Mobil Keluar Asap Putih? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jika mobil Anda tiba-tiba mengeluarkan asap berwarna putih, Anda harus waspada akan berbagai indikasi penyebab dan cara untuk mengatasinya agar tidak terjadi kerusakan pada bagian mesin

Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih – Berbagai masalah pada sektor permesinan mobil memang terkadang menimbulkan banyak tanya.

Salah satu masalah yang cukup sering ditemui adalah keluarnya asap putih dari knalpot mobil. Dimana, gejala ngebul seperti ini sangat dimungkinkan sekali adanya masalah pada bagian permesinan.

Umumnya, ada tetesan atau rembesan oli yang bocor dan masuk ke pipa exhaust sehingga ikut terbakar ketika mesin dinyalakan.

Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih

Hanya saja, jika terjadinya sangat serius atau asap putih yang mengepul tamak keluar tebal dari knalpot, maka Anda harus waspada.

Karena, ada berbagai faktor pemicu yang menyebabkan kondisi asap putih keluar dari mobil. Sehingga, diperlukan sebuah langkah penanganan untuk mengatasinya.

Nah, berikut ini Mas Sena akan berbagi tips mengenai bagaimana cara mengatasi mobil keluar asap putih yang akan diawali dari ulasan mengenai penyebabnya.

Penyebab Mobil Keluar Asap Putih

Dalam realitasnya, kebanyakan atau penyebab dominan dari adanya asap putih pada mobil adalah karena kondisi blok mesin silinder yang aus. Namun, tak hanya itu saja, ternyata ada beberapa faktor lain yang memicu terjadinya asap putih seperti ini.

Penyebab Mobil Keluar Asap Putih

Seal Katup Aus

Penyebab yang pertama adalah kondisi seal katup yang sudah mulai aus. Dimana, fungsi utama dari seal katup di sini sebagai pintu untuk membuka ruang antara saluran intake/exhaust ke ruang bakar.

Pembukaan katup akan membuat udara mengalir masuk kedalam ruang bakar saat proses intake dan keluarnya sisa pembakaran saat proses buang. Dengan kata lain, seal di sini sebagai pelindung untuk mencegah oli masuk ke dalam saluran intake.

Nah, jika seal katup sudah mulai retak atau aus maka oli sangat dimungkinkan masuk ke bagian ruang pembakaran di bagian intake. Sehingga, akan membuat oli terbakar yang berdampak apda keluarnya asap putih melalui knalpot.

Kerusakan pada Gasket Kepala Silinder

Selain daripada itu, knalpot pada mobil mengeluarkan asap putih juga bisa dipicu karena adanya kerusakan pada gasket kepala dari silinder.

Bukan tanpa alasan mengingat gasket kepala silinder di sini memiliki fungsi untuk merapatkan hubungan dua komponen blok mesin bersama kepala silinder yang nantinya akan mencegah adanya kebocoran kompresi maupun tercampurnya cairan (oli dan air pendingin).

Jika ada keretakan pada gasket maka tentu akan memicu rembesan oli keluar yang mana cairan oli tersebut akan mengikuti dari alur retakan pada gasket tersebut.

Secara otomatis oli pun menetes di sistem pembakaran sehingga memicu timbulnya asap putih pada knalpot mobil.

PCV System Rusak

Kemudian, keluarnya asap putih dari knalpot mobil juga bisa dikarenakan adanya kerusakan di bagian PCV System.

Dimana, PCV di sini berperan penting guna memaksimalkan kestabilan tekanan udara dalam ruang engkol.

Bilamana saluran ini jebol atau rusak mala oli sangat berpotensis ekali naik pada bagian PCV mengikuti alur dan keluar melalui pipa saluran udara yang terhubung dengan intake manifold.

Ini akan memicu terjadinya oli terbakar dan memunculkan asap putih keluar melalui knalpot mobil.

Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih

Setelah kita memahami berbagai penyebabnya, kini waktunya untuk mengenal cara mengatasi mobil yang mengeluarkan asap putih melalui knalpot. Berikut langkah-langkahnya.

Mobil Mengeluarkan Asap Putih

Pastikan Volume Oli Mesin Masih Penuh

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam mengatasi mobil keluar asap putih adalah dengan memastikan bahwa volume oli mesin masih dalam kondisi full.

