Biar Kinclong, Begini Cara Merawat Cat Mobil agar Tidak Kusam

Tips jitu merawat cat mobil supaya tidak mudah kusam dan terlihat lawas

Merawat Cat Bodi Mobil – Punya mobil, tapi bodinya tampak kusam? Padahal, sudah berkali-kali dibersihkan tapi tetap saja cat bodinya tampak tidak kinclong?

Jika kondisi tersebut sering Anda alami, jangan bingung. Karena sebenarnya ada langkah lain yang cukup efektif untuk Anda jadikan sebagai langkah dalam upaya merawat cat mobil.

Setidaknya, untuk meminimalisir atau mengurangi dampak dari adanya masalah pada eksterior mobil, terutama tampilan daripada cat mobil itu sendiri.

Karena, jika cat bodi mobil dibawa ke salon mobil tentu saja akan membutuhkan biaya yang mahal. Padahal, dengan rajin melakukan perawatan cat bodi mobil dengan langkah sederhana pun mobil Anda masih bisa tampil maksimal.

Cara Mengkilapkan Cat Mobil

Lantas, apa saja sih langkah terpadu yang perlu dilakukan untuk merawat cat bodi mobil itu? Sulit, atau mudah?

Sebenarnya, cara ini cukup mudah mengingat masih sebatas sebagai langkah preventif atau pencegahan. Dengan kata lain tips untuk menjaga cat bodi yang masih bagus agar tetap kinclong dan tidak mudah kusam.

Penasaran kan? Tak perlu berlama-lama, yuk kita simak bersama ulasan mengenai bagaimana cara merawat cat mobil supaya tampilannya tetap menarik dan tidak kusam.

Tips Perawatan Cat Mobil

Dalam proses penerapannya, memang diperlukan beberapa langkah untuk menjaga agar cat mobil tetap kinclong dan tidak kusam. Berikut penjelasan detailnya.

Cara Merawat Mobil Biar Mengkilap

Rutin Cuci Mobil dengan Kit Shampoo

Jelas dan pasti bahwa langkah pertama untuk menjaga agar cat mobil tetap kinclong dan menarik adalah dengan rutin mencuci mobil. Paling tidak seminggu sekali.

Dalam penerapannya pun, Anda harus menggunakan shampoo khusus pencuci mobil. Hindari menggunakan sabun detergen atau sabun lain karena lebih berpotensi menimbulkan bercak pada permukaan cat mobil saat nantinya kering.

Langkah ini tentu saja menjadi cara paling utama untuk menjaga penampilan cat mobil supaya dalam keadaan yang prima dan menarik.

Namun, satu hal yang tak bisa ditinggalkan, saat Anda mencuci mobil, usahakan cuci di area yang teduh atau tidak terkena sinar matahari.

Sebab, ketika air sabun tersebut nantinya mengenai permukaan cat mobil maka nantinya justru akan memcu timbulnya bercak pada permukaan cat mobil tersebut.

Dengan demikian maka sangat tidak disarankan menggunakan sabun detergen. Hanya saja, jika terpaksa, Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring.

Usahakan untuk mengusap sabun dengan spon lembut pada bagian cat mobil agar tidak menimbulkan bekas goresan.

Jika sudah, bilas dengan air bersih menggunakan tekanan air sedang sampai benar-benar sabunnya hilang agar nantinya tak membekas dan tak menimbulkan flek.

Kompon Bodi Mobil pada Bagian Tertentu

Selain, langkah lain yang perlu dan patut untuk Anda coba adalah dengan kompon bodi mobil. Hanya saja, mengkompon body mobil hanya dilakukan untuk bagian-bagian tertentu, antara lain khusus pada bagian mobil yang terkena kotoran ataupun goresan yang memungkinkan dengan cara di kompon bisa bersih dan tidak terlihat lagi kotoran yang menempel ataupun bekas goresannya.

Namun, Anda harus berhati-hati saat mengkompon mobil. Karena, jika salah penggunaan justru akan membuat beberapa bagian tertentu pada bodi mobil menjadi tidak menarik.

Cara ini sebagai salah satu langkah alternatif untuk menjaga cat mobil yang sekiranya terkena baret saja. Sehingga, jika bodi mobil masih bagus dan tidak ada baret, Anda tak perlu menggunakan cara kompon mobil seperti ini.

