Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Ampuh

Lampu mobil tampak buram? Tampak tidak terang saat lampu hidup? Mungkin, mika lampumu kotor. Coba lakukan tips membersihkan mika pada lampu mobil ini.

Tips Membersihkan Mika Lampu Mobil – Sebagai salah satu komponen penting, lampu utama pada mobil adalah sektor yang harus Anda rawat. Mengingat, bagian ini merupakan sektor yang cukup vital karena fungsinya sebagai penerangan saat berkendara di malam hari.

Maka dari itu, Anda perlu memahami perawatan khusus untuk mencegah ataupun mengatasi lampu mobil. Tak terkecuali pada mika lampu mobil.

Karena, terkadang yang membuat cahaya dari lampu mobil kurang terang, biasanya disebabkan karena kondisi mika pada lampu mobil yang buram.

Tips Membersihkan Mika Lampu Mobil

Tentu saja, ini akan mengganggu penerangan pada mobil Anda. Apalagi, pada saat Anda berkendara di waktu malam hari, jalanan hujan dan berkabut. Yang mana, mika kaca lampu mobil yang buram (kusam) akan membuat sinar lampu kurang maksimal.

Sebenarnya, Anda bisa membersihkan mika lampu mobil tersebut ke salon perawatan mobil. Namun, Anda juga bisa melakukannya secara mandiri di rumah tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya seperti ketika dibawa ke salon perawatan mobil.

Nah, untuk itu, Mas Sena dalam hal ini akan berbagi informasi mengenai tips membersihkan mika lampu mobil agar tidak buram. Mau tahu caranya? Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil

Di dalam prosesnya, ada beberapa langkah mudah dan ampuh untuk mengatasi mika lampu mobil yang buram. Apa saja itu? Berikut langkah-langkahnya.

Merawat Lampu Mobil

Mempersiapkan Alat dan Bahan

Hal pertama yang harus Anda persiapkan dalam membersihkan mika lampu mobil adalah menyiapkan alat dan bahan-bahan yang diperlukan. Antara lain yaitu :

  1. Kanebo dan kain mikrofiber
  2. Sabun cuci khusus untuk mobil. Atau, Anda bisa menggunakan sabun cuci piring.
  3. Air hangat
  4. Bahan bakar Pertamax
  5. Amplas
  6. Pasta gigi
  7. Ember ukuran sedang

Nah, jika beberapa alat dan bahan tersebut sudah dipersiapkan, langkah berikutnya adalah penerapannya yang dimulai dengan mencampurkan bahan-bahan di atas.

Mencuci Mika Lampu Mobil

Sebelum kita melangkah pada cara meracik bahan-bahan pembersih mika pada lampu mobil, sebaiknya Anda bersihkan dulu dengan membilasnya menggunakan air bersih.

Jika sudah, usap dengan kanebo untuk menyerap sisa air bilasan tadi. Tunggu sampai benar-benar kering.

Hal ini dilakukan untuk mengangkat kotoran atau debu yang membandel di sekitaran area mika lampu mobil tersebut.

Mempersiapkan Bahan untuk Membersihkan Mika Lampu Mobil

Pertama, Anda harus mencampurkan sabun cuci piring dengan Pertamax yang telah dipersiapkan tadi dengan perbandingan 60 (sabun):40 (Pertamax). Anda bisa mencampurkannya ke dalam media ember sebagai wadahnya.

Jika sudah maka cobalah ambil amplas, masukkan ke dalam campuran Pertamax dan sabun cuci piring tadi. Kemudian, usap secara perlahan pada mika lampu mobil dan sekitarnya. Pada langkah ini, jangan menekan amplas terlalu keras, cukup sedang saja.

Bila permukaan mika lampu sudah terlihat bersih maka langkah selanjutnya adalah Anda hanya perlu membilasnya dengan air jernih, lalu mulai amplas lagi dengan amplas baru yang lebih bersih untuk memaksimalkan daya kilapnya.

Bila memang dirasa masih kurang bersih atau tampak buram, usap lagi dengan amplas yang tercampur Pertamax dan sabun pencuci piring tadi, lalu bilas. Ulangi berkali-kali sampai benar-benar mika mobil bersih dan tidak buram.