Karena, jika di bawah indikator normal maka dipastikan bahwa ada kebocoran oli yang cukup deras yang mengakibatkan masuk ke dalam ruang pembakaran. Maka dari itu, jika hal demikian terjadi maka Anda harus mengecek bagian mana yang perlu mendapat perbaikan di bagian oli ini.

Jika tidak ada indikasi kebocoran maka tentu ada kerusakan lain yang membuat oli merembes keluar.

Cek Indikator Engine

Untuk memastikan bahwa ada masalah pada mesin, Anda bisa melihat dari indikator lampu check engine.

Jika lampu indikator tersebut menyala tentu saja hal itu menunjukkan bahwa ada masalah pada sistem injeksi.

Maka dari itu, Anda harus jeli dalam mengeceknya agar letak kerusakan bisa terdeteksi dengan tepat sehingga perbaikan yang diambil pun juga tepat.

Pastikan Tidak Ada Keretakan pada Kepala Silinder

Sebagaimana diketahui bahwa kepala silinder merupakan salah satu sektor atau bagan mesin yang rentan terhadap tekanan atau mudah pecah jika ada tekanan yang berlebihan.

Bilamana ada kerusakan pada bagian ini, Anda harus menggantinya dengan yang baru mengingat tidak bisa diperbaiki.

Pasalnya, jika kerusakan pada kepala silinder ini dibiarkan maka oli akan selalu merembes keluar dan mengalir mengikuti jalur retakan. Sehingga, secara otomatis akan menetes ke bagian ruang pembakaran.

Bila memang demikian kondisinya, Anda tentu harus melakukan penggantian kepala silinder dengan yang baru agar tidak terjadi kebocoran atau melubernya oli ke bagian ruang bakar dari permesinan mobil yang memicu timbulnya asap putih saat mesin dihidupkan.

Cek Saluran Pipa yang Tersambung Oli Mesin

Sebagaimana diketahui bahwa penyebab utama dari munculnya asap putih dari knalpot mobil adalah karena terbakarnya oli mesin yang masuk ke sistem pembakaran.

Dimana, kondisi kebocoran oli ini bisa dipicu oleh berbagai kerusakan. Salah satunya setiap saluran yang terhubung dengan oli mesin.

Maka dari itu, Anda harus mengecek sekaligus memastikan bahwa tak ada kebocoran atau lubang kecil dari setiap saluran yang terhubung dengan oli.

Mengingat, satu lubang kecil saja akan membuat oli menetes dan sangat dimungkinkan sekali masuk ke dalam sistem pembakaran.

Jika memang benar ada kebocoran maka Anda bisa mengganti saluran tersebut dengan yang baru, baik itu berupa pipa maupun selang kecil. Yang penting, oli tidak bocor.

Langkah ini memang dirasa cukup efektif untuk menekan atau mengatasi asap putih yang keluar dari knalpot mobil. Meskipun dalam penerapan pengecekannya harus dilakukan secara teliti mengingat lubang kebocoran yang mungkin ada ukurannya sangat kecil.

Jadi, tak bisa dipungkiri bahwa dalam soal ini, Anda harus memastikan bahwa tidak ada sistem saluran yang mengalami kebocoran yang terhubung dengan oli mesin.

Mobil Ngebul

Oke kawan, setelah mengenal berbagai penyebab munculnya asap putih pada mobil sekaligus cara mengatasinya di atas, tentu saja teman-teman sudah bisa memahami langkah apa yang perlu dilakukan untuk mencegah maupun mengatasinya.

Yang jelas dan paling utama adalah bahwa munculnya asap putih dari knalpot mobil dikarenakan oli mesin yang ikut terbakar dalam ruang sistem pembakaran. Sehingga, untuk mengatasinya, sudah barang tentu Anda harus mencegah agar oli mesin tidak masuk ke dalam sistem pembakaran dari mesin tersebut.

Nah, bagaimana kawan? Apakah sudah cukup jelas penjelasan di atas? Mas Sena berharap bahwa penjelasan mengenai uraian bagaimana cara mengatasi mobil keluar asap putih di atas bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat untuk teman-teman semua. Sekian dan sampai berjumpa lagi di lain kesempatan.

Bagan