Cara Mencegah Tangki Motor agar Tidak Bocor

Cara Mencegah Tangki Motor Bocor – Di dalam rangkaian sebuah sepeda motor, tentu ada beberapa komponen yang disematkan dengan fungsi masing-masing.

Dimana, dari sekian komponen tersebut dirancang sedemikian rupa untuk mendukung kenyamanan para pengguna saat mengendarai sepeda motor.

Salah satu bagian dari motor yang perlu diperhatikan adalah bagian tangki motor sebagai salah satu bagian penting untuk mendapatkan perawatan.

Sebagai wadah atau media bahan bakar, tentu saja tangki pada sepeda motor harus dirawat dengan tepat dan benar agar awet.

Cara Mencegah Tangki Motor Agat Tidak Bocor

Tak hanya soal bagian luar tangki melainkan juga pada bagian dalam dari tangki itu sendiri. Karena, di bagian dalam tangki motor ini tak jarang sering terjadi kebocoran bahan bakar yang disebabkan beberapa hal, seperti karatan maupun korosi.

Dimana, umumnya korosi ataupun karatan pada tangki tersebut dikarenakan bahan bakar tidak diisi full sehingga memicu munculnya embun dan air yang berakibat pada karatan pada bagian dinding dari tangki tersebut.

Maka dari itu, Anda harus melakukan beberapa langkah pencegahan supaya korosi dan kebocoran tersebut tidak terjadi.

Nah, sebelum itu terjadi pada kendaraan Anda maka diperlukan tindakan preventif atau pencegahan agar kondisi tersebut tidak terjadi.

Mengenai masalah tersebut, ada beberapa langkah mudah sebagai cara mencegah tangki motor agar tidak bocor. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tipsnya berikut ini.

Mencegah Tangki Motor agar Tidak Bocor

Di bawah ini adalah beberapa tips atau cara mencegah tangki motor alami kebocoran. Mau tahu lebih lengkapnya, berikut detail pencegahannya.

Penyebab Tangki Bensin Motor Matic Bocor

Selalu Pastikan Isi Tangki Bahan Bakar dalam Keadaan Penuh

Tips terbaik untuk mencegah tangki bahan bakar agar tidak bocor yaitu dengan selalu memastikan bahwa isi tangki dalam keadaan penuh.

Mengingat, jika dibiarkan ada ruang kosong di bagian dalam tangki maka akan memicu munculnya embun yang nantinya akan mencair.

Sehingga menimbulkan adanya proses korosi pada sisi tangki. Bila ini terus terjadi maka karat di dalam ruang tangki akan terus menggerus sampai tipis.

Ini yang memicu kebocoran pada tangki tersebut karena ada lubang yang disebabkan adanya krosi pada dinding daripada tangki bahan bakar.

So, mengisi bahan bakar sampai memenuhi tangki adalah cara terbaik untuk mencegah kebocoran tangki.

Kuras Tangki secara Rutin

Tangki yang tidak dirawat, tentu saja akan memicu banyak masalah. Seperti korosi yang menimbulkan kebocoran pada dinding.

Jika Anda tidak ingin hal itu terjadi maka sebaiknya lakukan pengurasan tangki pada motor Anda paling tidak sebulan sekali.

Karena, melakukan pengurasan bahan bakar pada tangki secara rutin dinilai akan mampu mencegah menumpuknya kotoran yang membuat korosi dan mesin tersendat.

Ini perlu diperhatikan mengingat endapan kotoran tersebut juga akan berpotensi memicu dinding tangki menjadi keropos. Sehingga, pengurasan tangki bahan bakar perlu untuk dilakukan secara rutin.

Hal ini akan sangat mudah dilakukan, terutama bagi Anda yang memiliki motor sport mengingat posisi tangki berada di luar.

Hindari Air Masuk melalui Tutup Tangki

Cara mencegah tangki motor agar tidak bocor selanjutnya yaitu bisa dengan meminimalisir air masuk ke area penutup tangki.

Karena, satu tetes saja yang masuk akan memiliki potensi memicu korosi di bagian dalam tangki tersebut.

