Bodi Motor Bergetar? Ini Penyebab dan Solusinya

Mengungkap penyebab bodi motor bergetar dan bersuara berisik sekaligus menjelaskan solusi sederhana untuk mengatasinya.

Mengatasi Bodi Motor Bergetar – Kenyamanan dalam berkendara memang menjadi hal pokok yang tentu diinginkan oleh para pengemudi, termasuk dalam hal ini berkendara sepeda motor.

Oleh karenanya, bukan hal yang mengherankan bila ada sedikit masalah atau kendala pada motor, sudah jelas bakal berpengaruh pada rasa nyaman si pengemudi.

Salah satu masalah yang sering ditemui adalah bodi motor bergetar saat dikendarai atau bahkan saat mesin dinyalakan.

Tentu saja, kondisi motor yang seperti ini akan mengganggu Anda dalam berkendara karena suara berisik yang ditimbulkan bodi motor yang bergetar tersebut.

Cara Mengatasi Bodi Motor Bergetar

Tak hanya itu saja, getaran bodi motor tersebut juga bisa saja menjadi indikasi bahwa ada bagian cover bodi yang kendor atau retak.

Jadi, jika motor Anda mengalami hal seperti ini, jangan disepelekan begitu saja. Mengingat, bila dibiarkan dikhawatirkan bakal merusak komponen lain.

Nah, untuk itu, Anda harus tahu penyebab dan solusi untuk mengatasi bodi motor bergetar seperti ini. Terutama yang sering terjadi pada skuter matik.

Penyebab Body Motor Bergetar

Mengenai kondisi getaran pada bodi maupun cover motor, tentu saja ada beberapa penyebabnya. Antara lain sebagaimana yang dijelaskan berikut ini.

Screenshot 1

Ada Pergeseran atau Perubahan Posisi Bodi

Hal pertama yang sangat berpotensi menjadi penyebab body motor bergetar adalah arena adanya pergeseran posisi cover motor tersebut.

Umumnya, pergeseran pada bodi seperti ini dipicu karena baut-baut yang mengikat sudah mulai kendor atau doll.

Wajar saja bila hal itu terjadi, apalagi jika motor sering digunakan untuk melewati jalanan yang bergeronjal.

Nah, untuk mengatasinya, tentu saja Anda hanya cukup mengecek dan mengencangkan kembali mana baut yang sudah mulai kendor. Jika sudah dol, maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Tapi, yang perlu Anda tahu bahwa saat mengencangkan baut, usahakan jangan terlalu keras. Pasalnya, dikhawatirkan justru akan menekan cover pada bodi sehingga sangat berpotensi pecah.

Adanya Sambungan Cover yang Patah/Retak

Dalam kasus lain, pemicu kondisi cover bodi motor yang bergetar dan berisik, bisa dikarenakan adanya beberapa bagian dari sambungan antar cover yang sudah patah atau mengalami keretakan.

Kondisi seperti ini tentu saja membuat cover satu dengan cover lain yang terhubung menjadi longgar dan tidak mengikat.

Tak sampai di situ, bagian klip yang sudah mulau aus karena adanya gesekan antar cover pun juga menjadi pemicu getaran bodi.

Solusi sederhanannya, Anda bisa menggunakan double tape kuat untuk mengganjalnya. Atau bisa juga menggunakan lem Alteco untuk memasang atau menguatkan kembali dua bodi yang telah longgar karena retak atau patah.

Namun, cara ini bersifat sementara. Akan lebih baik jika Anda mengganti cover dengan yang baru supaya lebih aman.

Cover Pecah

Selanjutnya, kondisi bodi atau cover yang pecah juga menjadi masalah utama penyebab body motor bergetar.

Biasanya, kondisi seperti ini muncul karena bagian cover pernah menabrak sesuatu yang keras atau dampak dari bekas kecelakaan/jatuh.

Maka dari itu, Anda harus jeli dimana titik cover bodi yang pecah sebagai sumber masalah dari getaran pada body motor itu sendiri.

Cara Sederhana Mengatasi Bodi Motor Bergetar

Berikut ini adalah beberapa langkah sederhana dan mudah sebagai tips untuk mengatasi bodi motor bergetar.

