Cara Mengatasi Lampu Motor Sering Putus

Mengatasi kondisi lampu motor yang sering putus tiba-tiba meski sudah diganti dengan yang baru

Mengatasi Lampu Motor Sering Putus – Lampu motor Anda sering mati dan putus secara tiba-tiba? Padahal, bohlam sudah diganti, tapi kenapa masih saja sering putus tanpa sebab yang tak pasti ya?

Yapz, jika memang benar demikian adanya, tentu kehadiran Anda di artikel kali ini sangat tepat. Sebab, kita akan membahas bersama terkait dengan masalah lampu pada motor yang sering mengalami kendala.

Salah satu di antaranya kendala lampu motor sering putus dan mati tanpa sebab. Ini tentu saja menjadi kondisi yang bermasalah dan perlu solusi sebagai jalan keluarnya.

Mengatasi Lampu Motor Sering Putus

Sebab, jika kondisi lampu motor yang sering mati ini, jika dibiarkan saja justru akan memicu masalah lain yang tentunya akan memicu terjadinya kerusakan, terutama di bagian sistem kelistrikan yang saling berkaitan.

Nah, untuk itu, perlu untuk kita ketahui apa saja penyebab lampu motor yang sering rusak sekaligus memahami cara yang tepat untuk mengatasi lampu motor sering putus. Berikut ulasan lengkapnya.

Penyebab Lampu Motor Putus

Untuk soal kondisi lampu motor yang sering putus, tentu saja ada beberapa penyebab yang perlu untuk diketahui. Antara lain adalah sebagaimana penjelasan berikut ini.

Penyebab Lampu Motor Sering Putus

Kondisi Bohlam yang Kurang Berkualitas

Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu faktor utama yang jadi penyebab kondisi dimana lampu motor sering mati dan putus, tentu saja dikarenakan adanya masalah pada bohlam lampu itu sendiri.

Kondisi bohlam yang tak berkualitas sudah barang tentu menjadi masalah karena rentan terhadap kerusakan.

Apalagi, jika bohlam tersebut tidak sesuai dengan rekomendasi spek dari sistem atau tegangan pada kelistrikan motor itu sendiri.

Maka dari itu, pastikan selalu untuk menggunakan bohlam berkualitas atau sesuai dengan rekomendasi standar pabrik.

Kerusakan pada Kiprok

Perlu untuk teman-teman ketahui dan pahami bahwa kiprok adalah komponen penting yang ada dalam rangkaian sistem kelistrikan pada motor.

Jika kiprok rusak maka sudah pasti akan berpengaruh pada kondisi lampu motor yang bisa saja mati secara mendadak.

Bukan tanpa sebab mengingat kiprok yang bermasalah, sudah barang tentu secara otomatis juga akan mengganggu arus daya yang tertuju pada bohlam tidak stabil, juga akan membuat proses pengisian tidak berjalan lancar.

Masalah pada Bagian Spull

Di dalam kinerja penerangan pada motor, tentu saja tak bisa dilepaskan dari komponen yang bernama spull.

Dimana, spull penerangan pada sepeda motor sudah barang tentu sebagai penyamabung arus ke bagian kiprok.

Maka, jika arus yang masuk ke kiprok tak sesuai kebutuhan pada lampu bohlam maka sudah jelas akan membuat bohlam mudah mati dan rusak.

Hal ini dikarenakan, daya yang diterima bohlam tidak stabil dan sesuai sebagaimana yang diperlukan.

Maka dari itu, tak salah jika bagian spull ini harus Anda sertakan sebagai komponen penting dari sistem kelistrikan, khususnya di sektor lampu pada sepeda motor Anda.

Kerusakan di Bagian Soket Lampu

Penyebab lampu motor sering putus juga tak bisa dilepaskan dari adanya masalah atau kendala di bagian soket lampu motor.

Kualitas soket lampu yang tidak berkualitas sangat berpengaruh pada besaran daya maupun kualitas cahaya yang dihasilkan atau penerangan lampu yang terlihat.

Di sini, jelas sekali bahwa meski terkesan sepele namun jika soket lampu ini dibiarkan begitu saja, sudah barang tentu bakal memicu masalah pada lampu motor yang mudah mati dan putus.

