Arti Lampu Indikator Mobil yang Harus Dipahami

Menjelaskan beberapa arti dari lampu indikator pada mobil yang menyala

Arti Lampu Indikator Mobil – Menjaga kondisi mobil agar performanya selalu terjaga, tentu saja kita harus peka terhadap setiap sinyal atau tanda-tanda khusus yang ditunjukkan oleh mobil. Hal tersebut wajib diketahui supaya segala keadaan dan kemungkinan yang sedang dialami pada mobil bisa dideteksi.

Namun, agaknya hal tersebut bisa dengan mudah kita pelajari melalui arti lampu indikator mobil yang memang sudah ada pada setiap panel instrumen.

Beberapa indikator lampu tersebut pun juga memiliki berbagai fungsi. Dimana, yang utama yakni memberikan informasi terkait kondisi mobil.

Baik itu terkait soal kerusakan, kegagalan sistem, atau situasi lainnya, sehingga kita bisa segera mengambil tindakan supaya tak membahayakan. Karena itu penting untuk dipahami arti lampu indikator mobil.

Arti Lampu Indikator Mobil

Hanya saja, tak banyak yang memahami arti lampu indikator mobil. Wajar, apalagi khusus para pemula yang belum terlalu memahami arti atau tanda yang ditunjukkan oleh lampu indikator pada mobil.

Oleh sebab itu, jangan menyepelekan lampu indikator yang mulai menunjukkan adanya tanda-tanda masalah pada mobil Anda.

So, berikut ini Mas Sena akan berbagi penjelasan lengkap mengenai beberapa arti lampu indikator mobil yang bisa Anda pelajari dan pahami.

Arti Lampu Indikator Mobil

Ada banyak beberapa lampu indikator pada mobil yang umumnya disematkan di sektor panel instrumen. Nah, di bawah ini adalah arti lampu indikator mobil yang perlu Anda kenali.

Tanda Lampu Indikator Mobil

Indikator Bahan Bakar

Pertama, arti lampu indikator mobil yang perlu dipahami adalah lampu indikator bensin atau bahan bakar.

Dari namanya saja sudah jelas bahwa lampu indikator ini berfungsi untuk menampilkan informasi terkait kondisi kapasitas bahan bakar yang tersedia dari suatu mobil.

Umumnya, panel indikator ini tampil dalam bentuk jarum. Namun, tak jarang pula beberapa model mobil terbaru, lampu indikator bensinnya juga turut hadir dalam bentuk digital.

Yang jelas dan pasti bahwa indikator bahan bakar ini akan disisipi huruf F yang berarti Full dan E yang berarti empty (habis). Dari sini, Anda bisa mengetahui kondisi kapasitas bensin yang dibawa oleh mobil.

Indikator Suhu Mesin

Arti lampu indikator mobil berikutnya yakni lampu indikator pada suhu atau temperatur pada mesin mobil.

Dimana, indikator tersebut memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenai suhu atau temperatur terbaru pada mesin mobil.

Umumnya, indikator ini akan menampilkan jarum sebagai alat penunjuk angka derajat dalam satuan celcius. Atau, untuk beberapa mobil lain yang menggunakan indikator digital, akan menampilkan dua tanda yang mengindikasikan suhu mesin, yakni H yang berarti Hot/panas dan C yang artinya Cold/dingin.

Indikator temperatur ini sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, dari sini Anda bisa mengetahui kondisi mesin, khususnya di saat kondisi mesin sedang mengalami overheat.

Indikator Tekanan Oli

Siapa sangka, ternyata pada mobil juga ada simbol tekanan oli yang mana memiliki peran untuk mengenali kondisi tekanan pada oli mesin.

Arti lampu indikator tekanan oli ini nantinya akan menyala merah yang mengindikasikan bahwa mobil kehilangan tekanan oli yang umumnya disebabkan karena kapasitas oli yang mulai berkurang, oli yang bocor atau bisa juga ada kerusakan pada komponen lain yang memicu tekanan oli berkurang.

Dari sini, Anda tentunya akan langsung peka untuk memeriksa apakah ada masalah pada oli mesin. So, indikator yang satu ini terbilang sangat penting meskipun kondisi hilangnya tekanan oli pada mobil jarang terjadi.

Indikator Simbol Aki

Selanjutnya, arti lampu indikator mobil yang berbentuk oli tentu saja juga menjadi simbol penting untuk mengetahui bagaimana kondisi arus listrik.

