Cara Memperbaiki Lampu Motor Sering Putus

Tips jitu untuk mengatasi kondisi bohlam lampu motor sering mati

Cara Memperbaiki Lampu Motor Sering Putus – Bohlam lampu motor Anda sering putus? Tentu saja, masalah ini sering ditemui oleh para pemilik kendaraan.

Hal ini wajar saja mengingat sejak pemerintah mewajibkan lampu motor hidup baik di saat siang atau malam, sudah jelas akan membuat lampu motor hidup terus. Sehingga, tak heran bila bohlam lampu sering mati atau putus karena intensitas pemakaiannya yang cukup tinggi.

Umumnya, lampu motor memang saat ini dibuat lebih fleksibel sesuai dengan anjuran pemerintah soal kewajiban setiap pengendara menghidupkan lampu, baik siang maupun malam.

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut berdampak pada kondisi bohlam lampu motor yang tak jarang sering putus.

Cara Memperbaiki Lampu Motor Sering Putus

Apalagi, jika kondisi ini sering terjadi secara tiba-tiba tanpa ada tanda-tanda mau putus. Sehingga, demi mencegah agar kejadian tersebut tidak terjadi maka kini banyak orang yang sibuk mencari cara memperbaiki lampu motor sering putus.

Dari masalah tersebut, timbul pertanyaan, adakah langkah terbaik untuk mengatasi bohlam lampu motor yang sering mati?

Jawabannya tentu ada. Untuk lebih jelasnya, berikut Mas Sena akan jelaskan bagaimana cara memperbaiki lampu motor sering putus.

Cara Mengatasi Bohlam Lampu Motor Sering Mati

Dalam penerapannya sendiri, ada beberapa langkah atau tips sebagai cara memperbaiki bohlam lampu motor sering putus yang bisa Anda lakukan. Apa saja itu? Ini dia detailnya.

Mengatasi Bohlam Motor Sering Mati

Ganti Bohlam dengan Merk Original

Salah satu yang menyebabkan bohlam lampu sering putus, tentu saja disebabkan karena penggunaan bohlam lampu dengan merk abal-abal.

Perlu diketahui bahwa penggunaan bohlam lampu dengan merk original dirasa jauh lebih aman dan awet dalam penggunaannya. Sebab, sudah dirancang dan disetting sedemikian rupa serta disesuaikan dengan kebutuhan spesifikasi motor tersebut.

Maka dari itu, menggunakan bohlam dengan merk yang asli pabrikan adalah salah satu langkah terbaik sebagai cara mengatasi bohlam lampu motor sering mati.

Merawat Kiprok Motor

Kiprok pada bagian motor merupakan komponen penting sebagai penyuplai arus atau data yang menuju ke bagian bohlam.

Merawat bagian kiprok adalah hal penting mengingat jika komponen ini berjalan dengan normal maka akan membuat suplai arus menjadi semakin lancar menuju bohlamp.

Namun, jika arusnya terganggu karena kiprok lemah atau rusak tentu akan membuat daya yang disalurkan ke bohlam menjadi minim. Ini membuat lampu menjadi tidak awet.

Maka oleh sebab itu, disarankan untuk selalu menjaga agar kiprok terawat supaya kinerjanya dalam memberikan suplai listrik menjadi lebih terjamin.

Namun, bilamana sudah terlanjur lemah dan rusak maka solusinya cuma satu, yaitu diganti dengan yang baru mengingat bila diusahakan untuk diperbaiki justru lebih berpotensi menimbulkan kerusakan pada sektor kelistrikan lain.

Mengganti Spull Penerangan

Di satu sisi, cara memperbaiki lampu motor sering putus, Anda bisa melakukan penggantian pada spul penerengan.

Sebenarnya, komponen ini masih bisa diperbaiki. Hanya saja, proses perbaikannya cukup rumit dan sulit mengingat berhubungan dengan kiprok.

Dikhawatirkan, bila kiprok masih normal namun karena ada kesalahan saat memperbaiki spul maka kiprok juga bisa ikut rusak.

Maka dari itu, Mas Sena sarankan untuk mengganti bagian ini dengan yang baru dan berkualitas agar listrik yang disalurkan ke bagian bohlam bisa terus teraliri dengan arus yang tepat.

