Alat dan Bahan Serta Cara Membersihkan Kaca Helm

Pentingnya membersihkan kaca helm agar tetap mengkilap, sehingga pandangan pengendara menjadi optimal.

Cara Membersihkan Kaca Helm – Kaca helm memiliki fungsi yang sangat vital bagi pengendara sepeda motor. Selain untuk melindungi wajah ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, kaca helm ini dapat digunakan untuk melindungi wajah, debu, bahkan air hujan sekalipun.

Kondisi kaca helm yang kurang bersih dapat membahayakan keselamatan pengguna. Hal ini     dikarenakan adanya kotoran – kotoran yang menempel di kaca helm, dapat mengganggu pandangan pengendara.

Cara Membersihkan Kaca Helm

Oleh karena itu, diperlukan perawatan kaca helm secara rutin. Untuk itu, perlu dimengerti apa saja alat dan bahan yang diperlukan dan bagaimana cara membersihkan kaca helm agar tetap mengkilap.

Dalam hal ini, terdapat alat dan bahan yang digunakan dalam membersihkan kaca helm yang mudah dan sederhana untuk dilakukan, yaitu menggunakan visor cleaner.

Namun, perlu teman – teman ketahui bahwa visor cleaner ini bukanlah satu – satunya cairan yang dapat digunakan untuk membersihkan kaca helm agar tetap mengkilap.

Pembersih kaca jendela dan shampoo bayi dapat juga digunakan untuk menggantikan visor cleaner. Tentu hal tersebut tidak banyak diketahui oleh masyarakat umum, namun khasiat dari kedua cairan ini dapat dibuktikan.

Di samping itu, kaca helm yang bersih tentunya akan menunjang penampilan dari pengendara. Terlebih di jaman modern ini, semakin banyak model – model helm yang unik dan menarik serta menjadi daya tarik pengendara.

Sehingga, perlu Mas Sena tegaskan sekali lagi bahwa seorang pengendara sepeda motor yang baik harus mengetahui alat dan bahan serta cara membersihkan kaca helm agar tetap mengkilap. Sehingga dalam berkendara teman – teman akan merasa nyaman dan aman.

Alat dan Bahan dalam Membersihkan Kaca Helm

Tentunya, perawatan kaca helm ini memerlukan alat dan bahan yang digunakan agar kaca helm tetap mengkilap. Dimana alat dan bahan ini dapat teman – teman dapatkan di bengkel terdekat atau di toko online. Beberapa alat dan bahan dalam membersihkan kaca helm yang Mas Sena sarankan adalah:

Cara Membersihkan Kaca Helm

Setelah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam membersihkan kaca helm agar tetap mengkilap, selanjutnya ikuti langkah – langkah yang dilakukan sebagai berikut:

Melepas Kaca Helm

Langkah pertama dalam cara membersihkan kaca helm yang harus dilakukan teman – teman dalam membersihkan kaca helm ini adalah melepas kaca helm terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan untuk mempermudah dalam pembersihan di bagain – bagian yang susah dijangkau.

Alat Untuk Membersihkan Kaca Helm

Selain itu, manfaat dari melepas kaca helm ini agar bagian helm yang lain tidak ikut terkena air dan menjadi basah.

Jangan Menggunakan Kain/Lap Kering

Penggunaan kain/lap kering untuk membersihkan kaca helm dapat membuat kaca helm semakin kusam karena debu yang ada di kaca helm menempel pada lap kering tersebut.

Bahkan, dengan adanya debu yang menempel pada kain/lap kering ini dapat mengakibatkan goresan – goresan pada kaca helm.

Menggunakan Kain Mikrofiber

Kain yang disarankan untuk membersihkan kaca helm pada langkah – langkah di awal ini adalah menggunakan kain mikrofiber.

Bahan Untuk Membersihkan Kaca Helm

Hal ini dikarenakan fungsi dari kain mikrofiber ini dapat untuk menyerap kotoran – kotoran yang menempel pada helm.

Namun, Mas Sena tekan dalam penggunaan kain mikrofiber ini harus menggunakan kain yang bersih, untuk mengurangi resiko terjadinya goresan – goresan pada kaca helm.

Untuk teman – teman yang tidak memiliki kain mikrofiber, dapat diganti menggunakan kain katu, tapi yang lembut yaa.

