Cara Membuat SIM A serta Syarat dan Biaya

Informasi lengkap mengenai prosedur membuat SIM A yang disertai syarat maupun biaya

Cara Membuat SIM A serta Syarat dan Biaya – SIM atau Surat Ijin Mengemudi merupakan dokumen penting yang harus dimiliki. Dokumen ini harus selalu oleh para pengemudi ketika sedang berkendara supaya tidak terkena tilang oleh pihak kepolisian jika suatu saat ada razia.

SIM sendiri merupakan suatu bentuk bukti registrasi sekaligus sebagai identifikasi yang berasal dari pihak POLRI yang ditujukan kepada seseorang sebagai bukti telah memenuhi persyaratan administrasi untuk mengemudikan kendaraan.

Maka dari itu, setiap orang atau pengemudi yang mengendarai kendaraan bermotor maka wajib memiliki dan membawa SIM sesuai dengan jenis kendaraan yang dibawa. Jenisnya SIM sendiri ada bermacam-macam, salah satunya yakni SIM A.

Cara Membuat SIM A Serta Syarat Dan Biaya

Dimana, SIM A sendiri adalah bukti registrasi untuk mengemudikan mobil penumpang maupun barang perseorangan dengan bobot tak lebih dari 3.500 Kg. Artinya, SIM A ditujukan bagi para pemilik sekaligus pengemudi mobil pribadi.

Nah, oleh karena itu, bagi Anda pemilik mobil yang belum memiliki SIM, harus memahami cara membuat SIM A serta syarat dan biaya sebagai sikap patuh terhadap peraturan pemerintah melalui prosedur berkendara yang dikeluarkan oleh pihak Kepolisian RI (POLRI).

Berkenaan dengan informasi pembuatan SIM A, berikut ini Mas Sena akan jelasnya langkah demi langkah terkait cara membuat SIM A serta syarat dan biaya. Yuk, kita simak bersama-sama prosedurnya.

Syarat Membuat SIM A

Ada beberapa syarat membuat SIM A yang wajib dipenuhi terlebih dahulu ketika akan mengajukan pembuatan. Berikut syarat-syaratnya.

Syarat Membuat Sim A Baru

Batas Minimal Usia

Untuk batas usia minimal membuat SIM A adalah 17 tahun. Maka jika Anda masih berada di bawah umur 17 tahun, Anda belum diijinkan untuk mengajukan pembuatan SIM.

Syarat Administratif

Berikutnya, untuk syarat membuat SIM A adalah harus memiliki beberapa kriteria syarat administratif. Umumnya, syarat administratif ini harus lengkap dan dibawa ketika akan mengajukan permohanan di Polres setempat.

Syarat yang dimaksud antara lain yakni memiliki KTP, sehat jasmani maupun rohani, mengisi formulir pengajuan permohonan, dan yang terakhir harus lulus ujian teori, ujian praktik, dan/atau ujian keterampilan melalui simulator yang nantinya akan diberikan saat ujian praktek berkendara.

Di sisi lain, Anda juga diharuskan berpenampilan rapi dan sopan serta harus memakai sepatu saat mengajukan permohonan pengajuan SIM baru. Ini harus diperhatikan karena jika syarat ini tidak dilakukan maka pihak kepolisian akan menolak pengajuan pembuatan SIM A baru mengingat sudah menjadi prosedur.

Cara Membuat SIM A Baru

Setelah syarat membuat SIM A sudah lengkap maka selanjutnya Anda bisa langsung masuk ke step terkait prosedur cara membuat SIM A baru. Berikut langkah-langkahnya.

Membuat SIM A

1. Pertama, untuk prosedur atau cara membuat SIM A baru, Anda harus memiliki salinan fotocopy KTP sebanyak beberapa lembar (disarankan 5 lembar).

2. Selanjutnya, Anda harus menyiapkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Untuk mendapatkan surat ini, Anda bisa mengajukan permohonan keterangan sehat dari Puskesmas maupun Rumah Sakit. Namun, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan di Satpas SIM dengan biaya sebesar Rp 25.000.

3. Berikutnya, siapkan formulir pengajuan atau permohonan pembuatan SIM A baru. Formulir ini bisa Anda dapatkan di bagian pendaftaran Polres untuk pembuatan SIM dengan tarif yang berbeda-beda tiap POLRES.

4. Jika sudah, isi formulir permohonan dengan lengkap dan benar. Lalu, serahkan formulir tersebut ke petugas atau di loket yang telah disediakan. Tunggu hingga nama Anda dipanggil.