Maka dari itu, ketika Anda sedang mencuci motor, hendaknya berhati-hati ketika sedang menyemprot atau mencuci area penutup tangki. Usahakan dalam keadaan tertutup agar tidak ada akses air yang menyiprat atau masuk melalui penutup tersebut.

Langkah ini memang terbilang sepele namun bila dihiraukan begitu saja, tak menutup kemungkinan ada air yang masuk dan memicu timbulnya korosi di bagian dinding tangki.

Hindari Membeli Bahan Bakar Eceran

Kenapa? Karena, umumnya si penjual bensin eceran biasanya membeli menggunakan motor bertangki besar dan jerigen.

Tak menutup kemungkinan di dalam jerigen tersebut ada kotoran yang malah justru larut dalam bahan bakar. Jika masuk ke dalam tangki, tentu saja akan membuat endapan kotoran pada bagian tangki dalam menjadi lebih cepat.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membeli bahan bakar di pom bensin yang lebih steril dan tidak ada campuran kotoran yang mengendap.

Ciri Ciri Tangki Motor Bocor

Pastikan Penutup Tangki selalu Rapat

Tips lain dari cara mencegah tangki motor agar tidak bocor bisa dengan memastikan bahwa kondisi penutup tangki bahan bakar dalam keadaan rapat atau tidak dol.

Karena, jika penutup tangki tersebut kurang rapat maka kemungkinan besar kotoran akan bisa masuk ke dalam tangki tersebut. Seperti debu maupun pasir lembut yang akan menjadi endapan di dalam tangki itu sendiri.

So, pastikan selalu bahwa Anda menutup tangki dalam keadaan rapat agar tidak kemasukan kotoran atau air ketika hujan deras.

Gunakan Bahan Bakar dengan Kadar Oktan Tinggi

Di sisi lain, cara terbaik untuk mencegah agar tangki motor tidak karatan dan bocor, Anda bisa meminimalisirnya dengan selalu menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi.

Dengan kata lain, bahan bakar dengan kadar oktan yang tinggi. Karena, kandungan di dalam bahan bakar oktan tinggi umumnya tidak akan membuat suhu dalam tangki naik karena sifatnya yang lebih dingin.

Berbeda dengan oktan yang rendah yang mana potensi suhu tinggi dalam tangki lebih tinggi.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan membeli sembarang jenis bahan bakar. Hanya saja, untuk meminimalisir kebocoran dan karatan di dalam ruang tangki, sebaiknya gunakan bahan bakar grade tinggi, seperti Pertamax maupun Pertamax Plus.

Suhu tinggi di dalam tangki akan memicu timbulnya uap yang kemungkinan akan menghasilkan air. Air yang menetes dari uap tersebut juga sangat berpotensi memicu timbulnya korosi pada bagian dinding dari tangki motor Anda.

Jangan Sering Diparkir di Bawah Terik Matahari

Perlu diketahui bahwa selain memilih bahan bakar yang pas, Anda juga harus menjaga agar motor tidak terlalu keseringan terkena terik matahari langsung. Kondisi ini biasanya ditemui saat sedang memarkirkan motor di lahan yang tanpa penutup.

Bukan tanpa alasan, panasnya terik matahari bisa memicu uap di dalam tangki yang mana nantinya juga uap tersebut mencair dan akhirnya jatuh ke dalam tangki.

Bila hal ini dibiarkan maka lama-kelamaan tangki motor akan mengalami korosi secara perlahan meskipun Anda selalu mengisinya dengan bahan bakar penuh.

Bahaya Tangki Motor Bocor

Dari beberapa cara mencegah tangki motor bocor di atas, tampaknya rutin menguras tangki dan selalu mengisi tangki dengan bahan bakar penuh adalah cara yang paling efektif untuk meminimalisir adanya korosi di dalam ruang tangki bahan bakar pada motor Anda.

Mengingat, pada dasarnya korosi pada tangki disebabkan karena ada kandungan air meskipun sedikit dan endapan kotoran yang mengendap di bagian permukaan bawah tangki.

Jadi, cukup mudah kan mencegah kebocoran pada tangki motor itu?

So, demikian tadi beberapa langkah praktis mengenai cara mencegah tangki motor agar tidak bocor dan korosi yang telah Mas Sena ulas secara rinci. Semoga cara ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.

Bagan