Cara Memilih Oli Mesin Mobil yang Tepat

Tips memilih oli mesin pada mobil yang sesuai dan tepat spesifikasi

Cara Memilih Oli Mesin Mobil – Melakukan perawatan mobil, tentu saja salah satu hal yang sangat penting adalah merawat kondisi mesin mobil. Wajar, mengingat sektor ini berperan penting dalam menjamin performa mobil saat dikendarai atau dijalankan.

Dalam melakukan peawatan mesin, salah satu yang perlu untuk diperhatian adalah memilih oli untuk mesin mobil. Dimana, diperlukan langkah yang tepat untuk memilih oli mesin yang benar-benar tepat dan sesuai agar performa menjadi jauh lebih terjamin.

Cara Memilih Oli Mesin Mobil

Oleh sebab itu, tak heran bila topik mengenai cara memilih oli mesin mobil yang tepat adalah informasi penting yang sangat perlu untuk disampaikan, khususnya bagi para pengguna mobil yang masih pemula/awam.

Yang mana, penerapan terkait memilih oli mesin pada mobil tersebut bukan hal yang mudah meski hanya sekedar memilih oli saja. Mengingat, diperlukan pengetahuan tertentu supaya oli mesin mobil cocok dengan spesifikasi yang dibawa mobil tersebut.

Maka dari itu, Mas Sena pun berinisiatif untuk berbagi informasi mengenai cara memilih oli mesin mobil terbaik dengan tepat supaya mobil menjadi awet dan tidak mudah rusak mesinnya.

Ciri-Ciri Oli Mesin Mobil Perlu Diganti

Sebelumnya, perlu untuk kita pahami dulu beberapa ciri-ciri oli mesin mobil yang sudah sepatutnya untuk diganti. Berikut penjelasannya.

Cara Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik

Indikator Oli Mesin pada Dashboard Menyala

Pertama, ciri-ciri olu mesin mobil perlu diganti, Anda bisa mengetahuinya dari lampu indikator olu mesin. Umumnya lampu indikator ini berbentuk menyerupai corong disertai tetesan tanda tetesan oli.

Jika lampu ini menyala maka sesegera mungkin untuk melakukan penggantian oli mesin. Karena, tidak seharusnya penggantian oli menunggu sampai lampu indikatornya menyala.

Mesin Terdengar Kasar

Selain itu, yang menjadi ciri-ciri oli mesin mobil perlu diganti adalah dikarenakan suara mesin yang mulai terdengar begitu kasar.

Hal ini disebabkan karena adanya gesekan antara dua komponen mesin. Dikarenakan oli yang melumasinya mulai habis atau menurun kualitasnya maka suara gesekan pun terdengar kasar.

Pasalnya, oli sendiri berfungsi untuk meredam gesekan antar komponen mesin. Sehingga, jika sudah mulai ada suara gesekan mesin yang kasar, itu tandanya oli mesin mobil harus segera diganti.

Warna Oli Berubah Hitam Pekat

Kemudian, tanda oli mesin wajib diganti, bisa Anda lihat dan cek pada warna dari oli itu sendiri. Jika oli sudah berwarna hitam pekat, itu tandanya kualitas oli mesin mobil sudah menurun drastis.

Ini merupakan ciri-ciri oli mesin mobil perlu diganti dikarenakan oli mesin sudah terkontaminasi oleh panas mesin yang terus menerus bekerja.

Segera ganti oli mesin pada mobil Anda agar gesekan mesin tidak membuat komponen lain menjadi rusak dikarenakan kualitas oli yang sudah mulai menurun drastis.

Responsivitas Mesin Mulai Menurun

Perlu diketahui bahwa fungsi oli sendiri merupakan pelumas untuk melumasi setiap komponen sehingga sifat oli yang licin akan memicu gerak atau gesekan mesin menjadi jauh lebih ringan.

Akan tetapi, jika kondisi oli atau pelumas mulai memburuk maka daya lumas pun akan turut memburuk pula. Dengan demikian maka sudah barang tentu akan memicu gerak mesin yang jauh lebih berat.

Hal ini lah yang memicu terjadinya responsivitas oli mesin yang menurun drastis dikarenakan tenaga mesin jauh lebih banyak terbuang untuk memaksimalkan gerak mesin.