Nah, berkenaan dengan itu, indikator ini berfungsi sebagai pendeteksi. Dimana, bila indikator simbol aki ini menyala terus maka sudah bisa dipastikan jika arus listrik pada aki sudah mengalami penurunan atau melemah.

Jika indikator ini sudah mulai menyala, sebaiknya sesegera mungkin untuk melakukan pemeriksaan atau pengecekan di bengkel agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Lampu Indikator Mobil

Indikator Simbol Check Engine

Kemudian, simbol lain yang menjadi salah satu arti lampu indikator mobil yang harus dipahami yakni indikator dengan simbol check engine. Karena, simbol ini memiliki peran sangat penting dan jadi kebutuhan informasi primer.

Bukan tanpa alasan mengingat jika indikator check engine ini menyala maka sudah barang tentu telah terjadi kerusakan yang terbilang cukup kompleks dan perlu mendapat perhatian.

Kerusakan yang dimaksud bisa dikarenakan adanya masalah pada sektor ruang pacu atau permesinannya dan bisa juga pada sektor elektrikal mesin.

So, jika simbol check engine ini menyala, jangan menunggu terlalu lama dan segeralah bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa dan dicheck masalah apa yang sedang melanda mobil Anda.

Indikator Berbentuk Simbol Rem Parkir

Di sisi lain, dalam lampu indikator mobil juga ada simbol yang menyerupai bentuk rem parkir yang mana memiliki arti cukup banyak.

Pertama, jika indikator ini menyala bisa jadi bahwa rem parkir atau rem tangan pada mobil masih dalam kondisi aktif.

Kemungkinan ke dua, jika simbol ini menyala saat mobil berjalan dan rem parkir sudah tidak aktif, itu tandanya rem parkir kekurangan minyak rem.

Ke tiga, khusus untuk beberapa mobil yang dilengkapi fitur ABS namun belum ada indikator ABS, jika simbol ini menyala, maka besar kemungkinan ada masalah serius pada fitur pengereman ABS. Segeralah untuk mengecek ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut.

Indikator Rem ABS

Nah, berkenaan dengan soal pengereman, arti lampu indikator mobil berikutnya yakni indikator ABS.

Sebenarnya, sistem kerja indikator ini cukup simple. Bila lampu pada simbol ABS menyala maka itu menandakan ada masalah pada sistem pengereman ABS.

Indikator Sabuk Keselematan

Selanjutnya, arti lampu indikator mobil yang perlu mendapat perhatian adalah pada simbol sabuk keselamatan.

Hal ini sebagai penanda bahwa penumpang di samping pengemudi belum atau tidak menggunakan sabuk pengaman dengan sempurna.

Umumnya, pada beberapa mobil nyalanya simbol ini juga dibarengi dengan bunyinya suara peringatan sebagai pengingat akan keselamatan untuk menggunakan sabuk pengaman dengan benar.

Indikator berupa Simbol Pintu Terbuka

Berikutnya, ada simbol indikator pada mobil yang perlu untuk diperhatikan meski terkesan sepele, yakni simbol pintu terbuka.

Indikator simbol pintu terbuka ini sangat bermanfaat untuk para penumpang yang kelupaan atau belum menutup pintu mobil secara sempurna sehingga diingatkan melalui indikator pintu terbuka ini.

So, keberadaan simbol ini sangat penting dan diperlukan agar pintu mobil selalu dalam kondisi tertutup rapat supaya aman ketika berjalan atau melaju.

Simbol Lampu Indikator Pada Mobil

Selain beberapa simbol lampu di atas, sebenarnya masih banyak lagi beberapa arti lampu indikator mobil yang ada pada panel instrumen di kursi pengemudi. Seperti indikator lampu kabut, lampu tembak, indikator airbag, cruise control, dan masih banyak lagi.

Namun, dari sekian banyaknya lampu tanda indikator pada mobil di atas, tentu saja yang telah Mas Sena sebutkan di atas adalah mayoritas indikator yang sering dijumpai pada setiap mobil.

Nah, semoga saja informasi terbaru dari Mas Sena mengenai arti lampu indikator mobil di atas bisa jadi informasi yang bermanfaat sebagai pengetahuan untuk kawan-kawan semua. Sekian dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

Bagan