Cara Mengatasi Motor Ngebul Sampai Hilang Secara Tuntas

Peyebab - penyebab yang mengakibatkan motor ngebul dan cara mengatasinya sampai asap hilang secara tuntas.

Cara Mengatasi Motor Ngebul – Cara mengatasi motor ngebul sampai hilang secara tuntas nampaknya harus menjadi perhatian khusus bagi teman – teman.

Pasalnya, motor keluaran baru , terutama motor 4 tak sudah dirancang tidak ngebul (mengeluarkan asap).

Oleh karena itu, apabila motor teman – teman ngebul, dapat dipastikan bahwa ada beberapa komponen dalam mesin yang mengalami kerusakan.

Biasanya, penyebab dari motor ngebul berasal dari oli dan bahan bakar. Asap yang disebabkan oleh keduanya tersebut memiliki perbedaan warna.

Dimana asap yang disebabkan karena oli akan berwarna putih, sedangkan asap yang disebabkan oleh bahan bakar akan berwarna hitam.

Hal ini bisa terjadi pada semua jenis motor 4 tak sekalipun, baik matik, bebek, maupun sport.

Asap yang berwarna hitam pekat biasanya hanya ditemui pada motor karburator.

Oleh karena itu, banyak teman – teman yang sekarang menggunakan motor injeksi untuk menimalisir terjadinya motor ngebul.

Hal ini dikarenakan asap yang berwarna hitam pekat tersebut memiliki bau yang sangat menusuk hidung dan tentunya tidak baik untuk pernapasan.

Cara Mengatasi Motor Ngebul

Kondisi yang menyebabkan motor ngebul biasanya dipicu adanya kerusakan atau kesalahan dalam penyetelan.

Pasalnya, motor karburator masih menggunakan penyetelan secara manual, sehingga rawan terjadi kesalahan.

Di samping itu, motor injeksi sangat jarang ngebul karena penyetelannya dilakukan dengan bantuk komputerisasi, sehingga kesalahan – kesalahan yang biasa dilakukan oleh mekanik dapat diminimalisir.

Biasanya, apabila terjadi ngebul pada motor injeksi warna asap yang dikeluarkan putih, tidak hitam pekat seperti motor karburator. Hal ini menandakan adanya kerusakan pada sparepart motor.

Dalam hal ini, Mas Sena akan membagikan informasi mengenai cara mengatasi motor ngebul berdasarkan penyebab – penyebab yang memungkinkan.

Cara Mengatasi Motor Ngebul

1. Ring Piston Sudah Aus

Ring piston yang sudah aus menjadi salah satu penyebab motor ngebul yang biasa terjadi.

Dalam sepeda motor, ring terbagi ke dalam dua jenis, yaitu ring kompresi dan ring oli.

Kedua ring ini dibagi berdasarkan fungsinya masing – masing, dimana ring kompresi memiliki fungsi membuat rapat celah antar piston dengan blok silinder, sehingga tekanan kompresi tidak bocor.

Untuk ring oli sendiri memiliki fungsi mencegah terjadinya oli keluar dari ruang engkol yang kemudian masuk ke dalam ruang bakar.

Biasanya apabila permasalahan ini berasal dari ring piston, maka asap yang dikeluarkan motor berwarna putih.

Dikarenakan bentuk ring yang tidak sempurna, maka dapat dimungkinkan ring tersebut masuk ke dalam ruang bakar melalui celah yang ada.

Celah yang terdapat pada kedua ring ini akan menjadi semakin besar apabila kondisi ring sudah aus.

Sehingga, fungsi dari ring oli sendiri tidak bisa berjalan secara maksimal, yang dapat menyebabkan oli yang berasal dari bak oli masuk ke dalam ruang bahan bakar.

Oleh karena itu, dikarenakan karena adanya permasalahan pada mesin, maka asap yang dikeluarkan oleh motor akan berwarna putih.

Namun, motor ngebul berwarna putih tersebut hanyalah gejala terjadinya kerusakan pada motor. Efek samping hebat yang disebabkan karena adanya ring piston yang sudah aus adalah mesin tidak dapat dinyalakan pada siang hari, bahkan bisa sampai mengurangi tenaga mesin.

Cara Mengatasi Mesin Motor Ngebul

Cara mengatasi motor ngebul yang disebabkan oleh ring piston yang sudah aus ini satu – satunya dengan mengganti menggunakan ring yang baru.

Namun, tidak sembarang orang bisa mengganti ring piston tersebut. Hal ini dikarenakan posisi ring piston tersebut terletak pada jantung mesin.

Sehingga, untuk mengganti ring piston harus dilakukan pembongkaran pada mesin motor terlebih dahulu.

2. Silinder/Linner Mesin Sudah Aus

Silinder/linner mesin yang sudah aus memungkinkan menjadi penyebab lain terjadinya motor ngebul.

Kerusakan yang terjadi pada silinder ini biasanya berhubungan langsung dengan kerusakan pada ring piston.

Hal ini dikarenakan silinder maupun ring piston memiliki cara kerja yang saling bergesekan selama motor dioperasikan.

Oleh karena itu, apabila silinder mesin ini aus, maka dapat memungkinkan oli masuk ke dalam ruang bakar.

Sehingga, dengan adanya oli yang masuk ke ruang bakar akan menyebabkan motor ngebul berwarna putih.

Efek samping yang ditimbulkan karena silinder mesin sudah aus adalah motor susah dinyalakan saat pagi hari atau saat kondisi motor dingin.

Cara mengatasi motor ngebul yang disebabkan silinder mesin sudah aus dengan membubut ulang silinder mesin atau melakukan bore up.

