Cara Membuat Motor Drag Kencang tak Tertandingi

Komponen – komponen dalam motor yang harus dilakukan penggantian dan modifikasi untuk membuat motor drag menjadi kencang tak tertandingi.

Cara Membuat Motor Drag Kencang – Motor drag merupakan motor yang secara khusus digunakan oleh joki atau pembalap untuk dipacu di jalanan yang luncur tanpa adanya tikungan.

Dalam memacu motor drag ini, pembalap tidak selalu bersaing dengan rival – rivalnya secara langsung atau saling salip – menyalip untuk untuk menasbihkannya menjadi pemenang.

Diperlukan keahlian khusus bagi joki atau pembalap dalam memacu kendaraaan dragnya agar kencang dan tertandingi oleh rivalnya.

Latihan yang rutin dengan jam terbang yang tinggi diperlukan untuk dapat terus berkembang dalam memacu kendaraannya di lintasan yang telah ditentukan.

Terlebih motor drag biasanya memiliki bobot yang lebih ringan daripada motor biasa, sehingga memiliki tarikan mesin yang ganas dan kecepatan yang tentunya lebih tinggi.

Bahkan, kecepatan motor drag ini diklaim memiliki kecepatan yang lebih ampuh dibandingkan dengan kecepatan motor yang digunakan untuk MotoGP.

Start menjadikan hal yang paling krusial pembalap dalam memacu motor drag yang digunakan. Hal ini dikarenakan pembalap harus menjaga keseimbangan bobot motor yang ringan.

Di Indonesia, balapan motor bertajuk drag bike banyak sekali diselenggarakan, bahkan setiap tahun selalu digelar Kejurnas Drag Bike.

Namun, di samping kejuaraan resmi tersebut, masih banyak orang – orang di negara ini yang menyelenggarakan drag bike secara ilegal.

Untuk motor yang digunakan dalam lintasan tanding ini biasanya dimodifikasi dari motor yang digunakan sehari – hari.

Cara Membuat Motor Drag Kencang

Dalam hal ini, motor yang digunakan di Indonesia menyesuaikan kelas perlombaan, yaitu kapasitas 115cc sampai dengan 155 cc dan terbagi ke dalam kelas 4 Tak maupun 2 Tak.

Motor Yamaha RX King dan Kawasaki Ninja biasanya menjadi motor idola orang – orang dalam kelas 2 Tak.

Tentunya hal ini menjadikan teman – teman penasaran, bagaimana sih cara membuat motor drag kencang tak tertandingi?

Kunci dari motor drag agar kencang tak tertandingi ini adalah dengan modifikasi yang benar, sehingga kecepatan dan performa dari motor akan maksimal.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini Mas Sena akan berbagi ilmu mengenai cara membuat motor drag kencang tak tertandingi.

Cara Membuat Motor Drag Kencang

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memodifikasi motor biasa agar dapat dibuat motor drag kencang sebagai berikut.

Penggantian Sasis Motor

Hal utama yang menjadi perhatian dalam membuat motor drag kencang tak tertandingi adalah penggantian sasis.

Penggantian sasis ini diperlukan untuk membuat motor menjadi lebih ringan, namun perlu biaya yang tidak sedikit untuk melakukan penggantian sasis ini.

Dalam hal ini, semakin ringan motor tentu akan membuat kecepatan motor juga bertambah kencang.

Sebagai gambaran saja, ketika teman – teman membeli sasis drag bike impor langsung dari Jepang bisa mencapai harga Rp 10.000.000 – Rp 25.000.000.

Namun, biasanya untuk sasis yang biasa digunakan oleh pembalap – pembalap di Indonesia memiliki banderol harga sekitar Rp 2.000.000.

Modifikasi Kaki – Kaki dan Ban Motor

Kaki – kaki motor yang diperlukan motor drag agar kencang tak tertandingi berupa shocbreaker yang disesuaikan dengan ukuran motor dan ukuran ban.

Biasanya, ukuran ban depan yang digunakan adalah 50/90, sedangkan untuk ukuran ban belakang sebesar 60/80.

Cara Membuat Motor Drag Kencang Tak Tertandingi

Dikarenakan ukuran ban yang kecil tersebut, maka ukuran pelek pun harus diperkecil, sehingga akan berhubungan langsung dengan bore up mesin.

Penggunaan dari ban ini harus memperhatikan perbandingan perpindahan gigi dan setelah rantai yang sesuai, sehingga tarikan gas akan menjadi lebih enteng dan lincah.

Modifikasi Mesin Motor

Memodifikasi mesin motor menjadi salah satu kunci untuk membuat motor drag kencang tak tertandingi.

Hal ini dikarenakan tenaga yang dihasilkan oleh mesin dapat mempengaruhi performa dari motor drag teman – teman.

Modifikasi mesin yang biasa dilakukan pada motor drag adalah mengganti as kep atau noken as, piston, kabel busi, dan karburator.

Biasanya, langkah dan diameter piston termasuk silinder motor drag diperbesar untuk meningkatkan performa motor.