Cara Membersihkan Mika Pada Lampu Mobil

Oleskan Odol pada Permukaan Mika Lampu Mobil

Jika sudah dibersihkan dan dibilas menggunakan air bersih, langkah pembersihan selanjutnya adalah dengan mengoleskan odol atau pasta gigi ke permukaan mika lampu yang tadi baru saja dibersihkan.

Lakukan pengolesan secara memutar dengan menggunakan kain bersih yang sudah sedikit dibasahi. Langkah ini cukup ampuh guna menghilangkan bagian-bagian dari permukaan mika yang mungkin saja mengalami lecet.

Selain itu, cara membersihkan mika mobil dengan pasta gigi ini juga bisa mengatasi mika lampu mobil yang berwarna kuning.

Untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal, Anda bisa menggunakan compound. Mengingat, compound sendiri merupakan bahan yang bersifat mengikis. Artinya, jika diterapkan pada mika mobil maka baret maupun lecet pada bodi mobil, kaca lampu depan akan tertutupi dengan lebih sempurna.

Nah, jika sudah selesai, bagian permukaan mika lampu mobil yang sudah terolesi tadi, diusap dengan kain mikrofiber atau kanebo. Selanjutnya, bersihkan menggunakan air bersih mengalir. Lalu, diamkan hingga kering atau lap dengan kain kanebo.

Cuci Lagi dengan Sabun Khusus/Sabun Cuci Piring

Berikutnya, langkah terpadu yang perlu Anda lakukan jika beberapa langkah sebelumnya selesai dilakukan adalah dengan mencuci kembali dengan menggunakan sabun khusus pencuci mobil atau sabun cuci piring.

Hal ini sangat perlu dilakukan untuk membersihkan sisa-sia minyak ataupun odol (pasta gigi) yang masih menempel di area mika lampu mobil.

Nah, Anda bisa melakukan hal ini sekaligus mencuci mobil secara keseluruhan. Namun, yang perlu digairsbawahi, selalu gunakan kain halus saat mencuci mobil, tak terkecuali pada bagian mikanya. Agar, tidak ada goresan tipis yang terjadi.

Jika sudah, bilas dengan air secara menyeluruh dan pastikan tidak ada sisa minyak (Pertamax) maupun odol yang masih tampak di area mika mobil.

Tahap Test Hasil

Jika langkah-langkah membersihkan mika lampu mobil telah Anda lakukan, cobalah untuk menghidupkan atau menyalakan lampu mobil dan sorotkan lampu tersebut ke arah tembok.

Cobalah cek bagaimana sorotan cahaya lampu mobil, apakah lebih terang atau tidak. Langkah ini tentu sebagai upaya untuk memastikan bahwa lampu utama mobil Anda berfungsi dengan maksimal.

Bila masih kurang atau masih tampak buram, coba ulangi lagi beberapa langkah di atas. Karena, dalam beberapa kondisi, memang pembersihan semacam ini tidak mudah. Perlu dilakukan berulang kali agar kaca yang buram bisa diatasi dengan sempurna.

Bila teman-teman tetap saja masih merasa pancaran atau sorotan cahaya lampu mobil kurang maka itu tandanya ada dua kemungkinan. Pertama, mika memang sulit dibersihkan. Ke dua, kemungkinan Anda harus mengganti dengan mika yang baru.

Mengatasi Mika Lampu Mobil Yang Buram

Nah, dari beberapa langkah pembersihkan mika pada lampu mobil di atas, teman-teman tentunya sudah memahami cara yang tepat dalam meracik dan membersihkan setiap bagian pada area mika lampu mobil.

Tentu saja, cara di atas bisa menjadi tips yang Anda manfaatkan untuk pembersihan secara rutin. Sehingga, tanpa pergi ke salin mobil, kaca mika mobil pun menjadi bersih dan tampak terawat.

Hanya saja memang dalam beberapa kondisi, Anda harus membersihkannya ke salon khusus perawatan mobil. Hal ini tentu tak lepas dari keterbatasan bahan yang ada serta kondisi mika mobil yang sulit untuk diatasi.

Jadi, secara otomatis, Anda harus membawanya ke bengkel atau salon perawatan mobil untuk membersihkan bagian permukaan mika mobil secara lebih sempurna.

Nah, demikian tadi beberapa langkah terpadu yang bisa Anda lakukan sebagai tips membersihkan mika lampu mobil yang cukup ampuh dan mudah diterapkan secara mandiri di rumah. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus menginspirasi teman-teman semua dalam merawat mobil.

Bagan