Parkir Mobil di Tempat yang Teduh

Di sisi lain, cara untuk menjaga cat mobil agar awet dan tidak mudah kusam yakni dengan menjaga agar mobil Anda selalu berada pada posisi teduh saat diparkirkan.

Bukan tanpa alasan mengingat terik sinar matahari yang begitu panas dengan kandungan sinar UV tentu akan jauh lebih berpotensi merusak kualitas cat pada mobil Anda.

Apalagi, jika mobil berada panas-panasan langsung kemudian tiba-tiba diguyur air hujan. Jelas sudah akan membuat cat bodi mobil cepat kusam.

Lebih parahnya lagi, tak menutup kemungkinan akan mengelupas bila kondisi seperti ini dibiarkan terus menerus begitu saja.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk selalu memarkirkan mobil di tempat teduh. Misalnya di bawah pohon atau di lokasi yang ada peneduhnya untuk mengurangi dampak pancaran sinar matahari yang memang benar-benar mampu merusak kualitas cat mobil itu sendiri.

Cara Memoles Body Mobil Biar Kinclong

Hindari Menutup Mobil dengan Sarung saat Kondisi Basah

Tak sampai di situ saja, guna menjaga cat mobil agar tetap awet, disarankan untuk menghindari menutup mobil dengan sarung mobil. Apalagi, ketika mobil baru saja dibersihkan atau dicuci.

Karena, hal ini tentu saja dapat merusak cat pada body mobil yang mana disebabkan oleh hawa lembab yang terjadi saat mobil ditutup dengan sarung mobil.

Bahkan, bila kondisi panas pun juga akan membuat suhu di dalam mobil menjadi panas juga ketika ditutup.

Oleh sebab itu, hindari keseringan menutup mobil dengan sarung penutup seperti ini. Jelas karena untuk mencegah hawa panas yang muncul karena ruang udara yang terbatas akibat tertutup oleh sarung mobil secara keseluruhan.

Jika Anda punya niatan untuk menutup mobil dengan sarung mobil maka hendaknya mobil dilap bersih terlebih dahulu dan pastikan tidak ada air yang masih menempel pada permukaan cat mobil.

Hanya saja, untuk menutup sarung mobil seperti ini, Mas Sena kurang menyarankan karena dirasa justru akan memicu timbulnya masalah pada cat bodi mobil dikarenakan perubahan suhu pada bagian dalam mobil ketika ditutup dengan sarung.

Rutin Membilas Mobil

Nah, untuk langkah lain yang sebenarnya sepele namun tak bisa dianggap enteng, Anda harus selalu rutin membilas mobil.

Maksudnya, Anda tak perlu mencuci menggunakan sabun namun lebih sering membilas mobil dengan air agar nantinya kondisi mobil selalu dalam keadaan yang bersih.

Apalagi, saat mobil sesaat digunakan dari bepergian saat kondisi hujan lebat, sudah barang tentu air hujan akan menempel bersama kotoran lumpur.

Bila kondisi ini dibiarkan begitu saja maka sudah pasti dan jelas bakal membuat cat pada bodi mobil menjadi kusam dan bahkan memicu timbulnya bercak. Lebih parahnya, jamur pun akan muncul secara tiba-tiba karena kandungan air hujan yang memang tidak baik untuk cat mobil.

Perawatan Bodi Mobil

Melihat berbagai langkah perawatan cat pada mobil tersebut, Mas Sena yakin bahwa teman-teman sekalian sudah bisa memahami apa saja langkah yang tepat untuk menjaga agar bodi mobil tetap awet dan tidak kusam.

Oleh karena itu, sangat disarankan sekali untuk selalu melakukan perawatan sebagaimana yang telah diulas atau dijelaskan di atas demi performa penampilan mobil agar selalu tampak terkesan terjaga.

Nah, sampai di sini, apakah kawan-kawan sudah memahami apa saja sih perawatan yang tepat untuk menjaga cat bodi mobil?

Kiranya beberapa penjelasan mengenai cara merawat cat bodi mobil supaya tidak kusam di atas bisa menjadi referensi untuk teman-teman semua. Sampai jumpa.

Bagan