Cara Memilih Oli Mesin Mobil

Berikut ini adalah daftar dari deretan mengenai cara memilih oli mesin mobil yang patut dan harus Anda pahami serta kenali. Mau tahu? Kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Tips Memilih Oli Mesin Mobi

Memilih Oli Mesin yang Sesuai Spesifikasi

Cara memilih oli mesin mobil pertama yaitu dengan cara memilih tipe oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi mesin yang dibawanya.

Pemilihan ini bisa dilihat dari tingkat kekentalan atau kepekatan pelumas yang nantinya berfungsi untuk melumasi ke setiap sela-sela komponen mesin. Dimana, tingkat kekentalan ini dinyatakan pada nomor kode SAE (Society of Automotive Engineer). Semakin besar angka SAE mengartikan pelumas yang lebih kental.

Umumnya, jika angka SAE-nya besar maka hal itu berarti bahwa pelumas memiliki tingkat kekentalan yang tinggi. Sehingga, strukturnya sangat kental.

Tingkat kekentalan oli ini lah yang sangat berpengaruh kuat pada kinerja atau performa. Yang mana,  oli berkualitas merupakan oli dengan tingkat kekentalan yang dimilikinya cukup stabil atau memiliki daya tahan terhadap suhu rendah dan suhu tinggi.

Maka dari itu, tentukan pilihan oli mesin yang kekentalannya disesuaikan dengan spesifikasi mesin pada mobil.

Pilih Oli yang Sudah Memiliki Sertifikat

Selain itu, untuk menerapkan beberapa langkah mengenai cara memilih oli mesin mobil yang bisa Anda lakukan yakni dengan memilih oli dengan merk yang sudah disertifikasi.

Pemilihan oli mesin yang memiliki sertifikat resmi tentu jauh lebih berkualitas. Yang mana, hal tersebut sudah barang tentu akan berpengaruh pada performa mesin.

Maka dari itu, tak heran jika pemilihan oli mesin yang sudah mendapatkan sertifikasi tersebut adalah salah satu tips untuk melakukan pemilihan merk oli mesin pada mobil terbaik agar mesin menjadi jauh lebih awet.

Umumnya, untuk oli mesin yang sesuai, biasanya akan diberikan sekaligus ketika Anda melakukan service rutin dari pihak mekanik. Jadi, Anda tidak perlu mencari oli mesin mana yang cocok.

Yang jelas bahwa Anda jangan ragu untuk selalu memilih oli mesin yang bermerk dan tentunya bersertifikasi yang jauh lebih terjamin kualitasnya. Tidak harus mahal namun sesuai dengan mesin mobil itu sendiri.

Gunakan Oli yang Sesuai Standar Pabrik

Berikutnya, Anda juga bisa memilih oli mesin mobil yang memang sudah disesuaikan atau direkomendasikan oleh pabrikan.

Langkah pemilihan oli sesuai standar pabrik juga merupakan salah satu penerapan dari cara memilih oli mesin mobil terbaik sekaligus cara paling mudah untuk menentukan tipe oli mesin mobil apa yang cocok.

Umumnya, tipe atau merk oli mesin mobil ini tertera pada buku panduan yang mana juga biasanya akan dijelaskan tentang oli mesin mobil atau pelumas lain apa yang sesuai dengan kebutuhan mobil.

Hanya saja, satu poin penting adalah memilih oli mesin mobil yang sesuai dengan spesifikasi daripada mesin mobil itu sendiri.

Memilh Oli Mobil Yang Tepat

Dari berbagai macam cara memilih oli mesin mobil tersebut, Mas Sena yakin bahwa Anda semua mulai bisa memahami tipe oli apa yang cocok untuk mesin mobil Anda.

Selain itu, beberapa ciri-ciri oli mesin mobil yang perlu diganti yang mana telah diuraikan di atas pun setidaknya bisa membantu Anda semua untuk menentukan kapan waktu terbaik penggantian oli mesin.

Satu yang jelas bahwa cara memilih oli mesin mobil yang tepat adalah menyesuaikan dengan spesifikasi pada mesin dari itu mobil itu sendiri sehingga mesin bisa berjalan secara maksimal.

Nah, demikian ulasan mengenai cara memilih oli mesin mobil terbaik yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kawan.

Bagan