Mengatasi Getaran Ada Cover Bodi Motor

Gunakan Sealant

Pada umumnya, lubang baut pada cover bodi motor memang terbuat dari bahan material plastik yang seringkali rusak atau pecah.

Apalagi, jika motor keseringan melewati jalan berlubang atau cover bodi sering dibuka tutup. Tentu saja, hal ini akan membuat lubang baut menjadi aus dan mudah kendor.

Maka oleh sebab itu, agar tiap sambungan antar body part plastik menjadi lebih kencang dan membuat getarannya hilang, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan sealant.

Contohnya saja seperti pada sektor cover atau batok lampu yang sering bergetar, oleskan sealant pada ulirnya lalu kencangkan. Umumnya, cara ini cukup berhasil guna mengatasi getaran bodi motor akibat sambungan antar cover yang kurang rapat.

Sealant sendiri merupakan bahan yang terbuat dar silikon. Dengan demikian, nantinya setelah kering akan mengeras sehingga menambah kekuatan untuk cengkraman baut. Sehingga, getaran yang diakibatkan kekendoran pada cover ini pun akan hilang.

Gunakan Double Tape yang Tebal

Langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bodi motor bergetar, bisa dengan menggunakan double tape yang tebal.

Fungsi dari penggunaan double tape ini tentu saja sebagai pengencang antar bodi yang mulai tidak presisi dikarenakan ada bagian cover yang retak atau pecah.

Jika Anda belum siap untuk menggantinya, akan lebih baik jika diperbaiki dengan cara sederhana, yakni menggunakan double tape.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyambungkan dua cover yang longgar tersebut.

Kemudian, tempelkan double tip di antara dua cover yang hendak disambungkan tadi. Selanjutnya, tekan secara manual dengan tangan sampai dua bodi tersambung.

Namun, perlu dicatat bahwa tips ini hanyalah cara sederhana yang bisa mengurangi dampak getaran cover bodi motor. Karena, kemungkinan double tape yang digunakan tersebut nantinya akan mengelupas seiring pemakaian yang disebabkan terkena air hujan atau panas.

Gunakan Lem Alteco

Untuk beberapa kasus yang belum terlalu parah, cover bodi yang longgar tersebut bisa diatasi dengan melekatkannya menggunakan lem.

Penggunaan lem sendiri disarankan menggunakan lem yang sangat kuat, seperti lem alteco yang memang dikenal sangat keras.

Oleh sebab itu, jika kondisi cover bodi tersebut belum terlalu parah, Anda bisa menggunakan lem alteco sebagai cara alternatif untuk merekatkan dua cover bodi yang longgar tersebut.

Sehingga, getaran yang memicu suara berisik ketika motor dihidupkan bisa hilang seketika.

Ganti Cover Bodi dengan Cover Baru

Nah, jika beberapa cara di atas sudah tidak mempan lagi maka satu-satunya tips untuk mengatasi bodi motor yang bergetar tersebut adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

Pilihan ini adalah opsi terbaik jika memang kondisi bodi motor benar-benar tidak bisa diperbaiki dengan cara apapun.

Namun, saat mengganti cover, pilih cover bodi yang original langsung dari pabrikan. Tentu aja, hal ini untuk menghindari atau mengurangi potensi cover yang rusak dikarenakan kualitasnya kurang baik.

Penyebab Bodi Motor Bergetar

Setelah memahami beberapa langkah atau tips di atas, sebaiknya Anda juga perlu mengetahui apa penyebab bodi motor tersebut bergetar.

Karena, perbaikan yang dilakukan tentunya disesuaikan dengan kerusakan yang terjadi. Sehingga, nantinya jika diperbaiki maka tidak menjadi hal yang sia-sia saja.

Di sisi lain, beberapa cara di atas adalah langkah sederhana yang bisa Anda lakukan. Setidaknya untuk mengurangi getaran yang terjadi akibat cover antar bodi yang tidak rapat.

Oke kawan? Sudah paham kan? Nah, semoga artikel otomotif mengenai cara mengatasi bodi motor bergetar dan beberapa penyebabnya di atas bisa menjadi solusi terbaik untuk teman-teman semua. Sampai jumpa dan semoga bisa bertemu lagi di lain kesempatan.

Bagan