Peningkatan kapasitas mesin ini harus sebanding dengan pengaturan perpindahan gigi akhir dan perbandingan transmisi untuk menjaga akselerasi maksimal motor dalam lintasan yang telah ditentukan.

Penggantian Suspensi Asli

Suspensi asli atau suspensi bawaan yang ada dalam motor yang dilakukan modifikasi mejadi motor drag harus diganti.

Hal ini dikarenakan penggunaan suspensi belakang tabung akan membuat motor menjadi lebih nyaman dan stabil ketika di pacu di lintasan tanding.

Penggantian suspensi asli untuk membuat motor drag kencang tak tertandingi ini dapat dilakukan dengan suspensi baru berupa suspensi produk TSS dan Ride-It dengan harga yang terjangkau, atau Ohlins yang memiliki harga di atas rata – rata.

Modifikasi Karburator

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membuat motor drag kencang tak tertandingi adalah dengan memodifikasi karburator.

Dalam hal ini, Mas Sena menyarankan untuk menggunakan motor yang menggunakan sistem karburator sebagai motor yang yang akan dilakukan modifikasi, karena lebih sederhana dibandingkan dengan motor sistem injeksi.

Untuk memodifikasi karburator, teman – teman harus cermat dalam melakukannya, pasalnya karburator ini memiliki pengaruh yang besar akan sistem pembakaran mesin.

Penggantian Body Motor

Motor yang biasa digunakan pembalap sebagai senjata di lintasan drag bike biasanya dilakukan penggantian body motor, dalam hal ini teman – teman harus melepas body motor asli atau bawaan yang ada.

Pasalnya, dengan kita mengganti atau melepas body motor akan membuat bobot motor menjadi ringan, sehingga akselerasi yang dihasilkan motor akan semakin mudah dan maksimal.

Penggantian Knalpot Motor

Penggantian knalpot motor yang dimaksud untuk membuat motor drag kencang tak tertandingi ini adalah dengan mengganti menggunakan knalpot racing.

Tenaga yang dihasilkan oleh penggunaan knalpot racing ini akan lebih besar, karena memiliki performa mesin yang lebih besar pula.

Mas Sena sarankan untuk knalpot racing yang dapat teman – teman pilih adalah knalpot R9 yang telah teruji di lintasan balap.

Tips Membuat Motor Drag Kencang

Dalam hal ini, biasanya knalpot yang terbuat dari bahan Karbon dan Titanium memiliki bobot yang lebih ringan.

Penggunaan Bahan Bakar yang Sesuai

Bahan bakar yang sesuai untuk membuat motor drag kencang tak tertandingi adalah bahan bakar yang memiliki kadar oktan besar.

Dalam hal ini, semakin besar kadar oktan bahan bakar akan berbanding lurus dengan performa dari motor drag teman – teman.

Namun, dalam hal ini perlu memperhatikan [erbandingan kompresi dan waktu pengapian motor untuk menjaga keseimbangan motor.

Biasanya, bahan bakar yang sering digunakan oleh joki – joki motor drag adalah Avgas, Pertamax Racing, dan ELF Racing Fuel.

Membuat Motor Drag Kencang

Modifikasi Ukuran Motor

Memodifikasi ukuran motor dimaksudkan untuk menyesuikan dengan gaya berkendara dan psrtur tubuh joki, sehingga dapat membuat motor drag kencang tak tertandingi.

Hal – hal yang perlu menjadi perhatian dalam memodifikasi ukuran motor adalah jok sebagai tempat duduk joki, pegangan tangan, maupun pijakan kaki joki.

Ukuran motor yang sesuai dengan gaya maupun postur joki akan membuat pembalap menjadi lebih nyaman dan aman dalam memacu motor andalannya.

Modifikasi Tampilan Motor

Dalam hal ini, joki motor drag bisa dikatakan tidak terlalu memperhatikan tampilan motor drga yang digunakan.

Namun, biasanya tampilan dari motor drag ini sendiri mempengaruhi kepercayaan diri dari joki yang menggunakannya.

Modifikasi tampilan motor dapat dilakukan dengan melakukan pengecetan pada body motor.

Beberapa hal di atas adalah cara membuat motor drag kencang tak tertandingi yang dapat teman – teman lakukan.

Perkiraan biaya yang harus disiapkan untuk membuat motor drag sesuai dengan saran dari Mas Sena adalah sekitar Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000.

Namun, untuk membuat motor drag teman – teman semakin mantab dan sesuai dengan standar resmi dapat menghabiskan dana sebesar Rp 10.000.000 – Rp 20.000.000.

Apabila teman – teman menginginkan modifikasi motor yang murah, Mas Sena sarankan untuk menggunakan motor matic sebagai motor yang dimodifikasi.

Akan tetapi, modifikasi motor drag ini Mas Sena kembalikan ke minat, bakat, maupun selera teman – teman yang akan menggunakannya.

Akhir kata, sekian ilmu yang dapat Mas Sena bagikan. Semoga, dengan mengikuti anjuran dan saran Mas Sena motor drag yang teman – teman miliki menjadi kencang tak tertandingi, sehingga dapat memperoleh podium juara.

Bagan