5. Bila nama Anda sudah dipanggil maka Anda nantinya akan diarahkan untuk melanjutkan ke prosedur cara membuat SIM A baru berikutnya. Dimana, Anda diwajibkan melakukan ujian teori dan praktek.

– Ujian Teori

Untuk ujian teori sendiri Anda akan diberikan soal-soal di depan komputer yang berkenaan dengan pengetahuan terkait lalu lintas jalan raya. Untuk soal-soal yang diberikan umumnya adalah semacam wawasan mengenai rambu lalu lintas, marka jalan, dan hal lain yang berkaitan dengan lalu lintas.

-Ujian Praktek

Jika sudah selesai maka selanjutnya Anda akan diarahkan untuk melakukan ujian praktek sebagai bagian dari prosedur lanjutan dari cara membuat SIM A baru. Nah, secara prosedur, untuk ujian praktek ini nantinya Anda akan diuji mengendarai mobil yang mana tes yang diajukan meliputi tes tanjakan dan turunan, maju mundur, dan lainnya.

Sebagai informasi, umumnya Anda harus menggunakan kendaraan yang sudah disediakan dari Satpas SIM. Namun, hanya saja di beberapa lokasi POLRES, ada yang membolehkan menggunakan mobil sendiri untuk melakukan ujian praktek SIM A ini.

6. Berikutnya, jika Anda sudah berhasil dan lulus melewati kedua ujian di atas maka Anda diarahkan untuk menuju ke loket guna melengkapi data. Umumnya, data yang dimina seperti tandatangan, sidik jari, dan pengambilan foto yang mana dilakukan secara digital (elektronik).

7. Jika sudah maka Anda akan diarahkan ke tahap terakhir, yakni menunggu panggilan untuk pengambilan dokumen SIM A baru yang sudah jadi di pengambilan loket yang sudah disediakan.

Biaya Pembuatan SIM A

Cara Membuat Sim A Baru

Setelah dinyatakan lulus maka ada biaya pembuatan SIM A baru. Untuk rinciannya sendiri, setiap jenis SIM memiliki biaya berbeda-beda yang harus ditanggung pemohon.

Untuk biaya pembuatan SIM A, sebagaimana dengan prosedur yang ditetapkan oleh Peraturan Pemerintah No. 6 Tahun 2016 tentang PNBP pada Polri, untuk biaya penerbitan atau pembuatan SIM A baru adalah sebesar Rp 120.000.

Namun, selain biaya penerbitan, ada beberapa biaya tambahan yang harus ditanggung. Antara lain seperti biaya asuransi sebesar Rp 30.000 dan pemeriksaan kesehatan (jasmani dan rohani) di SATPAS SIM sebesar Rp 25.000.

Selain itu, ada juga biaya untuk pengambilan formulir yang mana tiap Polres berbeda-beda.

Hanya saja, dari total keseluruhan biaya pembuatan SIM A adalah sebesar Rp 175.000 di luar biaya tambahan lain.

Mas Sena sarankan untuk menyiapkan uang sebesar Rp 300.000 sebagai uang persiapan jika ada biaya tambahan lain saat pengajuan SIM A baru.

Biaya Membuat Sim A

Nah, itulah tadi beberapa langkah mengenai cara membuat SIM A serta syarat dan biaya yang wajib Anda pahami. Sekilas, memang untuk pengajuan atau pembuatan SIM A baru cukup mudah dan simple.

Namun, yang paling penting adalah soal ujia praktek. Pasalnya, saat ini di beberapa lokasi, untuk penilaian ujian praktik SIM  sendiri sudah menggunakan teknologi e-Drives. Artinya, penilaian bukan lagi dari petugas yang menilai secara manual melainkan sudah mengandalkan sistem komputer digital yang sudah dilengkapi sensor untuk mengawasi ujian praktek.

Oh ya, ada satu lagi. Sebagai tambahan informasi saja terkait cara membuat SIM A serta syarat dan biaya, perlu diketahui bahwa kini pendaftaran pengajuan pembuatan SIM A bisa juga dilakukan melalui daring (online).

Sudah barang tentu bahwa dengan menggunakan sistem online ini akan lebih memudahkan si pemohon. Mengingat, Anda bisa langsung cepat dilayani untuk pembuatan SIM pada saat datang ke Satpas SIM. Jadi, Anda tidak perlu antre panjang saat mengajukan pendaftaran.

Demikian prosedur lengkap mengenai cara membuat SIM A serta syarat dan biaya yang telah Mas Sena ungkap di atas. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa kembali.

Bagan