Nampaknya, cara mengatasi kerusakan ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Pasalnya harus dilakukan turun mesin terlebih dahulu.

3. Seal Katup Mengalami Kebocoran

Selain disebabkan oleh masuknya oli ke dalam ruang bakar pada mesin bagian dalam, motor ngebul juga dapat diakibatkan dari kondisi mesin bagian atas.

Pada mesin bagian atas ini terdapat katup yang memiliki fungsi sebagai pintu masuknya udara ke dalam untuk pembakaran mesin maupun mengatur keluarnya gas buangan sisa dari pembakaran mesin.

Setiap katup yang ada dilengkapi dengan adanya beberapa seal yang difungsikan untuk mencegah terjadinya oli masuk ke dalam manifold.

Namun, seiring dengan pemakaian sepeda motor sehari – hari, seal katup tersebut akan mengalami pengerasan.

Cara Menghilangkan Motor Ngebul

Pengerasan yang terjadi dapat membuat fungsi dari katup tidak maksimal karena daya rapatnya menjadi turun dan mengalami kebocoran.

Oleh karena itu, ketika fungsi seal katup mengalami kebocoran, maka akan mengakibatkan oli masuk ke dalam manifold dan mesin secara mudah.

Cara mengatasi motor ngebul yang disebabkan oleh seal katup yang mengalami kebocoran adalah dengan mengganti dengan seal katup yang baru.

4. Batang Katup Mengalami Pembengkokan

Batang katup merupakan sparepart yang memiliki fungsi menghubungkan bagian cam dengan bagian klep. Dalam kondisi ideal dari batang katup yang terbuat dari besi ini harusnya lurus 100%.

Sehingga, apabila kondisi batang katup ini tidak lurus 100% atau biasa dikatakan mengalami pembengkokan, maka akan mengakibatkan posisinya tidak center lagi.

Cara Memperbaiki Motor Ngebul

Hal ini dikarenakan ketika batang katup mengalami pembengkokan, maka terdapat satu sisi seal yang mengalami tekanan dan sisi yang lain akan menjadi longgar.

Karena adanya bagian yang longgar tersebut, maka memungkinkan oli untuk masuk ke dalam manifold yang secara langsung terhubung dengan ruang bakar.

Sebenarnya, cara mengatasi motor ngebul untuk permasalahan ini dapat dilakukan dengan hanya melakukan penggantian klepnya saja.

Namun, apabila yang diganti hanya klepnya saja, maka teman – teman akan mengalami permasalahan yang sama di kemudian hari.

Oleh karena itu, sebaiknya apabila dilakukan penggantian dengan sparepart yang baru tidak hanya pada klep saja, tetapi pada katupnya sekalian.

5. Pemasangan Katup Tidak Tepat

Pemasangan katup yang tidak tepat akan mengakibatkan posisi klep menjadi terganjal.

Hal yang membuat pemasangan katup tidak tepat ini disebabkan karena tertukarnya posisi dari kedua katup.

Karena posisi katup yang tertukar akan membuat dudukan katup dan daun katup tidak cocok, sehingga menyebabkan posisi klep menjadi terganjal dan memungkinkan terjadinya kebocoran.

Cara mengatasi motor ngebul yang disebabkan dengan pemasangan katup yang tidak tepat dapat dilakukan dengan menyekir katup, sehingga dudukan katup dapat sesuai dengan daun katup.

6. Adanya Pengaruh Knalpot

Terdapat beberapa jenis knalpot yang memiliki sistem menyemprotkan oli ke dalam knalpot.

Oli yang disemprotkan ke dalam knalpot ini akan mengalami pembakaran menjadi gas, dikarenakan suhu gas yang dihasilkan sangat tinggi, maka dapat membuat knalpot mengeluarkan asap yang berwarna putih.

Namun, permasalahan yang disebakan karena adanya pengaruh knalpot tidak terlalu mengkhawatirkan, asalkan oli yang berada dalam mesin masih cukup.

Cara mengatasi motor ngebul yang disebabkan oleh permasalahan ini adalah dengan melepas knalpot terlebih dahulu, kemudian menghidupkan mesin motor.

Apabila dalam kondisi tersebut motor tidak mengeluarkan asap putih, dapat dipastikan bahwa hal tersebut disebabkan adanya pengaruh knalpot, sehingga kondisi mesin tetap aman.

7. Kondisi Oli Mesin Encer

Kondisi oli mesin yang encer dapat mengakibatkan oli dapat masuk ke dalam celah – celah kecil yang berada pada mesin.

Idealnya, oli yang baik untuk digunakan di dalam motor adalah oli yang sesuai dengan spek SAE.

Oleh karena itu, cara mengatasi motor ngebul yang disebabkan oleh kondisi ini dengan cara mengganti oli yang sesuai dengan spek sae.

Beberapa hal di atas adalah penyebab – penyebab yang memungkinkan membuat motor menjadi ngebul.

Teman – teman tentunya harus memahami setiap penyebab, sehingga cara mengatasi motor ngebul yang dilakukan dapat tepat dan sesuai dengan permasalahan.

Demikian informasi menarik yang dapat Mas Sena sampaikan untuk mengatasi masalah motor teman – teman yang masih ngebul.

Tidak lupa Mas Sena ingatkan untuk teman – teman agar melakukan pengecekan kondisi mesin secara berkala. Apabila terjadi masalah serius terlebih membuat motor ngebul, jika tidak bisa menangani sendiri sebaiknya langsung di bawa ke bengkel resmi terdekat.

Sehingga dapat ditangani oleh mekanik yang telah berpengalaman dan apabila harus dilakukan penggantian sparepart, wajib menggunakan sparepart yang original.

Bagan