Selain terjaga dayanya, tentu akan membuat bohlam motor Anda menjadi lebih tahan lama karena daya yang disuplai sudah sesuai kebutuhan, tidak kurang dan tidak lebih dikarenakan adanya spull penerangan ini.

Lampu Motor Putus Saat Di Gas

Memperbaiki Instalasi Kabel

Di samping itu, langkah lain yang bisa turut Anda lakukan untuk mengatasi bohlam lampu motor yang sering mati dan putus, bisa dengan cara memperbaiki rangkaian instalasi kabel.

Tidak bisa dipungkiri bahwa instalasi kabel di sini sangat berpengaruh kuat dalam menjamin terjaganya suplai arus ke bagian bohlam lampu pada motor.

Bilamana instalasinya salah maka akan memicu korsleting. Sehingga, jika korsleting sering terjadi maka akan membuat bohlam cepat rusak dan mati.

Dengan demikian, jangan remehkan bagian kabel. Karena, bila tidak dirawat maka dipastikan akan menambah masalah pada sistem kelistrikan. Yang mana secara tak langsung berpengaruh pada bagian lampu atau bohlamp motor.

Akan lebih baik jika Anda membawa motor Anda ke bengkel yang khusus menangani sistem kelistrikan pada motor agar bisa dibenahi dengan tepat sehingga bohlam pun menjadi awet dan tahan lama.

Cek Soket dan Dudukan Lampu

Salah satu dari sekian penyebab kelistrikan motor mati adalah karena adanya masalah pada bagian soket dan dudukan lampu.

Karena, kedua sektor tersebut sangat berpengaruh langsung dengan kondisi lampu pada motor. Sehingga, bila ada kendala pada kedua komponen tersebut maka sebaiknya Anda ganti dengan yang baru saja.

Tentunya, penggantian di sini harus diganti yang original dan asli untuk menjamin keawetan dan kualitasnya dalam menjaga kinerja lampu pada motor.

Penggantian soket maupun dudukan lampu tersebut sudah barang tentu cukup mudah dan bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah sehingga tak perlu dibawa ke bengkel.

Selalu Pastikan Aki dalam Keadaan Normal

Cara memperbaiki lampu motor sering putus berikutnya yaitu dengan cara memastikan kondisi aki dalam keadaan normal.

Artinya bahwa untuk mencegah bohlam lampu agar tidak putus, ada baiknya Anda selalu mengecek kondisi aki pada motor Anda.

Karena, aki yang sudah lemah atau soak biasanya tegangannya tidak tinggi. Kondisi ini tentu sangat memungkinkan bohlam lampu menjadi ikut melemah karena daya yang didapat tidak sesuai dengan kebutuhan.

Maka oleh karena alasan tersebut, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan aki motor, baik dari segi daya maupun kemampuannya dalam menyuplai daya.

Jika memang aki motor sudah lama tak diganti dan mulai menunjukkan adanya gejala soak, disarankan tanpa menunggu rusak Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Tujuannya tentu agar nantinya ke depan, bohlam lampu tidak putus ketika aki tiba-tiba mati atau soak. Ini menjadi hal yang sangat perlu untuk Anda pertimbangkan secara matang agar kondisi bohlam lampu selalu dalam keadaan awet dan tidak mudah putus.

Cara Memperbaiki Lampu Depan Motor

Salah satu langkah yang mudah dan bisa Anda lakukan dari beberapa cara memperbaiki lampu motor sering putus atau mati, yakni dengan menggunakan bohlam yang berkualitas, original, dan sesuai standar pabrik.

Penggunaan bohlam lampu yang tepat dan berkualitas akan membuat kondisinya menjadi lebih awet. Sehingga, Anda tidak perlu keseringan mengganti mengingat daya tahannya yang kuat dan lama.

Di satu sisi, langkah lain yang bisa Anda perhatikan adalah selalu mengecek bagian kelistrikan, seperti aki, spull, dan juga kiprok.

Karena, ketika bagian tersebut memegang peran penting dalam menjamin daya tahan bohlam. Wajar saja mengingat daya yang dihasilkan dan disalurkan ke bohlam pastinya melalui ketiga komponen tersebut.

Nah, kiranya sampai di sini dulu ulasan dari Mas Sena terkait dengan bagaimana cara memperbaiki lampu motor sering putus. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda para pemilik motor agar bohlampnya awet terus.

Bagan