Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang Agar Menjadi Tenang dan Nyaman

Memahami penyebab - penyebab stang motor goyang dan cara memperbaiknya agar menjadi tenang dan nyaman digunakan

Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang – Cara memperbaiki stang goyang agar menjadi tenang dan nyaman menjadi hal yang harus selalu diperhatikan oleh pengguna sepeda motor setiap saat.

Hal ini dikarenakan kestabilan stang dapat mempengaruhi pengemudi dalam mengendarai sepeda motornya sehari – hari.

Kondisi stang motor yang stabil, akan memberikan rasa aman yang lebih tinggi untuk pengemudi. Sebaliknya, kondisi stang motor yang goyang mengancam keamanan dan keselamatan pengemudi.

Kondisi stang motor goyang akan membuat sepeda motor menjadi susah digerakkan dan mengalami penurunan dalam hal akselerasi.

Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang

 

Secara umum, teman – teman pasti berpikiran bahwa stang motor goyang biasanya dikarenakan motor pernah jatuh atau mengalami kecelakaan selama dikendarai.

Ternyata, motor yang pernah jatuh atau mengalami kecelakaan bukan satu – satunya penyebab stang motor goyang.

Akan tetapi, penyebab dari stang motor goyang ini dapat bermacam – macam. Untuk itu, kita perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Setelah kita tahu penyebabnya, tentunya kita dapat memilih cara memperbaiki stang motor goyang sesuai dengan penyebabnya.

Hal ini dimaksudkan agar cara memperbaiki stang motor goyang tepat sasaran dan membuat stang menjadi tenang dan nyaman karena stabil.

Dalam hal ini Mas Sena akan memberikan informasi mengenai beberapa penyebab sekaligus cara memperbaiki stang motor goyang agar menjadi tenang dan nyaman saat digunakan, diantaranya:

1. Cek Kondisi Ban

Kondisi ban yang yang tidak rata atau biasa dibilang gundul dapat menjadi salah satu penyebab stang motor goyang.

Di samping itu, tekanan angin dalam ban juga perlu diperhatikan, apakah sudah sesuai atau belum.

Khusus untuk motor yang pernah dilakukan tambal ban, perlu dicek kembali apakah kondisi ban yang ditambal baik atau tidak, misal dapat diperhatikan apakah membentuk benjolan atau tidak.

Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang Agar Nyaman

Untuk beberapa penyebab motor stang goyang dari kondisi ban yang digunakan, pengemudi dapat memilih cara untuk memperbaiki stang goyang.

Kondisi ban yang tidak rata maupun terdapat benjolan, dapat langsung dilakukan penggantian ban. Sedangkan, ketika kondisi ban memiliki tekanan angin yang kurang sampai kempes, segeralah lakukan pompa angin sesuai tekanan yang tepat.

2. Cek Kondisi Velg

Velg dapat membuat stang motor menjadi goyang karena adanya bagian yang retak atau bengkok.

Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang Agar Tenang

Untuk mengetahui kondisi velg ada yang retak atau bengkok dapat menggunakan cara standar dua, dimana kita putran ban, kemudian kita lihat apakah putaran tersebut goyang atau tidak.

Apabila kondisi putaran goyang, maka untuk memperbaiki dapat dibawa ke bengkel press untuk melakukan press velg, atau lebih baik untuk diganti dengan velg baru sekalian.

3. Cek Bearing Roda

Di dalam sebuah motor, bearing roda berada di tengah roda yang berhubungan langsung dengan roda.

Biasanya stang motor goyang disebabkan karena bearing roda ini mengalami kerusakan, berupa bantalan peluru yang pecah.

Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang Yang Baik Dan Benar

Untuk melakukan cek bearing roda apakah masih normal atau tidak, dapat menggunakan cara menggoyangkan roda ke kanan dan ke kiri.

Selanjutnya, kita amati apakah bearing roda oblak atau tidak. Ketika bearing roda tersebut goyang, maka dapat menjadi salah satu penyebab stang goyang.

Namun, apabila terjadi kerusakan pada bearing roda akan sulit untuk dilakukan perbaikan.

Untuk itu, cara memperbaiki stang motor goyang dikarenakan bearing roda rusak adalah mengganti dengan yang baru.