Membasahi Kain/Lap dengan Air Hangat

Sebelum digunakan untuk membersihkan kaca helm agar tetap mengkilap, kain mikrofiber yang digunakan harus dibasahi dengan air terlebih dahulu.

Dalam hal ini, Mas Sena sangat menyarakan teman – teman menggunakan air hangat. Hal ini dikarenakan kaca belm biasanya dilapisi dengan pelindung sinar UV dan anti kabut.

Untuk lebih mengurangi resiko terjadinya goresan, teman – teman dapat membersihkan kaca helm ini pada air yang mengalir.

Menggunakan Visor Cleaner

Setelah semua permukaan kaca helm dibersihkan menggunakan kain/lap yang telah dibasahi dengan air hangat. Selanjutnya, teman – teman dapat menggunakan visor cleaner.

Apa itu visor cleaner? Visor cleaner adalah cairan pembersih khusus untuk kaca helm agar tetap mengkilap.

Cara Membersihkan Kaca Helm Buram

Dalam hal ini, cairan yang memiliki kemampuan yang baik untuk membersihkan kaca helm adalah cairan yang terbuat dari alkohol based, dikarenakan dapat menguap dan tidak meninggalkan noda.

Bentuk dari cairan pembersih khusus ini biasanya berupa krim botol atau botol spray. Dimana cairan ini terbukti ampuh untuk menghilangkan noda bandel.

Mengenai cara penggunaanya, visor cleaner ini cukup mudah dipakai. Teman – teman tinggal menyemprotkan atau menuangkan cairan ini di bagian noda – noda yang ada dalam kaca helm.

Setelah itu, kaca helm didiamkan dalam beberapa menit, kemudian bagian tersebut dibersihkan dengan kain mikrofiber yang bersih.

Menggunakan Pembersih Kaca Jendela

Selain menggunakan visor cleaner, cairan lain yang dapat digunakan dalam cara membersihkan kaca helm agar tetap kinclong adalah cairan pembersih kaca jendela.

Pasalnya, pembersih kaca jendela ini biasa digunakan untuk membersihkan kaca mobil, dan terbukti ampuh.

Menggunakan Shampoo Bayi

Shampoo bayi ini sudah terbukti ampuh untuk membersihkan kaca helm. Bahkan, selain untuk membersihkan kaca helm, shampoo bayi ini dapat digunakan untuk membersihkan batok helm.

Menggunakan Sikat Gigi

Sedangkan, untuk penggunaan kain mikrofiber untuk membersihkan kaca helm dapat diganti dengan menggunakan sikat gigi. Namun, sikat gigi yang dipilih harus berupa sikat yang memiliki bulu sikat lembut.

Cara Membersihkan Kaca Helm Kusam

Menggunakan Air Kompresor

Cara membersihkan kaca helm agar tetap mengkilap selanjutnya dapat menggunakan air kompresor. Air kompresor yang digunakan berupa kalengan yang memiliki corong panjang dan tipis yang menyerupai sedotan.

Menggunakan Tisu

Terakhir, kaca helm dapat tetap mengkilap apabila dibersihkan dengan menggunakan tisu. Namun, tisu yang digunakan ini harus berupa tisu yang lembut dan telah dibasahi dengan air.

Untuk cara penggunaan dari tisu ini sendiri sama dengan penggunaan kain mikrofiber, yaitu dibasahi dengan air terlebih dahulu kemudian dilap pada permukaan – permukaan kaca helm yang terlihat noda dan buram.

Beberapa hal di atas adalah alat dan bahan serta cara meperbaiki kaca helm agar tetap mengkilap dan terbukti ampuh mengusir noda – noda bandel.

Selain menggunakan alat dan bahan yang mudah didapat, cara yang digunakan pun sangat sederhana untuk diaplikasikan.

Sekali lagi Mas Sena ingkatkan kepada teman – teman untuk membersihkan kaca helm secara rutin, sehingga helm akan nyaman digunakan dan tidak menghalangi pandangan.

Demikian informasi alat dan bahan serta cara membersihkan kaca helm agar tetap mengkilap yang dapat Begawai bagikan. Semoga, dengan kaca yang mengkilap, perjalanan teman – teman akan terasa lebih menyenangkan.

Bagan