Masalah atau Kondisi Dudukan Lampu yang Tak Stabil

Tak sampai di situ saja, di antara beberapa penyebab lain yang membuat mudahnya lampu motor sering putus juga sangat berpotensi dipicu karena kondisi daripada dudukan lampu yang sudah mulai rusak

Bisa saja kerusakan tersebut terindikasi bahwa dudukan mudah goyang, mudah lepas atau memiliki kualitas yang tidak bagus.

Ini tentu harus mendapat perhatian serius bagi para pemilik motor. Karena, walaupun perannya tidak terlalu vital namun tetap saja memiliki pengaruh pada daya tahan lampu motor sendiri.

Mengatasi Lampu Motor Sering Putus

Setelah memahami berbagai macam penyebabnya, kini Mas Sena akan beralih untuk mengulas bagaimana langkah-langkah tepat untuk mengatasi lampu motor yang sering mengalami kerusakan atau putus tiba-tiba.

Cara Mengatasi Lampu Motor Sering Putus

Gunakan Bohlam Berkualitas dan Original

Jika memang dirasa masalahnya ada pada kualitas lampu maka untuk mengatasi lampu motor sering putus, Anda harus menggunakan bohlam yang berkualitas.

Tak hanya berkualitas saja melainkan juga original sesuai dengan rekomendasi standar pabrikan.

Tak mengapa jika harganya lebih mahal ketimbang lampu abal-abal. Namun, setidaknya terbayarkan dengan kualitas lampu yang jauh lebih awet dari biasanya.

Ganti Kiprok Jika Sudah Overcharge

Di sisi lain, bilamana masalah lampu motor ini sudah diketahui dari kerusakan overcharge yang disebabkan kiprok rusak, tentu saja solusinya adalah dengan mengganti kiprok baru.

Untuk soal ini, sangat disarankan sekali untuk tidak menunggu dalam waktu lama karena bila sudah bersinggungan dengan kiprok maka sangat berpotensi memicu kerusakan pada bagian sistem kelistrikan lain.

Penggantian Spull Penerangan

Kemudian, kendala lampu motor yang sering mati dan putus, Anda bisa mulai mengecek bagian spull penerangan.

Jika ada masalah pada bagian ini, tentu saja jalan keluarnya adalah dengan melakukan spull ulang guna memperbaikinya.

Hanya saja, masalah pada spull penerangan ini jarang sekali terjadi pada beberapa sepeda motor. Meski demikian, tetap saja tak menutup kemungkinan masalah di bagian komponen ini juga tak jarang menjadi penyebab utama lampu motor sering putus.

Ganti Kabel Kelistrikan dengan Kabel Baru

Korsleting yang terjadi pada sistem kelistrikan sudah barang tentu bisa jadi pemicu kondisi lampu motor yang sering mengalami putus atau mati.

Bila demikian adanya, sudah jelas solusi untuk mengatasi problem pada lampu motor tersebut adalah dengan mengganti kabel yang lebih berkualitas.

Karena, instalasi dengan menggunakan kabel lemah dan tak berkualitas, sangat rentan sekali mengalami korsleting seara tiba-tiba. Bisa karena mengelupas atau karena ada air masuk melalui celah kecil yang ada pada kabel.

Pastikan Aki dalam Keadaan Normal

Terakhir, solusi untuk mengatasi masalah pada lampu motor, bisa dengan memeriksa bagian aki itu sendiri.

Karena, aki berperan penting dalam menjamin kebutuhan suplai daya ke setiap komponen di dalam motor itu sendiri.

Maka dari itu, jika semua komponen baik-baik saja namun lampu masih sering putus maka tak menutup kemungkinan ada masalah pada aki motor.

Untuk itu, selalu cek kondisi tegangan dan kelistrikan pada aki motor Anda, baik aki basah maupun aki kering.

Gunakan selalu aki yang berkualitas dan memiliki daya suplai stabil guna menjamin kebutuhan tenaga dari tiap-tiap komponen.

Ciri Lampu Motor Mudah Rusak

Berbagai permasalahan di atas, tentu saja menjadi patokan bagi Anda dalam mengatasi kondisi lampu pada motor yang sering mengalami kendala.

Oleh sebab alasan itu, selalu pastikan beberapa komponen dalam rangkaian kelistrikan untuk menjamin kebutuhan performa daya listrik yang lebih aman dan efisien.

Nah, demikian ulasan mengenai penyebab sekaligus cara tepat mengatasi lampu motor sering putus. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa di lain waktu.

Bagan