4. Cek Komstir

Komstir yang terlalu lama digunakan akan mengakibatkan motor menjadi susah digerakkan baik ke arah kanan maupun ke kiri. Hal ini dikarenakan fungsi dari komstir ini agar motor dapat melakukan belok kanan maupun kiri, yang berhubungan langsung dengan stang.

Komstir ini terletak di sumbu yang berada di antara segitiga garpu depan dan rangka motor.

Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang Agar Stabil

Untuk cara memperbaiki stang motor goyang yang disebabkan oleh komstir yang telah rusak dapat dilakukan dengan mengganti mangkuk – mangkuk dan bola – bola besi yang biasanya sudah aus.

5. Cek Kondisi Shockbreaker

Kondisi shocbreaker yang tidak presisi atau tidak lurus dapat menyebabkan stang motor goyang, hal ini dikarenakan fungsi dari shockbreaker ini untuk menyerap kejutan dari permukaan jalan yang bergelombang atau kurang rata.

Biasanya motor yang pernah jatuh atau mengalami kecelakaan dapat menyebabkan kondisi shockbreaker rusak dan menjadi tidak presisi.

Selain itu, karet bantal shockbreaker yang tidak solid atau tidak rapat juga dapat membuatnya tidak presisi.

Apabila kondisi shockbreaker ini rusak dan mempengaruhi kondisi stang, cara memperbaiki yang paling tepat adalah dibawa ke bengkel motor terdekat.

6. Cek Segitiga Dudukan Stang

Fungsi dari segitiga dudukan stang ini adalah untuk menghubungkan stang dengan shockbreaker. Oleh karena itu, masalah yang terjadi pada bagian ini dapat membuat stang motor goyang.

Kerusakan yang dapat terjadi pada segitiga dudukan stang ini adalah ketidaksejajaran posisi antara garpu kiri dan kanan.

Cara melakukan cek segitiga dudukan stang ini adalah dengan meluruskan pada tempat yang tidak bergelombang atau datar, kemudian mengukurnya menggunakan fuller.

Apabila terjadi kerusakan pada segitiga dudukan stang yang menyebabkan kondisi stang menjadi goyang, cara memperbaiki yang paling tepat adalah membawa ke tukang press atau bengkel resmi terdekat.

7. Pergi Ke Bengkel

Sebenarnya solusi paling tepat untuk memperbaiki stang motor goyang adalah dengan kita pergi ke bengkel, karena di bengkel motor kita akan ditangani oleh mekanik yang telah berpengalaman.

Namun, sebaiknya teman – teman perlu mengetahui terlebih dahulu kemungkinan penyebab stang motor menjadi goyang.

Sehingga, ketika kita membawa pergi motor ke bengkel kita bisa menyampaikan keluhan – keluhan yang terjadi pada motor yang memungkinkan menjadi penyebab stang motor menjadi goyang.

Beberapa poin di atas tentunya memberikan pandangan lain bahwa stang motor goyang dapat disebabkan oleh beberapa hal, bukan hanya karena motor pernah pernah jatuh atau mengalami kecelakaan.

Tentunya, dari setiap penyebab tersebut akan membuat cara memperbaiki stang motor goyang berbeda – beda.

Sebaiknya, kita melakukan pengecekan berkala pada setiap sparepart yang ada pada motor, terlebih yang berhubungan langsung dengan stang, baik kondisi ban, kondisi velg, posisi bearing roda, kondisi komstir, kondisi shockbreaker, maupun kondisi segitiga dudukan stang.

Sehingga, dengan kondisi dari setiap sparepart yang baik dan tidak mengalami kerusakan, akan membuat pengendara sepeda motor menjadi merasa aman, terlebih stang motor menjadi tenang dan nyaman.

Selain itu, apabila diperlukan penggantian sparepart, Mas Sena sarankan teman – teman pergi ke bengkel resmi sepeda motor, sehingga sparepart yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan tentunya original.

Hal ini dikarenakan sparepart yang original biasanya lebih awet dan memiliki jangka waktu yang lebih lama dalam pemakainya.

Demikian informasi yang dapat Mas Sena bagikan mengenai cara memperbaiki stang motor goyang agar menjadi tenang dan nyaman untuk digunakan dalam kegiatan sehari – hari. Sehingga, akan menambah rasa aman teman – teman dalam mengendarai motor kesayangannya.

Bagan