbeda jauh pula, bila Anda ingin membeli mobil SUV, akan lebih baik jikalau Anda memilih mobil yang memiliki harga di tipe terendah. Karena, biasanya banderol yang dipatok lebih murah ketimbang tipe tertingginya.

Hanya saja, bila Anda sudah mempertimbangkan soal ketersediaan finansial dan keuangan maka Anda bisa memilih tipe tertinggi yang pada umumnya punya harga mahal.

Pertimbangkan Harga Jual di Bursa Mobil Bekas

Tak bisa dipungkiri bahwa dalam memilih mobil baru, sudah barang tentu tak hanya soal spesifikasi dan kualitas yang ditawarkan melainkan juga bagaimana trennya di pasaran.

Maka dari itu, sebaiknya belilah mobil baru yang mana untuk prospek ke depan memiliki nilai harga jual yang tinggi dan stabil.

Artinya, jikalau sewaktu-waktu Anda punya rencana untuk menjualnya maka harga jualnya pun tak akan banyak mengalami penurunan dibandingkan dengan harga beli barunya.

Sebagai seorang yang memiliki prospek masa depan, sudah barang tentu Anda harus memikirkan akan hal ini. Agar nantinya Anda tak banyak mengalami banyak kerugian ketika menjualnya di bursa mobil bekas.

Persiapkan Dana Cadangan untuk Biaya Pajak

Selain mempersiapkan biaya perawatan, sebelum memutuskan untuk membeli mobil, Anda sebaiknya memikirkan soal biaya pajak tahunan maupun 5 tahunan.

Sebagaimana diketahui bahwa pajak kendaraan memang merupakan kewajiban yang harus dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan, termasuk di antaranya mobil sebagai alat transportasi banyak orang.

Biasanya, biaya pajak mobil baru akan menyesuaikan segmen pasar dan spesifikasi pada kapasitas mesin mobil itu sendiri. Umumnya, semakin mahal harga mobil maka biaya pajaknya pun semakin tinggi.

Maka dari itu, sangat disarankan sekali untuk selalu memastikan bahwa Anda sudah memiliki dana cadangan sebagai persiapan guna membayar pajak tahunan maupun 5 tahunan saat nantinya mobil sudah dibeli.

Membeli Mobil Baru

Mengenai beberapa hal di atas, tentu saja aspek-aspek di atas bisa menjadi salah satu bagian penting yang mana memang perlu untuk dipertimbangkan secara mendalam.

Tak hanya itu saja, bahkan dalam beberapa bagian lain, Anda juga harus memperhatikan ketersediaan finansial, baik untuk perawatan maupun untuk biaya pembayaran pajak tahunan/5 tahunan.

Oke teman-teman, demikian tadi ulasan mengenai pertimbangan membeli mobil baru yang harus diperhitungkan secara mendalam. Semoga, informasi ini bisa memberi manfaat untuk teman-teman semua.

Bagan